Jump to content

Search the Community

Showing results for tags 'darah'.



More search options

  • Search By Tags

    Type tags separated by commas.
  • Search By Author

Content Type


Forums

  • NGOBAS ANSWERS
    • General Question
  • YOUTH MEDIA
    • Youth News
    • Anonymous Youth
  • CAFE NGOBAS
    • LOKER KORAN
    • MOTIVI
    • SAY HELLO TO NGOBAS
  • CLINIC NGOBAS
    • MEDIC & ALTERNATIF
    • OLGA
  • DEDEMIT (Dedengkot Dedengkot Melek IT)
    • COMPUTER SECURITY
    • GRAPHIC DESIGN
    • HARDWARE
    • MALWARE
    • NETWORKING
    • OPERATING SYSTEM
    • PROGRAMMING
    • SEMBERIT
    • SOFTWARE
    • WEBSITE
  • HOBBY
    • ANIME
    • ELECTRONIC AND GADGET
    • FOOKING
    • GAMING
    • MOVIE
    • MUSIC
    • OTONG
    • PHOTOGRAPHY
    • SAINS
  • Ngobas Bikers Club (NBC)
    • ABOUT Ngobas Bikers Club
    • NEWS
  • NGOBAR
    • BUSINESS
    • FINANCE
    • No-GOSSIP
    • INAGURASI
    • JOKE & JILL (Joke and Jahill)
    • LIFE STYLE
    • MISTIK
    • POLITIC
    • RELIGI
  • POS KAMPLING
    • REST AREA
    • LAPOR KOMANDAN

Blogs

  • Ngobas Blog
  • Your World

Categories

  • News Topic
  • Event
    • Event Documentation
  • Officer

Find results in...

Find results that contain...


Date Created

  • Start

    End


Last Updated

  • Start

    End


Filter by number of...

Joined

  • Start

    End


Group


Website


Twitter


Facebook


VKontakte


Instagram


Youtube


Skype


Yahoo


AIM


MSN


ICQ


Jabber


BBM


Line


Interest

Found 11 results

  1. Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi seringkali telat disadari oleh sang penderita. kebanyakan baru akan menyadari menderita risiko ketika muncul gejala. Namun dalam sebuah penelitian terbaru ditemukan bahwa pengecekan lebih dini di pagi hari dapat jadi antisipasi terhadap serangan jantung. Penelitian tersebut dilakukan pada 21 ribu pasien tekanan darah tinggi selama lebih dari dua tahun. Rata-rata usia para pasien ini adalah 65 tahun, 127 di antaranya mengalami stroke dan 121 adalah masalah jantung tahap lanjut. Para peneliti mencoba mengukur tekanan darah mereka ketika baru bangun tidur di pagi hari. Hasil menunjukkan pasien yang mengalami stroke ternyata memiliki tekanan darah pagi lebih tinggi yaitu 145 mmHg atau lebih, dibandingkan dengan pasien bukan stroke yang hanya 125 mmHg. Hal yang tidak jauh berbeda terjadi dengan pasien berpenyakit jantung. Tekanan darah pasien penyakit jantung memiliki tekanan darah di pagi hari yang tingi yaitu lebih dari 145 mmHg dibandingkan non-berpenyakit jantung yaitu kurang dari 125 mmHg. "Dalam praktik klinis, tekanan darah di pagi hari dapat memprediksi penyakit jantung dan stroke lebih baik dibandingkan tekanan darah lainnya seperti di kantor. Dan dengan pengecekan ini memungkinkan kelola tekanan darah menjadi lebih efektif," kata Kazuomi Kario, dosen sekaligus bagian cardiovascular di Jichi Medical University School of Medicine in Tochigi, Jepang. "Beberapa laporan telah menyelidiki kemampuan prediktif tekanan darah di rumah untuk penyakit jantung dan stroke," klata Kario. "Penelitian tekanan darah yang tinggi di rumah adalah yang pertama mendemonstrasikan bahwa tekanan darah di rumah bisa jadi lebih unggul dibandingkan pengecekan secara medis," Penelitian ini menunjukkan pengecekan tekanan darah ketika di kantor lebih tinggi dibandingkan di rumah. Untuk penyakit jantung baru akan terdeteksi ketika tekanan darah lebih besar dari 160 mmHg. Tekanan darah tinggi menjadi penyebab utama stroke dan penyakit jantung, serangan jantung, gagal ginjal, dan kematian dini. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan penggunaan beberapa alat pengecekan tekanan darah seperti yang otomatis, cuff-style, dan upper-arm monitor karena keakuratannya. AHA menyebutkan tekanan darah dapat merujuk ke banyak hal dan bervariasi sepanjang hari, sehingga pembacaan hanya sekali bukan serta merta menjadi rujukan kewaspadaan penyakit serius. Namun bila ditemukan tekanan darah tinggi, maka harus dilakukan pengecekan ulang serta berkonsultasi dengan dokter.
  2. Bagi tubuh, darah memiliki banyak fungsi mulai dari mengedarkan sari-sari makanan hingga mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Namun tahukah Anda ada seberapa banyak jumlah darah dalam tubuh kita? Pada orang dewasa terdapat 4,5 - 5,5 liter darah seperti diungkapkan hematolog dan onkolog dari University of Florida Cancer Center, Daniel Landau. Lalu, jika tidak ada darah dalam tubuh, dokter Landau mengungkapkan berat badan bisa turun hingga 9-10 persen. Misalnya seseorang memiliki berat badan 54 kg, ketika tak ada darah dalam tubuhnya berat badannya turun sekitar 4,4-5,5 kg. Pada anak-anak usia sekitar 5-6 tahun ternyata jumlah darahnya sama dengan orang dewasa. Namun karena tubuh anak-anak masih kecil dan otot, tulang, serta organnya tidak seberat orang dewasa membuat persentase darah lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Namun pada bayi, jumlah darah memang sedikit. Misalnya bayi yang lahir dengan berat 2,3-3,6 kg hanya memiliki satu cangkir atau sekitar 0,2 liter darah dalam tubuhnya. Jumlah darah tersebut sama dengan darah yang terdapat dalam tubuh kucing seberat 4,5 kg seperti diungkapkan dokter hewan Greg Nelson. Lalu ketika orang dewasa mendonorkan darah, petugas kesehatan mengambil sekitar setengah liter darah. Nah, setelah darah diambil, tubuh secara terus-menerus memproduksi sel darah merah baru dalam sumsum tulang. Namun butuh waktu untuk bisa memproduksi sel-sel darah merah yang baru ini. Itulah alasan Anda tidak dapat mendonorkan darah sebegitu sering, karena harus menunggu darah untuk pulih kembali. Biasanya sekitar empat sampai enam minggu.
  3. Darah kotor pada menstruasi (haid), menurut penulis adalah terminologi yang berhubungan dengan peribadatan bagi kaum muslim (khususnya wanita). Mohon maaf, penulis tidak akan membahasnya dalam lingkup fiqih (hukum), melainkan mengajak pembaca memahami pengertian antara bidang fiqih (hukum) dengan bidang medis. Ketika menyebutkan darah kotor pada menstruasi, kira-kira apa yang terpikir di benak kita ? Darah, berdasarkan pengertian medis, dari manapun asalnya: sama saja. Kandungan dalam darah terdiri dari: air, serum, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (lekosit), sel limfosit, sel monosit, mineral, vitamin, karbohirat, lemak, protein, asam urat, hormon, dan lain-lain … banyak deh. Lha, darah menstruasi itu isinya sama persis dengan darah dari tempat lain. Bedanya, pada darah menstruasi ada kandungan lain yakni: sisa-sisa peluuhan dinding rahim, sisa-sisa pembuluh darah kapiler dan sisa sel telur yang tidak dibuahi karena tidak ada proses pembuahan. Bersih juga koq, gak ada kotorannya, aromanyapun sama, anyir … Gak percaya ? Coba aja dicium … *bercanda, mode ON* DARAH BISUL DAN LAINNYA Penjelasan terhadap anggapan darah kotor pada penyakit tertentu semisal: bisul, sama saja. Orang yang sakit bisul menganggap darah dalam tubuhnya kotor, … tentu tidak. Kalo yang dimaksud adalah darah pada bisulnya (abses), memang terdapat sisa-sisa miroorganisme dan sel darah yang mati karena adanya “pertempuran” antara mikroorganisme dan komponen darah sebagai upaya perlawanan. Selebihnya sama. Anggapan darah kotor pada kondisi lain semisal jerawat, gatal-gatal atau … apalah, menurut penulis, salah kaprah. Yang kotor apanya, hayo … Kalo cuci darah atau hemodialisis ? …. hehehe, yang ini mah bahasan khusus gagal ginjal, darahnya gak kotor juga koq, cuman ada mineral tertentu yang jumlahnya meningkat karena gangguan fungsi ginjal. KORBAN IKLAN Penulis sering mengatakan bahwa bidang kesehatan sangat mudah dijadikan lahan iklan. Dengan memanfaatkan kekurang pahaman khalayak, maka iklanpun berjejalan mempengaruhi benak kita. Tak pelak, segala merk “pencuci darah” bermunculan. Anehnya, walau gak masuk akal, banyak juga pembelinya … terbukti “pencuci darah” masih tetap ada di pasaran. Andai ada doorprize atawa hadiah menggiurkan, mungkin lebih seru. Analogi: Untuk mempermudah pemahaman, coba kita perhatikan tatkala mencuci pakaian, kotorannya jelas dan pencucinya juga jelas. Pun misalnya kotoran yang menempel pada alat dapur, kotorannya jelas dan pembersihnya juga jelas. Darah kotor, … kotorannya gak jelas, pencucinya tambah gak jelas, … tapi jelas lakunya, jelas pula pangsa pasarnya.
  4. Ada sebuah/seorang/sebentuk setan yang ingin hidup di bumi, tapi tak pernah diijinkan oleh team leadernya. Suatu saat setan ini kekeh banget dan team leadernya mengijinkan dengan 1 syarat: setan : “Bos, tolong dong bos, gua pengen banget hidup di bumi, toh gua udh cukup LOYAL sama kamu Bos” Bos setan : “Boleh tapi tugasmu harus menghisap darah manusia di bumi. Baiklah, kalau begitu kamu kujadikan vampire !” Maka berubahlah setan itu menjadi vampire, setelah beberapa hari di bumi, setan tersebut bertemu pendeta dan diperlihatkan salibnya maka setan tersebut kepanasan dan kembali lagi ke langit. Setan: “Boz gimana neh! Masa gue balik lagi kesini, pokoke gue mo tinggal di bumi!” Bos setan: “Wadduh, gimana seh, baiklah, kalau begitu kamu kujadikan Drakula!” Maka berubahlah setan itu menjadi Drakula, setelah beberapa hari di bumi, setan tersebut lupa, dia keluar di siang hari, karena tdk kuat dengan cahaya, maka setan tersebut kepanasan dan kembali lagi ke langit. setan : “Boz gimana lagi neh! masa gue balik lagi kesini, pokoke gue mo tinggal di bumi !” bos setan : ” wadduh, gimana seh! ati ati dong !, emmhh..baiklah, kalau begitu kamu kujadikan Nyamuk!” Maka berubahlah setan itu menjadi Nyamuk, setelah beberapa hari di bumi, setan tersebut kurang hati hati pada saat dia menggigit orang di malam hari, orang tersebut memukul nyamuk tersebut hingga mati dan kembali lagi kelangit. setan : “Boz gimana lagi neh! masa gue balik lagi kesini, pokoke gue mo tinggal di bumi !” bos setan : ” wadduh, gimana seh! ati ati dong !, ya sudah lah gua udh ga punya pilihan lain, karena walau bagaimanpun juga tugasmu adalah menghisap darah manusia, dan yg trakhir ini kamu tidak bisa kembali lagi ke langit, kau akan selama2nya tinggal di bumi, bagaimana, kau pikirkan dulu lah sebelum menyesal ! setan : “biarin aja bos!, yang penting gue mo tinggal di bumi ! bos setan : “emmhh.. baiklah, kalau begitu dengan terpaksa kamu kujadikan SOFTEX!” Maka sejak itu, setan tersebut sudah tinggal damai tentram dan sentosa di bumi dan selalu mengerjakan tugasnya dengan baik walaupun penuh dengan rasa penyesalan yang mendalam..
  5. Insiden ledakan terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, hari ini. Peristiwa tersebut menyebabkan setidaknya tujuh orang tewas dan sebagian lain mengalami luka ringan hingga luka berat. Ledakan pertama terjadi di pos polisi yang terletak di perempatan Sarinah atau perpotongan Jl MH Thamrin dan Jl KH Wahid Hasyim. Bom tersebut meledak sekitar pukul 11.00 WIB dan menyebabkan satu petugas kepolisian yang berjaga di pospol mengalami luka berat. Tak hanya satu, ledakan kedua kembali meletus dan saat itu lokasi ledakan adalah gerai Starbuck yang terletak di Gedung Cakrawala, tak jauh dari lokasi bom pertama. Saat itu, kondisi jalanan MH Thamrin dari arah Monas sudah disterilkan alias tak boleh ada kendaraan yang melintas. Pun begitu dengan jalanan dari arah Bundaran Hotel Indonesia yang juga disterilkan. Tak lama setelah bom kedua meledak, rentetan tembakan terdengar dari wilayah Sarinah, mulai dari Gedung Cakrawala hingga kawasan Jl. Kebon Kacang. Hal tersebut membuat warga yang bekerja di kawasan Sarinah diminta untuk masuk ke dalam gedung terdekat. Sebagai catatan, gedung-gedung seperti Hotel Sari Pan Pacific, Gedung BPPT, hingga Wisma Mandiri digunakan sebagai lokasi warga berlindung. Warga tak bisa mendekat ke Sarinah dan diminta berlindung di Wisma Mandiri. Tak lama kemudian, rentetan suara tembakan diiringi suara bom kembali menggema dan membuat masyarakat yang sempat keluar area gedung diminta kembali masuk. Tak hanya itu, sejumlah warga yang sempat lalu lalang di dekat Sarinah diteriaki polisi agar menjauh dari lokasi. Saat itulah, ada seorang pria berbaju kuning mendekat ke arah Wisma Mandiri. Pria tersebut berjalan dari arah Sarinah dengan tangan gemetar dan tatapan mata yang kosong. Pria tersebut ditanya bagaimana kondisi yang terjadi di Sarinah. Namun dia menjawab pertanyaan dengan suara yang sangat kecil bahkan hampir tak terdengar. Di saat bersamaan, terlihat bahwa kedua telapak tangan pria tersebut berlumuran darah. Menurutnya, darah itu bukanlah darah dari tubuhnya. "Ini ada orang yang meninggal di tangan saya mas, polisi meninggal di tangan saya," kata pria tersebut dengan nada suara bergetar penuh ketakutan. Sontak perkataan pria tersebut membuat masyarakat yang berdiri di dekatnya terdiam dan langsung mencoba menenangkan pria itu. Tak lama kemudian, pria itu dibawa masuk ke kawasan Wisma Mandiri dan hilang seiring chaos yang diakibatkan peristiwa pemboman tersebut. Saat ini kondisi di Sarinah telah dipastikan aman dan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Budi Gunawan mengungkapkan ada 16 korban akibat pemboman tersebut. Lima orang terduga pelaku meninggal dunia, dua ditembak mati dan dua bom bunuh diri, lima orang anggota Polri mengalami luka berat, lima warga sipil luka berat, dan dua warga meninggal dunia. Jika ditotal, korban tewas akibat bom Sarinah adalah enam orang.
  6. Kalian pasti sering mendengar bahwa soda bukanlah minuman yang sehat. Kita sering mendengar peringatan bahwa soda itu sangat berbahaya, tetapi masih banyak yang menghiraukannya. Video ini akan membuka matamu dan membuat kamu berhenti minum soda selamanya Kadar gula dalam minuman bersoda sangat banyak, kebayang donk kalau kita minum satu botol soda maka kadar gula dalam darah kita bakal tinggi banget. Maka dari itu sebaiknya jangan minum soda yah guys
  7. Ilustrasi Menonton Film Menonton film horor tak hanya membuat jantung berdebar lebih keras. Tapi berdasarkan penelitian juga bisa membuat darah mengental dan menggumpal. Sebuah penelitian yang dilansir Independent menyebutkan sebuah protein yang berhubungan dengan penggumpalan darah akan diproduksi lebih banyak saat partisipan penelitian menonton film horor. Tim peneliti dari Belanda yang menelisik masalah ini menerbitkan hasil penelitian mereka di British Medical Journal edisi Desember. Penelitian memeriksa 24 orang anak muda yang sehat. Selama penelitian berlangsung mereka diminta menyaksikan film horor dari tahun 2010, Insidious dan sebuah film pendidikan berjudul A Year in Champagne. Peneliti menemukan bahwa kadar protein dalam darah meningkat secara signifikan setelah menonton film horor. Dalam kondisi biasa, rata-rata ada 11 IU/dl (International Unit/desiliter) peningkatan protein yang disebut faktor VIII dalam darah responden. Penambahan faktor VIII inilah yang memungkinkan darah jadi lebih kental. Akibat peningkatan ini ada peningkatan risiko trombosis atau pembekuan darah pula sebesar 17 persen. Sayangnya, penelitian itu tidak membuktikan secara langsung bahwa menonton fim horor bisa membuat pembuluh darah orang tersumbat. “Intinya ada mekanisme biologis bahwa ketakutan yang akut berhubungan dengan aktivitas pembekuan darah masih harus diteliti lebih lanjut,” kata Dr. Banne Nemeth, yang memimpin penelitian ini. “Meski tidak secara langsung, penelitian ini memberi manfaat klinis, implikasi yang lebih besar dari peneliian ini adalah setelah sekian abad, akhirnya konsep pembekuan darah bisa dijelaskan.”
  8. Meski sudah menguasai Internet dan pasar ponsel, namun Google belum juga puas. Baru-baru ini mereka mematenkan sebuah alat yang diberi nama alat 'pengambil darah tanpa jarum'. Alat ini terdiri dari tabung kecil dengan partikel mikro yang dapat menembus kulit, sehingga darah dapat diambil dengan cara yang lebih canggih dan tidak menyakitkan. Darah yang keluar akan terhisap ke dalam tabung kecil tersebut. “Aplikasi alat ini dapat digunakan untuk mengambil darah dalam jumlah sedikit, sebagai contoh untuk tes glukosa,” ungkap Google. Alat pengambil darah yang diciptakan ini nantinya diperkirakan bisa digunakan sebagai perangkat wearable pada pergelangan tangan atau alat pengambil darah yang mudah dibawa ke mana saja. Temuan baru ini juga memungkinkan diintegrasi ke dalam sebuah smartband atau smart watch yang saat ini memang memiliki fungsi pemantau kesehatan penggunanya. Paten alat penghisap darah ini sebenarnya sudah diajukan sejak 28 Mei 2014 dan akhirnya dipublikasi pada tanggal 3 Desember 2015. “Kami memegang hak paten atas berbagai ide. Beberapa ide yang ada selanjutnya akan diwujudkan menjadi produk atau pelayanan yang nyata, namun ada pula yang tidak. Pengumuman terkait produk prospektif tidak harus selalu disimpulkan dari hasil paten kami.” Bila jadi nyata, alat yang dibuat oleh Google ini diharapkan berguna bagi masyarakat dalam bidang kesehatan, namun sekaligus menjadi lahan bisnis yang menggiurkan bagi perusahaan ini. Pasalnya, di negeri paman Sam sendiri setidaknya terdapat 29 juta orang yang menderita diabetes.
  9. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pekerja kantor adalah nyeri sendi karena terlalu sering duduk. Karena alasan pekerjaan kamu terpaksa duduk selama tujuh sampai delapan jam sehari, dengan posisi yang sama. Maka tidak salah jika gangguan seperti nyeri otot dan punggung adalah hal yang sering dikeluhkan. Hal ini karena peredaran tidak lancar akibat duduk terlalu lama. Sesehat apa pun kamu, jika kamu terlalu lama duduk akan menyebabkan aliran darah berkurang di kaki. Seperti yang dilansir livestrong.com menyebutkan bahwa ketika kamu duduk pada satu posisi yang sama dalam waktu tujuh sampai delapan jam, aliran darah ke kaki akan berkurang drastis. Dan jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya adalah akan menyebabkan varises, nyeri otot pada kaki, punggung dan leher. Untuk mengurangi pengaruh buruk ini, mulailah dengan berjalan sekitar lima sampai sepuluh menit, setiap kamu duduk selama dua jam. Dengan berdiri dan berjalan maka pembuluh darah akan bekerja kembali secara normal. Selain dapat mengembalikan fungsi pembuluh darah, berjalan kaki akan meregangkan otot yang kaku dan dapat merefresh otak. Lakukan gerakan sederhana seperti menggerakkan punggung dan memutar-mutar kepala untuk mencegah leher menjadi kaku. Kamu dapat mengunjungi teman kubikel kamu, untuk mengobrol sejenak atau berbagi cemilan. Selain menambah keakraban juga akan membuat kamu sehat. Selamat mencoba.
  10. Rahasia diet Mediterania mungkin terletak pada seladanya. Lemak tak jenuh, misalnya seperti pada minyak zaitun, ditambah dengan daun hijau dan sayuran lain ciptakan sejenis asam lemak yang bisa rendahkan tekanan darah. Hasil penelitian tentang sejenis asam lemak yang diperoleh para peneliti tersebut. Asam lemak nitro itu terbentuk jika orang memakan misalnya bayam, seledri dan wortel. Ini adalah bahan pangan yang mengandung nitrat dan nitrit dalam jumlah besar. Demikian halnya dengan alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun yang mengandung lemak yang sehat. Asam lemak mengandung nitro kini ditemukan mengandung enzim, yang dikenal sebagai "soluble epoxide hydrolase" (sEH) yang bisa mengatur tekanan darah. Demikian dikatakan peneliti dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Studi atas minyak zaitun itu dilaksakanan atas tikus di laboratorium, dan dibiayai British Heart Foundation. "Penemuan dari studi kami bisa menjelaskan mengapa penelitian terdahulu menunjukkan, diet Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan bisa mengurangi gangguan pada jantung, misalnya stroke, serangan jantung dan gangguan pada fungsi jantung," kata Philip Eaton, profesor bidang biokomia jantung pada King's College, di London. Banyak ahli yang sependapat, bahwa diet Mediterania, yang mencakup banyak sayuran, ikan, padi-padian, anggur merah dan kacang-kacangan serta minyak bermanfaat sangat baik pada kesehatan. Namun sebelumnya tidak ada kepastian, bagaimana dan mengapa diet itu baik. Sebagian orang berpendapat, anggur merah adalah pendorong utama di balik kemampuan warga Eropa untuk menjaga kesehatan lebih baik dari warga AS, padahal makan keju berkadar lemak tinggi dan daging. Tetapi hasil penelitian yang dipublikasikan pekan lalu menunjukkan, bahwa elemen antioksidan pada anggur merah, yaitu resveratrol, tidak membuat warga Italia bisa hidup panjang, juga mencegah kanker atau penyakit jantung.
  11. Alat Peredaran Darah pada Manusia yang akan dibahasa ini diantaranya : jantung, pembuluh darah, peredaran darah dan peredaran limfa. Darah tidak dapat mengalir dengan sendirinya. Darah dapat mengalir di dalam tubuh karena ada mesin pemompanya, yaitu jantung. Di dalam tubuh, darah senantiasa berada di dalam pembuluh-pembuluh darah, baik itu pembuluh yang besar maupun pembuluh yang kecil. 1. Jantung Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah. Dengan adanya jantung, darah dapat dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung manusia terbagi atas empat ruangan, yaitu serambi kanan dan serambi kiri serta bilik kiri dan bilik kanan. Bagian bilik (ventrikel) jantung berdinding lebih tebal dibandingkan serambi (atrium) jantung. Hal ini berhubungan dengan fungsinya untuk memompakan darah ke seluruh tubuh sehingga harus lebih kuat. Adapun dinding bilik kanan lebih tipis karena fungsinya hanya memompakan darah ke paru-paru. Penampakan otot jantung mirip dengan otot rangka sebab ada bagian yang gelap dan terang. Akan tetapi, otot jantung bekerja seperti otot polos. Jantung berdenyut secara ritmik dengan kekuatan yang sama. Berbeda dengan otot rangka yang kekuatan kontraksinya dipengaruhi oleh kekuatan rangsangan. Otot-otot jantung berkontraksi dengan kekuatan yang relatif stabil. Jika kamu panik atau melakukan kerja keras maka jantung akan berdetak lebih cepat sehingga darah yang dipompa juga lebih banyak. Tekanan darah seseorang biasanya dinyatakan dengan dua angka, misalnya 120/80 mmHg. Angka yang pertama (120) menunjukkan tekanan jantung pada saat jantung sedang berkontraksi untuk memompa darah atau disebut tekanan sistol. Tekanan jantung memang cukup kuat sehingga bisa diukur pada pembuluh nadi yang ada di lengan. Angka yang dibawah (80) menunjukkan tekanan jantung pada saat jantung sedang berelaksasi (beristirahat) atau disebut tekanan diastol. Tekanan darah seseorang bisa berubah, baik naik maupun turun, karena hal-hal tertentu misalnya usia, makanan, berat badan, dan penyakit. 2. Pembuluh Darah Berdasarkan aliran darahnya, pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi atau arteri (pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung) dan pembuluh balik atau vena (pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju jantung). Baik pembuluh nadi maupun pembuluh balik masing-masing memiliki cabang terkecil yang disebut dengan pembuluh kapiler. Dinding pembuluh nadi lebih tebal, kuat, dan elastic dibandingkan dinding pembuluh balik. Pembuluh nadi harus kuat karena harus menahan tekanan darah yang dipompa oleh jantung. Saat jantung berdenyut, maka pembuluh nadi pun ikut berdenyut akibat tekanan darah yang terpompa. Jika kamu meraba pembuluh nadi, kamu dapat merasakan denyut nadi tersebut. Salah satu tempat yang denyutnya dapat kamu rasakan dengan mudah adalah pembuluh nadi yang berada di dekat pergelangan tangan, di dekat tulang yang lurus dengan ibu jari. Dari seluruh tubuh darah kembali ke jantung melalui pembuluh balik (vena). Dinding pembuluh balik lebih tipis dibandingkan dinding pembuluh nadi. Pembuluh balik besar ada dua macam, yaitu pembuluh balik besar atas (untuk mengembalikan darah dari kepala dan tangan dan pembuluh balik besar bawah untuk mengembalikan darah dari kaki dan badan). Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang beberapa kali hingga pembuluh kapiler yang ukurannya sangat kecil. Pembuluh kapiler hanya dapat dilalui oleh satu butir sel darah merah saja. 3. Peredaran Darah Sistem peredaran darah pada manusia dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu peredaran darah paru-paru (peredaran darah kecil) dan peredaran darah sistemik (peredaran darah besar). Karena dua sistem peredaran darah ini, sistem peredaran darah pada manusia disebut system peredaran darah ganda. Peredaran darah kecil merupakan peredaran darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru dan akhirnya kembali lagi ke jantung pada serambi kiri. Pada peredaran darah kecil inilah darah melakukan pertukaran gas di paru-paru. Darah melepaskan karbon dioksida dan mengambil oksigen dari alveoli paru-paru. Oleh karena itu, darah yang berasal dari paru-paru ini banyak mengandung oksigen. Darah yang banyak mengandung zat sisa metabolism dan karbon dioksida kembali ke serambi kanan jantung melalui pembuluh balik. Peredaran darah besar ini mengalir dari jantung ke seluruh tubuh, kemudian kembali lagi ke jantung. Peredaran darah manusia selalu melalui pembuluh darah. Oleh karena itu, peredaran darah manusia disebut peredaran darah tertutup. Gambar sistem peredaran darah berikut akan membantu kamu untuk lebih memahami peredaran darah manusia. 4. Peredaran Limfa Darah selalu mengalir di dalam pembuluhnya. Selain darah ada pula suatu cairan yang mengalir di seluruh jaringan tubuh, namun tidak selalu mengalir dalam pembuluh. Cairan ini disebut cairan limfa atau cairan getah bening. Cairan limfa mengandung sel darah putih, fibrinogen, dan keeping darah yang ketiganya berfungsi dalam proses pembekuan darah dan mencegah infeksi. Cairan limfa masuk ke dalam pembuluh limfa. Berbeda dengan pembuluh darah yang memiliki peredaran tertutup, pembuluh limfa memiliki peredaran terbuka. Alasannya, pembuluh limfa merupakan pembuluh kecil yang ujungnya terbuka. Terdapat dua pembuluh limfa besar dalam tubuh manusia, yaitu pembuluh limfa kanan dan pembuluh limfa kiri. Pembuluh limfa kanan berfungsi mengumpulkan limfa yang berasal dari jantung, dada, paru-paru, kepala, leher, dan lengan bagian atas. Pembuluh limfa kiri berfungsi mengumpulkan limfa yang berasal dari bagian-bagian tubuh yang tidak masuk ke dalam pembuluh limfa kanan. Cairan limfa dari kedua pembuluh limfa ini masuk ke pembuluh balik untuk dibawa ke jantung. Di bagian tubuh tertentu, misalnya di ketiak, leher, dan pangkal paha, pembuluh limfa membentuk simpul yang disebut nodus limfa. Jika ada bagian tubuh yang terluka, limfa dari kelenjar yang terdekat dengan luka tersebut akan bereaksi dan membengkak.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy