Jump to content

orangindonesia

Member
  • Content Count

    31
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    1

Reputation Activity

  1. Like
    orangindonesia got a reaction from iiee in Kehebatan Bahasa Indonesia di Mata Dunia   
    Indonesia sendiri memiliki bahasa resmi yaitu, bahasa Indonesia, yang bisa anda gunakan di berbagai wilayah di Indonesia, karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia mempunyai wilyah yang beranekaragam, dan di dalamnya ada beberapa kebudayaan dan bahasa daerah yang sangat berbeda dengan wilayah lainnya. Untuk negara tetangga kita Malaysia mempunyai bahasa melayu yang kata - katanya hampir sama dengan bahasa Indonesia, akan tetapi ada beberapa kata yang sangat tidak sama baik itu artinya atau juga pelapalannya dengan bahasa Indonesia, akan tetapi apakah anda tahu beberapa fakta yang terbaru dari bahasa resmi kita yaitu, bahasa Indonesia. Nah dibawah ini ada beberapa faktanya khusus untuk anda yang suka dengan Indonesia negara dan tanah kita.
     
    1. Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan
    Ternyata pelajaran bahasa Indonesia tidak hanya di pelajari di Indonesia saja, akan tetapi beberapa negara ada juga yang mempelajar bahasa Indonesia. Percaya atau tidak Bahasa Indonesia sudah digunakan di 45 negara di dunia, salah satunya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. Dan akibat hal tersebut bahasa Indonesia menempati peringkat ke 10 dalam hal bahasa yang paling banyak di pelajari di berbagai negara yang ada di dunia ini.
     
    2. Bahasa Paling Populer di Australia
    Ketika anda pergi ke negara tetangga kita australia, jangan aneh ketika anak kecil akan menyapa anda dengan selamat pagi atau juga selamat malam, jika mereka tahu bahwa anda adalah orang Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi lantaran bahasa Indonesia telah menjadi bahasa paling populer keempat di negara kangguru tersebut. Tidak hanya itu, di Australia sendiri ada beberapa universitas yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia, dan dengan hal tersebut membuat negara ini menjadi salah satu negara yang paling populer mengembangkan bahasa Indonesia.
     
    3. Pusat Studi Indonesia ada di Afrika
    Salah satu negara yang ada di benua afrika yaitu, mesir tercatat adalah negara yang paling mempopulerkan atau mengembangkan bahasa Indonesia. Negara piramid ini sedang mendalami bahasa Indonesia dengan lengkap dan teliti, sampai - sampai di negara mesir sudah di bangun Pusat Studi Bahasa Indonesia. Tempatnya berada di Suez Canal University, dengan begitu negara mesir bisa lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.
     
    4. Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola
    Untuk anda yang menyukai olahraga yang merakyat ini yaitu, sepak bola mungkin anda sudah mengetahui bahwa beberapa website resmi dari klub terkenal seperti Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Telah bisa di akses dengan bahasa Indoensia. Hal tersebut menunjukan bahwa negara Itali juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia.
     
    5. Bahasa Yang Lama ada di Jepang
    Di negara surganya Anime ini bahasa Indonesia sudah lama ada dan juga sudah lama di pelajari oleh beberapa masyarkat Jepang, selain itu di beberapa wilayah di Jepang sudah ada pusat - pusat studi bahasa Indonesia, dan salah satunya adalah Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. Sama seperti yang terjadi di Australia, universitas - universitas yang ada di Jepang sendiri sudah membuka jurusan khusus untuk bahasa Indonesia, beberapa dari universitas tersebut adalah Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan.
     
    6. Bahasa Yang di Prioritaskan di Vietnam
    Fakta unik yang terakhir ini mungkin belum banyak orang yang tahu, di negara Vietnam bahasa Indoenesia adalah bahasa kedua dari bahasa resmi negara tersebut. Status bahasa Indonesia di vietnam sama dan sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Hal ini menandakan bahwa negara Vietnam adalah negara kedua pengguna bahasa Indonesia, setelah negara Indonesia sendiri.
     
    7. Wikipedia Bahasa Indonesia Peringkat ke 3 di Asia
    Wikipedia adalah salah satu website yang cukup banyak pengunjungnya dan sudah terkenal cukup lama, di sana banyak sekali ilmu entah itu sejarah atau juga sains yang bisa membuat kita lebih tahu banyak. Cocok sekali bagi para mahasiswa atau juga siswa yang sedang sekolah dan kuliah untuk menambah ilmunya, dan ternyata wikipedia berbahasa Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia, yang membuat 3 terbesar di asia setelah wikipedia Jepang dan Mandarin. Hal tersebut tidak terlepas dari para masyarakat Indonesia yang banyak mengupload artikel ensiklopedia pada wikipedia.
  2. Like
    orangindonesia got a reaction from Sam in Apa Itu Transgender?   
    Istilah transgender pasti pernah kita dengar atau kita temukan di berbagai media. Kita juga mungkin pernah melihat sosok cowok atau cewek yang enggak sesuai perilaku atau penampilannya dengan jenis kelaminnya sendiri. Hmm, apakah itu yang disebut sebagai transgender?
     
    Merasa beda dari jenis kelaminnya
     



     
    Kenapa bisa terjadi?
     



     
    Bedanya dengan transeksual
     



  3. Like
    orangindonesia got a reaction from apanjiegumilang in Wahai Tv Partai!   
    memang udah pada kacau tivi sekarang, gak ada yang bener...
  4. Like
    orangindonesia reacted to Sam in Fitur baru: Share foto Instagram di topik   
    Bagi pengguna setia Ngobas.com, kami tim pengembang situs jejaring sosial dan forum ini meluncurkan fitur terbaru Ngobas. Fitur baru ini sangat cocok untuk pecinta aplikasi berbagi foto yang bernama Instagram, sekarang Anda mempunyai tempat untuk berbagi ke banyak orang tentang foto Anda di Ngobas.
     

    Logo Instagram. Sumber: instagram.com
     
    Sedikit mengenai Instagram: Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.
     
    Caranya gimana:
    Untuk caranya, caranya hampir sama seperti Anda menempelkan url Youtube di topik Ngobas. Oke, sekarang kita akan menuju ke caranya.
    Masuk akun instagram Anda melalui browser. Setelah Anda berhasil masuk, pilih foto yang ingin Anda bagikan. Klik fotonya. Setelah itu copy URL dari foto instagram yang jendral buka. Paste aja URL yang udah di copy tadi di topik Ngobas. Selesai, nanti akan muncul dengan sendirinya. Contoh dari fitur barunya seperti di bawah ini ndral:
     

     
    Semoga fitur ini membuat jendral lebih sering berbagi semua hal yang ada di hidup jendral.
     
    Jabat salam,
    Tim Pengembang Ngobas
  5. Like
    orangindonesia reacted to apanjiegumilang in Wahai Tv Partai!   
    Wahai Tv Partai!
     

     
    "Muak dengan MetrongTv dan TvOneng, beritamu tak berimbang. Setiap liat MetrongTV pasti nongol wajah beliau. Di berita baris bawah yang berjalan pun dipenuhi dengan nama beliau, begitu juga iklannya. Begitu pula dengan TvOneng, dua-dua nya sama saja, cuma yang kedua ini dikit berubah, keliatannya sudah sadar. Tak salah jika KPI melayangkan teguran keras terhadap kedua TV tersebut. Ayo KPI, bebaskan TV Nasional dari ketidakberimbangan berita. Tegur keras dan tindak tegas televisi-televisi yang menjadi budak-budak pesohor politik yang murka, yang dipenuhi dengan keberpihakan, tidak menjunjung tinggi keberimbangan. Jika tetap, ‪#‎GoToHellWithYourParty‬" (Dikutip dari facebook pribadi, dengan akun Adhi Panjie Gumilang)   Seperti yang saya baca di berita online, disana mebnyebutkan bahwa KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) telah mengeluarkan surat sanksi administratif teguran kepada kedua televisi nasional yaitu tvOne dan MetroTv. Pengeluaran surat tersebut tidaklah salah. Hal ini dikarenakan kedua televisi tersebut melakukan pelanggaran jurnalistik dimana memberitakan berita seputar pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden secara tidak berimbang atau tidak netral.   Akhirnya atas dasar itulah KPI pusat menyarankan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengevaluasi ulang Izin Penyelanggaraan Penyiaran atau IPP. Pelanggaran yang dilakukan kedua televisi tersebut terlihat dari adanya perbedaan sudut pandang pemberitaan tentang Capres dan Cawapres dimana tvOne lebih berpihak kepada kubu Prabowo Subianto - Hatta Radjasa, sedangkan MetroTv lebih berpihak kepada kubu Jokowi - Jusuf Kalla. Ketidaknetralan tersebut dilihat dari jumlah durasi, jumlah frekuensi, dan tone (kecenderungan) pemberitaan untuk mengetahui implementasi dari prinsip-prinsip program siaran jurnalistik, khususnya prinsip adil dan berimbang pada obyek pemberitaan (merdeka.com).   Menurut hemat saya, hal ini sungguh menjijikkan dikala melihat televisi yang dulu sangat saya banggakan karena beritanya sangat mengedukasi masyarakat. Akan tetapi, di tahun politik ini semuanya seperti berubah. Ntah apakah benar perubahan ini disebabkan karena pemimpin tertinggi dari kedua televisi tersebut adalah pimpinan tertinggi juga di salah satu partai politik ataukah ada kepentingan lain dibelakangnya. Hal ini akan terlihat benar jika kita tarik benang merah bahwa partai politik yang dipimpin oleh pimpinan tertinggi televisi tersebut berkoalisi dengan siapa dan siapa, ini sangatlah jelas! Sungguh bukan hal yang lumrah bukan kalau hal ini menjijikkan?   Selain itu, menjelang hari H pencoblosan pada tanggal 9 Juli 2014. Sangat mengherankan sekali kalau salah satu dari televisi tersebut menyebarkan fitnah yang sangat frontal. Memang, memakan bangkai saudaranya sendiri adalah hal yang "mungkin" wajib dilakukan di tahun politik ini karena jumlah kandidat yang hanya dua pasangan. Hal itu sungguh mengecewakan, bahkan dewan pers-pun telah menganggap bahwa apa yang diberitakan oleh televisi tersebut sangat keterlaluan karena memberitakan berita yang berasal dari opini publik atau public opinion yang sangat belum tentu kebenarannya.   Oleh sebab itu, patut kiranya-lah televisi nasional yang menjadi sumber utama pendidikan politik bagi masyarakat Indonesia memberikan berita-berita yang benar adanya, menyebarkan berita yang bukan fitnah, yang ditakutkan akan menimbulkan gejolak yang sangat besar bagi kegiatan politik di Indonesia. Semoga televisi yang menjadi antek-antek petinggi partai politik segera tobat. Kalaupun tidak tobat ya semoga mereka merubah nama televisinya seperti nama partai politiknya.
    Pilihlah dengan hati, tetap junjung tinggi azas Luberjudil! (@apanjiegumilang)
×
×
  • Create New...