Jump to content

gita

✔ Verified Account
  • Content Count

    0
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    1

Reputation Activity

  1. Confused
    gita reacted to Malline for a status update, Maskapai zaman dahulu memperbolehkan merokok di pesawat. Biasanya penumpang akan mero   
    Maskapai zaman dahulu memperbolehkan merokok di pesawat. Biasanya penumpang akan merokok setelah makan. Namun sekarang telah dikeluarkan larangan merokok di dalam pesawat.
    Larangan ini dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration (FAA) pada tahun 1989. Alasannya, semua benda yang mengeluarkan api bisa berbahaya bagi penerbangan. Disebutkan dalam peraturannya, semua pesawat dalam negeri maupun luar negeri harus memberi tahu penumpang bahwa merokok di pesawat merupakan tindakan terlarang.
    Aturan ini akhirnya mulai diberlakukan secara luas kepada semua pesawat lokal dan asing yang terbang ke dan dari AS mulai tahun 1998. Larangan ini kemudian diperkuat dengan undang-undang federal dari Kemenhub AS, Departement of Transportation yang berlaku efektif mulai 4 Juni 2000.
    Dalam peraturan juga disebutkan larangan ini tidak hanya saat pesawat sedang di udara tapi juga saat sedang berada di darat. Maskapai harus memberi tahu bahwa merokok saat masuk atau keluar pesawat juga dilarang.
    Kemudian aturan ini digunakan oleh banyak maskapai baik yang domestik AS maupun yang luar negeri. Karena dinilai sangat positif, akhirnya aturan larangan merokok ini diadopsi oleh seluruh maskapai di dunia, termasuk di Indonesia.
    Untuk Indonesia, aturan seperti ini diatur di UU No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Dendanya sendiri bisa mencapai maksimal Rp 2,5 miliar atau kurungan penjara maksimal 5 tahun. Sekarang kita melihat lampu dilarang merokok menyala setiap waktu di pesawat.

  2. Like
    gita reacted to Malline for a status update, Dari seorang yang bernama Elon Musk   
    Dari seorang yang bernama Elon Musk

×
×
  • Create New...