Jump to content

asliindonesia

Member
  • Content Count

    75
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    5

Posts posted by asliindonesia


  1. 1 hour ago, Monica_Gunawan said:

    Ada juga wahana tak kalah menyeramkan lainnya kayak Colombus Adventure yang bentuknya kayak Kora-Kora di Ancol, hanya saja ini lebih ekstrem. Lu bakal diajak berayun dengan ketinggian hingga 33 meter, dan kemiringan hingga 77 derajat. Bayangin kayak apa naikinya? Yuk langsung pergi ke sana saja. Gue ikut tapi bayari ya?

    boleh jg barengan kita berangkatnya :1f60d


  2. lani - ahok.jpg

    Seorang perempuan yang terserang stroke menangis saat melihat calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

    Perempuan itu bernama Lani (55).

    Dia tinggal di Jalan Tipar Timur, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, daerah yang disambangi Ahok untuk berkampanye jelang Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2017.

    Lani terserang stroke sejak 2015 lalu.

    Dia mengaku kerap melihat Ahok di televisi.

    Lani senang akhirnya bisa melihat mantan Bupati Belitung Timur tersebut secara langsung.

    "Lihat orangnya biasa di TV," ucap Lani, Senin (2/1/2017).

    Lani sempat minta didoakan Ahok agar lekas sembuh dari penyakit stroke.

    Dia juga bersyukur karena mendapat Kartu Jakarta Sehat, sehingga biaya rumah sakit ditanggung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

    "Stroke, ngomongnya belok. Sudah setahun. Biasa berobat di Rumah Sakit Islam. Pakai KJS kalau bayar mahal," ucap Lani.

    Ahok meminta Lani untuk bersabar menghadapi stroke yang dideritanya.

    Dia mendoakan Lani untuk lekas sembuh.

    Ahok mengatakan, Lani bisa mengirimkan pesan langsung ke ponsel genggamnya jika ada keluhan.

    "Sabar aja Bu. Saya doain biar cepat sembuh. Bisa SMS saya kalau perlu apa-apa ya. Enggak apa-apa, kalau ada apa-apa SMS," ucap Ahok kepada Lani.


  3. ISIS Filipina.jpg

    Pemimpin kelompok teroris Filipina yang telah berbaiat ke kelompok teroris ISIS tewas dalam operasi gabungan polisi di kota Kiamba, provinsi Sarangani. Mohammad Jaafar Maguid atau Tokboy yang tewas ditembak polisi pada Kamis dini hari, 5 Januari 2017 merupakan pemimpin kelompok Ansar al-Khilafah yang mendukung ISIS.

    "Dia tewas dalam operasi gabungan yang dipimpin oleh Badan Koordinasi Intelijen Nasional dan polisi," kata Hermogenes Espereon, penasihat Keamanan Nasional seperti dilansir dari Straits Time. 

    Kepala Kepolisian Daerah Sarangani, Cedrick Train menjelaskan, Maguid diserang saat ia hendak meninggalkan resor pantai dengan mennggunakan sedan Toyota Wigo. Dia tewas di tempat, sementara tiga anak buahnya ditangkap. Polisi juga menyita barang-barang termasuk dua senapan serbu AR-15 dan granat.

    Maguid dilaporkan mendapatkan pelatihan oleh teroris Malaysia, Zulkifli bin Hir, yang juga dikenal sebagai Marwan yang dibunuh oleh polisi pada Januari 2015.

    Di bawah Maguid, Ansar al-Khilafah telah membangun jaringan dengan kelompok-kelompok militan di Indonesia terutama Mujihidin Indonesia Timur, yang dipimpin oleh Santoso, seorang Indonesia yang dilatih di Filipina. Santoso tewas ditembak aparat satuan tugas Tinombala pada pertengahan Juli 2016. 

    Maguid, adalah mantan komandan Komando Pangkalan 105 dari Front Pembebasan Islam Moro (MILF), yang sekarang mengadakan pembicaraan damai dengan pemerintah untuk membentuk otonomi Muslim di kelompok pulau selatan yang dilanda perang di Mindanao.

    Maguid ditangkap pada 2009 atas tuduhan pembunuhan, pembakaran, dan perampokan. Dia melarikan diri penjara pada tahun 2010.

    Ansar al-Khilafah adalah salah satu dari segelintir kelompok ekstremis yang telah berjanji setia atau berbaiat kepada ISIS. Kelompok itu beberapa kali terdeteksi hendak melakukan seragan, termasuk pada pertemuan puncak APEC di Manila tahun 2015.

    Baru-baru ini mereka juga telah memberikan dukungan untuk kelompok Maute, yang bertanggung jawab atas pemboman sebuah pasar malam populer di kota Davao pada September lalu. Ledakan ini menewaskan 14 orang. Rencananya pelaku juga akan membom kedutaan besar AS di Manila.


  4. blackberry.jpg.50eeabe02ce3040af1ea4cf51

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berharap Blackberry Ltd mau mengakuisisi perusahaan-perusahaan piranti lunak (software) Indonesia seiring pergantian inti bisnis perusahaan yang selama ini bergerak di peranti keras (hardware) ke software.

    Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan berharap software nasional yang diakuisisi perusahaan juga bisa dimasukkan ke dalam satu sistem ponsel pintar Blackberry agar tercipta Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi dari segi penggunaan software.

    "Kami memandang smartphone sekarang dari software-nya, dan penggunaan smartphone di Indonesia kedepannya akan sangat berkembang. Di kesempatan yang sama, Blackberry juga sedang meninggalkan konsep generate pendapatan dari hardware dan beralih ke software, sehingga kami dorong mereka untuk akuisisi beberapa software lokal," terang Putu.

    Ia menambahkan, minat Blackberry dalam pengembangan software di Indonesia sudah berlangsung sejak 2012, dimana perusahaan saat itu mendirikan Blackberry Innovation Centre di Institut Teknologi Bandung (ITB). Setiap tahunnya, perusahaan rajin menggelontorkan uang US$ 1 juta untuk pengembangan beberapa jenis aplikasi dan piranti lunak.

    "Bahkan kami dengar sudah ada enam (perusahaan) software yang mereka telah akuisisi dari ITB. Kami sudah sampaikan kepada Blackberry untuk gunakan software dalam negeri, sejauh ini mereka belum ada komitmen apa-apa, tapi mereka menyambut baik kebijakan ini," tambahnya.

    Kendati demikian, Putu mengatakan kalau sejauh ini Blackberry belum mau melakukan investasi di Indonesia karena adanya pergantian jenis piranti yang akan dikembangkan perusahaan. Di samping itu, ia menambahkan Blackberry belum mau mengembangkan pusat riset dan pengembangan manufaktur di Indonesia.

    "Tapi kebijakan TKDN software ini kami buat dengan bottom line investasi. Intinya kami dorong investasi," tambahnya.

    Di kesempatan yang sama, Chief Legal Officer dan Corporate Secretary Blackberry, Steven Zipperstein mengatakan perusahaannya akan terus mengikuti perkembangan kebijakan TKDN yang berada di dalam negeri mengingat Indonesia merupakan salah satu pasar utama Blackberry.


  5. whatsapp.jpg.3d7d87e291f10344813b8738ce9

    Rencana WhatsApp untuk menghentikan dukungan terhadap sejumlah sistem operasi pada akhir tahun 2016, termasuk BlackBerry OS tak membuat pembesutnya tinggal diam.

    Perusahaan ponsel asal Kanada tersebut kini sedang menyiapkan pengganti WhatsApp yang banyak digunakan oleh para pengguna perangkat BlackBerry.

    "Kami sedang mengeksplorasi alternatif untuk pengguna BlackBerry karena dukungan WhatsApp Messenger untuk BlackBerry OS dan BlackBerry 10 akan selesai pada akhir 2016," kata BlackBerry kepada Tech Radar.

    Rencana tersebut juga diungkapkan BlackBerry melalui akun Twitternya. Di saat yang sama, BlackBerry juga memastikan bahwa dukungan terhadap WhatsApp untuk perangkat Priv, tidak akan berhenti hingga tahun 2016.

    Hal ini tidak mengherankan mengingat Priv menggunakan sistem operasi Android Lollipop, bukan BlackBerry 10.

    Untuk saat ini, para pengguna WhatsApp pada perangkat BlackBerry direkomendasikan agar menggunakan BBM. Pasalnya, aplikasi perpesanan buatan BlackBerry ini mendukung berbagai platform, seperti Android, Windows Phone, dan iOS.

    Tak hanya BlackBerry OS dan BlackBerry 10, akhir tahun ini WhatsApp juga akan menghentikan dukungan terhadap Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android Eclair versi 2.1, Android Froyo versi 2.2, dan Windows Phone 7.1.

    Langkah ini dilakukan karena WhatsApp ingin fokus mengembangkan aplikasinya pada sistem operasi mobile yang jumlah penggunanya terus tumbuh secara global.


  6. Harga-Oppo-R9-Plus.jpg.57e548185082403ac

    Produsen teknologi asal Negeri Panda Oppo akan meluncurkan produk bongsornya, Oppo R9 dan R9 Plus pada 17 Maret mendatang.

    Dalam sebuah publikasi di jejaring sosial Weibo, Oppo mengumumkan tanggal 17 Maret sebagai tanggal rilis duo produk premiumnya itu yang menyasar kelas menengah.

    Diwartakan blog 9to5Google, duo Oppo R9 dan R9 Plus akan diperkenalkan pada ajang Beijing Performing Arts Center.

    Sesuai bocoran yang beredar, tampilan R9 dan R9 Plus dilapisi kombinasi bahan kaca dan logam yang sudah menjadi standar desain dari ponsel pintar pada umumnya di era sekarang. 

    Jika melihat penampakannya, bisa dikatakan sangat mirip iPhone 6 yang digabungkan dengan Samsung seri Galaxy S.

    Oppo R9 mengusung layar 5,5 inci full HD, sementara layar R9 Plus lebih besar yakni 6 inci dengan resolusi yang sama.

    Keduanya ditenagai prosesor octa-core dengan RAM 4GB. Soal kapasitas penyimpanan, R9 mendukung 32GB dan R9 Plus 64GB, serta keduanya sama-sama bisa ditingkatkan mencapai 128GB melalui kartu microSD.

    Namun ada hal yang dianggap mengecewakan, yaitu soal sistem operasi. Duo produk bongsor ini masih berjalan di OS Android 5.0 Lollipop, padahal banyak pemanufaktur yang berencana merilis produk mereka dengan Android Marshmallow tahun ini.

    Kita tunggu saja kapan Oppo R9 dan R9 Plus akan diluncurkan di Indonesia.


  7. PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One menjadi konsolgame paling laris untuk saat ini, hal itu memang tak bisa dipungkiri lagi. Namun, kini sudah beredar kabar Sony tengah mempersiapkan konsol gaming generasi berikutnya, PlayStation 5 (PS5).

    PlayStation-5.jpg.f60092b6cdd53a08082dfb

    Meski perusahaan pembesut konsol gaming current generation tersebut membantah rumor itu, tapi sudah bisa dipastikan bahwa konsol berikutnya yang akan diluncurkan Sony adalah PS5, yakni penerus dari PS4.

    Konsol next generation tersebut baru bisa akan diperkenalkan di tahun 2020 mendatang.

    Dijelaskan, life cycle dari konsol video game sejatinya memiliki masa yang cukup panjang. Contohnya, lihat dari masa transisi PS3 ke PS4. Butuh waktu sekitar tujuh tahun agar Sony bisa mempersiapkan peluncuran PS4 di tahun 2013. Jadi, dengan kata lain, Sony bisa saja akan merilis konsol teranyarnya tujuh tahun kemudian di 2020.

    Berhembusnya kabar akan dirilisnya PS5 dan Xbox Two juga datang dari sumber lain, pemasok otak perangkat AMD. Produsen komputasi chip asal Amerika Serikat tersebut mengungkapkan sebuah prosesor chipset yang mampu menampilkan layar 4K kepadagamer.

    maxresdefault.thumb.jpg.f1b999d3c50e9d41

    Memang, TV dengan layar 4K pada saat ini masih menjadi barang mahal. Namun, AMD menjelaskan pada 2020 nanti mungkin TV 4K akan menjadi barang sekunder yang makin banyak diminati. Bisa saja ketika konsol masa depan itu dirilis, akan menyematkan prosesor canggih yang telah diungkap AMD ini.

    Chipset ini kabarnya juga memiliki performa lima kali lebih kuat dibanding chipset yang disematkan di PS4. Selain itu, chipset tersebut mendukung teknologi virtual reality (VR) sepenuhnya, di mana sejalan dengan misi Sony yang tengah mengembangkan perangkat headset VR pertamanya, PlayStation VR.

    Terlepas dari semua rumor dan desas-desus kemunculan PS5, baru-baru ini beredar sebuah lowongan kerja yang diumumkan Sony di Jepang.

    Perusahaan yang berbasis di Tokyo tersebut diketahui membuka lowongan anak perusahaannya, Sony Computer Entertainment of America, yang diduga memiliki hubungan kuat dengan job description pengembangan PS5.

    Sayangnya, Microsoft belum memberikan `tanda-tanda` apakah mereka memang juga mengemban jalur yang sama seperti Sony, dengan menghadirkan penerus Xbox di masa mendatang?


  8. Bermain game seringkali diidentikan dengan semua hal yang buruk dan tak bermanfaat. Namun, tahukah bahwa dengan bermain game, dapat membantu seseorang mempersiapkan diri menghadapi kehidupan.

    Apa saja manfaat dari bermain game yang berguna bagi masa depan seseroang yang telah dianalisa oleh para ahli.

    1. Game mengajarkan tentang 'Kecurangan VS Kejujuran'

    Spoiler

    Dalam dunia game, Anda dimungkinkan untuk menipu atau curang terhadap permainan dan hal ini jelas tidak baik. Namun, jika ketahuan berlaku curang dalam dunia game, Anda pun akan mendapat sangsi dari pihak pengembang atau mungkin saja dari lingkungan sepermainan. Hal ini mengajarkan Anda dalam kehidupan nyata untuk berani memilih dan menerima konsekuensi akan pilihan tersebut. Mau jujur atau curang.

    2. Game mengajarkan Anda untuk berani menjelajah

    Spoiler

    Walaupun kesannya fisik hanya diam saja ketika sedang bermain game, tapi pikiran dan imajinasi terus bergerak dan mengeksplorasi permainan tersebut. Keberanian Anda juga akan dilatih, khsususnya untuk game petualangan di mana secara tidak langsung berpengaruh pada kehidupan nyata. Saat Anda menemukan hal yang baru di dunia nyata, Anda akan jauh lebih bisa menghargainya, seperti menemukan item berharga dalam sebuah permainan.

    3. Game mengajarkan Anda untuk tekun

    Spoiler

    Untuk menang dalam sebuah permainan, membutuhkan konsentrasi dan ketekunan untuk para pemainnya. Begitu pula saat mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Hidup layaknya seperti sebuah kompetisi dan para gamers biasanya menanggapi serius akan hal ini tak hanya sekedar menjalankan hobi semata.

    4. Game mengajarkan sosialisasi

    Spoiler

    Siapa bilang bermain game hanya akan membuat Anda sepenuhnya anti sosial atau kurang pergaulan. Jika dilihat dengan kasat mata mungkin hal tersebut bisa dianggap benar, tetapi sejatinya bermain game juga membutuhkan sosialisasi dengan teman sepermainan. Malah untuk beberapa kasus, Anda lebih memungkinkan untuk memperluas jaringan pertemanan dengan orang di luar negeri dengan para pencinta game yang serupa.

    5. Game akan memperkuat pandangan Anda ke depan

    Spoiler

    Ketika bermain sebuah game, seperti tetris atau sejenisnya, pikiran Anda harus bisa mendahului permainan tersebut karena strategi yang dibangun berdasarkan pandangan ke depannya. Bermain game justru tidak membuat otak Anda mundur ke belakang, tetapi menjadi seorang visioner. Kemampuan untuk melihat dan memprediksi apa yang terjadi saat sedang bermain game dan di kehidupan nyata akan membantu Anda untuk menghadapi kehidupan.

    6. Bermain game dapat meningkatkan empati

    Spoiler

    Bermain game dapat memengaruhi emosi seseorang. Dasar dari emosi inilah yang pada akhirnya mendidik seseorang untuk jadi lebih empati pada sesama. Gamers tidak secuek seperti kelihatannya, justru yang tejadi sebaliknya di mana mereka memiliki rasa empati pada kehidupan sekitar. Bermain games mengajarkan banyak hal tentang lingkungan sekitar Anda dan dunia.

     


  9. Pernahkah Anda terpikirkan bahwa untuk membuka pintu kantor, mengambil uang di mesin ATM, membeli makanan atau buku, menyalakan ponsel pintar atau bahkan menyalakan mobil tak lagi menggunakan kartu, nomor PIN, atau kunci? Sekarang semuanya bisa dilakukan tanpa harus menggunakan alat-alat itu.

    565649180580c_chipimplan.png.b2f9fbc3f03

    Sebuah kelompok penelitian dari Swedia bernama BioNyfiken membuktika untuk melakukan semua itu kini cukup hanya dengan menyentuhkan tangan ke objek yang diinginkan. Namun, Anda sebelumnya harus menanamkan chip di tangan Anda yang dapat menggantikan fungsi kartu, kunci, dan nomor PIN atau password.

    BioNyfiken memulai penelitian chip implan sejak 2013. Chip yang terbuat dari kaca ini pertama kali ditanam di tubuh manusia pada Oktober 2014. Chip ini berukuran sebesar butir beras, dan dapat ditanamkan di tangan, tepatnya di antara ibu jari dan telunjuk.

    Tidak sekadar wacana, BioNyfiken membuktikan kecanggihan penemuan ini dalam acara Cyber Security Summit Apac 2015 di Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia akhir pekan lalu. Apa saja jelebihannya? 

    1. Tanpa Rasa Sakit

    Berbicara di depan peserta pertemuan yang digagas Kaspersky Lab itu, salah seorang pendiri BioNyfiken, Hannes Sjoblad mengatakan bahwa penggunaan chip ini sudah diujicobakan kepada lebih dari seratus orang, dan hasilnya memuaskan.

    "Ini akan membantu kita mengatasi rumitnya menghapal kode angka atau huruf terkait banyaknya keperluan sehari-hari," kata Sjoblad yang mengaku juga telah memasang chip di tubuhnya.

    Dia kemudian mendemonstrasikan penanaman chip ke tubuh salah seorang relawan. Karena ukuran chip yang tergolong sangat kecil, Sjoblad menjamin tak akan ada rasa sakit serta komplikasi lainnya karena chip terbuat dari kaca.

    Dan benar saja, melalui proses yang singkat, chip implan pun terpasang di bawah kulit tangan si relawan yang tetap tersenyum sepanjang proses pemasangan dilakukan. Usai pemasangan, chip yang sudah tertanam pun bisa diraba dari luar oleh peserta pertemuan.

    Menurut Sjoblad, BioNyfiken membuat chip ini menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) dengan spesifikasi 2x2 mm glass-encapsuled passive 13.56 MHz NTAG216 Chip, sehingga chip dapat berkomunikasi dengan segala alat yang juga memanfaatkan NFC.

    "Dengan chip ini, Anda bisa membuka akses pintu kantor serta aktivitas lainnya. Bukankah akan lebih mudah hanya dengan menyentuhkan tangan?" ujarnya.

    2. Jadi Alat Pemindai

    Untuk membuktikan itu, Rainer Bock, Corporate Communications Kaspersky, produsen piranti lunak antivirus dari Rusia yang sudah cukup lama memasang chip implan di tangannya, mendemonstrasikan kehandalan piranti yang tanpa kedaluwarsa ini.

    Dia mendekatkan ponsel pintar miliknya yang dalam kondisi off ke bagian tangan yang ditanami chip. Hanya dalam hitungan detik, layar ponsel pintar yang tadinya gelap langsung menyala dan menampilkan agenda harian Bock.

    "Selama saya memakai chip ini tak ada keluhan dan tak ada rasa sakit. Bahkan, hingga kini chip implan juga belum terbukti punya efek samping terhadap mereka yang punya penyakit bawaan," jelas Bock dalam perbincangan dengan para jurnalis dari Indonesia.

    Ke depannya, chip yang dijual dengan harga sekitar US$ 90 ini juga bisa dimanfaatkan para penggunanya sebagai pengganti kartu nama yang biasanya dicetak di kertas.

    Seorang pengguna dapat memprogram chip implan ini dengan teknologi NFC di ponsel pintar untuk menyimpan paket kontak, mulai dari nama, jabatan, perusahaan, nomor seluler, dan email.

    Dengan begitu, jika ada sebuah ponsel pintar yang memindai pergelangan tangan seseorang yang telah memakai chip implan, ia bisa mendapatkan kontak orang tersebut tanpa perlu lagi meminta kartu nama.

    Sedangkan untuk jangka panjang, penelitian bio teknologi BioNyfiken diarahkan agar chip implan ini juga bisa menjadi alat pembayaran, memonitor kesehatan, sampai penggantipassword email. 


  10. post-1116-0-37061100-1429339631_thumb.jp

     

    Pesona Kawah Ijen di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi memang luar biasa indah. Selain mempunyai danau kawah terbesar di dunia, kawah ijen yang berada di ketinggian 2388 meter di atas permukaan laut ini juga mempunyai fenomena alam yang unik, yakni kawah biru atau Blue Fire.

     

    Kawah Ijen adalah satu-satunya kawah di Indonesia yang memiliki fenomena alam unik ini. Di dunia, hanya ada dua tempat yang memiliki Blue Fire. Selain Indonesia, fenomena si api biru juga terdapat di Islandia. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara seperti Eropa rela datang jauh-jauh sekedar untuk melihat penampakan si Api Biru di kawah Ijen.

     

    Untuk menuju Kawah Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilanjutkan ke Paltuding dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

     

    Sementara jika dari arah selatan, bisa melalui Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya sekitar 6 Km sebelum ke Paltuding. Dikarenakan jalan yang berkelok dan menanjak.

     

    Momen yang pas untuk menyaksikan “si api biru” ialah saat musim kemarau, biasanya sekitar bulan Mei sampai Oktober. Karena jika pada musim penghujan sangat berbahaya untuk pendakian di Gunung Ijen. Api biru hanya dapat dilihat pada dini hari, yaitu pada pukul 01.00-03.00 Wib, atau sebelum matahari terbit. Jadi, ada baiknya jika melakukan pendakian, setidaknya mulai pukul 01.00 dari pos Paltuding.

     

    Butuh pendakian kurang lebih 1,5-2 jam perjalanan dan sejauh 3 km untuk mencapai puncak kawah. Meski melalui perjalanan yang cukup berat, namun rasa lelah akan terbayar puas dengan menyaksikan keajaiban alam yang luar biasa ini. Api berwarna biru tersebut adalah api yang tercipta dari semburat belerang cair dari dalam kawah Ijen. Panasnya kawah yang berpadu dengan belerang menciptakan efek api berwarna biru di permukaan.


  11. post-1116-0-12783200-1429337517_thumb.jp

     

    Menurut serat pustaka raja purwa, daerah Jepara dan Juwana adalah daerah kekuasaan milik Sandang Garba, seorang raja pedagang (koning der koopleiden). Ia adalah kakak dari penguasa Kahuripan dan Jenggala yaitu Dandang Gendis. De Graaf memperkirakan jika pada saat itu Jepara dan Juana sudah merupakan kota pelabuhan.

     

    Berdasar ingatan yang samar-samar tentang peristiwa-peristiwa sejarah dari zaman kuna, yaitu serangan Cina yang tiba-tiba pada tahun 1292, dapat diperkirakan bahwa kejayan Jepara sebagai kota pelabuhan dapat dianggap setara dengan Tuban dan Kahuripan di delta Sungai Brantas, yang memang sudah terkenal sejak dulu.

     

    Di awal abad XVI, Jepara telah menjadi pelabuhan dan bandar dagang sekaligus sebagai pusat perdagangan di pesisir utara Jawa Tengah. Hal ini senada dengan apa yang diutarakan Van Wales, bahwa sejak kira-kira tahun 1500-an atau bahkan jauh sebelumnya Jepara sudah merupakan kota dagang yang penting.

     

    Bersama Demak, pelabuhan Jepara pada saat itu terkenal sebagai gudang beras yang diperdagangkan dengan para pedagang luar daerah dan seberang lautan yang datang ke pelabuhan. Daerah-daerah yang menjadi tujuan pasokan beras dari Jepara adalah Banjarmasin, Maluku, dan kota-kota pelabuhan besar di Jawa Barat (Banten dan Jakarta-Batavia).

     

    Jepara di Tangan VOC

     

    Tahun 1613, oleh Gubernur Jenderal VOC yaitu Jan Pieter Both, didirikan kantor VOC di Jepara.

     

    Pada tahun 1615 VOC diberi izin oleh Mataram untuk mendirikan loji di Jepara dan selesai pada tahun 1618. Loji tersebut digunakan sebagai perwakilan perdagangan VOC di daerah itu. 65 tahun berikutnya, VOC memperoleh konsesi dalam bentuk sewa dari raja Mataram Amangkurat II untuk mendirikan benteng di pelabuhan Jepara. Pemilihan Jepara sebagai salah satu pusat kekuasaan VOC (di samping Batavia pada waktu itu) tentu didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang menguntungkan.

     

    Alasan pertama, tentu VOC tinggal mewarisi sarana dan prasarana kota pelabuhan, termasuk pelabuhannya yang strategis, yang telah dibangun dan dikembangkan pada masa kejayaan Jepara di bawah pemerintahan Ratu Kalinyamat. Alasan kedua, bahwa Jepara pada saat itu masih memiliki daerah-daerah pedalaman yang banyak menghasilkan produk pertanian khususnya beras. Kegiatan perdagangan yang berlangsung di Jepara diawasi oleh seorang pejabat Wedana-Bupati, sekaligus untuk mengawasi para bupati daerah Pesisiran Timur.

     

    Kemunduran Pelabuhan Jepara

     

    Pada tahun 1697, Semarang mulai menggantikan kedudukan pelabuhan Jepara yang tidak mampu lagi mempertahankan fungsinya sebagai pelabuhan ekspor produk-produk pertanian khususnya beras. Pelabuhan Jepara mengalami pendangkalan yang serius sebagai akibat sedimentasi lumpur yang dibawa arus sungai.

     

    Pulau-pulau kecil seperti pulau Panjang dan Kelot yang secara alamiah berfungsi melindungi pelabuhan terhadap angin barat dan angin barat daya telah hilang tenggelam dalam laut. Oleh sebab itu pada tahun 1700-an pelabuhan Jepara sudah tidak aman lagi bagi kegiatan pelabuhan, khususnya bagi kapal-kapal besar yang datang dari seberang laut atau kapal-kapal milik VOC.

     

    Ketika Belanda membangun pelabuhan Semarang pada tahun 1874, peranan pelabuhan Jepara di pantai utara Jawa bagian Jawa Tengah mulai memudar. Pemudaran ini dipercepat oleh pembangunan jaringan jalan darat utama antara Semarang dengan Surabaya tanpa melalui Jepara.

    post-1116-0-81134400-1429337517_thumb.jp

    post-1116-0-43507400-1429337519_thumb.jp

    post-1116-0-58599300-1429337521_thumb.pn

    post-1116-0-90661400-1429337522_thumb.jp


  12. post-1116-0-87451500-1429332411_thumb.jp

     

    Demam startup tampaknya telah berhasil memasuki dunia akademik di Indonesia. Salah satunya adalah Binus University yang baru saja membuka program Binus Startup Accelerator. Dengan demikian Binus University menambah deretan universitas dan sekolah tinggi yang membuka program akselerator startup di kampus mereka.

     

    Binus Startup Accelerator adalah rangkaian program pitching dan mentorship terdiri dari beberapa tahapan. Dimulai dari bulan Oktober yang diawali dengan acara Match Up sebagai sesi networking dan pembentukan tim. Selanjutnya pada bulan November, tim-tim yang terpilih mengikuti pembekalan teknis mengenai dunia startup seperti pengembangan aplikasi, elevator pitch, serta desain UI dan UX.

     

    Kemudian disusul dengan acara Bootcamp selama dua hari yang berakhir kemarin dan berhasil memilih tiga dari delapan startup yang masuk dalam sesi Bootcamp. Tiga startup itu adalah:

    • Ennouns: akan menjadi sebuah website yang menampung berbagai acara yang dikelompokkan dalam beberapa kategori sesuai dengan minat dan bakat para penggunanya.
    • Info Diskon: akan menjadi aplikasi yang memberikan informasi mengenai keberadaan diskon di berbagai tempat.
    • Starnesia: akan menjadi sebuah platform untuk berbagi video-video berkualitas dari berbagai sumber.

    Ketiga startup di atas akan mengikuti program akselerator selama 12 minggu yang rencananya akan berlangsung pada bulan Februari 2015. Dan setiap startup mendapat pendanaan tahap awal sebesar Rp 20 juta dan fasilitas lain seperti mentorship, menggunakan fasilitas kantor secara gratis, dan dukungan dalam memasuki pasar. Di akhir program akan diadakan Demo Day dimana startup-startup tersebut akan bertemu dan pitching langsung kehadapan para investor.

     

    Binus Startup Accelerator bisa diikuti oleh mahasiswa aktif dari berbagai jurusan di Binus University. Dan khusus untuk mahasiswa semester 7 atau 8 bisa mentransfer proyek startup mereka menjadi tugas akhir. Sehingga nantinya setelah wisuda mereka bisa memilih mendirikan startup atau bekerja di perusahaan.

    Selain Binus, universitas atau sekolah tinggi lain yang juga memiliki program serupa adalah Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan Skystar Ventures, Universitas Gajah Mada (UGM) yang bekerja sama dengan VC local yaitu Ideosource, serta salah satu sekolah tinggi di Bali yaitu STMIK Primakara.

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy