Jump to content

Search the Community

Showing results for tags 'makan'.



More search options

  • Search By Tags

    Type tags separated by commas.
  • Search By Author

Content Type


Forums

  • NGOBAS ANSWERS
    • General Question
  • YOUTH MEDIA
    • Youth News
    • Anonymous Youth
  • CAFE NGOBAS
    • LOKER KORAN
    • MOTIVI
    • SAY HELLO TO NGOBAS
  • CLINIC NGOBAS
    • MEDIC & ALTERNATIF
    • OLGA
  • DEDEMIT (Dedengkot Dedengkot Melek IT)
    • COMPUTER SECURITY
    • GRAPHIC DESIGN
    • HARDWARE
    • MALWARE
    • NETWORKING
    • OPERATING SYSTEM
    • PROGRAMMING
    • SEMBERIT
    • SOFTWARE
    • WEBSITE
  • HOBBY
    • ANIME
    • ELECTRONIC AND GADGET
    • FOOKING
    • GAMING
    • MOVIE
    • MUSIC
    • OTONG
    • PHOTOGRAPHY
    • SAINS
  • Ngobas Bikers Club (NBC)
    • ABOUT Ngobas Bikers Club
    • NEWS
  • NGOBAR
    • BUSINESS
    • FINANCE
    • No-GOSSIP
    • INAGURASI
    • JOKE & JILL (Joke and Jahill)
    • LIFE STYLE
    • MISTIK
    • POLITIC
    • RELIGI
  • POS KAMPLING
    • REST AREA
    • LAPOR KOMANDAN

Blogs

  • Ngobas Blog
  • Your World

Categories

  • News Topic
  • Event
    • Event Documentation
  • Officer

Find results in...

Find results that contain...


Date Created

  • Start

    End


Last Updated

  • Start

    End


Filter by number of...

Joined

  • Start

    End


Group


Website


Twitter


Facebook


VKontakte


Instagram


Youtube


Skype


Yahoo


AIM


MSN


ICQ


Jabber


BBM


Line


Interest

Found 29 results

  1. Limpa adalah bagian usus yang terletak lebih dalam daripada lambung dan hati, berada di antara diafragma dan ginjal kiri. Limpa menghasilkan getah bening yang berfungsi untuk memecah sel darah yang sudah tua. Saat tubuh memerlukan kiriman darah yang lebih banyak, limpa akan mengerut sambil mengeluarkannya. Namun, sewaktu lambung atau hati memerlukan darah untuk mencerna makanan, dan selama itu kita berolahraga, limpa harus mengirimkan darah ke ototpada waktu bersamaan. Bila begini, limpa akan terlalu mengerut sehingga menimbulkan rasa sakit.
  2. Memasak menggunakan api mengubah protein secara kimia. Dalam proses ini, akan terbentuk zat penyebab KANKER, "benzopiren" dalam beberapa makanannya, terutama yang sudah gosong. Dalam buangan gas, asap cerobong pabrik, dan asap rokok pun ditemukan benzopiren.
  3. Manusia butuh makan dan minum untuk bisa bertahan hidup di dunia. Tenaga yang kita perlukan untuk melakukan berbagai aktivitas hidup sehari-hari banyak disuplai dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Tanpa makan dan minum kita akan lemas karena kurangnya tenaga di dalam tubuh kita. Kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar tubuh kita gak kekurangan gizi. Makan dan minun memiliki adab atau etika yang gak tertulis yang berbeda-beda antara budaya yang satu dengan yang lain. Namun secara umum ada hal-hal tertentu yang menjadi acuan untuk membedakan cara makan yang baik dan yang buruk. Berikut ini adalah beberapa hal, kegiatan atau aktivitas yang dilarang atau sebaiknya gak dilakukan ketika lagi makan dan minum karena bisa memberikan dampak buruk, yaitu antara lain: Makan sambil berbicara / ngobrol Makan sambil berdiri Makan sambil jalan-jalan Makan sambil buang air besar maupun buang air kecil Makan sambil bercanda Makan sambil tertawa Makan sambil menangis Makan sambil bernyanyi Makan sambil tidur Makan sambil merokok Makan sambil bekerja Makan sambil main dengan binatang peliharaan Makan sambil bermain kotor-kotoran Makan sambil main video game Makan sambil belajar di kelas Makan sambil melamun Makan sambil mandi Makan sambil mengemudikan kendaraan Makan sambil Menari Makan sambil olahraga Akan jauh lebih baik apabila sebelum makan dan minum melakukan hal-hal berikut di bawah ini: Cuci tangan dengan sabun hingga bersih Memastikan peralatan makan minum dan makanan minuman bersih serta layak dikonsumsi Menyiapkan air minum kita supaya mudah ketika butuh minum Menawari makan minum kepada orang-orang di sekitar kita (basa-basi) Berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa Setelah selesai makan minum pun juga ada beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan, yakni: Berdoa pada Tuhan setelah makan dan minum untuk mensyukuri nikmatNya Membereskan segala peralatan makan minum kita serta bersih-bersih Mencuci tangan sampai bersih dengan sabun Mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kegiatan makan minum kita (jika ada) Lanjut ke acara atau kegiatan berikutnya
  4. Mungkin ada yang pernah mempunyai pertanyaan seperti itu, pertanyaan kenapa sehabis makan kita merasa kenyang? Atau mungkin malah sebuah pertanyaan yang bodoh dan gak penting? Apapun pendapat jendral, tapi hal ini yang sering gue tanyain dan belum ada yang bisa ngasih jawaban yang memuaskan. Kenapa Abis Makan Kenyang Kenapa harus ada pertanyaan “Kenapa Habis Makan Kenyang?” Kenapa harus itu yah.. Seterah gue dong. Gue coba search aja minta bantuan mbah Google, dan menemukan beberapa jawaban berikut: * Pengertian Kenyang Kenyang secara harafiah adalah suatu perasaan apabila maag atau lambung seseorang sudah terisi penuh dengan makanan. Rata-rata, organ pencernaan manusia membutuhkan waktu l.k. 3 jam setelah "makan besar" sehingga setelah 3 jam biasanya perut kembali kosong. Otak mengolah informasi ini sebagai "lapar". * Kenapa Abis Makan Kenyang? Setelah kita makan, makanan akan disimpan di dalam gudang bernama lambung, sebelum akhirnya diedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika lambung sudah "penuh", maka lambung akan bereaksi, pertanda kita kenyang. Perlu diingat, makan sampai sampai kenyang boleh2 saja, asal tdk berlebihan. Seenak apa pun makanannya, daya tampung tubuh juga ada batasnya. Makan secara berlebihan dapat membuat perut terasa penuh dan menciptakan rasa kembung. Jika terlalu kenyang, lambung akan bekerja kelewat keras, padahal setelah terisi, lambung juga butuh istirahat. Proporsi lambung yg ideal adlh 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 udara. ** Secara logika, kenapa abis makan kenyang? Karena tempat penampungan makanan (Lambung dan usus) dalam tubuh kita itu relatip kecil, karena makanan memadati ruangan-ruangan di dalam usus dan lambung, sehingga jika sesudah makan kita merasa kenyang. Jika terasa kenyang banget, itu terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan makanan itu memadati semua ruangan yang ada di dalam lambung dan usus kita. ** Coba kita lihat balon, ketika kita isi udara, awal-awal sebelum diisi udara, kosong atau kelaparan, kondisi masih sangat lentur, kemudian diisi sedikit demi sedikit, semakin besar, semakin keras, sampai akhir batas kemampuan balon. Kalo diteruskan, “pecah”, karena konsentrasi udara didalam balon sudah sangat penuh, “kekenyangan”. Begitu juga manusia, setelah makan, terasa kenyang, karena seperti halnya balon, konsentrasi makanan dan minuman sudah mengarah jumlah yang dapat ditampung oleh lambung, kalo pada balon, tidak ada sensor yang dipasang, maka pada lambung ada saraf-saraf yang terpasang pada lambung yang memberi sinyal bahaya bila diteruskan untuk diisi, karena bisa “pecah”, berabe toh....! :ngakak ** Karena perut terisi makanan dan proses pencernaan yang berjalan lama, sehingga saat menunggu proses pencernaan tersebut, perut terasa penuh dan itulah yang disebut dengan kenyang. * Kenapa setelah makan kenyang ? - ente gak lupa membaca do'a sebelum makan. - Inget sama pesen kanjeng Nabi saw, berhenti makan sebelum kau kenyang. - Bersyukur atas apa yang telah kau makan. - Pernah inget gak, saat mau makan tidak berdo'a ? Saya yakin, makanmu akan seperti orang tak pernah kenyang. ** Saat mengonsumsi makanan, maka lambung akan terisi dan merangsang enzim untuk mencerna makanan. Nah saat kita makan sesuai porsi kita. lambung mulai terisi. Pada saat itulah kita merasakan 'Kenyang'. Ini diakibatkan otot otot dinding lambung yang terdesak oleh makanan sehingga ia mengirimkan isyarat ke otak yg diterjemahkan oleh rasa “kenyang” tadi. ** Tandanya ente sudah memenuhi kapasitas lambung, dan dikirimnya sinyal ke otak yang menyatakan kalo perut ente sudah penuh alias kenyang. Kalo ente tidak merasakan kenyang, tentunya ente akan terus makan dan tidak tahu kapan harus berhenti. ** Karena ente habis makan makanya ente kenyang coba kaga makan ... kenyang kaga tuh..? pasti kaga kan.. ** Waaah., itu pertanda anda manusia yg indera perasanya masih hidup... Andai udah mati anda takkan pernah merasa kenyang atau lapar... ** Kalo abis lari... cape.. abis nyangkul... cape juga abis nguli... apalagi, lebih cape mendingan makan ya gak, abis itu kenyang deh. ** iya ya .... kenapa yah .... ane juga bingung kenapa .... ente dong yang kasih tau ... kenapa kalau kita habis makan jadi kenyang ...^-^ ** - Karena eh karena.. ah... gw juga bingung kenapa setelah makan jadi kenyang - Makanya ane juga heran... aneh ya - Karena udah makan... - Takdir - Itulah masalahnya - Yah itu berarti lambung sudah penuh - Karena perutnya sudah terisi. - Karna kalau lapar itu namanya blum makan!!! - Ya iyalah kan itu memang tujuan utama makan. supaya kenyang. - Karena kalo habis makan, ente masih belum kenyang itu namanya “Ranes”. - Itu penyakit turunan dari nenek moyang kita, obatnya belum pernah ditemukan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy