Jump to content

teknotekno

Member
  • Content Count

    11
  • Joined

  • Last visited

Everything posted by teknotekno

  1. Divisi mobil self-diriving Apple dengan nama project Titan mengalami proses restrukturisasi di bawah kepemimpinan baru. Sayangnya, ini mensyaratkan adanya pemecatan lebih dari 200 karyawan minggu ini. Seorang juru bicara Apple bahkan telah mengonfirmasi adanya PHK dan beberapa karyawan yang sebelumnya di bawah Titan telah dipindahkan ke divisi lain. "Kami memiliki tim yang sangat berbakat yang bekerja pada sistem otonom dan teknologi terkait di Apple. Saat tim memfokuskan pekerjaan mereka pada beberapa bidang utama untuk 2019, beberapa kelompok sedang dipindahkan ke proyek di bagian lain perusahaan, di mana mereka akan mendukung pembelajaran mesin dan inisiatif lainnya, di seluruh Apple," jelas Apple. Perusahaan mengatakan, pihaknya terus percaya ada peluang besar dengan sistem otonom, bahwa Apple memiliki kemampuan unik untuk berkontribusi, dan bahwa ini adalah proyek pembelajaran mesin paling ambisius yang pernah ada. Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu telah merekrut mantan insinyur senior Tesla VP Doug Field pada Agustus 2018 untuk memimpin Project Titan. Tampaknya Apple memang telah merencanakan perubahan besar-besaran untuk divisi di bawah kepemimpinannya. Titan sudah berubah arah pada 2016, bahkan menjauh dari mengembangkan kendaraannya sendiri untuk menciptakan sistem self-driving. Juru bicara itu tidak mengklarifikasi bidang utama apa yang akan menjadi fokus tim untuk 2019, dan perampingan besar-besaran itu berarti Cupertino sedang mengurangi upaya-upayanya lagi.
  2. Apple dilaporkan tengah mengurangi perekrutan karyawan baru untuk beberapa divisi produk. Hal tersebut kabarnya karena penurunan pendapatan Apple hingga 7 persen. Pada Q1 di 2019, perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut mendapatkan USD84 miliar, angka ini turun dari USD89-93 miliar dari pendapatan sebelumnya. Meskipun demikian CEO Apple, Tim Cook masih belum yakin apakan pembekuan perekrutan tersebut menjadi tindakan yang tepat. Menurut Bloomberg, Cook telah membuat pengungkapan kepada karyawannya awal bulan ini. Misalnya, perusahaan tidak akan menyaksikan pembekuan perekrutan, namun beberapa divisi akan mengalami pengurangan perekrutan. Cook belum menentukan divisi mana yang akan mengurangi perekrutan, tetapi ia menyatakan bahwa tim AI Apple akan terus menambah karyawan baru. Dia juga mengatakan bahwa tingkat perekrutan Apple tidak menentukan pentingnya divisi itu, tetapi perusahaan belum mengomentari kapan akan mempekerjakan karyawan. Untuk informasi, penjualan iPhone XR, XS, dan XS Max dikabarkan melambat karena adanya ketegangan antara Amerika dan China. Beberapa perusahaan di China telah memerintahkan karyawannya untuk tidak menggunakan iPhone.
  3. Apple kehilangan statusnya sebagai perusahaan triliun dollar setelah Wall Street melihat bahwa pembuat iPhone itu mengalami kehilangan USD190 miliar atau lebih dari Rp2.818 triliun. Apple masih menjadi perusahaan publik yang berharga di dunia, dengan kapitalisasi pasar USD921,41 miliar. Saham Apple dikabarkan turun lebih dari 5 persen karena kekhawatiran iPhone baru Apple mungkin tidak mendapatkan dorongan produksi. Lumentum, salah satu pemasok Apple yang menggunakan teknologi augmented reality dan facial recognition mengatakan bahwa mereka menerima permintaan dari salah satu pemasok terbesarnya untuk mengurangi pengirimannya. Ini mendorong kekhawatiran bahwa iPhone terbaru mungkin tidak mencukupi selama masa liburan seperti yang diharapkan para investor. Meskipun Lumentum tidak menyebut nama Apple, namun perusahaan pembuat iPhone ini masuk dalam daftar pelanggan terbesarnya. "Siklus produk iPhone terbaru telah kehilangan tenaga dengan Street sekarang kurang percaya diri dalam cerita pertumbuhan Apple di 2019," kata Daniel Ives, Managing Director of Equity Research di Wedbush Securities. "Cook dan perusahaan perlu untuk mendapatkan kembali mojo mereka dengan layanan dan pertumbuhan iPhone di depan dan tengah," katanya. Selama lima pekan terakhir, Apple telah kehilangan nilai USD190 miliar. Selama laporan pendapatan kuartal keempat Apple awal bulan ini, Cook mengatakan Apple tidak akan lagi melaporkan jumlah unit yang telah terjual dari produk apa pun dalam laporan pendapatan di masa depan.
  4. Intel mengumumkan modem XMM 8160 5G, modem multimode yang dioptimalkan untuk menyediakan konektivitas 5G ke ponsel, PC dan broadband access gateways. Intel mempercepat waktu peluncuran modem tersebut setengah tahun lebih awal. Modem tersebut akan mendukung kecepatan puncak hingga 6 gigabit per detik, yang diklaim tiga hingga enam kali lebih cepat daripada modem LTE terbaru yang tersedia saat ini. Modem ini akan tersedia pada paruh kedua 2019 dan akan memberikan fitur dan pengalaman untuk mempercepat adopsi 5G secara luas. "Modem Intel XMM 8160 5G yang baru memberikan solusi ideal untuk mendukung volume besar untuk penskalaan di beberapa kategori perangkat bertepatan dengan penyebaran 5G yang luas," kata Intel corporate vice president and general manager of the Communication and Devices Group, Dr. Cormac Conroy, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta. "Kami melihat permintaan besar untuk rangkaian fitur lanjutan dari XMM 8160, sehingga kami membuat keputusan strategis untuk menarik peluncuran modem ini setengah tahun untuk memberikan solusi 5G terkemuka," sambung dia. Intel XMM 8160 merupakan modem multimode, yang berarti akan mendukung standar baru untuk 5G New Radio (NR), termasuk standalone (SA) dan non-standalone (NSA), serta radio lama 4G, 3G dan 2G dalam satu chipset. Dengan kemampuan baseband multimode chip tunggal, modem Intel XMM 8160 5G akan memungkinkan produsen perangkat untuk mendesain perangkat yang lebih kecil dan lebih hemat daya. Solusi multimode Intel yang terintegrasi mendukung konektivitas simultan (EN-DC) untuk LTE dan 5G juga dinilai penting karena perangkat jaringan seluler 5G harus kompatibel ke 4G jika 5G tidak tersedia kapan saja atau di lokasi mana pun. Modem ini menawarkan teknologi yang diperlukan untuk mendukung spektrum gelombang milimeter baru (mmWave) serta dukungan sub 6 GHz 5G NR (termasuk pita FDD dan TDD dari 600 MHz hingga 6 GHz) dan kecepatan pengunduhan hingga 6 Gbps. Modem Intel XMM 8160 5G rencananya akan meluncur pada paruh kedua 2019. Perangkat komersial yang menggunakan modem Intel XMM 8160 5G t telepon, PC dan broadband access gateways diharapkan akan tersedia di paruh pertama 2020.
  5. Setiap jaringan baru pasti menjanjikan kecepatan lebih untuk layanan data. Seperti halnya 4G LTE menjanjikan kecepatan transmisi 500 MB per detik. Menariknya belakangan ini, jaringan generasi kelima 5G mulai diperkenalkan. 5G bahkan menjanjikan transfer data hingga 10 GB per detik, mencapai dua puluh kali lipat dari LTE. Jaringan 5G kabarnya tidak hanya berguna untuk layanan data. Bahkan mampu untuk mengendalikan kendaraan yang bisa menyetir sendiri. Pada kecepatan 100 km/jam, mobil menempuh jarak 27,78 meter per detik sehingga setiap bit dihitung dalam hal kecepatan reaksi. Ini juga berlaku untuk kontrol pabrik industri, robot, drone, dan hal-hal lain yang dibuat untuk 5G. Kemudian, jaringan itu sendiri juga akan menjadi lebih fleksibel dengan 5G. Jumlah perangkat yang mungkin dalam suatu jaringan akan secara signifikan lebih tinggi, yang memperhitungkan perkembangan menuju 'hal-hal' yang semakin banyak dalam jaringan. Di sini juga, fokus awalnya pada industri, robot, sensor, kendaraan, wadah dan hal-hal serupa. Jaringan 5G dapat diatur secara berbeda, tergantung pada tujuan yang diinginkan. Hampir tidak pernah terjadi bahwa baik 10 Gbit/s, mini-latency dan ribuan perangkat yang terhubung didukung secara bersamaan. Namun, ini memberi operator jaringan fleksibilitas yang mereka butuhkan. Perluasan jaringan akan cukup mahal, karena antena 5G dalam kebanyakan kasus memiliki jangkauan yang jauh lebih rendah daripada jaringan LTE dan karenanya harus dipasang lebih sering. Namun seperti yang ditunjukkan oleh manfaat 5G, ini akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Selain itu, pengenalan 5G tidak berarti kepunahan LTE. Sebaliknya, dalam banyak kasus, pengguna tidak akan memerlukan manfaat 5G sama sekali, dan perangkat 5G secara otomatis akan memutuskan jaringan mana yang akan digunakan. Ini juga akan terlihat dalam masa pakai baterai, karena 5G akan mengonsumsi daya lebih besar secara signifikan daripada 4G di sebagian besar situasi.
  6. CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mengungkap alasan di balik rencana mengintegrasikan layanan Messenger, Whatsapp, dan Instagram. Menurutnya, rencana tersebut bakal memberikan keuntungan bagi pengguna. "Menurut saya, mengintegrasikan tiga layanan tersebut memberikan peluang yang lebih baik. Kami ingin membuat pengguna merasa lebih nyaman dalam mengakses ketiga layanan tersebut," kata Mark Zuckerberg Mark Zuckerberg menambahkan, penyatuan ketiga layanan itu dilakukan pada 2020 mendatang. Dia mengklaim rencana itu memudahkan pengguna untuk saling berkomunikasi. Namun, jangan bayangkan layanan Whatsapp, Messenger, dan Instagram bakal berada dalam satu platform. Bagaimana pun juga, Whatsapp, Instagram, dan Messenger merupakan tiga aplikasi berbeda dan memiliki fungsi masing-masing. Mark Zuckerberg menegaskan, integrasi ini justru bakal memberikan keamanan berlapis. Penyatuan layanan ini diklaim dapat menciptakan pengalaman menarik layaknya penggunaan iMessage. Singkatnya, setelah diintegrasikan, pengguna Whatsapp bisa bertukar pesan dengan pemakai Instagram, begitu pula sebaliknya. Pengguna Facebook juga bisa mengirim pesan ke orang yang hanya punya Whatsapp. Pesan yang dikirim itu aman karena terenskripsi. Selama ini, perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu menggunakan sistem enskripsi end to end. Sistem ini melindungi pesan agar tidak bisa dibaca orang lain, kecuali yang terlibat dalam percakapan. Kabar rencana pengintegrasian ini kali pertama diungkap oleh New York Times.
  7. Hi Jendral, gimana kabarnya!

  8. Belajar cara bermain golf dari seorang instruktur mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun bagaimana kalau mempelajari cara bermain golf dari sebuah robot? Hal inilah yang bisa Anda lakukan di RedBird Sport. Di toko peralatan golf tersebut, terdapat sebuah robot bernama RoboGolfPro. Robot ini merupakan satu dari empat robot serupa yang ada di Amerika Serikat. Dan menariknya, robot ini bisa diprogram untuk memberikan pengetahuan tentang beberapa cara dalam mengayunkan stick golf dengan benar. Seorang instruktur golf dari Seattle bernama Jeff Shaw pun mengakui kemampuan dari robot RoboGolfPro tersebut. Bahkan tak jarang kalau dia pun menggunakan kemampuan robot ini untuk mengajari para muridnya. Berkat robot ini, dia pun bisa menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh para muridnya. Tak hanya bisa digunakan untuk menganalisis kesalahan gerakan, robot ini juga dapat dipakai untuk mengoreksi kesalahan tersebut. Shaw pun menunjukkan bahwa robot ini memiliki sembilan titik yang bisa dikalibrasi dan bisa menghasilkan 24 cara mengayunkan stik yang berbeda.
  9. Kemajuan zaman membuat teknologi dirgantara semakin pesat perkembangannya, pada saat ini ada tiga kubu kuat di dunia dengan teknologi pesawatnya yang sangat maju. Yang pertama tentunya Amerika serikat, kedua adalah Eropa dan yang terakhir adalah Russia. Ketiganya berlomba membuat pesawat tempur dengan teknologi yang lebih maju dari yang lainnya. Untuk urusan stealth yang memimpin tetap Amerika serikat, sedangkan Russia tak bisa diangap enteng dengan kelebihan-kelebihan manuvernya. Meskipun Amerika juga telah mengembangkan teknologi manuver yang tak kalah gesitnya dengan Russia seperti penerapan Thrust Vectoring, yang mana “knalpot” pesawat bisa berbelok-belok ke segala arah.tapi diantara semua teknologi tersebut yang akan dibahas disini adalah mengenai bagaimana pesawat mendapat julukan Stealth (indonesia: Siluman, bisa menghilang). Pesawat Siluman Buatan Rusia Ada beberapa pesawat mutakhir milik Amerika yang masuk kategori ini, yaitu pesawat F-117, F-22, JSF F-35, dan B-2. Untuk urusan Stealth sendiri bisa di akali pihak pabrikan dengan membuat design pesawat yang minus lekukan yang fungsinya adalah memperkecil sudut-sudut tajam yang bisa ditangkap oleh radar dan muncul pada RCS (radar cross section). Selain itu ada pula pesawat-pesawat yang sudah agak uzur seperti F/A-18 Hornet (walaupun tidak benar-benar uzur karena telah mengalami upgrade lebih dari 30 persen) yang melapisi beberapa bagian pada pesawat nya dengan lapisan anti radar seperti pada ujung-ujung sayap utama dan bagian ruder nya. Cara Kerja Pesawat yang Menggunakan Sistem Stealth (siluman) Pada gambar diatas Sebuah pesawat F-117 dapat menghindari radar karena pada desain pesawat tersebut memiliki minus lekukan sehingga radar yang datang dari musuh akan di pantulkan sehingga yang muncul pada monitor RCS musuh hanyalah dot-dot (titik-titik) yang sangat kecil yang bisa dianggap sebagai gerombolan burung dan bukanlah pesawat yang sedang menyelinap. Mirip cara kerja Burung Walet Pesawat tanpa sistem stealth (siluman) Gambar kedua ini adalah sebuah F-15 Eagle yang dalam desainnya banyak memiliki lekukan-lekukan tajam pada body nya sehingga dapat di tangkap oleh radar dengan baik dan muncul dalam monitor RCS sebagai dot-dot pesawat tempur yang menyusup. Mungkin seperti itulah gambaran mudahnya mengapa sebuah pesawat bisa lolos dari monitor pengawas musuh, namun begitu, pesawat F-117 ternyata memiliki kelemahan juga, pada saat konflik Yugoslavia, pesawat ini tertangkap radar dan tertembak jatuh oleh misil SA-3 SAM buatan Russia. Ternyata jatuhnya pesawat itu pada saat bom bay nya (pintu bom) dalam keadaan terbuka sehingga mungkin sudut-sudut tajam itulah yang tertangkap oleh radar kemudian di seranglah dengan misil darat ke udara tersebut (surface to air missile). Kesimpulannya, akan perlu penyempurnaan pada setiap generasi pesawat tempur, dengan penyempurnaan tersebutlah pihak suatu negara memperkecil jumlah korban jiwa yang berjatuhan. Pesawat Siluman Buatan Amerika Untuk mencapai ‘stealth’ ada 3 metode yang saat ini dikenal : Rekayasa bentuk (shape) seperti bentuk pada F117. Rekayasa material (Radar Absorbant Material) seperti pada U2 (generasi awal). Rekayasa teknologi lainnya : plasma stealth, efek pertama kali muncul di satelit sputnik Rusia, namun untuk pesawat sepertinya masih dirahasiakan. Namun, ultimate goal nya stealth yang ingin dicapai selain tak tampak di radar, juga kasat mata (seperti bunglon) dan saat ini juga sedang dalam penelitian. Kalau tidak salah pernah muncul di acara TV National Geographic tentang hal ini, menggunakan teknologi laser dan rekayasa material untuk membelokkan cahaya yang seharusnya dipantulkan sehingga objek dibelakang benda menjadi tidak tampak (benda jadi transparan). Seiring dengan waktu, teknologi radar pun berkembang untuk dapat mendeteksi pesawat stealth, antara lain radar ‘radio’, akustik, radar infra merah, radar thermal (panas), radar cuaca (setidaknya bisa mendeteksi tubulensi udara ketika pesawat melintas).
  10. Facebook menuai kecaman usai memanipulasi laman Beranda milik 700.000 pengguna. Kendati berdalih demi ilmu pengetahuan, sebagian peneliti malah menilai hasil studi itu tidak istimewa. Laman utama pada Facebook yang biasa disebut Beranda adalah jendela buat jutaan orang untuk melihat apa yang dilakukan teman dan saudara dan menyimak keadaan manusia di sekitarnya. Tapi sejak Januari 2012 Facebook memanipulasi postingan milik 310.000 pengguna. Sekelompok orang misalnya cuma melihat postingan bernada postif dari teman-temannya. Yang lain cuma mendapat kabar buruk atau negatif. Secara keseluruhan eksperimen ajaib ini menjaring 689.003 pengguna berbahasa Inggris di seluruh dunia. Sebab itu pula raksasa media sosial asal Amerika Serikat itu kini menuai badai kecaman. Kebanyakan mengeluhkan Facebook bertindak tanpa meminta persetujuan pengguna yang dijadikan kelinci percobaan. Facebook berdalih, eksperimen itu adalah kegiatan ilmiah untuk mengungkap, sejauh apa peranan kata-kata positif atau negatif yang tercantum dalam pesan di Beranda bisa menggerakkan pengguna buat menuliskan kabar buruk atau yang menyenangkan tentang dirinya. "Tidak istimewa" Hasil studi yang dibuat dengan Cornell University dan University of California di San Fransisco itu kemudian diterbitkan di jurnal ilmiah milik National Academy of Science. "Situasi emosional bisa ditransfer ke orang lain melalui penularan emosi," tulis ilmuwan dalam laporannya. "Hal ini bisa membuat pengguna merasakan emosi yang sama tanpa sadar." "Hasil ini mengindikasikan emosi yang diekspresikan pengguna lain di Facebook, mempengaruhi emosi kita sendiri." Namun kritik tidak cuma dilayangkan oleh pengguna, melainkan dari kalangan ilmuwan sendiri. Katherine Sledge Moore, professor Psikologi di Elmhurst College, menilai studi yang dilakukan Facebook adalah hal biasa. "Berdasarkan apa yang dilakukan Facebook di laman Beranda dan apa yang telah disetujui pengguna untuk bergabung, studi ini tidak begitu istimewa," katanya. "Hasilnya pun tidak begitu menggairahkan."
  11. Parabola yang ada dirumah kita, selama ini kita kenal secara umum adalah sebagai alat untuk menangkap siaran tv. Tapi sebenarnya selain untuk menangkap siaran tv, parabola atau antena parabola adalah sebuah antena yang berdaya jangkau tinggi yang dapat juga digunakan untuk komunikasi radio, data (internet) dan juga radiolocation (RADAR). Antena parabola umumnya berbentuk seperti piringan, baik berukuran kecil, sedang ataupun super besar. Dikutip dari wikipedia, bahwa antena parabola dapat digunakan untuk mentransmisikan berbagai data, seperti sinyal telepon, sinyal radio dan sinyal televisi, serta beragam data lain yang dapat ditransmisikan melalui gelombang. Cukup banyak ternyata fungsinya… padahal kebanyakan kita mengenal parabola hanya sebagai alat untuk menerima siaran televisi satelit. Lanjut ke sejarah parabola. Antena parabola dapat diamati penggunaannya mulai dari tahun 1970an. Ketika itu belum ada penyedia/provider untuk televisi satelit. Televisi satelit mulai tumbuh tahun 1976. HBO adalah stasiun televisi pertama yang mengembangkan program-program televisi kepada perusahaan kabel melalui transmisi satelit televisi. Antena parabola C-band ditemukan oleh seorang profesor di Stanford yang mencoba membangun antena parabolanya sendiri dan berhasil menangkap siaran HBO. Pada masa itu antena parabola Cband berukuran sangat besar.Karena itu, antena parabola diletakkan di halaman. Ketika itu, tidak ada ruang yang cukup untuk meletakkan antena parabola. Harga antena parabola pada masa itu pun mahal. Pada tahun 1980an, berbagai perusahan mengembangkan antena parabola C-band. Karena itu, harga antena parabola turun.Akibatnya, banyak program yang dirancang untuk televisi satelit dan dianggap sebagai investasi. Pada tahun 1984, Kongres Amerika mengesahkan Cable Act.Cable Act adalah untuk memperbolehkan berbagai perusahaan kabel melakukan enkripsi pada siaran mereka. Hal ini dilakukan karena ada penonton yang tidak membayar untuk layanan televisi satelit. Ternyata acak mengacak siaran tv sudah dilakukan diawal perkembangannya. Dan enkripsi berhasil mengarahkan orang-orang untuk berlangganan televisi kabel. Pada tahun 1990an, enkripsi yang digunakan berhasil diretas. Akibat dari peretasan tersebut, perusahaan-perusahaan mulai mengembangkan dan menggunakan transmisi digital. Antena parabola berperan besar dalam perkembangan industri layanan televisi satelit. Dish Network, sebuah perusahaan penyedia layanan televisi satelit memulai penyiaran mereka pada tahun 1996. Mereka memanfaatkan antena parabola. Pada tahun yang sama, DirecTV juga mulai bersiaran. Akibatnya, terjadi persaingan antar penyedia layanan televisi satelit dan menandai persaingan antara berbagai perusahaan penyedia layanan televisi satelit. Saat ini Dish Network Company telah tumbuh dan menawarkan berbagai program televisi digital dan HDTV. Dish Network menyediakan berbagai saluran dan program dalam definisi tinggi. Dish Network juga menjadi penyedia layanan televisi antena parabola dengan pelanggan yang banyak. Pada tahun 1970, 1980, dan 1990an antena parabola mengubah cara kerja pemrograman televisi. Perubahan tersebut ditandai dengan perubahan pada peralatan televisinya. Pada masa itu, antena parabola jenis C-band yang besar telah hilang. Antena parabola jenis C-band telah berubah ukuran menjadi lebih kecil. Kini, antena parabola berukuran kecil. Antena parabola mampu diletakkan di atap dan tidak mengganggu stabilitas bangunan. Ukurannya tidak lagi mengganggu pemandangan. Berbagai saluran dan program-program televisi yang menggunakan antena parabola telah mampu ditransmisikan dengan jelas dan tanpa gangguan. Saat digunakan menonton HDTV, antena parabola mampu mentransmisikan gambar yang realistis.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy