Presiden Jokowi Berikan Pengarahan Kritis: Kondisi Ekonomi Global dan Nasional dalam Ketidakpastian

Desberaldo

New member
Aug 19, 2023
2
2
3
2018_10_23_56873_1540262921._large.jpgSumber foto: The Jakarta Post

Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), hari ini mengumpulkan para penjabat kepala daerah se-Indonesia, mulai dari gubernur hingga bupati, di Istana Negara. Dalam pertemuan tersebut, Presiden memberikan pengarahan khusus mengenai kondisi terkini yang dihadapi oleh ekonomi global dan nasional.

Dalam arahannya, Jokowi menekankan betapa sulitnya menghitung kepastian ekonomi global saat ini, sebuah realitas yang bahkan diakui oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Kepastian dalam ekonomi menjadi semakin kabur dengan adanya berbagai konflik dan perang yang terjadi di berbagai belahan dunia, seperti konflik antara Ukraina dan Rusia serta perang antara Hamas dan Israel.

Presiden Jokowi juga tidak lupa menyoroti dampak signifikan dari perubahan iklim terhadap produksi pangan nasional. Beliau menyebutkan bahwa produksi beras dalam negeri mengalami kesulitan akibat perubahan iklim yang ekstrem. Situasi ini diperparah dengan kebijakan beberapa negara yang menahan ekspor beras untuk menyelamatkan rakyatnya sendiri dari krisis pangan.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan bahwa perang dan konflik yang terjadi di luar negeri, meskipun terlihat jauh, dapat memberikan dampak langsung terhadap ekonomi Indonesia. Salah satu dampak yang disoroti adalah potensi kenaikan harga minyak dunia yang akan berdampak pada kenaikan harga bahan pokok dan inflasi di dalam negeri.

Dengan pengarahan ini, Presiden Jokowi berharap para kepala daerah dapat lebih memahami dan mempersiapkan daerahnya dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi yang semakin meningkat ini.
 
  • Like
Reactions: abdurharman