Jump to content

Gracia_Mega

Member
  • Content Count

    21
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    2

Posts posted by Gracia_Mega

  1. 1932995129_ACMobil.thumb.jpg.ee004c61d2813cb2f6e947352dd54dad.jpg

    Perangkat AC mobil menjadi fitur penting sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Ketika AC mobil mulai tidak dingin tentu bisa mengganggu perjalanan bahkan anggota keluarga teriak gerah, panas. Sering kali, AC mobil yang tidak dingin yang dituduh biang kerok adalah freon. Alasannya, freon memang sering bocor jika usia mobil sudah lumayan lawas.

    Sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama yang berfungsi untuk menyemburkan udara dingin, diantaranya kompresor, kondensor, receiver, dryer, dan evaporator. Nah, dalam evaporator inilah freon AC berada.

    Semestinya, risiko kebocoran freon ini sangat kecil. Tapi dalam kondisi tertentu, umur freon AC ini bisa menua dan mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas penggunaan AC itu sendiri, atau karena usia kendaraannya.

    Selain kedua faktor tersebut, kemampuan AC mobil untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang karena lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa, sudah merenggang. Kondisi ini biasanya terkait dengan usia karet seal atau faktor lainnya.

    Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah, cek dulu seluruh komponen AC secara keseluruhan. Jika terdapat kebocoran, sebaiknya langsung ditambal. Setelah itu, baru AC mobil bisa diisi dengan freon baru.

    Cara mengetahui kebocoran? Mendeteksi kebocoran AC sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan kompresor yang terdapat pada AC mobil. Jika kompresor AC mobil tidak bergerak saat dinyalakan, kemungkinan besar freon AC sudah habis karena adanya kebocoran.

    Selain itu, ada beberapa ciri lainnya yang menandakan freon AC mobil harus segera diganti, diantaranya adalah kipas AC tidak berputar, udara yang keluar tak segar dan dingin lagi, kipas AC tidak berputar dan lainnya. Segera bawa ke dealer resmi.

  2. 2 hours ago, Metrotvnews said:

    Minuman manis
    Minuman manis atau berkarbonasi erat kaitannya dengan kerusakan gigi, sindrom metabolik, dan obesitas. Jika anda ingin tetap sehat, air mineral, jus sayuran, atau air yang mengandung buah segar (infused water) sudah cukup untuk memenuhi asupan cairan harian anda.

    Nah nah nah

  3. Pergantian tahun selalu identik dengan trend baru, mulai dari makanan, make-up, fashion, hingga gaya rumah. Setelah sempat membahas fashion yang akan trend di 2016, kali ini aku akan membahas trend model dan warna rumah 2016. Jadi untuk jendral yang sedang mencari ide untuk mengubah “dandanan” rumahmu, beberapa ide model dan warna rumah di bawah ini bisa jadi alternatif pilihanmu. Check this out!

    1. Monarch Gold, warna yang paling trend di 2016

    Di tahun-tahun sebelumnya, pengaplikasian warna keemasan ini cukup banyak kita temui pada dunia fashion dan kecantikan. Nah di tahun 2016, giliran dunia dekorasi interior dan eksterior yang akan “dikuasai” oleh Monarch Gold. Warnanya yang terang namun tetap sederhana sangat cocok untuk jendral yang menyukai rumah dengan perpaduan antara gaya tradisi dan modern.

    Jika berniat untuk mengaplikasikan Monarch Gold pada ruangan-ruangan di rumahmu, kamu bisa memilih furnitur berwarna putih gading, biru muda, coklat muda, hingga warna-warna pastel yang polos.

    1.jpg.3748176ec7837fa33e8def6fb03bfddd.j

    2. Kombinasi warna cerah, netral dan sentuhan alam

    Mungkin selama ini jendral ragu untuk mengaplikasikan warna cerah pada rumah karena takut terkesan “norak”. Tapi di tahun 2016 ini, kamu tidak perlu lagi takut untuk mengubah cat dinding ruangan di rumahmu dengan warna cerah seperti oranye, ungu, hijau dan biru muda.

    Nah untuk menetralkan suasana, kamu bisa mengkombinasikan warna-warna tersebut dengan furnitur berwarna polos seperti abu-abu, putih, dan hitam. Tambahan aksesoris bertemakan alam seperti lukisan pemandangan atau kursi kayu akan menambah nuansa cantik dan elegan pada rumahmu.

    2.jpg.e386af326b059744301b35e267f4bc74.j

    3. Desain kontemporer dengan warna monokromatik untuk rumah minimalis

    Gaya kontemporer merupakan gaya yang paling cocok untuk rumah yang tidak terlalu luas. Gaya yang fokus pada dekorasi simpel dan warna yang netral ini akan memberi kesan modern dan lebih luas pada rumah minimalismu. Dinding berwarna putih dengan tambahan motif batu-batuan berkombinasi dengan perlengkapan dengan berwarna abu-abu, putih, hitam, krem, dan warna netral lainnya, sangat pas untuk memberi ilusi pada ruangan yang sempit.

    Untuk membuat ruangan lebih terkesan hidup, tidak ada salahnya juga kamu menambahkan aksesoris berwarna terang seperti bunga pada sudut-sudut ruangan.

    3.jpg.a8704b2fae2014d85c076b16fc7d817e.j

    4. Gaya rumah vintage dengan DIY furnitur

    Vintage menjadi salah satu model rumah yang akan menjadi trend di 2016. Gaya khas era 1960-an ini sangat cocok untuk kamu yang suka berkreasi dalam membuat perlengkapan rumah. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di gudang untuk membuatperlengkapan dekorasi vintage, seperti sofa dari ban bekas, meja dari potongan kayu yang sudah tidak terpakai, vas bunga dari kaleng bekas yang dicat kembali, dan sebagainya.

    Pilihan warna merah bata, biru muda, oranye muda, kuning muda, dan warna-warna pastel akan menciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman. Kamu juga bisa menambahkan lukisan-lukisan vintage untuk semakin menguatkan kesan jadul tapi modern di rumahmu.

    4.jpg.2c991b12786921ba0957a279a58c6f18.j

    Nah dari keempat gaya rumah 2016 di atas, mana yang jadi pilihanmu, ndral? Selamat bereksperimen dengan model rumah terbaru yang kamu pilih. Jangan lupa share ide gaya rumah yang akan trend di 2016 ini ke teman-temanmu juga ya! :D

  4. Jendral! Buat kamu pecinta kuliner dan dessert, belum afdol deh kalau kamu belum mampir ke daerah Jakarta Utara, tepatnya di PIK, Pantai Indah Kapuk. Ya, disana banyak banget cafe-cafe dan restoran dengan berbagai konsep yang unik, dan dengan berbagai variasi menu makanan, dari makanan Indonesia hingga makanan dari luar negeri, sepertiWestern food, Japanese food, Chinese food, Korean food, dan sebagainya. Selain itu, banyak juga berbagai sarana hiburan lain, seperti karouke, sisha cafe, massage, sport club, golf, dan sebagainya. Wah, pokoknya lengkap deh.

    Sangkin populernya daerah Pantai Indah Kapuk, kini banyak banget cafe-cafe baru dengan konsep dan menu yang unik. Terutama cafe yang menyediakan berbagai menu ice cream yang lucu-lucu dan enak banget. Gak heran kalau banyak pengunjung yang sekedar datang untuk narsis dan ngeksis dengan berbagai dessert yang lucu. Wah, penasaran kan? Ini dia 7 cafe dengan ice cream terunik di PIK, yang wajib kamu coba, yuk simak berikut ini:

    1. Pungopang Cafe

    Jendral, cafe yang satu ini menjadi trending topic lho di internet. Khususnya untuk kalangan orang Jakarta yang suka ngeksis. Ya, uniknya dari cafe ini adalah, konsep cafedan menu dessert-nya yang unik banget. Jadi gak heran, kalau orang – orang yang dateng ke Pungopang, mau balik lagi karena ketagihan! Hehehe

    Nah, pada penasaran kan sama arti nama “Pungopang” ? Hehehe. Jadi, “Pungo” artinya “ikan” dan “Pang” artinya “roti”. Jadi di menu utama dessert-nya, ada ice cream dengan lapisan waffle berbentuk ikan. Hihihi. Lucu kan.

    Soal harga, tenang aja, jendral. Harga dessert disini gak mahal kok. Cukup mengeluarkan kocek 30 ribu – 78 ribu, kamu bisa menikmati ice cream unik di cafe ini. Untuk lokasi, Pungopang cafe terletak di lantai 2 Dllyst, Cafe. Tepatnya di  Jalan Marina Indah, Pantai Indah Kapuk. Rukan Crown Golf Boulevard Blok B No. 57-58. Jakarta Utara.

    1.thumb.jpg.a8476d76b50d85c418b40e0b8407

    2. Wooyoo Cafe

    Buat kamu yang suka banget sama susu, kamu wajib dateng ke Wooyoo Cafe. Ya, di cafeini menyediakan ice cream dengan bahan yang murni dari susu olahan mereka. Soal rasa, wah pure milky banget. Lembut di lidah, dan bikin ketagihan. Apalagi, sajian ice creamdisini juga lucu- lucu. Jadi gak heran kalau kamu jadi pingin narsis ketika makan ice creamini. Hehehe. Selain itu, kamu bisa menambahkan toppings yang sesuai dengan selera kamu, seperti honey chips, salty choco, cotton candy, dan sebagainya. Wah seru kan.

    Nah, soal harga ice cream, disini gak mahal lho ndral. Hanya mengeluarkan kocek sekitar 25 ribu – 38 ribu aja, kamu bisa nyobain ice cream unik yang satu ini. Asik kan. Tunggu apalagi, buruan dateng ke Wooyoo Cafe, lokasi nya di Ruko Cardoba Blok D No. 3 ( Sebelahan sama ATEK).

    2.jpg.64e07a4c8b9e1dfbd1d8a789ab1e1e05.j

    3. Shirokuma Japanese Dessert Cafe

    Buat kamu pecinta ice cream dan matcha, wahhh kamu gak boleh ketinggalan sama cafe yang satu ini. Ya, Shirokuma Cafe. Karena disini menyediakan berbagai menu dessertdengan rasa matcha, seperti Shiratama Parfaits (Soft Cream, Red Beans, Matcha Kanten Jelly, Mochi, dan Shiratama Balls), Mochi Waffles, Matcha Molten Lava Cakes, dan sebagainya. Wah asik kan. Soal tampilan dan rasa, gak perlu ragu lagi. Karena semuadessert disini lucu-lucu banget dan rasa matcha-nya kerasa banget ! Karena katanya, mereka mengimpor Japanese matcha green tea powder langsung dari Jepang lho.

    Yang unik dari tempat ini, selain dessert-nya, disini juga menyediakan berbagai menu makanan tambahan yang gak kalah unik lho, seperti Japadogs, Shakafries, homemade Popcorn Chicken, dan sebagainya. Hihihi. Penasaran kan untuk mencobanya.

    Harga dessert disini dari 23 ribu – 45 ribu aja lho. Wah, asik kan. Yuk dateng aja langsung ke Shirokuma Japanese Dessert Cafe yang terletak di Ruko Crown Golf Blok A No.32. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

    3.jpg.3fa3631a9f0932b16cd0e4ee94fe03e9.j

    4. Shirayuki Cafe

    Jendral, Shirayuki Cafe ini merupakan cafe dengan konsep baru yang me-rebrandingKabocha. Nah, dessert yang disajikan disini adalah ice cream dengan bahan yang lembut dan memiliki 3 macam rasa, yaitu Matcha, Kashoku, dan Twist lalu ditambahkan dengan berbagai variasi toppings, seperti Boba, coconut, coconut jelly, fruit jelly, candy mochi, fruit, homemade yoghurt ice cream, dan sebagainya. Wah yummy kan.

    Selain menyediakan dessert yang unik, disini juga menyediakan berbagai menu makanan yang gak kalah uniknya. Hihihi. Soal harga, tenang aja ndral. Gak bakal bikin kantongmu jebol. Hanya dengan 15 ribu – 55 ribu aja, kamu bisa nyobain dessert unik ini. Asikk kan. Lokasi Sirayuki Cafe berada di Rukan Emerald no 10. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Yuk monggo mampir.

    4.jpg.14f7b8642db837fc06854c0c0c12aa37.j

    5. North Pole Cafe

    Buat kamu pecinta ice cream Gelato dan juga coffee lovers, kamu wajib dateng ke North Pole. Ya karena, North Pole adalah cafe khusus Gelato, Coffee, dan Waffle. Jadi disini, kamu bisa nge-dessert sambil ngopi. Wah seru kan.

    Selain enak dan bikin ketagihan, berbagai Gelato yang disajikan disini, lucu-lucu banget ndral. Seperti, Smoky Pan, Enjoy Your Beer, Babyccino, Froot Loops Cone with Gelato , Oreo Cone with Gelato, Oreo Cone with Ferrero Gelato, Froot Loops Cone with Mango Gelato, dan masih banyak banget yang lain. Semuanya kawaii-kawaii banget.

    Disini juga menyediakan berbagai makanan tambahan untuk menikmati ice cream kamu. Pokoknya super recommended deh. Lokasi North Pole Cafe berada di Ruko Crown Golf Blok A 57. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

    5.jpg.a1020228f54bad1d21224024f4b9b5d2.j

    6. BC’s Cone Cafe

    Jendral, memang kreativitas gak ada habisnya! Ya, lagi – lagi ada cafe dengan konsep dan menu yang unik, ini dia BC’s Cone Cafe. Di cafe ini, disediakan berbagai soft ice creamdengan rasa dan warna yang bervariasi. Seperti Vanilla, Green Tea, Taro, Cream Soda, Strawberry Candy, dan sebagainya. Selain itu, kamu bisa memilih cone dengan berbagai pilihan rasa, seperti cone Black Charcoal, Cream Soda, dan Pink Rose cone. Wah keren kan.

    Menu-menu andalan BC’s Cone Cafe antara lain Artsy Cone – As Gold As You, Artsy Palette platter set, dan masih banyak lagi. Soal harga, tenang aja ndral. Cafe dengan konsepArtology of Soft Ice Cream ini, menyediakan dessert dengan harga terjangkau. Cuma 28 ribu – 55 ribu aja kok. Langsung aja mampir ke Rukan Crown Golf Blok B No.2. Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

    6.thumb.jpg.c12914cca6a3624f925ff51c7701

    7. Sweet Hut

    Nah, kalau cafe yang satu ini adalah salah satu cafe favorit keluarga. Ya, karena disini, kamu bisa menikmati berbagai dessert yang rasanya benar-benar enak dan sangat bervariasi. Seperti Coconut Pudding with Caramel Pudding, Fresh Mango Sago Pomelo Soup with Mango Ice Cream and Coconut Pudding, Baked Maquis Chocolate Pudding with Cookies Ice-cream, dan masih banyak lagi. Disini juga dijual berbagai menu makanan berat hingga makanan ringan dengan harga yang terjangkau. Wah asik kan.

    Selain itu, Uniknya dari Sweet Hut Cafe adalah, kamu bisa bersantai ria sambil menikmati alunan live music di area outdoor. Bahkan, kalau kamu haus, kamu bisa mengambil sendiri air putih secara gratis, di tempat yang sudah disediakan. Hehehe.

    Soal harga disini juga gak mahal kok ndral. Kamu bisa mencicipi dessert Malaysian-franchise ini hanya dengan harga 45 ribu – 50 ribu. Hehehe. Tunggu apalagi, dateng aja langsung ke Sweet Hut, yang berlokasi di  Rukan Cordoba Blok E/12. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

    7.jpg.560fe6210f611a7e0f5593a23c90942b.j

    Itulah 7 cafe dengan ice cream terunik di PIK. Bagaimana, jendral. Jadi pingin mencobanya kan. Hehehe. Nah buat kamu yang suka kuliner, tapi gak sempat pergi karena sibuk atau mager. Wah tenang aja. Kamu juga bisa nge-dessert dirumah lho. 

  5. Bekerja menuntut kita untuk mampu berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, bahkan klien. Dalam menjalin interaksi ini, seringkali kita dituntut untuk memberikan ide-ide segar yang berguna untuk perkembangan perusahaan dan secara langsung akan membuat kita berbicara di depan umum.

    nervous-saat-berbicara-di-depan-umum-tip

    Sayang sekali, saat dituntut untuk berbicara di depan umum kita seringkali merasa nervous dan alhasil, apa yang sudah kita persiapkan dengan matang di dalam kepala menguap begitu saja. Dan, presentasi pun menjadi berantakan. Duh, nggak banget kan? :haha

    Nah, agar hal memalukan ini tidak sampai kita alami, yuk intip tips agar kita bisa tampil berbicara lebih PD di depan umum ini.

    Quote

     

    Tenang dan Pelan

    Seperti dilansir dari laman allwomenstalk.com, saat nervous, kita cenderung berbicara lebih cepat dan tidak beraturan sehingga apa yang kita sampaikan akan terdengar seperti ocehan tidak jelas. So, pelankan speed bicara Anda dan berusahalah untuk tampil setenang mungkin sehingga apa yang Anda sampaikan dapat didengar dan dimengerti dengan baik.

    Atur Pernafasan

    Nervous, selain membuat speed bicara kita menjadi tidak beraturan, juga akan membuat kita cenderung berbicara terus menerus tanpa jeda. Hal ini akan memberikan kesan ketidaksiapan Anda di hadapan lawan bicara Anda dan tentu, tanpa kita sadari membuat kita semakin nervous. So, agar nervous berkurang, cobalah untuk mengatur pernafasan Anda. Ambil dan buang nafas secara teratur bisa membuat Anda lebih rileks untuk berbicara di depan umum.

    Berdiri Tegap

    Postur tubuh yang bagus akan menunjukkan kepercayaan diri saat Anda harus berbicara di depan umum. Berdiri tegap adalah salah satu postur tubuh yang sangat disarankan saat Anda harus memberikan presentasi di depan umum. Selain menujukkan rasa percaya diri yang kuat, postur berdiri tegap juga akan membuat Anda tampak lebih rileks.

    Latihan Berulang

    Jika Anda ingin tampil lebih percaya diri dan tidak nervous saat harus berbicara di depan umum, latihlah bicara Anda berulang-ulang di depan cermin. Latihan ini akan membuat Anda lebih percaya diri saat harus menghadapi situasi sebenarnya.

     

    Nah, itulah tips agar Anda bisa mengurangi nervous dan tampil lebih PD saat berbicara di depan umum. Selain mencoba mempraktikkan tips ini, yang tidak boleh Anda lupakan agar tidak perlu nervous saat dituntut berbicara di depan umum adalah jadilah diri sendiri. Sebab, dengan menjadi diri sendiri Anda akan merasa lebih nyaman tanpa harus nervous dengan apa yang mungkin akan dipikirkan orang lain tentang Anda. :kedip

  6. Apakah Anda masih suka bingung dengan pemakaian set kuas kecantikan? Kurang mengenali fungsi tiap kuas dengan baik bisa membuat Anda kebingungan saat menentukan kuas yang tepat untuk digunakan, lho. Hasilnya tentu saja berpengaruh pada kesempurnaan sapuan make up dong. Nah, yuk kenali beragam kuas kecantikan berikut ini:

    Fan brush

    1.jpg.292434b41fdcb484dc795cdf3e8656e8.j

    Kuas yang bentuknya mirip kipas ini berfungsi untuk membersihkan eyeshadow yang luruh pada area wajah yang lain. Selain itu, fan brush juga bisa digunakan untuk merapikan bronzer dan blush on yang tak rata atau terlalu tebal. Gunakan Small Fan Brush dari MASAMI SHOUKO menghasilkan pulasan lembut tanpa merusak foundation atau bedak Anda.

    Powder brush

    2.jpg.9baa588a46ae7fd99f475c200012bbb5.j

    Complexion adalah elemen penting yang terdapat pada riasan. Jangan sampai bedak yang Anda pakai terlalu tebal dan menjadi tak rata di wajah. Oleh karena itu, Anda bisa mengandalkan Large Powder / Blush Brush dari ARMANDO CARUSO. Kuas satu ini memiliki kemampuan untuk membuat makeup jadi lebih flawless dan pilih kuas sesuai ukuran wajah Anda.

    Blush brush

    3.jpg.49bda23033cf270db8f247c336754374.j

    Banyak orang yang memiliki masalah saat menyapukan blush on pada tulang pipi. Sebagian tampak terlalu tebal sehingga jauh dari kesan wajah merona yang alami. Namun, dengan pemakaian Blush Brush dari ECOTOOLS Anda bisa menyapukan blush on secara merata pada tulang pipi. Bristles-nya juga sangat lembut dan tidak mengandung PVC dan phtalate.

    Countour powder brush

    4.jpg.4906513c1ebe557555597dd8dd7d6dd1.j

    Ratakan loose powder Anda pda area tulang pipi, garis dahi, maupun garis dagu dengan mengandalkan Skew Line Cheek Brush dari FELICELA. Bulunya yang meruncing miring, lembut, dan terbuat dari nilon berukuran 0.05 mampu menjangkau setiap sudut wajah Anda dengan sempurna.

    Foundation brush

    5.jpg.61b4b22162ef873e6a8fcb68b377d710.j

    Terkadang foundation juga bisa menggumpal pada satu sisi wajah yang bikin makeup jadi kurang cantik. Nah, ratakan saja dengan Brush Foundation dari THE BODY SHOP. Foundation brush ini didesain dari rambut sintetis yang super lembut dan bikin nyaman saat disapukan pada wajah.

    Eye countour brush

    6.jpg.2c1fe708e0cdddc722e3b575f594ee4b.j

    Shading brush satu ini cocok untuk menciptakan shading yang merata sempurna pada area mata. Kuas ini juga mampu menciptakan pulasan flawless dengan hasil high-definition sehingga makeup akan tetap menawan, meski di bawah lampu cahaya yang terang sekalipun. Gunakan saja Shading Brush dari REAL TECHNIQUES agar detail riasan mata tampak stunning.

    Siap tampil flawless dengan sapuan makeup sempurna tanpa cela? Yuk, pilih kuas yang tepat dan aplikasikan pemakaiannya sekarang pada wajah cantik Anda.

  7. Penggunaan sosial media memang memudahkan kita dalam berkomunikasi. Bahkan dalam hal penyampaian informasi pun cenderung dilakukan di media sosial karena lebih aktual dan jangkauan yang luas. Namun semua posting yang ada di media sosial tak melulu berbau positif, bahkan sekarang media sosial lebih banyak digunakan untuk menghujat, atau menghina seseorang atau kelompok. Tidak tanggung-tanggung ada juga yang menghina dan menghujat yang ujungnya berakhir rasis.

    Mungkin susah untuk memberikan efek jera kepada para orang-orang yang suka memberikan komentar berbau rasis. Dikutip dari Business Insider, Selasa (1/12/2015), menanggapi hal ini salah satu kelompok di Brazil, Criola, melancarkan sebuah kampanye yang unik. Kampanye yang dilakukan oleh kelompok ini adalah menggambil screenshot dari posting/komentar seseorang yang rasis di media sosial, kemudian dipamerkan di papan billboard dekat rumah tempat tinggal mereka.

    Kelompok ini mengatakan tidak ada maksud ingin memamerkan wajah si pemberi komentar rasis, namun ingin memberikan dampak yang nyata atas perbuatan mereka. Yang menarik adalah Criola group ini menyewa tempat untuk pemasangan billboard, yang akan digunakan untuk memampang foto dan komentar rasis yang dilontarkan. Tapi Criola group tetap menjaga privasi mereka dengan cara mem-blur nama dan wajah si pelaku.

    rasis-0.jpeg.36db673668d69508be870f78ad3
    Sebuah kicauan rasis yang akhirnya dipasang di dekat rumah pelaku, artinya kurang lebih adalah “Aku tiba di rumah dan aku mencium bau orang kulit hitam” (Kredit: Racismo Virtual)

    Cara kerjanya cukup unik, Criola group mencari dan mengidentifikasi lokasi dari mana si pelaku ini tinggal. Fitur ini bisa didapatkan di semua media sosial, sehingga banyak orang bisa mengetahui darimana postingan itu berasal, termasuk Criola group.

    Kampanye ini dilakukan oleh Criola group karena mereka ingin menghilangkan rasisme di Brazil. Pada bulan Juli lalu, salah satu wartawan, Maria Júlia Cutinho sedang membacakan ramalan cuaca di salah satu stasiun televisi ternama, namun karena dia salah membaca, teman yang kebetulan sedang siaran bersamanya membenarkannya.

    Banyak media yang memuji Maria Júlia Cutinho karena membenarkan cara membaca ramalan cuaca tersebut, dan juga dia merupakan pembaca ramalan berita berkulit hitam pertama di Brazil. Namun di lain sisi, banyak masyarakat Brazil yang menghujaninya dengan celaan dan hujatan yang cenderung rasis, di media sosial milik Mark Zuckerberg, Facebook.

    rasis-01.jpg.5882cec2f605d2813fb34707617
    Salah satu komentar lain yang artinya kurang lebih adalah “Jika kamu mandi, maka kamu tidak akan begitu kotor” (Kredit: Racismo Virtual)

    Sehingga kampanye dari Criola group ini mengingatkan kepada para pengguna internet, meskipun kita berada di dunia maya, tetap harus menjaga etika dan sopan santun dalam berkomunikasi. Serta kampanye ini sebagai pengingat juga bahwa bullying di dunia maya bisa berdampak pada kehidupan nyata.

    Nah kira-kira kalau diterapkan di Indonesia gimana ya? Semoga kita sebagai pengguna internet tetap menjaga sopan santun dan etika dalam berkomunikasi terhadap orang lain. Seperti pepatah, mulutmu harimaumu, jangan sampai seperti para pelaku tindakan rasis di Brazil ya.

  8. “Anti sudah menikah?”.

    “Belum ”, jawabku datar.

     

    Kemudian wanita berjubah panjang (Akhwat) itu bertanya lagi “kenapa?”

    Pertanyaan yang hanya bisa ku jawab dengan senyuman. Ingin kujawab karena masih hendak melanjutkan pendidikan, tapi rasanya itu bukan alasan.

     

    “Mbak menunggu siapa?” aku mencoba bertanya.

    “Menunggu suami” jawabnya pendek.

     

    Aku melihat kesamping kirinya, sebuah tas laptop dan sebuah tas besar lagi yang tak bisa kutebak apa isinya. Dalam hati bertanya-tanya, dari mana mbak ini? Sepertinya wanita karir. Akhirnya kuberanikan juga untuk bertanya “Mbak kerja di mana?”

     

    Entah keyakinan apa yang membuatku demikian yakin jika mbak ini memang seorang wanita pekerja, padahal setahu ku, akhwat-akhwat seperti ini kebanyakan hanya mengabdi sebagai ibu rumah tangga.

     

    “Alhamdulillah 2 jam yang lalu saya resmi tidak bekerja lagi” jawabnya dengan wajah yang aneh menurutku, wajah yang bersinar dengan ketulusan hati.

     

    “Kenapa?” tanyaku lagi.

    Dia hanya tersenyum dan menjawab “karena inilah PINTU AWAL kita wanita karir yang bisa membuat kita lebih hormat pada suami” jawabnya tegas.

     

    Aku berfikir sejenak, apa hubungannya? Heran. Lagi-lagi dia hanya tersenyum.

     

    Saudariku, boleh saya cerita sedikit? Dan saya berharap ini bisa menjadi pelajaran berharga buat kita para wanita yang Insya Allah hanya ingin didatangi oleh laki-laki yang baik-baik dan sholeh saja.

     

    “Saya bekerja di kantor, mungkin tak perlu saya sebutkan nama kantornya. Gaji saya 7 juta/bulan. Suami saya bekerja sebagai penjual roti bakar di pagi hari dan es cendol di siang hari. Kami menikah baru 3 bulan, dan kemarinlah untuk pertama kalinya saya menangis karena merasa durhaka padanya. Kamu tahu kenapa ?

     

    Waktu itu jam 7 malam, suami saya menjemput saya dari kantor, hari ini lembur, biasanya sore jam 3 sudah pulang. Setibanya dirumah, mungkin hanya istirahat yang terlintas dibenak kami wanita karir. Ya, Saya akui saya sungguh capek sekali ukhty. Dan kebetulan saat itu suami juga bilang jika dia masuk angin dan kepalanya pusing. Celakanya rasa pusing itu juga menyerang saya. Berbeda dengan saya, suami saya hanya minta diambilkan air putih untuk minum, tapi saya malah berkata, “abi, umi pusing nih, ambil sendiri lah !!”.

     

    Pusing membuat saya tertidur hingga lupa sholat isya. Jam 23.30 saya terbangun dan cepat-cepat sholat, Alhamdulillah pusing pun telah hilang. Beranjak dari sajadah, saya melihat suami saya tidur dengan pulasnya.

     

    Menuju ke dapur, saya liat semua piring sudah bersih tercuci. Siapa lagi yang bukan mencucinya kalo bukan suami saya (kami memang berkomitmen untuk tidak memiliki khodimah)? Terlihat lagi semua baju kotor telah di cuci. Astagfirullah, kenapa abi mengerjakan semua ini? Bukankah abi juga pusing tadi malam? Saya segera masuk lagi ke kamar, berharap abi sadar dan mau menjelaskannya, tapi rasanya abi terlalu lelah, hingga tak sadar juga.

     

    Rasa iba mulai memenuhi jiwa saya, saya pegang wajah suami saya itu, ya Allah panas sekali pipinya, keningnya, Masya Allah, abi demam, tinggi sekali panasnya. Saya teringat perkataan terakhir saya pada suami tadi. Hanya disuruh mengambilkan air putih saja saya membantahnya. Air mata ini menetes, air mata karena telah melupakan hak-hak suami saya.”

     

    Subhanallah, aku melihat mbak ini cerita dengan semangatnya, membuat hati ini merinding. Dan kulihat juga ada tetesan air mata yang di usapnya.

     

    “Kamu tahu berapa gaji suami saya? Sangat berbeda jauh dengan gaji saya. Sekitar 600-700 rb/bulan. Sepersepuluh dari gaji saya sebulan. Malam itu saya benar-benar merasa sangat durhaka pada suami saya.

     

    Dengan gaji yang saya miliki, saya merasa tak perlu meminta nafkah pada suami, meskipun suami selalu memberikan hasil jualannya itu pada saya dengan ikhlas dari lubuk hatinya. Setiap kali memberikan hasil jualannya, ia selalu berkata “Umi, ini ada titipan rezeki dari Allah. Di ambil ya. Buat keperluan kita. Dan tidak banyak jumlahnya, mudah-mudahan Umi ridho”, begitulah katanya. Saat itu saya baru merasakan dalamnya kata-kata itu. Betapa harta ini membuat saya sombong dan durhaka pada nafkah yang diberikan suami saya, dan saya yakin hampir tidak ada wanita karir yang selamat dari fitnah ini”

     

    “Alhamdulillah saya sekarang memutuskan untuk berhenti bekerja, mudah-mudahan dengan jalan ini, saya lebih bisa menghargai nafkah yang diberikan suami. Wanita itu sering begitu susah jika tanpa harta, dan karena harta juga wanita sering lupa kodratnya" Lanjutnya lagi, tak memberikan kesempatan bagiku untuk berbicara.

     

    “Beberapa hari yang lalu, saya berkunjung ke rumah orang tua, dan menceritakan niat saya ini. Saya sedih, karena orang tua, dan saudara-saudara saya justru tidak ada yang mendukung niat saya untuk berhenti berkerja. Sesuai dugaan saya, mereka malah membanding-bandingkan pekerjaan suami saya dengan yang lain.”

     

    Aku masih terdiam, bisu mendengar keluh kesahnya. Subhanallah, apa aku bisa seperti dia? Menerima sosok pangeran apa adanya, bahkan rela meninggalkan pekerjaan.

     

    “Kak, bukankah kita harus memikirkan masa depan ? Kita kerja juga kan untuk anak-anak kita kak. Biaya hidup sekarang ini mahal. Begitu banyak orang yang butuh pekerjaan. Nah kakak malah pengen berhenti kerja. Suami kakak pun penghasilannya kurang. Mending kalo suami kakak pengusaha kaya, bolehlah kita santai-santai aja di rumah.

     

    Salah kakak juga sih, kalo mau jadi ibu rumah tangga, seharusnya nikah sama yang kaya. Sama dokter muda itu yang berniat melamar kakak duluan sebelum sama yang ini. Tapi kakak lebih milih nikah sama orang yang belum jelas pekerjaannya. Dari 4 orang anak bapak, Cuma suami kakak yang tidak punya penghasilan tetap dan yang paling buat kami kesal, sepertinya suami kakak itu lebih suka hidup seperti ini, ditawarin kerja di bank oleh saudara sendiri yang ingin membantupun tak mau, sampai heran aku, apa maunya suami kakak itu”. Ceritanya kembali mengalir, menceritakan ucapan adik perempuannya saat dimintai pendapat.

     

    “anti tau, saya hanya bisa menangis saat itu. Saya menangis bukan karena apa yang dikatakan adik saya itu benar, Demi Allah bukan karena itu. Tapi saya menangis karena imam saya sudah DIPANDANG RENDAH olehnya.

     

    Bagaimana mungkin dia meremehkan setiap tetes keringat suami saya, padahal dengan tetesan keringat itu, Allah memandangnya mulia ?

    Bagaimana mungkin dia menghina orang yang senantiasa membangunkan saya untuk sujud dimalam hari ?

    Bagaimana mungkin dia menghina orang yang dengan kata-kata lembutnya selalu menenangkan hati saya ?

    Bagaimana mungkin dia menghina orang yang berani datang pada orang tua saya untuk melamar saya, padahal saat itu orang tersebut belum mempunyai pekerjaan ?

    Bagaimana mungkin seseorang yang begitu saya muliakan, ternyata begitu rendah di hadapannya hanya karena sebuah pekerjaaan ?

     

    Saya memutuskan berhenti bekerja, karena tak ingin melihat orang membanding-bandingkan gaji saya dengan gaji suami saya.

    Saya memutuskan berhenti bekerja juga untuk menghargai nafkah yang diberikan suami saya.

    Saya juga memutuskan berhenti bekerja untuk memenuhi hak-hak suami saya.

     

    Saya berharap dengan begitu saya tak lagi membantah perintah suami saya. Mudah-mudahan saya juga ridho atas besarnya nafkah itu. Saya bangga dengan pekerjaan suami saya ukhty, sangat bangga, bahkan begitu menghormati pekerjaannya, karena tak semua orang punya keberanian dengan pekerjaan seperti itu.

     

    Disaat kebanyakan orang lebih memilih jadi pengangguran dari pada melakukan pekerjaan yang seperti itu. Tetapi suami saya, tak ada rasa malu baginya untuk menafkahi istri dengan nafkah yang halal. Itulah yang membuat saya begitu bangga pada suami saya.

     

    Suatu saat jika anti mendapatkan suami seperti suami saya, anti tak perlu malu untuk menceritakannya pekerjaan suami anti pada orang lain. Bukan masalah pekerjaannya ukhty, tapi masalah halalnya, berkahnya, dan kita memohon pada Allah, semoga Allah menjauhkan suami kita dari rizki yang haram”. Ucapnya terakhir, sambil tersenyum manis padaku. Mengambil tas laptopnya, bergegas ingin meninggalkanku.

     

    Kulihat dari kejauhan seorang laki-laki dengan menggunakan sepeda motor butut mendekat ke arah kami, wajahnya ditutupi kaca helm, meskipun tak ada niatku menatap mukanya. Sambil mengucapkan salam, wanita itu meninggalkanku. Wajah itu tenang sekali, wajah seorang istri yang begitu ridho.

×
×
  • Create New...