Jump to content

Search the Community

Showing results for tags 'cerita'.



More search options

  • Search By Tags

    Type tags separated by commas.
  • Search By Author

Content Type


Forums

  • CLINIC NGOBAS
    • Coronavirus
    • MEDIC & ALTERNATIF
    • OLGA
  • NGOBAS ANSWERS
    • General Question
  • YOUTH MEDIA
    • Youth News
    • Anonymous Youth
  • CAFE NGOBAS
    • LOKER KORAN
    • MOTIVI
    • SAY HELLO TO NGOBAS
  • Ngocol
    • Ngocol Video
  • DEDEMIT (Dedengkot Dedengkot Melek IT)
    • COMPUTER SECURITY
    • GRAPHIC DESIGN
    • HARDWARE
    • MALWARE
    • NETWORKING
    • OPERATING SYSTEM
    • PROGRAMMING
    • SEMBERIT
    • SOFTWARE
    • WEBSITE
  • HOBBY
    • ANIME
    • ELECTRONIC AND GADGET
    • FOOKING
    • GAMING
    • MOVIE
    • MUSIC
    • OTONG
    • PHOTOGRAPHY
    • SAINS
  • Ngobas Bikers Club (NBC)
    • ABOUT Ngobas Bikers Club
    • NEWS
  • NGOBAR
    • BUSINESS
    • FINANCE
    • No-GOSSIP
    • INAGURASI
    • JOKE & JILL (Joke and Jahill)
    • LIFE STYLE
    • MISTIK
    • POLITIC
    • RELIGI
  • POS KAMPLING
    • REST AREA
    • ABOUT NgobasTV
    • EVENT
    • WESER
    • LAPOR KOMANDAN

Calendars

  • Calendar

Blogs

  • Ngobas Blog
  • Your World

Categories

  • News Topic
  • Event
    • Event Documentation
  • Officer

Categories

  • Files
  • Games
  • E-Book

Find results in...

Find results that contain...


Date Created

  • Start

    End


Last Updated

  • Start

    End


Filter by number of...

Joined

  • Start

    End


Group


Website


Twitter


Facebook


VKontakte


Instagram


Youtube


Skype


Yahoo


AIM


MSN


ICQ


Jabber


BBM


Line


Interest

Found 13 results

  1. Ray Tomlinson, si penemu email dan simbol @ untuk alamat email itu meninggal dunia Sabtu 5 Maret 2016 kemarin, pada usia 74. Tomlinson lahir di sebuah daerah New York bernama Amsterdam. Dia kemudian kuliah di Rensselaer Polytechnic Institute and MIT pada 1960-an, dan bekerja di perusahan riset dan pengembangan Bolt Baranek dan Newman, yang berubah menjadi Raytheon BBN Technologies. Di sana dia membuat terobosan dengan temuan email-nya. Program yang mengubah dunia, khususnya teknologi. "Itu sama sekali bukan tugas dari kantor. Dia hanya main-main, namun memang saat itu dia sedang mencari sesuatu untuk ARPANET," ujar teman Tomlinson, sekaligus juru bicara Raytheon, Joyce Kuzman. Lalu bagaimana ceritanya Tomlinson memilih simbol @ untuk menunjukkan alamat email? Kuzman mengatakan, saat itu Tomlinson hanya melihat keyboard dan sedang membutuhkan sesuatu untuk penemuan emailnya. Tomlinson hanya memilih begitu saja @, untuk menghubungkan nama pengguna dengan alamat tujuan. Kini, Anda juga tahu..pilihan Tomlinson menjadi bahasa komunikasi internasional. "Itu (@) adalah simbol yang mungkin akan hilang dan tidak terpakai jika tidak ada email," ucap Kuzman.
  2. Ada yang tahu siapa dan bagaimana cerita dibalik penemuan komputer? Penemu komputer pertama kali adalah Charles Babbage . Ia seorang yang sangat ahli dalam bidang matematika. Makanya tak heran kalau dia menjadi pengagas utama terciptanya komputer. Hasil penemuan Babbage dapat dilihat di Musium Sains London. Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu ikon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri. Setelah penemuan Babbage, muncul ide-ide yang lebih modern untuk menciptakan sebuah komputer. Generasi pertama komputer yang dapat digunakan untuk mengolah data dan bukan hanya sekedaruntuk menghitung diciptakan oleh Konrad Zuse . Saat Perang Dunia II muncul lagi komputer yang lebih modern. Masih dengan penemu yang sama Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman. Komputer modern itu ditemukan pada tahun 1941 dan dikenal dengan sebutan Z3. Beruntung, yah kamu hidup di jaman seperti sekarang. Coba, kalau belum ada komputer? Wuiiih, jadi tidak bisa bermain game, mengerjakan tugas, apalagi bermain internet. Seperti hidup di jaman purba, hehehe. Nah, itulah sekilas cerita dibalik penemuan komputer.
  3. Salah satu warga Indonesia meninggal dan karena amal perbuatan kurang baik nya salam hidup ia dikirim menuju ke neraka. Di sana ia mendapatkan bahwa ternyata neraka itu berbeda-beda bagi tiap negara asal. Pertama ia ke neraka orang-orang Australia dan bertanya kpd orang-orang Australia di situ: "Kalian diapain di sini?" Orang Australia menjawab: "Pertama-tama, kita didudukan di atas kursi listrik selama satu jam. Lalu didudukan di atas kursi paku selama satu jam lagi. Lalu disiram dengan bensin dan disulut api. Lalu, setan Inggris muncul dan memecut kita sepanjang sisa hari." Karena kedengarannya tidak menyenangkan, si orang Indonesia menuju keneraka lain. Ia coba melihat-lihat bagaimana keadaan di neraka AS, neraka Jepang, neraka Rusia dan banyak lagi. Ia mendapatkan bahwa kesemua neraka-neraka itu kurang lebih mirip dengan neraka orang Inggris. Akhirnya ia tiba di neraka orang Indonesia sendiri, dan melihat antrian sangat-sangat panjang yang terdiri dari orang berbagai-bagai negara (tidak cuma orang Indonesia saja) yang menunggu giliran untuk masuk neraka Indonesia . Dengan tercengang ia bertanya kepada yang ngantri: "Apa yang akan dilakukan di sini?" Ia memperoleh jawaban: "Pertama-tama, kita didudukan diatas kursi listrik selama satu jam. Lalu didudukan di atas kursi paku selama satu jam lagi. Lalu disiram dengan bensin dan disulut api. Lalu setan Indonesia muncul dan memecut kita sepanjang hari." "Tapi itu kan sama persis dengan neraka-neraka yang lain toh. Lalu kenapa dong begitu banyak orang ngantri untuk masuk ke sini?" "Di sini service-nya sangat-sangat buruk, kursi listriknya nggak nyala, karena listrik sering mati...kursi pakunya nggak ada, tinggal pakunya aja karena kursinya sering diperebutkan. ..bensinnya juga nggak ada tuh, karena harganya melambung tinggi, malah di tahun 2012 katanya mau naik lagi dan setannya adalah mantan anggota DPR, jadi ia cuma datang, tanda tangan absensi, lalu pulang." Demikian tadi beberapa koleksi cerita humor tentang hantu, semoga bisa membuat teman-teman pembaca yang sedang galau atau ingin hiburan bisa terhibur dengan tulisan ini. Jangan lupa baca juga koleksi gambar lucu terbaru, dan jika sobat semua suka dengan artikel ini jangan sungkan untuk membagikannya ke teman-teman ya, makasih sudah berkunjung.
  4. Ruben sedang menempuh perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dengan menggunakan bis malam. Di tengah perjalanan, saat bis tersebut berhenti di sebuah terminal, seorang kakek tua naik dan menawarkan buku-buku bacaan pada semua penumpang. Sesampainya di kursi Ruben: “Bukunya nak? Ada macam-macam nih. Buku silat, cinta-cintaan, agama, dan lain-lain”, ujar sang kakek. Ruben yang kebetulan sedang tidak bisa tidur pun tertarik. “Ada buku misteri atau horor gak kek?” “Oh suka cerita horor yah?”, jawab si kakek. “Kebetulan sisa satu. Pas lagi ceritanya. Tentang bis yang ditinggali banyak arwah penasaran. Judulnya ‘Bis Malam Penasaran’. Serem banget pokoknya.” “Boleh juga tuh. Berapa harganya?” “Seratus lima puluh ribu, nak” “Walah, mahal bener harganya, kek”. “Ya namanya juga buku bagus. Best seller. Semua yang baca buku ini kabarnya sampe syok loh waktu baca endingnya”, si kakek berpromosi ala sales panci. Ruben pun akhirnya mengalah. Uang seratus lima puluh ribu berpindah tangan. Entah kenapa, tepat pada saat ia menyerahkan uang tersebut ke kakek tua, tiba-tiba terdengar suara petir menggelegar. Angin pun terasa mulai bertiup kencang. Si kakek buru-buru melangkah turun ke bis, namun tiba-tiba berhenti dan menolehkan wajahnya pelan-pelan ke arah Ruben. “Nak”, ujarnya lirih, “apa pun yang terjadi, harap jangan buka halaman terakhir ya. Ingat, apapun yang terjadi. Kalau tidak nanti kamu akan menyesal dan saya tidak mau bertanggung jawab.” Jantung Ruben berdegup kencang. Saking takutnya, ia sampai tidak mampu menganggukkan kepala hingga akhirnya si kakek turun dari bis dan menghilang ditelan kegelapan. Singkat cerita, dua jam kemudian, sekitar pukul satu malam, Ruben selesai membaca seluruh buku tersebut. Kecuali halaman terakhir tentunya. Dan memang benar seperti yang dikatakan si kakek penjual, buku itu benar-benar menegangkan dan menyeramkan. Di luar bis yang melaju kencang, hujan turun dengan derasnya. Kilat menyambar bergantian dan terkadang terdengar suara guruh yang menggelegar. Sejenak Ruben melihat berkeliling dan ternyata semua penumpang sudah terlelap. Bulu kuduknya terasa merinding. “Baca halaman terakhirnya gak yah?”, pikir Ruben bimbang. Antara penasaran dengan rasa takut berbaur menjadi satu. Di luar jendela malam tampak makin gelap. “Ah sudahlah, sekalian aja. Nanggung!” Dengan tangan gemetar ia pun membuka halaman terakhir dari buku tersebut secara perlahan… Dan akhirnya tampak sebuah lembaran kosong dengan sepotong label di bagian pojok kanan atas. Sambil menelan ludah, Ruben membaca huruf demi huruf yang tercantum: Bis Malam Penasaran Terbitan CV. Buku Horror Garing Harga Pas: Rp 15.000,-
  5. Abi tak pernah menyangka akan mengalami pagi yang mencekam hari ini. Abi berada di dalam Starbucks saat aksi teror terjadi. Pukul 09.00 WIB, Abi datang ke Starbucks yang terdapat di Menara Cakrawala mencari tempat untuk membaca dokumen-dokumen bisnisnya. Dia duduk di bangku bar agak dekat toilet. Dari posisi duduknya, Gedung Jaya yang ada di seberang Menara Cakrawala bisa terlihat jelas. Sekitar pukul 10.40 WIB, tiba-tiba ledakan besar terdengar dari halaman depan Starbucks. Duar! Kaca-kaca pecah, runtuh, para pengunjung panik. "Beberapa orang terkena pecahan kaca. Saya jongkok, mau lari tapi panik. Lalu ada ledakan lagi, lebih kecil dari yang sebelumnya," tutur Abi. Setelah ledakan kedua itu, kata Abi, kondisi menjadi tenang. Para pengunjung Starbucks pun mulai melarikan diri. Abi lari melompati pecahan dinding kaca Starbucks yang menghadap ke Sarinah. Sejumlah orang mengikuti langkahnya. Abi terus lari menuju Sarinah, tempat mobilnya diparkir. Dalam perjalanan menuju Sarinah, Abi mendengar ledakan dari arah pos polisi yang terletak di tengah Jl MH Thamrin, dan beberapa kali suara tembakan. "Saya terus lari ambil mobil. Lalu saya pulang," ujarnya. Abi lantas pulang ke rumahnya di wilayah Pasar Baru. Setelah mandi dan beristirahat, sore ini dia kembali lagi ke Menara Cakrawala. Niatnya untuk mengambil barang-barang yang masih tertinggal di Starbucks. "Tapi ini belum boleh sama polisi," tuturnya.
  6. Setelah Jalan jalan, Udin, memasuki pelataran sebuah rumah makan. Dia kelaparan. Dilihatnya masih ada satu tempat yang kosong, langsung dia menghampiri pelayan untuk memesan makanan. Beberapa menit kemudian pesanan pun datang dan tanpa menunggu lama dia langsung menyantap hidangan. Lagi asyiknya makan, datanglah seorang cewek cantik. Wajahnya oriental, Pakai celana pendek. Karena semua tempat penuh, cewek itu lalu bergabung semeja dengan Udin. Jadi, satu meja dua tempat duduk. Udin terpana melihat kecantikan cewek itu, sampai-sampai dia menunda santapannya. Entah kenapa, tiba-tiba Udin tersadar dan dengan reflek dia menutup mulutnya pakai kedua belah tangannya. Si cewek yang melihat tingkah aneh Udin lantas bertanya,
  7. Karena pertolongan bapak penjual mie 30 tahun yang lalu, kini Prajak berbalik membalas budi kebaikan bapak itu dengan melunasi seluruh biaya rumah sakit. Anak akan melakukan apapun demi melindungi orangtuanya. Hal inlah yang dilakukan bocah laki-laki asal Thailand. Ia terpaksa mencuri obat di sebuat apotik yang tak jauh dari kediamannya. Aksi yang tak pantas mendapat pujian dan mengharukan itu diketahui oleh pemiliki toko. Cacian serta makian dari pemilik apotik pada Prajak Arunthong sontak mencuri perhatian orang-orang yang berada di sekitar. Beruntung, bapak paruh baya yang menjual mie di depan apotik itu mencegah. Ia menghampiri Prajak. "Ibumu sakit?", tanya bapak penjual mie. Prajak hanya bisa mengangguk malu dan ketakutan. Tanpa ragu bapak penjual mie memberikan uang pada pemilik apotik untuk membayar obat-obatan yang telah dicuri Prajak. Bukan hanya itu, ia juga memberikan mie kuah hangat untuk dibawa Prajak pulang. 30 tahun telah berlalu, keadaan penjual mie masih sama seperti dulu. Saat tengah melayani pembeli ia tiba-tiba terjatuh karena sakit. Puteri semata wayangnya segera membawa penjual mie ke rumah sakit terdekat. Biaya pengobatan serta perawatan ayahnya terlalu mahal. Ia tak punya uang sebanyak itu, puterinya hanya menangis memandangi kertas yang bertuliskan total biaya sebesar 792,000 baht. Keputusan menjual toko mie yang telah dirintis bertahun-tahun akhirnya menjadi pilihan. Rupanya Prajak Arunthong kecil telah tumbuh besar menjadi seorang dokter. Ia ingin membalas budi pada bapak penjual mie yang telah menolongnya 30 tahun yang lalu.
  8. Malaikat kecil ini pulang ke surga dalam keadaan tidur. Bocah enam tahun ini didiagnosa dokter terkena kanker otak. Keluarga tak menyangka sang anak tersayang akan meninggal di rumah, saat sedang tidur. Video yang diunggah ke youtube ini memperlihatkan bagaimana pilunya hati keluarga terutama sang ayah saat dirinya mengangkat jasad sang anak dari tempat tidur, memeluknya kemudian membawa keluar menuju ke mobil jenazah. Tangisan menyayat hati dari kedua orang tua, saudara, juga sanak keluarga lain mengiringi kepergian malaikat kecil ini. Satu per satu mereka memberi ciuman sayang untuk terakhir kalinya sebelum jenazah dibawa kendaraan. 300 ribu lebih netizen telah menonton video mengharukan ini. Bahkan ada juga yang tak kuasa menahan tangis. "RIP..... menangis gw melihat video ini, anaknya seperti Tidur dengan sangat nyaman...
  9. Sepucuk surat yang mengharukan dari seorang bocah untuk ayahnya ditemukan di tempat parkir oleh seorang pegawai Prince of Wales Pub di Somerset, Inggris. Surat tersebut ditulis gadis kecil berusia 10 cilik untuk ayahnya yang sudah meninggal. Summer, gadis kecil penulis surat itu, bercerita tentang kerinduannya pada ayahnya yang sudah meninggalkannya lima tahun. Tersentuh oleh surat itu, si penemu oun berusaha untuk menemukan penulisnya. Berikut ini sisi surat mengharukan tersebut seperti dikurip dari Elite Daily: “Ayah tersayang, Aku mencintaimu. Aku sangat merindukanmu dan berharap kau ada di sini sekarang! Terkadang saat malam datang, aku melihat ke langit dan membuat permohonan dan aku memohon pada bintang paling terang yang bisa kulihat dan meyakini bahwa itu adalah dirimu. Aku selalu memikirkanmu di hari ulang tahunmu, Hari Ayah, ulang tahunku, saat Natal, dan selalu. Beberapa hari membahagiakan, beberapa lainnya menyedihkan, namun sekarang aku bisa merasakanmu dalam hatiku dan kau selalu ada dalam pikiranku tapi aku hanya berharap aku bisa mengucapkan selamat tinggal untuk terakhir kalinya, dan satu pelukan terakhir saja sebelum kau melanjutkan perjalanan ke rumahmu yang baru di surga. Aku tahu semua saudaraku dan semua orang di keluarga kita merindukanmu setiap hari dan berharap kau masih di sini tapi sampai nanti kita bertemu lagi atau berbicara lagi, aku akan membiarkanmu beristirahat. Aku sangat mencintaimu xx beristirahatlah dengan tenang ayah xx dan aku berharap kau bahagia di manapun berada xx. Dengan seluruh cinta, Gadis kecilmu, Summer, aku mencintaimu xxxxxxx” Nicki Holroyd, pemilik Prince of Wales Pub, kemudian mengunggah surat tersebut di Facebook untuk mencari siapa pemiliknya. Menurutnya itu adalah surat yang sangat mengharukan dan sangat indah dari seorang anak yang mrindukan ayahnya yang sudah meninggal. Holroyd merasa surat itu harus dikembalikan ke pemiliknya. Usahanya berhasil. Salah seorang keluarga Summer menghubungi Holroyd dan surat itu pun dikembalikan pada si gadis kecil.
  10. Cerita rakyat yang berasal dari Sunda, Jawa Barat yang terkenal adalah lutung Kasarung bukan Kakek Sarung dari Medan, kalau kakek sarung adalah cerita isu yang tidak patut dipercaya atau dikembangkan apalagi dikirim via BBM. Lutung Kesarung (LK) yang artinya lutung sejenis monyet, kasarung artinya tersesat, merupakan legenda atau cerita tempo dulu yang masih dikenal hingga saat ini, bukan orang Indonesia saja yang mengenal cerita ini, bahkan orang Belanda pun peduli dengan cerita tersebut dan sangat menyukainya. Sekitar tahun 1921, cerita rakyat Sunda ini digelar dalam gending karesmen yaitu seni drama yang diiringi music (kalau sekarang ada da’wah pengajian yang diiringi musik Islami) oleh RA. Wiranatakusumah, Bupati Bandung waktu itu. Dan lima tahun kemudian perusahaan film negeri kincir angin NV Java Film Company menjadikan legenda masyarakat Sunda ini ke dalam sebuah film bisu yang berjudul “Loetong Kasaroeng” dengan sutradara L.Heuveldrop dan film tersebut merupakan film perdana dan pertama kali diputar di Hindia Belanda, diputar dari tanggal 31 Desember 1926 sampai 6 Januari 1927 di bioskop Majestic sebuah bioskop elite di negeri tersebut. Hingga akhirnya cerita yang merakyat dan fenomenal tersebut tidak saja diungguh dalam sebuah film juga dijadikan bahan disertasi oleh FS. Eringa yang dibukukan sekitar tahun 1949 dan kemudian ditulis dalam bahasa Indonesia oleh seniman Belanda Tilly Dalton sekitar tahun 1950 dan salinan bukunya disumbangkan perpustakaan di KITLV di Leiden negeri Belanda. Oleh orang Indonesia yang peduli dengan cerita rakyat ini kemudian dikembangkan dalam buku-buku cerita rakyat atau buku sejarah, bahkan berupa komik serta pernah disinetronkan di televise-televisi swasta Indonesia. Sinopsis cerita Lutung Kasarung ini merupakan cerita pantun yang berkisah legenda masyarakat Sunda tentang sebuah proses perjalanan Sanghyang Guruminda dari Khayangan yang diturunkan ke Buana Panca Tengah (bumi) dan berwujud seeorang lutung sejenis hewan yang ada kemiripan dengan monyet. Dalam petualangannya di bumi, bang lutung bertemu dengan seorang putri yang ayu, yaitu putri Purbasari Ayuwangi yang katanya diusir oleh kakaknya yaitu Purbararang, hingga akhirnya sang putri Purbasari berteman dengan bang lutung. Hingga kemudian mereka saling curhat, menceritakan nasibnya yang sama. Dan akhirnya sang putri Purbasari menjadi cantik kembali, dan bang lutungpun demikian, mereka berdua akhirnya memerintah Kerajaan Pasir Batang dan kerajaan Cupu Mandala Ayu, bersama-sama. Hikmah dari cerita legenda dari Sunda Jawa Barat ini adalah sesama manusia tidak boleh adanya iri dengki, apalagi masalah rejeki dan kekuasaan. Sebab rejeki sudah ada yang mengatur. Semoga bermanfaat.
  11. Misteri gozu, siapa yang menceritakan dan mendengarkan cerita ini akan mati. Pembaca kumpulan misteri, hal inilah yang diyakini oleh orang-orang Jepang sehingga misteri tentang Gozu pun banyak ditakuti. Bahkan karena begitu misteriusnya kisah ini di Jepang, maka kisah ini pun menyebar dengan mudah ke berbagai belahan dunia. Menurut urban legend dan legenda yang berkembang di negara Jepang, memang ada sebuah cerita pendek yang dikenal dengan Gozu. Dalam bahasa Jepang Gozu adalah Cow Head atau kepala sapi. Konon kabarnya, kisah tersebut berasal dari abad 17. Meskipun demikian, cerita asli dari Gozu sendiri sampai saat ini masih tetap menjadi misteri dan belum dapat ditemukan di mana pun. Pasalnya ada kepercayaan siapa yang menceritakan atau bahkan hanya mendengarkan kisah asli Gozu akan mati. Beberapa tulisan di era tersebut mengungkapkan bahwa Gozu adalah sebuah kisah yang amat mengerikan. Namun tulisan-tulisan tersebut hanya berani menuliskan judulnya saja dan tidak berani untuk menulis ceritanya secara keseluruhan. Bahkan saking menakutkannya cerita tersebut, beberapa tulisan termasuk salinan yang menceritakan kisah tersebut sudah dibakar habis. Sejumlah salinan yang berhasil diselamatkan dari pemusnahan tersebut dipecah menjadi beberapa bagian, setelah itu disebar ke seluruh penjuru negeri sakura ini. Menurut rumor yang berkembang, jika kisah ini diceritakan, pada pendengar kisah Gozu akan mendapatkan teror yang sangat luar biasa. Demikian halnya dengan orang yang menceritakan atau membaca kisah-kisah tersebut bisa mati karena takut seperti dilansir dari Scary For Kids. Hal ini pada akhirnya membuat cerita Gozu hadir dalam berbagai versi dan mungkin saja tidak ada satu pun yang sama persis dengan kisah asli dari Gozu itu sendiri. Hasilnya munculah misteri gozu, siapa yang menceritakan dan mendengarkan cerita ini akan mati. Gozu Versi Baik Hati Gozu Versi Sakyo Kumatsu
  12. Di sebuah kota kecil yg tenang & indah, ada sepasang manusia yg saling mencintai. Mereka selalu bersama memandang matahari terbit di puncak gunung, bersama di pesisir pantai menghantar matahari senja. Setiap org yg bertemu dgn mereka tdk bisa tdk akan menghantar dgn pandangan kagum & doa bahagia. Mereka saling mengasihi satu sama lain. Namun pd suatu hari, malang sang dara mengalami luka berat akibat sebuah kecelakaan. Ia berbaring di atas ranjang pasien brp malam tdk sadarkan diri di rumah sakit. Siang hari sang wanita menjaga di depan ranjang & dgn tiada henti memanggil2 kekasih yg tdk sadar sedikitpun. Malamnya ia tak lupa berdoa kepada Tuhan agar kekasihnya selamat. Air matanya sendiri hampir kering krn menangis sepanjang hari. Seminggu telah berlalu, sang dara tetap pingsan tertidur spt dulu, sedangkan si wanita telah berubah mjd pucat pasi & lesu tdk terkira, namun ia tetap dgn susah payah bertahan & akhirnya pd suatu hari Tuhan terharu oleh keadaan wanita yg setia & teguh itu, lalu IA memutuskan memberikan kpd wanita itu sebuah pengecualian kpd dirinya. Tuhan bertanya kpdnya:"Apakah kamu benar2 bersedia menggunakan nyawamu sendiri utk menukarnya?". Si wanita tanpa ragu sedikitpun menjawab:"Ya". Tuhan berkata:"Baiklah, Aku bisa segera membuat kekasihmu sembuh kembali, namun kamu hrs berjanji menjelma mjd kupu2 selama 3 thn. Pertukaran spt ini apakah kamu juga bersedia?". Si wanita terharu setelah mendengarnya & dgn jawaban yg pasti menjawab: "saya bersedia!". Hari telah terang. Si wanita telah mjd seekor kupu2 yg indah. Ia mohon diri pd Tuhan lalu segera kembali ke rumah sakit. Hasilnya, dara itu benar2 telah siuman bahkan ia sedang berbicara dgn seorg dokter. Namun sayang, ia tdk dpt mendengarnya sebab ia tak bisa masuk ke ruang itu. Dgn di sekati oleh kaca, ia hanya bisa memandang dr jauh kekasihnya sendiri. Bbrp hari kemudian, sang dara telah sembuh. Namun ia sama sekali tdk bahagia. Ia mencari keberadaan sang wanita pd setiap org yg lewat, namun tdk ada yg tahu sebenarnya sang wanita telah pergi kemana. Sang dara sepanjang hari tdk makan & istirahat terus mencari. Ia begitu rindu kpdnya, begitu inginnya bertemu dgn sang kekasih, namun sang wanita yg telah berubah mjd kupu2 bukankah setiap saat selalu berputar disampingnya? hanya saja ia tdk bisa berteriak, tdk bisa memeluk. Ia hanya bisa memandangnya secara diam2. Musim panas telah berakhir, angin musim gugur yg sejuk meniup jatuh daun pepohonan. Kupu2 mau tdk mau hrs meninggalkan tempat tsb lalu terakhir kali ia terbang & hinggap di atas bahu sang dara. Ia bermaksud menggunakan sayapnya yg kecil halus membelai wajahnya, menggunakan mulutnya yg kecil lembut mencium keningnya. Namun tubuhnya yg kecil & lemah benar2 tdk boleh di ketahui olehnya, sebuah gelombang suara tangisan yg sedih hanya dpt di dengar oleh kupu2 itu sendiri & mau tdk mau dgn berat hati ia meninggalkan kekasihnya, terbang ke arah yg jauh dgn membawa harapan. Dlm sekejap telah tiba musim semi yg kedua, sang kupu2 dgn tdk sabarnya segera terbang kembali mencari kekasihnya yg lama di tinggalkannya. Namun di samping bayangan yg tak asing lagi ternyata telah berdiri seorang wanita cantik. Dlm sekilas itu sang kupu2 nyaris jatuh dr angkasa. Ia benar2 tdk percaya dgn pemandangan di depan matanya sendiri. Lebih tdk percaya lagi dgn omongan yg di bicarakan banyak org. Orang2 selalu menceritakan betapa parah sakit sang dara. Melukiskan betapa baik & manisnya dokter wanita itu. Bahkan melukiskan betapa sudah sewajarnya percintaan mereka & tentu saja juga melukiskan bahwa sang dara sudah bahagia spt dulu kala dsb. Sang kupu2 sangat sedih. Bbrp hari berikutnya ia seringkali melihat kekasihnya sendiri membawa wanita itu ke gunung memandang matahari terbit, menghantar matahari senja di pesisir pantai. Segala yg pernah di milikinya dahulu dlm sekejap tokoh utamanya telah berganti seorg wanita lain sedangkan ia sendiri selain kadangkala bisa hinggap di atas bahunya, namun tdk dpt berbuat apa2. Musim panas tahun ini sgt panjang, sang kupu2 setiap hari terbang rendah dgn tersiksa & ia sudah tdk memiliki keberanian lagi utk mendekati kekasihnya sendiri. Bisikan suara antara ia dgn wanita itu, ia & suara tawa bahagianya sudah cukup membuat embusan napas dirinya berakhir, karenanya sebelum musim panas berakhir, sang kupu2 telah terbang berlalu. Bunga bersemi & layu. Bunga layu & bersemi lagi. Bagi seekor kupu2 waktu seolah2 hanya menandakan semua ini. Musim panas pd tahun ketiga, sang kupu2 sudah tdk sering lagi pergi mengunjungi kekasihnya sendiri. Sang dara bekas kekasihnya itu mendekap perlahan bahu si wanita, mencium lembut wajah wanitanya sendiri. Sama sekali tdk punya waktu memperhatikan seekor kupu2 yg hancur hatinya apalagi mengingat masa lalu. Tiga tahun perjanjian Tuhan dgn sang kupu2 sudah akan segera berakhir & pd saat hari yg terakhir, mengalirlah air mata sedih sang kupu2. Dengan pedih hati Tuhan menarik napas:"Apakah kamu menyesal?". Sang kupu2 mengeringkan air matanya:"Tidak". Tuhan lalu berkata di sertai seberkas kegembiraan: "Besok kamu sudah dpt kembali mjd dirimu sendiri". Sang kupu2 menggeleng-gelengkan kepalanya:"Biarkanlah aku mjd kupu2 seumur hidup". ADA BEBERAPA KEHILANGAN MERUPAKAN TAKDIR. ADA BEBERAPA PERTEMUAN ADALAH YANG TIDAK AKAN BERAKHIR SELAMANYA. MEMILIKI SESEORANG MAKA HARUS BAIK-BAIK MENCINTAINYA.
  13. Dahulu kala, ada seorang wanita penyihir yang memiliki tiga anak yang saling menyayangi antara satu dengan yang lainnya sebagai saudara, tetapi wanita penyihir tua itu tidak mempercayai anaknya sendiri, dan berpikir bahwa ketiga anaknya ingin mencuri kekuatannya darinya. Penyihir itu lalu mengubah anak sulungnya menjadi burung elang, yang terpaksa tinggal di pegunungan berbatu, dan sering terlihat terbang melayang di langit. Yang kedua, disihir sehingga berubah menjadi seekor ikan paus yang hidup di laut dalam, dan terkadang terlihat di permukaan laut menyemburkan sebuah pancuran air yang besar di udara. Kedua anak ini masing-masing masih bisa berubah bentuk menjadi manusia selama dua jam setiap hari. Anak yang ketiga, karena takut bahwa ibunya yang penyihir ini akan mengubahnya menjadi seekor binatang buas, dengan diam-diam pergi meninggalkan ibunya. Saat itu, di pusat kerajaan, dia mendengar berita tentang seorang putri Raja yang disihir dan dipenjarakan di istana matahari, sedang menanti datangnya pertolongan. Mereka yang mencoba membebaskan sang Putri, mempertaruhkan nyawa mereka karena tugas untuk menyelamatkan sang Putri, tidaklah mudah. Sudah puluhan orang yang mencoba tetapi gagal, dan sekarang tidak ada orang yang berani untuk menyelamatkan sang Putri lagi. Si Putra Ketiga menguatkan hatinya untuk mencoba menyelamatkan sang Putri. Dia lalu melakukan perjalanan untuk mencari istana matahari itu dalam waktu yang cukup lama tanpa bisa menemukannya. Suatu ketika, dia tiba tanpa sengaja di sebuah hutan yang besar, dan menjadi tersesat. Tiba-tiba dia melihat di kejauhan, dua raksasa yang melambaikan tangan mereka kepadanya, dan ketika dia datang kepada raksasa tersebut, mereka berkata, "Kami bertengkar mengenai sebuah topi, siapa di antara kami yang berhak memilikinya, karena kami berdua sama kuatnya, tak ada satupun di antara kami yang lebih kuat dibandingkan yang lain. Manusia kecil lebih pandai dari kami, karena itu, kami menyerahkan keputusan kepada mu." "Bagaimana kamu bisa bertengkar hanya karena sebuah topi tua?" kata si Putra Ketiga. "Kamu tidak mengerti keajaiban topi itu! Itu adalah topi yang bisa mengabulkan keinginan kita; barang siapa yang memakainya, dan berharap untuk pergi ke tempat manapun dia mau, dalam sekejap dia akan tiba di tempat tersebut." "Berikanlah topi itu kepadaku," kata si Putra Ketiga, "Saya akan berdiri di sana, ketika saya memanggil kalian, kalian harus berlomba lari, dan topi ini akan menjadi milik orang yang lebih duluan tiba di sana." Dia lalu memakai topi tersebut lalu berjalan pergi, dan saat berjalan, si Putra Ketiga berpikir tentang sang Putri, melupakan para raksasa dan berjalan terus. Akhirnya dia mendesah dalam hatinya dan bersedih, "Ah, jika saja saya bisa tiba di istana matahari," tiba-tiba si Putra Ketiga sudah berdiri di sebuah gunung yang tinggi tepat di depan pintu gerbang istana matahari. Dia lalu masuk dan memeriksa semua kamar, saat sampai pada kamar terakhir dia menemukan putri Raja. Tapi betapa terkejutnya dia ketika melihat wajah sang Putri. Wajahnya pucat abu-abu penuh keriput, mata rabun, dan berambut merah." Apakah kamu adalah putri raja, yang kecantikannya terkenal di seluruh pujian dunia?" tanyanya. "Ah," jawabnya," ini bukan bentuk saya yang sebenarnya, mata manusia hanya bisa melihat saya dalam keadaan buruk rupa ini, tetapi kamu mungkin bisa melihat bentuk saya yang sebenarnya, lihat melalui cermin ini, karena cermin ini tidak akan salah dan akan menampilkan wajah saya yang sebenarnya." Dia lalu memberinya cermin yang di pegangnya, dan saat si Putra Ketiga melihat bayangan di dalam cermin, dilihatnya wajah yang paling cantik di seluruh penjuru dunia, dan dia juga melihat butiran air mata yang bergulir di pipi sang Putri. Lalu si Putra Ketiga bertanya, "Bagaimana kamu dapat dibebaskan ? Aku tidak takut akan mara bahaya. Sang Putri berkata, "Dia yang mendapatkan bola kristal, dan mengacungkannya kehadapan penyihir, akan menghancurkan kekuatan sihirnya dengan bola kristal itu, dan saya akan kembali ke bentuk sejati saya. "Ah," dia menambahkan, "sudah banyak yang mencoba dan gagal, kamu begitu muda, saya sangat sedih karena kamu harus menghadapi bahaya yang begitu besar." "Tidak ada yang bisa mencegah saya melakukannya," kata si Putra Ketiga, "coba katakan padaku apa saja yang harus kulakukan." "Kamu harus tahu semuanya," kata sang Putri," ketika kamu menuruni gunung di mana istana ini berdiri, kamu akan menemukan seekor banteng liar di dekat sebuah mata air, dan kamu harus berkelahi dengan banteng itu, dan jika kamu bisa membunuhnya, seekor burung yang berapi-api akan muncul yang membawa sebuah telur yang membara, dan sebuah bola kristal terletak di dalam telur tersebut. burung itu tidak akan membiarkan telur tersebut terlepas kecuali dipaksa untuk melakukannya, dan saat telur itu jatuh di tanah, semuanya akan menyala dan membakar segala sesuatu yang berada dekat telur tersebut, dan dengan bola kristal semua masalahmu akan terselesaikan." Pemuda itu lalu pergi ke mata air, di mana seekor banteng liar mendengus dan berteriak marah padanya. Setelah melalui perjuangan yang panjang, si Putra Ketiga berhasil menusukkan pedangnya ke tubuh hewan itu yang akhirnya jatuh mati. Seketika itu juga, seekor burung api muncul dan hendak terbang, tapi kakak si Putra Ketiga yang berubah bentuk menjadi elang, menukik turun, mengejar burung api tersebut sampai ke laut, dan memukul dengan paruhnya sampai sang Burung Api melepaskan telur yang dipegangnya. Telur tersebut tidak jatuh ke laut, tetapi ke sebuah gubuk nelayan yang berdiri di tepi pantai dan gubuk itu langsung terbakar api. Lalu tiba-tiba muncullah gelombang laut setinggi rumah, menerjang gubuk tersebut hingga seluruh api menjadi padam. Ternyata, saudara lain si Putra Ketiga yang menjadi ikan paus, yang telah mendorong dan menciptakan gelombang laut tersebut. Ketika api itu padam, si Putra Kegita mencari telur itu dan menjadi sangat bahagia saat menemukannya. Kulit telur tersebut menjadi retak dan pecah akibat suhu panas yang tiba-tiba berubah menjadi dingin saat tersiram air, sehingga bola kristal di dalamnya dapat diambil oleh si Putra Ketiga. Ketika pemuda pergi menghadap ke si Penyihir dan mengacungkan bola kristal itu di hadapannya, si Penyihir berkata, "kekuatan sihir saya telah hancur, dan mulai dari saat ini, kamulah yang menjadi raja di istana matahari. Dengan bola kristal itu juga, kamu telah mengembalikan bentuk saudara-saudara-mu ke bentuk manusia seperti semula." Si Putra Ketiga pun bergegas menemui sang Putri, dan ketika dia memasuki ruangan, dia mendapati sang Putri berdiri di sana dengan segala kecantikan dan keindahannya, dan tidak lama, merekapun menikah dan hidup berbahagia selamanya.
×
×
  • Create New...