Jump to content

News

✔ Akun Terverifikasi
  • Jumlah konten

    703
  • Bergabung

  • Terakhir berkunjung

  • Days Won

    26

Semuanya di pos oleh News

  1. Lapangan Uji Coba Drone di North Dakota

    From the album Berita Dunia

    Pesawat tanpa awak atau drone merupakan industri yang pesat berkembang dan banyak aplikasinya di berbagai sektor. Patsy Widakuswara dan tim VOA mengajak Anda mengunjungi sebuah lapangan khusus uji coba drone pribadi dan swasta di negara bagian North Dakota.
  2. Berita Dunia

  3. Starbucks Buka "Taman Impian Kopi" di Shanghai

    From the album Berita Dunia

    Hingga kini warga Shanghai masih terus antri untuk bisa menikmati secangkir kopi di Starbucks Reserve Roastery yang dibuka oleh perusahaan kopi Amerika Starbucks. Reserve Roastery Shanghai ini merupakan yang kedua dibuka di dunia, setelah yang pertama didirikan di kota asal Starbucks, Seattle.
  4. Revitalisasi angkutan umum menjadi keharusan perusahaan transportasi, dalam memberikan pelayanan optimal kepada pengguna transportasi publik. Peremajaan angkutan publik menjadi salah satu kunci kesuksesan memindahkan penguna kendaraan pribadi ke transportasi umum. Memahami hal tersebut, PT Transportasi Jakarta menghadirkan bus Metrotrans dan Royaltrans. Keduanya diuji coba mulai Senin (20/11/2017) hari ini kepada masyarakat. Bus ini bakal menyaingi Kopaja maupun Metromini di Jakarta. “Uji coba Bus Metrotrans dan Royaltrans sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan pelayanan yang diberikan Transjakarta,” ujar Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta. Ia mengatakan, Transjakarta mengoperasikan empat Bus Metrotrans dengan rute Bundaran Senayan-Harmoni secara gratis. Sedangkan dua Bus Royaltrans diuji coba untuk layanan Poris-Bundaran Senayan. “Uji coba ini berlaku selama seminggu,” katanya. Rute Bundaran Senayan-Harmoni yang dilayani Bus Metrotrans maupun operasional Poris-Bundaran Senayan dengan Bus Royaltrans, merupakan layanan yang saat ini sudah dioperasikan Transjakarta. Ada pun Bus Metrotrans memiliki kapasitas kursi duduk sebanyak 41. Sedangkan penumpang berdiri diperkirakan 27. Pola ini untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan Transjakarta dalam menggunakan transportasi umum. Bus Metrotrans memiliki ram kursi roda di area pintu untuk memudahkan keluar masuknya penumpang difabel. Tersedia dua buah TV Wide screen 29 inhi di bagian tengah area penumpang, dan tombol setop di dalam bus. Sedangkan Bus Royaltrans berkapasitas 30 penumpang, dan berdiri 13 orang. Bus Royaltrans memiliki fasilitas USB port sebagai media untuk pengisian baterai gawai (smartphone) di setiap kursi penumpang. Serta, tersedia tempat botol minum di setiap kursi penumpang. Budi menambahkan, Transjakarta segera mengoperasikan Bus Metrotrans dan Royaltrans untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.
  5. Akhir pekan lalu, Komite Anti Korupsi Saudi (Nazaha) menahan 11 pangeran, empat menteri, dan puluhan mantan pejabat atas dugaan korupsi. Konglomerat ternama Arab Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal merupakan salah satu di antaranya. Alwaleed sendiri diketahui memiliki perusahaan investasi Kingdom Holding yang tercatat di Bursa Efek Arab Saudi. Valuasi perusahaan ini sempat turun delapan persen menjadi sekitar 35 miliar dolar AS saat kabar penangkapan itu muncul. Pria berusia 62 tahun itu sendiri masuk dalam daftar 50 orang terkaya dunia versi Bloomberg. Bloomberg pada Ahad (5/11), mendata investasi bisnis yang dilakukan Alwaleed. Di sektor keuangan, Alwaleed memegang saham Citigroup lebih dari lima persen sejak 1998. Alwaleed dikenal sebagai pemegang saham yang vokal dan meminta Citi untuk kembali membangun bisnis di Saudi. Di sektor teknologi dan hiburan, Alwaleed berinvestasi 300 juta dolar AS di Twitter Inc pada 2011 untuk porsi saham 4,9 persen. Ia lalu meningkatkan investasinya di perusahaan media sosial ini dengan memegang 5,1 saham pada Desember 2015. Alwaleed juga menanamkan modal untuk membeli 6,23 miliar lembar saham atau lima persen kepemilikan atas Apple Inc dengan nilai 115,4 juta dolar AS pada 1997. Alwaleed masih memegang sahamnya di sana sampai valuasi Apple meroket ke level 900 miliar dolar AS. Di Lyft, Kingdom Holding memegang 5,3 persen saham senilai 247,7 juta dolar AS. Investor utama Lfyt, Andreessen Horowitz dan Founders Fund juga menjual porsi saham mereka kepada Alwaleed tahun lalu.
  6. Peneliti di Universitas Washington, AS meluncurkan prototipe telepon seluler tanpa baterai memakai teknologi yang bisa diintegrasikan ke produk ponsel yang ada di pasaran. Kelompok peneliti ini memanfaatkan tenaga dari gelombang elektromagnetik yang ada di sekitar kita.
  7. Pihak koroner atau dokter forensik di Los Angeles memastikan salah satu saksi kasus korupsi E-KTP Johannes Marliem meninggal dunia akibat bunuh diri di kediamannya di California, AS. Menurut petugas koroner, jenazah Johannes Marliem masih berada di kamar jenazah menunggu klaim dari pihak keluarga.
  8. Acara yang di selenggarakan oleh BMW Motorrad Indonesia ini menghipnotis para Pecinta Roda dua untuk menghadirinya, dengan mengajak para bikers untuk tidak “Rasis” terhadap gaya motor yang diminati dan sama-sama mengikuti festival bersama , serangkaian acara sukses dilakukan mulai dari riding bareng yang diadakan di dua titik kumpul untuk kategori fairing , sport , dan lain-lain ikut titik kumpul yang berada di panahan senayan, untuk custom bike, classic , scooter berada di pati unus. Dan titik akhir dari riding bareng tersebut adalah tempat dimana acara Pure And Crafted tersebut diadakan yaitu berada di BMW Motorrad Indonesia yang berada di Cilandak Jakarta Selatan. Di Pure And Crafted juga ada Motorbaik komunitas yang di gagahi oleh Ananda Omesh ini membuka Stand , motorbaik juga akan mengadakan acara untuk membantu orang orang yang membutuh kan, dengan mengadakan Social Movement Motorbaik mengajak para pecinta motor untuk tidak lupa berbuat baik kepada sesama dengan slogan “Baik Itu Asik”. Motorbaik akan mengadakan acara pada tanggal 26 Maret 2017, so buat kamu yang suka bermotor dan ingin membantu sesama bisa ikut nih di acara ini. Pure and crafted juga mendatangkan brand brand asli Indonesia dan mengundang motovlogger motovlogger terkenal seperti den dimas , jodiemotovlog , the Jakarta roads dan lain lain , mungkin ini ajang tersendiri untuk mereka yang penasaran sama wajah dari sang pecinta bubur ayam dan si jalanan Jakarta untuk mencari mereka di area pure and crafted kemarin. Tetapi kami tidak menemukan motomobi padahal kami ingin foto-foto dengan dia , karna saya ngefans dengan om mobi karna kami punya perut yang sama . Yuk tonton keseruannya ndral:
  9. Inao Jiro Yang Paling Kanan Warga Negara Jepang ditemukan bunuh diri, Inao Jiro ditemukan meninggal dunia dengan cara gantung diri di rumahnya yang berada di kawasan Pondok Aren Tangerang Selatan. Inao Jiro adalah manager dari salah satu idol group ibu kota yaitu JKT48 , Sejumlah fans dari JKT48 mengucapkan bela sungkawa untuk keluarga yang ditinggal kan Seperti yang di tuliskan oleh @hitsrecord melalui Akun Twitter nya “Turut Berduka Cita kepada Jiro Inao bagian keluarga dari @officialjkt48 berserta sanak saudara keluarga yang ditinggalkan. Tuhan berkati” Menurut keterangan dari Kasubag Humas Polres Tangerang Selatan , AKP H Mansuri Korban bunuh diri pertama ditemukan pada pukul 18.00 WIB oleh istri dan pembantu nya pada selasa (21/3) Jiro terakhir terlihat usai menjemput anak nya pada pukul 15.00 WIB Jiro Inao sangat terkenal di kalangan Fans JKT48 selain karna dia general manager ciri khas yang melekat padanya adalah bicaranya yang menggunakan bahasa Indonesia tetapi masih kuat logat jepang nya Kami Crew dari Ngobas menyampaikan Turut berduka atas meninggalnya Jiro inao Semoga Amal Ibadahnya diterima dan untuk keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan
  10. PT Bank Mandiri Tbk (BMRİ) memperkuat kualitas layanan dengan meluncurkan Mandiri Online. Layanan yang merupakan integrasi dari Mandiri Internet dan Mandiri Mobile yang sudah ada ini dibentuk dengan investasi Rp100 miliar. Senior EVP Chief Technology Officer Bank Mandiri Joseph Georgino Godong mengatakan, sampai saat ini, mobile dan internet banking di Indonesia dibuat dengan penekanan fungsional. Faktor kemudahan penggunaan dan cantiknya tampilan belum banyak diperhatikan. "Dari aspek ini, Mandiri Online dibangun dengan memperhatikan usability dan user experience yang baik," ujar dia di Jakarta, Selasa (21 Maret 2017). Melalui layanan Mandiri Online, Bank Mandiri ingin menawarkan layanan perbankan berbasis teknologi informasi terkini yang memberikan banyak kemudahan dalam memperoleh informasi tentang seluruh produk perbankan sekaligus melakukan aktivitas transaksi keuangan.‎ ‎‎Mandiri Online merupakan layanan perbankan online pertama yang bisa diakses sebagai portal dan aplikasi dengan fitur keamanan yang memanfaatkan metode otentikasi terbaru. "Saat ini hampir semua orang sudah punya internet banking dan mobile banking. Tapi belum ada bank yang menyediakan akses tungggal, pakai user ID dan password yang sama untuk mengakses keduanya", tambah dia. Layanan ini, menurut Georgi, merupakan implementasi dari komitmen perseroan untuk terus berinovasi dengan teknologi informasi terkini dalam menciptakan nilai tambah dan kemudahan yang optimal. "Targetnya dapat meningkatkan transaksi dan loyalitas nasabah,” ujarnya. Georgi menambahkan, pihaknya menyadari perilaku nasabah saat ini yang lebih cenderung bertransaksi secara online daripada di kantor cabang sehingga inovasi di bidang layanan perbankan elektronik menjadi sebuah keharusan. “Apalagi saat ini rasio transaksi via channel elektronik di Bank Mandiri sudah lebih dari 93 persen”, tutur Georgi. Per Desember 2016, jumlah pengguna Mandiri Internet dan Mandiri Mobile mencapai 7,9 juta dengan total frekuensi transaksi 1,11 miliar dan volume transaksi sebesar Rp287 triliun. Rico yakin inovasi layanan ini ‎bakal disambut baik oleh nasabah. “Selain untuk memperkuat strategi retail banking Bank Mandiri, inovasi ini juga sekaligus untuk mendukung strategi operasional perseroan melalui peningkatkan efisiensi proses bisnis,” pungkas Georgi.‎ ‎Menurut Georgi, setidaknya terdapat lima kelebihan yang dimiliki layanan terbaru ini. Selain layanan single access yang jadi lebih mudah, informasi keuangan nasabah juga lebih lengkap berkat fitur dashboardMandiri Online, sehingga semua produk yang dimiliki seperti tabungan, tabungan rencana, deposito, kartu kredit dan pinjaman, bisa diketahui dengan mudah. Untuk transaksi online pun banyak hal yang bisa dilakukan dan komplit fiturnya, kapanpun dan dimanapun nasabah berada. "Mandiri Online itu lengkap. Sekarang kalau mau isi ulang e-money, tidak perlu ke cabang atau ATM, cukup pakai HP NFC sudah bisa isi ulang di mana saja, kapan saja," ujar Georgi. Fitur baru lainnya yang paling ditunggu nasabah yaitu informasi transaksi tagihan kartu kredit terkini.‎ Tak hanya itu, berbagai informasi marketing dan promosi menarik dari Bank Mandiri juga dapat diperoleh di genggaman nasabah, seperti informasi diskon merchant, saldo Fiestapoin dan info lainnya yang akan lebih bersifat personal sesuai keinginan nasabah.
  11. Kecelakaan Mobil di Toll Jorr

    Kecelakaan ini terjadi pada 11 Maret 2017, tempat kejadiannya di Toll Jorr dari arah BSD ke Pondok Indah pagi ini. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.
  12. Di berbagai universitas di AS, jumlah mahasisiwi jurusan informatika kurang dari 20 persen dibanding mahasiswanya. Namun tidak demikian di Universitas Harvey Mudd, Los Angeles, kaena lebih dari separuh mahasiswa jurusan informatika yang lulus tahun lalu adalah perempuan. Simak dalam liputan berikut.
  13. Seorang desainer industri dan analis keuangan meninggalkan karir sukses mereka untuk membentuk organisasi pemberi fasilitas manufaktur agar para pengusaha tetap bisa memproduksi di AS. Ayo kenalan dengan para pendiri Maker's Row, yang telah mewadahi lebih dari 1.400 pengusaha dalam liputan berikut.
  14. Pesawat tanpa awak (drone) telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di banyak wilayah dunia. Dengan semakin banyaknya drone yang terbang, kemungkinan tabrakan antar drone atau dengan pesawat terbang lain menjadi masalah serius, karena itu para ilmuwan mencoba mencari solusinya.
  15. Pastor Juara Angkat Besi Dunia

    Menjadi pemuka agama dan atleta profesional sekaligus bukanlah hal yang lumrah kita temui sehari-hari. Namun hal itulah yang dijalant Victor Kochmar, neorang pastor sekaligus atlet anglat bese asal Ukraina. Menurutnya, keyakinan membantunya menyelami profesi sebagai seorang atlet.
  16. Donald Trump will mark his first month in office Monday, a presidential debut unlike any other in recent history. Trump has proclaimed his presidency an early success in bringing change to Washington, even as he lashes out at what he describes as a "dishonest press" that he says is "out of control." VOA national correspondent Jim Malone has more from Washington.
  17. Aplikasi perjodohan di smartphone memang bisa membantu kaum jomblo mencari pasangan tapi bila terlalu banyak app yang digunakan maka kemungkinan mendapat pacar tetap justru berkurang. Demikian menurut konsultan jodoh di “Smart Dating Academy” di Chicago.
  18. Banyak warga berpenghasilan rendah di AS tidak mampu membeli mobil yang sangat diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari di sejumlah wilayah. Beruntung ada lembaga nirlaba yang membantu menyalurkan mobil dengan harga murah kepada keluarga kurang mampu yang benar-benar membutuhkan kendaraan.
  19. Ladies Gym in Afghanistan

    Shabnam Nazari says her business is thriving and she is looking into opening several branches in other parts of the capital.
  20. Hyperloop, Transportasi Masa Depan

    Setiap tahun, kompetisi Hyperloop Space-X menarik para mahasiswa dan insinyur untuk berlomba-lomba menciptakan konsep sistem transportasi jarak jauh tercepat di dunia. Simak kiprah tim Universitas Teknologi Delft dari Belanda, yang tahun lalu berada di peringkat ke-2 dalam liputan berikut ini.
  21. Penggemar smartphone berbasis Android kini menunggu Samsung Galaxy S8 yang diperkirakan dirilis sebulan atau dua bulan lagi. Smartphone baru ini diharap menghapus kekecewaan konsumen setelah isu baterai meledak yang melanda Galaxy Note 7.
  22. Elon Musk, Kepala SolarCity dan CEO Tesla Motors, berbicara di KTT Energi SolarCity di Manhattan, New York. Beberapa eksekutif Silicon Valley memberikan sumbangan kepada upaya-upaya hukum untuk mendukung para imigran yang menghadapi pelarangan. Silicon Valley mengambil tempat di depan pada akhir pekan dalam perlawanan korporat terhadap larangan imigrasi Presiden AS Donald Trump, dengan mendanai gugatan hukum, mengkritik rencana tersebut, dan membantu para pegawai yang terimbas perintah eksekutif Trump itu. Dalam sebuah industri yang telah lama bergantung pada imigran dan merayakan kontribusi mereka, serta mendukung aktivisme liberal seperti hak-hak gay, pada awalnya tidak banyak konsensus mengenai bagaimana merespon langkah Trump hari Jumat (27/1). Namun, meski sebagian besar di dalam industri teknologi tidak secara langsung mengkritik presiden baru dari Partai Republik itu, mereka melangkah lebih jauh dibandingkan para mitranya di sektor lain, yang sebagian besar tutup mulut selama akhir pekan. Sebagian besar dari bank-bank besar AS dan perusahaan otomotif, misalnya, menolak berkomentar saat ditanya Reuters. Trump memerintahkan larangan sementara terhadap orang-orang yang datang dari tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim dan penangguhan 120 hari terhadap pemukiman pengungsi. Aksi ini memicu protes global, dan menimbulkan kebinungan dan kemarahan setelah para imigran, pengungsi dan pengunjung dilarang naik pesawat dan terlunta-lunta di bandar-bandar udara. Perusahaan-perusahaan besar seperti Apple Inc, Google dan Microsoft Corp menawarkan bantuan hukum pada para pegawai yang terimbas perintah eksekutif itu, menurut surat-surat yang dikirim kepada staf. Beberapa eksekutif Silicon Valley memberikan sumbangan kepada upaya-upaya hukum untuk mendukung para imigran yang menghadapi pelarangan. CEO Tesla Elon Musk dan direktur Uber Travis Kalanick mengatakan di Twitter bahwa mereka akan membawa keprihatinan industri mengenai imigrasi ke dewan penasihat bisnis Trump, dimana mereka menjadi anggotanya. Kalanick telah menghadapi kecaman di media sosial karena setuju menjadi bagian kelompok penasihat tersebut. Dalam tulisan di halaman Facebooknya hari Minggu, Kalanick menyebut larangan imigrasi itu "keliru dan tidak adil" dan mengatakan bahwa Uber akan menyediakan dana US$3 juta untuk membantu para pengemudi dengan masalah-masalah imigrasi. Di antara yang terimbas larangan tersebut adalah Khash Sajadi, warga Iran keturunan Inggris yang merupakan kepala eksekutif perusahan teknologi Cloud 66 di San Francisco, yang terjebak di London. Seperti banyak pekerja teknologi lainnya, ia memegang visa H1B, yang memungkinkan warga-warga negara asing dengan keahlian khusus untuk bekerja di perusahaan-perusahaan AS. Sajadi mengatakan ia berharap perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook akan mengambil tindakan hukum untuk melindungi para pegawai yang terdampak. Hal itu dapat membantu membuat preseden untuk orang-orang dengan situasi sama, namun ada di perusahaan lebih kecil. "Pada akhirnya, hanya berbicara saja tidak akan mengubah sesuatu" jika mereka tidak kaya dan tidak tinggal di pesisir Timur atau Barat [tempat perusahaan-perusahaan teknologi besar berada], ujarnya. Protes 'Tech Against Trump' Respon dari perusahaan-perusahaan teknologi telah "sekuat mungkin," ujar Eric Talley, profesor hukum korporasi dari Fakultas Hukum Universitas Columbia. "Salah satu aspek sulit dari reaksi terhadap pemerintahan Trump dalam dua minggu pertamanya adalah mencoba menyeimbangkan keinginan mengekspresikan keprihatinan yang sah dengan konsekuensi berdiri terlalu jauh dari orang-orang lain," ujarnya. Industri teknologi juga memiliki isu-isu lain yang mungkin menempatkan mereka di pihak yang berlawanan dengan Trump, termasuk kebijakan perdagangan dan keamanan dunia maya. Presiden Mountain View, inkubator perusahaan rintisan Y Combinator di California, Sam Altman, menulis dalam tulisan blog yang dibaca banyak orang, mendesak para pemimpin sektor teknologi untuk bersatu melawan larangan imigrasi itu. Ia mengatakan ia telah berbicara dengan beragam orang mengenai pengorganisasian tapi tetap tidak yakin tindakan apa yang paling baik. "Jujur saja kami belum tahu," ujarnya. "Kami sedang membahasnya dengan kelompok-kelompok legal dan teknologi, tapi hal ini belum pernah terjadi sebelumnya dan saya kira tidak ada yang memiliki buku panduannya." Pada perusahaan transportasi Lyft, para pendirinya John Zimmer dan Logan Green, menjanjikan dalam blog perusahaan akan mendonasikan satu juga dolar dalam empat tahun ke depan untuk Serikat Kemerdekaan Sipil Amerika (ACLU), yang memenangkan gugatan melawan sebagian perintah eksekutif Trump pada Sabtu malam. Eksekutif lain, seperti Stewart Butterfield dari Slack dan kedua mitra Union Square Ventures, Albert Wenger dan Fred Wilson berjanji akan menyamai kontribusi untuk ACLU. Michael Dearing, pendiri perusahaan permodalan Harrison Metal, membentuk upaya yang disebut Project ELLIS -- singkatan dari Entrepreneurs' Liberty Link in Silicon Valley -- untuk membantu perusahaan-perusahaan rintisan dan perusahaan-perusahaan teknologi yang lebih kecil dengan isu-isu imigrasi. "ELLIS" juga merupakan referensi untuk Pulau Ellis di New York, tempat jutaan imigran tiba. Dalam kurang dari sehari, kelompok ini telah menangani dua kasus, ujarnya. Dave McClure, mitra pendiri 500 Startups dan pengkritik yang vokal terhadap Trump, mengatakan perusahaan investasinya akan segera membuka dana pertama di Timur Tengah dan akan menggeser perhatian untuk mendukung para wirausaha di negara-negara asal mereka, jika membawa mereka ke Amerika Serikat mustahil. Para pegawai rendahan telah mendesak para eksekutif untuk bertindak lebih jauh pada akhir pekan. Tak lama setelah mengetahui perintah Trump, Brad Taylor, insinyur berusia 37 tahun yang bekerja di perusahaan analisis web Optimizely, mulai mengorganisir "Tech Against Trump," sebuah demonstrasi yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Maret. Selain berdemonstrasi di Palo Alto, California, para penyelenggara acara ini mendesak para pegawai industri teknologi di perusahaan-perusahaan yang diam saja terhadap Trump untuk keluar dari kantor mereka. Taylor mengatakan ia terharu dengan pernyataan-pernyataan para pemimpin teknologi selama akhir pekan namun ia ingin melihat industri ini maju lebih jauh. "Tujuannya bukan untuk melawan industri teknologi, namun untuk mendesak mereka agar ada di pihak yang benar dalam sejarah," ujarnya.
  23. Pihak berwenang anti-teroris federal Pakistan telah melarang badan amal setempat yang diduga merekrut calon untuk bertempur bersama milisi yang didukung Iran, dan mendukung pasukan pemerintah dalam perang sipil Suriah. Larangan Ansar ul-Hussain, yang dilaporkan media Pakistan pekan lalu, mulai berlaku 30 Desember, menurut situs National Counter Terrorism Authority (NACTA), yang memantau organisasi teroris di negara itu. Larangan itu membuat kelompok tersebut ilegal beroperasi di Pakistan. Abdul Qayyum, Ketua Komite Pertahanan Senat dan anggota terkemuka partai Liga Muslim yang berkuasa, mengatakan kepada VOA, setelah larangan tersebut, Pakistan melanjutkan penyelidikan "jika ada jaringan lain yang terlibat dalam merekrut orang di Pakistan untuk perang di Suriah." Organisasi ini tidak begitu dikenal di Pakistan, Ansar ul-Hussain, yang menyatakan dirinya sebagai organisasi kemanusiaan Syiah, secara diam-diam memikat pemuda Syiah dari beberapa daerah di barat laut Pakistan dan mengirim mereka ke Iran, di mana mereka dilatih untuk berperang dan kemudian dikirim ke Suriah, menurut laporan media dan pejabat intelijen lokal. Ansar ul-Hussain handal dalam menghindari pengawasan, namun pihak berwenang Pakistan mengatakan, mereka berhasil mendeteksi kegiatan perekrutannya. Langkah-langkah anti-terorisme Islamabad telah banyak dikritik oleh banyak politisi Pakistan dan anggota parlemen AS karena sangat tidak efektif. Selagi kelompok militan terus berkembang di Pakistan, pemerintah sedang menghadapi ancaman meningkatnya isolasi diplomatik dari beberapa anggota parlemen AS atas ketidakmampuannya mengekang perkembangan militan di dalam negeri dan ancaman itu mempengaruhi negara tetangganya. Media Pakistan melaporkan tahun lalu, lebih dari 1.000 orang Pakistan berjuang di Suriah bersama pasukan elit Iran, Korps Garda Revolusi (IRGC). [www.voaindonesia.com]
  24. Perangkat Wearable Pelatih Kebugaran

    Bagi banyak orang, resolusi tahun baru mereka adalah hidup lebih sehat dengan berolahraga. Kini berkat kemajuan teknologi, berbagai perangkat wearable tersedia untuk memonitor perkembangan kebugaran tubuh, salah satunya Moov, perangkat wearable yang sekaligus berperan sebagai pelatih kebugaran.
  25. Penyewaan pacar telah memicu kritikan sejumlah netizen di media sosial dan para ahli hukum yang mempertanyakan moralitas dan legalitas bisnis tersebut. Di saat jutaan orang China mudik untuk merayakan libur Tahun Baru Imlek bersam keluarga mereka, Luoluo yang berusia 24 tahun sibuk menjawab pesan aplikasi seluler dari pria-pria putus asa yang mencari pacar kilat yang bisa disewa untuk ditunjukkan kepada orangtua mereka. Saat mudik dalam masa liburan tersebut, yang dimulai Jumat (27/1), para lajang sering menjadi sasaran ceramah dari sanak saudara yang menekankan pentingnya pernikahan dan mempertahankan garis darah keluarga. Beberapa lajang akhirnya menyewa pacar palsu untuk menenangkan orangtua mereka. Namun ledakan penggunaan ponsel pintar dalam beberapa tahun terakhir berarti bahwa sekarang orang dapat membayar kencan seperti itu lewat beragam aplikasi seluler, hanya lewat beberapa klik. "Lebih dari 1.000 pengguna aplikasi kami telah mendaftar sebagai pacar untuk disewa pada libur Tahun Baru," kata Cao Tintian, pendiri aplikasi pacar sewaan Hire Me Plz, kepada Reuters. Para pelanggan aplikasi membayar sekitar 1 yuan (US$0,15) sampai 1.999 yuan per jam untuk kencan makan malam, mengobrol, satu permainan mah-jong atau bahkan pijat kaki. Harga melonjak sekitar Tahun Baru, dengan ribuan lajang menarik berusia 20an seperti Luoluo meminta honor 3.000 yuan sampai 10.000 yuan per hari. "Saya masih mencari orang-orang untuk memenuhi slot waktu saya," ujar seorang perempuan dari provinsi Sichuan, yang tinggal memiliki dua slot setengah hari untuk seminggu ke depan. "Tapi hanya untuk mereka yang tinggal di provinsi yang sama. Saya tidak punya waktu untuk bepergian jauh," tambahnya. Selain Hire Me Plz, ada lima aplikasi besear penyewa pacar, yang mendapat uang dengan mengambil komisi, dan juga dari biaya langganan. "Model bisnis kami masih baru, meskipun semakin banyak orang muda yang menerima ide menjual waktu mereka sebagai komoditas," ujar Cao di kantor pusat perusahaan di Beijing, yang memperkirakan bisnis penyewaan pacar ini akan menjadi pasar bernilai miliaran dolar dalam lima tahun. Acara makan malam keluarga besar pada Tahun Baru China di Wuhan, provinsi Hubei. Sejak diluncurkan tahun 2015, Hire Me Plz telah mengumpulkan 700.000 pengguna dan 1,7 juta pengikut di Tencent milik WeChat, jaringan media sosial seluler terbesar di China. Penyewaan pacar -- di dunia maya maupun nyata -- telah memicu kritikan dalam beberapa tahun terakhir, dimana sejumlah netizen di media sosial dan para ahli hukum mempertanyakan moralitas dan legalitas bisnis tersebut. "Tidak ada larangan yang jelas dalam aturan China menyangkut penyewaan pacar. Namun ada risiko-risiko ddi dalamnya, yang juga mungkin melanggar aturan dalam batas-batas tertentu," tulis kantor berita pemerintah China News Services bulan ini, yang mengutip Li Hongzhao, pejabat di Komite Undang-undang Kriminal pada Asosiasi Pengacara Beijing. Li mengatakan terkadang sulit mendefinisikan batas-batas keintiman yang pantas dan kapan tindakan intim itu menjadi serangan seksual. Seks tidak menjadi bagian layanan-layanan yang ditawarkan dalam aplikasi seluler tersebut. Prostitusi adalah ilegal di China. Cao dari Hire Me Plz mengatakan tujuan awal aplikasinya adalah untuk membantu mengatasi masalah kesepian yang dirasakan anak-anak muda yang meninggalkan rumah untuk bekerja sendiri di kota-kota besar. "Saya mencari cara yang lebih efektif untuk mengajak orang kencan. Siapa yang ingin berbincang selama berbulan-bulan via jaringan sosial dan berakhir tanpa apa pun?" Di negara lainnya di Asia, layanan pacar sewaan sebagian besar berbasis laman, seperti Soulmate di Korea Selatan dan Pally Asia di Singapura. Pally Asia, yang menyebut dirinya sarana "menyewa teman", berencana untuk meluncurkan aplikasi dalam semester pertama tahun ini.
×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi