Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Kartu SIM Card ada celah keamanan nya
      Celah keamanan dalam kartu SIM disebut mengancam lebih dari satu miliar ponsel. Celah keamanan ini disebut dengan Simjacker.
      • 0 replies
    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
qbonk

Pos Indonesia Merambah Ke Bisnis Online

Recommended Posts

image.jpeg.144da88c4e7e100386291116b3239

PT Pos Indonesia bakal merambah bisnis e-commerce. Tak mau ketinggalan, perusahaan pos pelat merah itu tengah merancang situs online marketplace khusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Nanti kami bikin online marketplace juga, tapi khusus UMKM. Kami enggak akan melayani penjualan barang-barang elektronik atau handphone,” ujar Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono kepada wartawan di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, Kamis, 10 Maret 2016.

Gilarsi menjelaskan, lini bisnis baru berupa situs e-commerce itu akan bersinergi dengan program bagi UMKM lainnya. Tujuannya agar UMKM di Indonesia dapat berkembang dan dapat dipasarkan lebih luas ke masyarakat.

Pihaknya menyatakan tak mengeluarkan investasi besar-besaran untuk online marketplace itu, termasuk target ke depan. Nantinya, kata Gilarsi, pelaku UMKM sendiri yang akan menentukan harga produk yang dijualnya, sesuai dengan mekanisme pasar. Layaknya online marketplace yang lebih dulu hadir, biaya tambahan akan dibebankan kepada pembeli untuk pengiriman.

“Sekitar satu bulan lagi situsnya jadi,” ucapnya.
Bisnis online tersebut diharapkan selaras dengan program display corner atau sudut pamer bagi UMKM di kantor pos. Sebagai permulaan, pihaknya memilih 30 pelaku UMKM dari dua kabupaten, Sidoarjo dan Gresik, yang lolos standar mutu. “Dengan display corner itu, kami memberikan ruang bagi UMKM. Untuk biaya kirimnya akan ada harga spesial yang tentunya bersaing,” tuturnya.

Di Jawa Timur, kini terdapat sekitar 600 kantor pos yang berpotensi disulap menjadi ruang pamer bagi UMKM dari total 4.500 kantor pos di Indonesia. “Semuanya boleh dipakai, tapi masih kami bicarakan,” kata Gilarsi.

Provinsi Jawa Timur dinilai sebagai basis pelaku UMKM terbesar di Indonesia, yakni berkisar 6,8 juta. Menurut Gilarsi, Jawa Timur dipilih untuk peluncuran program ini karena geliat aktivitasnya paling agresif. Setelah Jawa Timur, rencananya display corner nanti akan diluncurkan juga di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By worldwidemarket
      PT Pos Indonesia (Persero) membantah pemberitaan di media massa yang menyebutkan bahwa perusahaan layanan pos dan logistik tersebut alami krisis keuangan.
      Sempat dikabarkan mengalami kebangkrutan, PT Pos Indonesia (Persero) membantah pemberitaan di media massa yang menyebutkan bahwa perusahaan layanan pos dan logistik tersebut alami krisis keuangan.
      “Pemberitaan media massa bahwa saat ini Pos pailit, Pos meminjam dana dari bank untuk membayar gaji karyawan, itu tidak benar,” kata Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono dalam siaran pers di Jakarta, Senin (22/7).
      Gilarsi memberikan klarifikasi terkait pemberitaan di media online nasional diawali dari pernyataan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Rieke Dyah Pitaloka, yang meminta perlunya perhatian pemerintah terhadap kondisi Pos Indonesia.
      "Kami mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Ibu Rieke Dyah Pitaloka, sebagai wujud pembelaannya kepada Pos Indonesia. Karena memang diperlukan keterlibatan pemerintah untuk melakukan proses penyehatan Pos Indonesia yang sudah lama tertunda," ujarnya.
      Namun tambah Gilarsi dalam beberapa poin dalam pemberitaan media itu tidak benar, seperti pinjaman bank untuk membayar gaji karyawan. "Benar perusahaan perlu modal kerja untuk mendanai operasi, mendanai tagihan. Modal kerja dipinjam dari bank, namun tidak untuk tujuan membayar gaji karyawan," katanya.
      Ia menjelaskan, bahwa perputaran uang di Pos Indonesia per bulan rata-rata sekitar Rp20 triliun (karena pos punya jasa keuangan). Pos juga mendapat rating A- dari lembaga pemeringkat nasional terkemuka Pefindo.
      Menurut Gilarsi, perusahaan berupaya dalam menghadapi disrupsi itu tidak unik dan wajar saja. Untuk menjawab disrupsi yang tengah terjadi beberapa waktu terakhir ini Pos Indonesia sedang melakukan transformasi bisnis meliputi semua aspek bisnis, Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan anak usaha, pengembangan produk baru, dan lain-lain.
      Dengan begitu Gilarsi membantah pernyataan yang menyebutkan Pos Indonesia bangkrut atau pailit. "Ini jelas pendiskreditan tanpa data," ujarnya.
      Ia juga meminta semua pihak memerhatikan fakta bahwa kondisi perusahaan tidak ada masalah, antara lain bahwa rating korporasi Pos Indonesia adalah A-, rating surat utang jangka menengah A-, utang lancar, hak karyawan tidak tertunda, kenaikan gaji karena penyesuaian biaya hidup terus diterapkan.
      Selanjutnya, semua aset dalam kendali penuh dan tidak ada yang diagunkan, pendapatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN, Public Service Obligation (PSO), fee distribusi meterai, fee penerimaan setoran pajak, jasa kurir surat dinas mencapai rata-rata sekitar Rp800 miliar per tahun.
      Pos Indonesia masih bisa memberikan layanan Pos Universal enam hari per minngu, Postal Services di luar negeri hanya melayani layanan pos universal tinggal 4-5 hari per minggu, tidak ada PHK karena restrukturisasi, BPJS, iuran pensiun dibayar lancar tidak ada tunggakan sama sekali.
    • By teknotekno
      Divisi mobil self-diriving Apple dengan nama project Titan mengalami proses restrukturisasi di bawah kepemimpinan baru. Sayangnya, ini mensyaratkan adanya pemecatan lebih dari 200 karyawan minggu ini.
      Seorang juru bicara Apple bahkan telah mengonfirmasi adanya PHK dan beberapa karyawan yang sebelumnya di bawah Titan telah dipindahkan ke divisi lain.
      "Kami memiliki tim yang sangat berbakat yang bekerja pada sistem otonom dan teknologi terkait di Apple. Saat tim memfokuskan pekerjaan mereka pada beberapa bidang utama untuk 2019, beberapa kelompok sedang dipindahkan ke proyek di bagian lain perusahaan, di mana mereka akan mendukung pembelajaran mesin dan inisiatif lainnya, di seluruh Apple," jelas Apple.

      Perusahaan mengatakan, pihaknya terus percaya ada peluang besar dengan sistem otonom, bahwa Apple memiliki kemampuan unik untuk berkontribusi, dan bahwa ini adalah proyek pembelajaran mesin paling ambisius yang pernah ada.
      Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu telah merekrut mantan insinyur senior Tesla VP Doug Field pada Agustus 2018 untuk memimpin Project Titan. Tampaknya Apple memang telah merencanakan perubahan besar-besaran untuk divisi di bawah kepemimpinannya.
      Titan sudah berubah arah pada 2016, bahkan menjauh dari mengembangkan kendaraannya sendiri untuk menciptakan sistem self-driving. Juru bicara itu tidak mengklarifikasi bidang utama apa yang akan menjadi fokus tim untuk 2019, dan perampingan besar-besaran itu berarti Cupertino sedang mengurangi upaya-upayanya lagi.
    • By teknotekno
      Apple kehilangan statusnya sebagai perusahaan triliun dollar setelah Wall Street melihat bahwa pembuat iPhone itu mengalami kehilangan USD190 miliar atau lebih dari Rp2.818 triliun.
      Apple masih menjadi perusahaan publik yang berharga di dunia, dengan kapitalisasi pasar USD921,41 miliar. Saham Apple dikabarkan turun lebih dari 5 persen karena kekhawatiran iPhone baru Apple mungkin tidak mendapatkan dorongan produksi.
      Lumentum, salah satu pemasok Apple yang menggunakan teknologi augmented reality dan facial recognition mengatakan bahwa mereka menerima permintaan dari salah satu pemasok terbesarnya untuk mengurangi pengirimannya.
      Ini mendorong kekhawatiran bahwa iPhone terbaru mungkin tidak mencukupi selama masa liburan seperti yang diharapkan para investor. Meskipun Lumentum tidak menyebut nama Apple, namun perusahaan pembuat iPhone ini masuk dalam daftar pelanggan terbesarnya.
      "Siklus produk iPhone terbaru telah kehilangan tenaga dengan Street sekarang kurang percaya diri dalam cerita pertumbuhan Apple di 2019," kata Daniel Ives, Managing Director of Equity Research di Wedbush Securities.
      "Cook dan perusahaan perlu untuk mendapatkan kembali mojo mereka dengan layanan dan pertumbuhan iPhone di depan dan tengah," katanya.
      Selama lima pekan terakhir, Apple telah kehilangan nilai USD190 miliar. Selama laporan pendapatan kuartal keempat Apple awal bulan ini, Cook mengatakan Apple tidak akan lagi melaporkan jumlah unit yang telah terjual dari produk apa pun dalam laporan pendapatan di masa depan.
    • By Brenda_Christie
      Perusahaan yang baru dalam bisnisnya tentu menginginkan terjadi penjualan yang lebih. Tidak jarang ada beberapa pebisnis yang sampai rela membangun sebuah tim sales untuk mendongkrak penjualan, padahal umur perusahaan masihlah terlalu muda. Memang keputusan untuk membangun sebuah tim sales adalah kewenangan mutlak dari seorang pemimpin. Akan tetapi jangan sampai kewenangan tersebut akhirnya menjadi kurang efektif.
      Sudah tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum akhirnya memutuskan memiliki tim sales? Kyle Heller, seorang manager marketing, menuliskan 3 hal yang perlu Anda pikirkan.
      1. Struktur dan peraturan organisasi
      Penjualan adalah sesuatu yang terus berkembang. Perubahan model bisnis, teknologi dan pandangan pelanggan harus dipikirkan oleh pemimpin demi menemukan cara penjualan yang lebih baik. Banyak pemimpin yang kemudian memikirkan memiliki staf khusus penjualan demu menanggapi klien secara efektif dan efisien.
      2. Tim development dan terus tumbuh
      Organisasi harus mulai memikirkan peran penjualan dan sama-sama berusaha meningkatkan penjualan. Perusahaan perlu mempertimbangkan strategi retensi, model kompetensi, serta pembinaan dan kemajuan karir semua yang terlibat dalam penjualan.
      3. Kompensasi
      Struktur kompensasi merupakan elemen penting yang selalu ada dalam penjualan. Ketika dibangun dengan benar, maka kompensasi dapat menjadi motivasi, reward serta membangun loyalitas karyawan. Perusahaan perlu memikirkan kembali apa kompensasi yang benar-benar cocok untuk karyawan.
    • By kotawa
      Markobar, es kepal Milo viral, nugget banana, hingga sate taichan menjadi makanan yang hampir kebanyakan orang mengenalnya. Menu ini memang viral dan terkenal hingga detik ini.
      Menjadi terkenal dan viral tentunya bukan serta merta terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat produk dikenal masyarakat luas.
      1. Memiliki nilai cerita yang unik
      Selain terkenal karena rasa pedasnya, Maicih juga dikenal karena kisah di balik usahanya. Sebagian orang penasaran dengan asal mula nama Maicih. Ternyata founder dari Maicih ini bercerita bahwa Maicih sendiri berasal dari nama dompet kecil yang sering dipakai ibu-ibu ke pasar. Awalnya founderbertemu dengan ibu-ibu yang membawa dompet kecil yang dinamakan sebagai dompet icih oleh ibunya.
      Beberapa tahun berselang, founder bertemu dengan ibu-ibu dengan dompet icih tersebut dan menemukan fakta bahwa ia juga memproduksi bumbu pedas. Dari sanalah founder menemukan ide untuk membuat keripik pedas Maicih yang telah viral hingga kini. Belajar dari Maicih yang memiliki cerita unik di balik bisnis, membuat masyarakat ingin lebih tahu dan mengenalnya.
      2. Promosi maksimal di media sosial
      Instagram memang dianggap sebagai media sosial yang hits. Jadi tidak mengherankan jika banyak bisnis yang dipromosikan melalui media sosial ini menjadi lebih cepat meraih viral. Kekuatan warganet memang tidak diragukan lagi. Maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Instagram sebagai media sosial agar bisnis semakin terkenal.
      3. Pancing dengan review
      Zaman sekarang, semua produk ada review-nya. Tidak jarang orang-orang memilih untuk mencari dan membaca review-nya terlebih dahulu sebelum membeli. Apapun jenis usaha yang sedang dijalankan kita bisa memanfaatkan para influencer seperti travel blogger, beauty blogger, selebgram, atau orang-orang yang banyak dikenal masyarakat untuk dapat mereview bisnis.
      4. Endorse publik figur
      Dengan banyaknya fans dan followers-nya publik figur, maka setiap produk atau barang yang ia kenakan akan diperhatikan oleh pengikutnya. Sehingga endorse dari publik figur dianggap sebagai cara yang cukup jitu untuk membuat bisnis menjadi viral.
      5. Tampil berbeda
      Markobar milik Gibran anak Presiden RI, Jokowi, memiliki beberapa keunggalan. Dikenal dan viral bukan karena menjadi putra sulung orang nomor satu di Tanah Air. Bukan pula menyajikan martabak yang serupa dengan yang lain. Tetapi Gibran sukses memodifikasi martabak biasa dengan aneka rasa dan topping makanan-makanan yang sedang viral seperti nutella, kit-kat, macha, dan banyak rasa lainnya. Jadi, buatlah bisnis yang unik dan berbeda untuk menyita perhatian khalayak ramai sehingga bisnis akan jauh lebih cepat viral dan terkenal. Itu dia beberapa cara agar bisnis menjadi terkenal. Segera viralkan bisnis Anda sekarang juga!
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy