Jump to content

Search the Community

Showing results for tags 'sepeda motor'.



More search options

  • Search By Tags

    Type tags separated by commas.
  • Search By Author

Content Type


Forums

  • NGOBAS ANSWERS
    • General Question
  • YOUTH MEDIA
    • Youth News
    • Anonymous Youth
  • CAFE NGOBAS
    • LOKER KORAN
    • MOTIVI
    • SAY HELLO TO NGOBAS
  • CLINIC NGOBAS
    • MEDIC & ALTERNATIF
    • OLGA
  • DEDEMIT (Dedengkot Dedengkot Melek IT)
    • COMPUTER SECURITY
    • GRAPHIC DESIGN
    • HARDWARE
    • MALWARE
    • NETWORKING
    • OPERATING SYSTEM
    • PROGRAMMING
    • SEMBERIT
    • SOFTWARE
    • WEBSITE
  • HOBBY
    • ANIME
    • ELECTRONIC AND GADGET
    • FOOKING
    • GAMING
    • MOVIE
    • MUSIC
    • OTONG
    • PHOTOGRAPHY
    • SAINS
  • Ngobas Bikers Club (NBC)
    • ABOUT Ngobas Bikers Club
    • NEWS
  • NGOBAR
    • BUSINESS
    • FINANCE
    • No-GOSSIP
    • INAGURASI
    • JOKE & JILL (Joke and Jahill)
    • LIFE STYLE
    • MISTIK
    • POLITIC
    • RELIGI
  • POS KAMPLING
    • REST AREA
    • LAPOR KOMANDAN

Blogs

There are no results to display.

There are no results to display.

Categories

  • News Topic
  • Event
    • Event Documentation
  • Officer

Find results in...

Find results that contain...


Date Created

  • Start

    End


Last Updated

  • Start

    End


Filter by number of...

Joined

  • Start

    End


Group


Website


Twitter


Facebook


VKontakte


Instagram


Youtube


Skype


Yahoo


AIM


MSN


ICQ


Jabber


BBM


Line


Interest

Found 10 results

  1. Pemilik sepeda motor terkadang merasakan kendaraannya tidak bertenaga terutama saat berakselerasi. Hal ini mengurangi kenyamanan berkendara. Ada kemungkinan kopling sepeda motor sudah mulai selip. Padahal sebelumnya Anda sudah mengganti kampas kopling tersebut. Merujuk pada buku petunjuk manual produk sepeda motor, rata-rata interval pemakaian kanvas kopling mencapai 15.000-20.000 Km, atau sekitar 2 tahun dalam pemakaian normal. Namun dalam sejumlah kondisi, kampas kopling tersebut bisa saja lebih cepat aus. Mengutip laman Suzuki Indonesia, ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini, salah satu yang paling umum adalah, perilaku mengemudi yang buruk, misalnya sering buka-tutup kopling sambil menghentak-hentakkan tuas gas, menggantung tuas kopling atau mengemudi dengan setengah kopling. Selain itu, kebiasaan menahan tuas kopling saat posisi berhenti lama, contohnya saat saat berhenti di lampu merah, pengendara menahan tuas kopling sementara posisi gigi masuk berisiko membuat kampas kopling cepat aus. Untuk jeda lama atau berhenti lama sekitar 1 menit, sebaiknya tuas kopling dibiarkan saja, dan posisi gigi dinetralkan. Baru ketika akan jalan, pengendara bisa kembali menarik tuas kopling dan posisi gigi dimasukkan kembali. Selain dari perilaku mengemudi, kampas kopling yang cepat aus pun bisa disebabkan karena faktor setelah kopling yang terlalu dekat. Posisi ini diakui akan memudahkan saat harus berpindah gigi, tapi resikonya pengendara harus terus menekan tuas kopling saat kecepatan rendah. Untuk ukuran yang tepat, pengendara bisa mengatur jarak bebas tuas kopling sekitar 1,5-2 cm saja. Dengan cara ini, kampas kopling bisa dimaksimalkan, dan usia pakainya pun jadi lebih lama. Yang tidak kalah pentingnya, wajib menggunakan kampas kopling yang direkomendasikan untuk pabrikan sepeda motor. Onderdil OEM ini memang cenderung lebih mahal, tapi kualitasnya jauh lebih maksimal ketimbang produk lokal, baik untuk performa mesin ataupun dalam hal usia pakai.
  2. Beberapa hari terakhir, tak hanya Hujan deras yang menyebabkan banjir melanda berbagai wilayah Indonesia. Terpaan angin kencang juga kerap merepotkan. Untuk pengendara sepeda motor, ini adalah salah satu musuh selain banjir. Tak jarang biker dibuat oleng saking kuatnya angin yang bergerak sebelum Hujan. Berikut beberapa trik agar angin kencang tak merobohkan Anda: Sebelumnya, perkirakan kecepatan angin. Jika terlalu kencang dan bobot Anda plus sepeda motor tak kuasa menahan, lebih baik minggir dan mencari tempat untuk berhenti sejenak. Langkah ini dinilai lebih bijak karena terpaan angin yang terlalu kuat akan dengan mudah menerbangkan mobil sekali pun. Perhatikan arah angin dengan melihat objek yang bergerak di sekitar. Jika angin berhembus dari sisi depan atau belakang Anda, kemungkinan terhempas lebih sedikit, meski tetap harus waspada dan menjaga keseimbangan. Jika angin menerpa dari sisi samping, tekan setang lebih berat ke arah datangnya angin. Misalnya, angin datang dari kiri, tekan setang sedikit ke kiri untuk melakukan ”perlawanan”. Tekanan bergantung pada kekuatan angin, semakin angin berhembus kencang, seharusnya semakin kuat tekanan yang diberikan ke setang. Gunakan kaki dan berat badan untuk menjaga sepeda motor tetap dalam posisi tegak. Usahakan tubuh bagian atas tetap rileks, yang diyakini membantu jaga keseimbangan jika sewaktu-waktu terdapat guncangan. Usahakan posisi tubuh lebih rendah untuk mengurangi penampang yang diterpa angin.
  3. Produsen Ducati secara mengejutkan meluncurkan sepeda motor khusus wanita, namun model Scrambler khusus ladies bikers ini tak berbeda dengan tunggangan kaum lelaki pada umumnya. Hal yang membedakan dari kendaraan ini hanyalah warna identik wanita yang menjadi tawaran dari produsen Italia ini untuk para kaum wanita. Tampil dengan warna merah muda atau biasa disebut pink, Scrambler ini secara khusus diluncurkan Ducati untuk konsumen wanita. Seperti dikutip dari Autoevolution, dalam keterangan resminya produsen Ducati menyebutkan peluncuran Scrambler warna pink karena warna tersebut banyak disukai wanita. Model Scrambler yang dinamai Sixty 2 ini akan menggunakan mesin kapasitas kecil 399 cc bertenaga 41 hp. Selain menyiapkan mesin kapasitas kecil, Ducati juga mereduksi bobot tunggangan klasik khusus wanita ini lebih ringan. Selain menyiapkan warna pink, Ducati juga berencana menawarkan pilihan Sixty 2 dengan warna umum yang bisa menjadi koleksi bagi seluruh konsumen Ducati.
  4. Bagi sebagian orang, memanaskan sepeda motor adalah ritual wajib sebelum berkendara. Padahal, saat ini perkembangan teknologi sepeda motor saat ini sudah tergolong maju dan tidak mengharuskan sepeda motor dipanaskan dalam waktu lama di pagi hari. Sektor mesin adalah salah satu bagian yang mendapat sentuhan teknologi terbaru dari perkembangan sepeda motor, demi mengejar efisiensi bahan bakar. Positifnya, mesin dengan teknologi Fuel Injection (FI/injeksi), sudah tidak lagi perlu dipanaskan layaknya motor dengan sistem karburator. Hal tersebut dijelaskan oleh Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Menurut Edi, kebutuhan bahan bakar untuk mesin dengan sistem injeksi sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM), jadi tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi. ”Cukup panaskan 30 detik dan maksimal 1 menit dan biarkan stasioner. Oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia,” ujar Edi saat berbincang dengan KompasOtomotif beberapa waktu lalu. Pemborosan Edi melanjutkan, bila sering atau terlalu lama memanaskan mesin maka efek buruknya tentu saja pemborosan bahan bakar. ”Terlalu lama memanaskan mesin makan bensin terbuang begitu saja, lebih baik bensin digunakan untuk berkendara di jalan." Kemungkinan lainnya, tambah Edi, adalah komponen seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Ini berpotensi bisa merusak cat knalpot tersebut. Sekalipun tidak dipanaskan, mesin dengan teknologi injeksi juga sudah siap dibawa berkendara. Kecil kemungkinan akan ada gejala mesin tersendat (brebet) karena kurang panas, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator. Buktinya adalah tidak adanya tuas choke di mesin injeksi. Pada mesin karburator, choke digunakan untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan. Edi menjelaskan, sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke, karena sudah mempunyai sensor yang mendeteksi suhu mesin.
  5. 1. Kaus kaki panjang dipakai pada langkah yang pertama , gunanya untuk mengurangi gesekan antara kaki dengan sepatu boot. Selain itu juga untuk menyerap keringat karena dalam sepatu boot yang tinggi udara di dalam cukup panas. Setelah itu langkah berikutnya mengenakan pelindung lutut. Terbuat dari bahan plastik keras dipasang dengan karet yang melingkar di seputar lutut. Untuk proteksi yang lebih baik lagi ada sebuah alat bernama knee brace. Alat ini memperkuat persendian lutut dengan engsel yang biasanya terbuat dari besi campuran yang ringan sehingga memungkinkan lutut untuk bergerak hanya dua arah yang lurus. 2. Mengenakan celana khusus untuk motocross. Celana ini biasanya terbuat dari kanvas yang memungkinkan udara dapat keluar dan masuk. Memiliki bantalan di sekitar lutut bagian dalam, pinggang dan paha bagian luar. Tahan terhadap gesekan dan sukar untuk terkoyak. Dalam memilih celana balap yang baik perlu diperhatikan tingkat kekuatan dan kenyamanan pemakaiannya, sebab pabrikan yang bermutu sangat memperhatikan keleluasaan gerak pemakai. 3. Sepatu balap (boot) motocross merupakan kelengkapan penting yang sering diabaikan, hal tersebut terjadi karena harga sepatu khusus ini relatif cukup mahal. Biasanya terbuat dari kulit, tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sering kita jumpai sepatu balap yang dibuat dari bahan campuran sintetis (plastik, polyurethane). Namun semua itu bertujuan untuk memberi perlindungan dan kenyamanan yang maksimal. Perlu diperhatikan pada pemakai diharuskan mengencangkan semua kunci pengaitnya, supaya tidak mudah lepas. Sepatu ini akan melindungi pengendara dari batu, tanah, benturan dengan sepeda motor serta panas dari pipa saluran sisa pembuangan udara (knalpot). 4. Memakai kaos lengan panjang (jersey) yang memiliki bantalan pada siku tangan. Kaos ini selain melindungi kulit juga dapat menyerap keringat pengendara. Relatif cepat kering dan tidak membatasi kulit tubuh untuk bernafas. Biasanya untuk melindungi siku pada lengan jersey terdapat busa (pad) pelindung atau pengendara khusus menggunakan pelindung siku (elbow pad) supaya lebih aman. 5. Pengendara motokros akan sering mengalami guncangan dalam berkendara dan guncangan yang cukup keras bisa menyebabkan cedera pada bagian dalam perut. Untuk mengantisipasi hal tersebut para pengendara motokros memakai sabuk yang ukurannya lebar (belt). Biasanya pada bagian belakang terbuat dari bahan yang keras dan bagian depan elastis. Tujuannya untuk memberi perlindungan pada perut juga bagian pinggang serta sebagai penyangga tulang punggung bagian bawah. 6. Memakai pelindung dada (chest protector) untuk melindungi tulang rusuk, dada, hingga ke punggung bagian atas. Terbuat dari plastik keras dengan bantalan pada bagian tertentu. Benturan dengan stang kemudi serta batu dan tanah dari arah depan dapat menyebabkan cedera yang cukup serius, hendaknya pengendara menyadari betul pentingnya pelindung ini. 7. Helm atau pelindung kepala, merupakan faktor paling penting dari semua peralatan pelindung tubuh. Sebagai pusat saraf kepala juga paling rentan terhadap benturan yang keras. Oleh karena itu dalam memlih helm perlu diutamakan kualitasnya. Biasanya helm untuk pengendara motocross dan enduro lebih banyak memungkinkan udara untuk bersirkulasi, fungsinya untuk memberi pernafasan yang baik. Selain itu dilengkapi juga dengan pet helm (visor) untuk melindungi cipratan tanah juga terhadap sinar matahari yang menyilaukan. Tidak memerlukan kaca pada bagian depan karena pengelihatan pengendara akan dilindungi oleh kacamata khusus (goggle). Perlu diingat bahwa ukuran helm harus cocok dengan kepala pengendara dan tidak dapat dipinjamkan ke orang lain. Kunci pengait helm harus terpasang dengan baik bila memakainya. 8. Sarung tangan juga merupakan faktor yang penting, dipakai terakhir sebelum mengenakan kacamata. Berfungsi untuk melindungi tangan akibat gesekan dengan grip stang, juga terhadap lemparan kerikil atau pecahan tanah keras dari akibat dari sepeda motor di depan. Sarung tangan motocross harus elastis dan nyaman. Dalam penggunaannya harus diperhatikan ukuran yang tepat serta pengunci harus terpasang. 9. Kacamata khusus untuk motocross (goggle). Kaca terbuat dari kaca plastik (lexan lens), memberi perlindungan untuk mata dari debu. Pada bagian dalam terbuat dari busa yang empuk dan memberi kenyamanan pada wajah. Cara pemakaiannya dengan memasukkan kaca terlebih dahulu baru karet (strap) di pasang melingkari helm kearah belakang. 10. Untuk pengendara trail adventure jarak jauh jangan lupa untuk membawa jas hujan serta celananya, membawa beberapa perlengkapan seperti kunci 8, 10, 12, tang, obeng, alat penarik, dsb.
  6. Yamaha menciptakan Motobot, sebuah robot yang mampu memacu sepeda motornya di mana saja, termasuk di sirkuit balap. Motobot diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show pekan ini. Rupanya robot ini adalah visi Yamaha untuk konsep kendaraan otonom. “Berkendara secara otomatis tanpa modifikasi di sepeda motor berpotensi memberikan kami pendekatan lain dalam kendaraan yang bisa beroperasi sendiri,” kata Hiro Saijou, Chief Executive Yamaha Motor Ventures and Laboratory, seperti dikutip media, Jumat (30/10). Untuk mengawali proyek robot itu, Yamaha telah mengirimkan stafnya ke Silicon Valley pada Mei 2014 dan secara resmi membuka laboratorium pada Agustus lalu. “Kami ingin punya potensi membuat semua kendaraan jadi otonom, tak hanya sepeda motor,” kata Saijou. “Dan robot otonom yang mengendarai sepeda motor adalah yang paling menantang dan konsep yang luar biasa.” Motobot sendiri baru pada tahap konsep. Pada kecepatan di bawah 3 mph, ia masih tak stabil. Tim yang menggarap proyek itu sendiri hanya berjumlah lima orang. Versi pertama yang dipamerkan di Tokyo dioperasikan dengan pengendali jarak jauh. Versi berikutnya diklaim bakal 100 persen otonomi, dikontrol oleh GPS dan sensor.
  7. Direktur Pengelola Movistar Yamaha, Lin Jarvis, menyesalkan insiden dan hukuman yang diterima pembalapnya, Valetino Rossi. Meski mengakui apa yang dilakukannya tidak benar, Jarvis menegaskan Rossi bukan pembalap curang. Kini, tak sedikit pihak menilai buruk Rossi, menyusul perilakunya yang menendang Marquez di Grand Prix (GP) Malaysia. Tak ingin nama baik pembalapnya menjadi jelek begitu saja, Jarvis pun mencoba memberikan klarifikasi. “Kami tidak bisa membantah. Apa yang dilakukan Valentino (Rossi) bukanlah pergerakan yang kami ingin lihat. Tapi Valentino sejatinya bukan pembalap yang curang,” kata Jarvis, seperti dimuat situs resmi MotoGP. “Dia bukan pembalap yang suka menciptakan isu dan masalah bagi orang lain. Kami merasa penalti (untuk Rossi) cukup berat,” sambungnya. Jarvis mengaku Tim Movistar Yamaha sudah mengajukan banding atas hukuman yang diterima The Doctor. Pembalap yang dikenakan penalti oleh Race Direction memang bisa mengajukan banding ke FIM Steward untuk menolak atau pun meminta kelonggaran hukuman. “Tapi FIM Steward menolak banding dan setuju dengan keputusan yang sebelumnya. Ini adalah finalnya, jadi tak perlu dibahas lagi,” tukas Jarvis.
  8. Ada-ada saja yang terjadi dengan seorang pria berkebangsaan India bernama Rajesh Toppo (25) ini. Jika biasanya layang-layang atau burung yang hinggap di kabel listrik, kali ini kustru sepeda motor yang tersangkut di saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) itu. Peristiwa unik tapi juga berbahaya tersebut berawal dari proses pembangunan tower sutet di daerah padat penduduk distrik Ambikapur, India. Para pekerja yang bermaksud mengangkat kabel ke tower membutuhkan alat berat karena tidak mungkin dilakukan oleh manusia normal. Saat alat berat sudah siap mengangkat kabel, tanpa disangka lewatlah Toppo dengan sepeda motornya dan melintas tepat di atas kabel yang akan ditarik. Namun nahas, waktu ia akan melewati kabel, justru disaat bersamaan kabel sudah mulai terangkat dan menyangkut di kedua roda sepeda motor. Sontak Toppo pun kaget dan ketakutan karena motor beserta dirinya terangkat bersama dengan kabel. Ia lantas berteriak-teriak meminta bantuan. Namun karena suara mesin yang bissing dan kondisi yang tidak memungkinkan, membuat para pekerja meyakinkannya untuk terjun saja. Sementara itu, sepeda motor Toppo dalam kondisi mengenaskan tersangkut di kabel listrik setinggi 24 meter. Menurut penuturan warga sekitar kepada indianews, Senin (20/04), warga sudah lama mengeluhkan tentang proyek tersebut. Selain tepat i sekitar jalan dan pemukiman penduduk, aktivitas pembangunan juga tidak dilengkapi oleh tanda bahaya yang memadai.
  9. Gak kerasa setelah sebulan berpuasa sekarang udah mau lebaran aja nih. Di Indonesia itu yang namanya lebaran identiknya sama tradisi mudik. Mudik itu sendiri berasal dari kata mbalik udik atau kembali ke kampung. Nah kalau lebaran tahun ini kamu ada rencana mudik dengan sepeda motor, maka ada baiknya kamu simak dulu deh tips-tips yang udah aku siapkan untuk kamu. Persiapan Fisik Jika kamu sudah memutuskan bahwa lebaran kali ini kamu mau mudik dengan sepeda motor, maka yang pertama harus kamu siapkan adalah fisik kamu. Karena menggendarai sepeda motor dalam jarak jauh itu perlu fisik dan stamina yang prima. Usahakan kamu beristirahat yang cukup sebelum kamu mudik. Kalau kamu punya pekerjaan, sebaiknya selesaikan dulu beberapa hari sebelum kamu mau mudik. Jadi kamu masih punya waktu untuk beristirahat yang cukup. Jangan besok kamu mudik pake sepeda motor, tapi hari sebelumnya kamu masih lembur kerja sampe malem. Tapi kalau emang tuntutan pekerjaan kamu mengharuskan kamu bekerja lembur bahkan sampai hari-hari terakhir kamu mau mudik, maka biasanya kamu akan dapet bayaran ekstra atau upah lembur. Gunakan uang lembur ini buat naik kendaraan umum. Jangan pelit. Tapi misalkan yang pelit itu bos kamu karena gak mau ngasih upah lembur padahal udah bikin kamu kerja keras sampai hari-hari terakhir, maka suruh aja bos kamu baca artikel ini. Biar ngerti kalau orang mudik pakai sepeda motor itu resikonya tinggi. Terus ada baiknya kamu lakukan olahraga-olahraga ringan supaya fisik kamu siap untuk melakukan perjalanan jauh. Inget cukup olahraga ringan untuk menjaga kebugaran aja, gak usah olahraga berat yang menguras stamina. Kalau kamu suka main bola atau bola kamu suka dimainin, mending dikurangi dulu deh aktifitasnya. Karena itu masuknya olahraga yang menguras stamina. Persiapan Motor Setelah mempersiapkan fisik, selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah motor kamu. Lengkapi dokumen-dokumen kendaraan yang diperlukan waktu mudik seperti SIM dan STNK. BPKB gak usah dibawa, nanti malah hilang. Mending titipkan aja BPKBnya ke pegadaian. Lumayan bisa nambah-nambahin uang buat mudik. Karena musim-musim seperti ini banyak operasi tertib berlalu lintas yang digelar jajaran kepolisian, lebih baik kamu pakai helm yang SNI waktu mudik. Jangan pakai helm dari bola plastik yang diiris jadi dua. Kaca spion juga sebaiknya terpasang dua di kiri dan kanan. Jangan dipasang di kiri semua. Plat nomer juga perlu diperhatikan, kalau plat nomer kamu sudah melengkung segera diluruskan, jangan malah dibentuk yang aneh-aneh. Jangan juga ditulisi nama kimcilmu, karena selain melanggar peraturan juga malah memperlihatkan kalau kamu itu alay. Ganti oli mesin atau oli samping dengan yang baru. Inget yang di tap itu cukup oli sepeda motor aja, jangan nge tap yang lain. Kalau lampu sepeda motormu putus, cepetan diganti yang baru. Beli smartphone aja mampu, masa beli lampu gak kuat. Persiapan Mental Kalau motormu sudah kamu persiapkan dengan detail, sekarang giliran kamu nyiapin mental kamu. Sebenernya persiapan mental itu sudah dimulai sebulan sebelum lebaran dengan berpuasa, cuma ya aku ngingetin lagi aja. Jangan marah-marah kalau mau mudik pake sepeda motor. Kalau ada yang ngatain kamu jelek, gila, sableng, monyet bau, kadal bintit, muka gepeng, kecoa bunting, babi ngepet, dinosaurus, brontosaurus, terima aja. Yang penting kamu bisa mudik secara aman dan selamat sampai ke kampung halaman. Terus kalau dalam perjalanan motor kamu lecet kena serempet udah ikhlasin aja, karena lalu lintas waktu mudik itu emang padet. Yang penting bukan badan kamu yang lecet. Tertib Berlalu Lintas Selama perjalanan mudik menggunakan sepeda motor yang tertib berlalu lintasnya. Ambil jalur yang bener, jangan ngambil jalur yang berlawanan. Kalau lampu merah itu berhenti, kalau udah ijo baru jalan lagi. Gak usah terburu-buru. Ketupat sama opor ayam pasti masih disisain buat kamu. Toh kalau kamu datengnya telat saat keluarga besar sudah bubaran semua, malah menguntungkan buat kamu. Kamu jadi gak perlu ngeluarin salam tempel buat ponakan-ponakan kamu. Peluang kamu buat ditanyain kapan kawin juga jadi lebih kecil. Jadi nikmati aja perjalanan mudik kamu dengan santai. Yang penting sampai dengan selamat sampai rumah. Sukur-sukur kalo di rumah udah disiapin jodoh buat kamu. Daripada kamu nyari sendiri gak dapet-dapet. Iya kan. Ya udah, segitu dulu tips mudik yang aman kalau kalau kamu mau mudik dengan sepeda motor. aku doakan kamu bisa mudik dan balik kembali dalam keadaan selamat. Ooh iya lupa, kalau balik ke Jakarta gak usah bawa temen. Jakarta udah padet nih. Kalau bawa makanan sih boleh. Apalagi kalau dianterin ke kantornya aku. Ya wes, selamat mudik yo teman-teman....
  10. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini kendaraan bermotor memenuhi jalan. Sehigga menyebabkan kemacetan hampir di semua kota Pulau Jawa. Hal ini di pengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang mobile, selain harganya yang relatif murah daripada mobil. Dengan kemajuan teknolgi mesin motor yang semakin maju, saat ini sepeda motor juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan di Jakarta pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun terkadang seseorang lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan. Jika ingin motor milik Anda lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, berikut tips merawatnya. Jika membeli sepeda motor baru Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai 500 KM, ini penting karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda motor pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan gratis yang di berikan oleh dealer diman Anda membeli sepeda motor. Umumnya diberikan gratis servis dan ganti olie 3 kali jalan. Pertama pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang. Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan. Tips: Khusus sepeda motor bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit olie kedalam lobang knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil motor anda lebih awet karena tidak mudah keropos. Perawatan berkala (tune up) Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores(aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tuneup. Mengenai kapan waktu ideal untuk tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan. Namun jika anda merasa bahwa sepeda motor Anda tidak terasa nyaman seperti biasa, maka lakukan lah tune up kebengkel resmi. Penggantian Olie Standard kekentalan olie yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of Automotive Engineer). Namun, kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir mendapatkan standard olie yang salah untuk motor A nda.Yang perlu diperhatikan adalah kapan saat mengganti olie yang tepat.Hal ini biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli. Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik bagi motor. Olie yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai lagi. Maka gantilaholi setiap kilometer menunjkan 2000 KM perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan berkala. Tips: Disiplin mengganti olie motor dengan berpatokan pada batas kilometer pemakaian olie ,akan membuat motor anda selalu prima. Pemakaian motor Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika motor anda memakai gigi manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada stang piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah). Tips : Terapkan Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiemin maka olie akan turun kembali dari bagian bagian sempit dan mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang perlu dilumasi.Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena jenis mesin ini hanya mengandalkan olie mesin saja. Catatan: Memanaskan mesin jangan terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini nggak baik buat mesin yang berpendingin udara.Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik. Kebersihan Biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan. Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy