Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
muh_obeje3

Waaah, Rahasia dapur makanan cepat saji

Recommended Posts

Makanan cepat saji atau fast food sudah menjadi kesukaan mayoritas orang Indonesia. Bagaimana tidak, lihat saja di berbagai macam restoran fast food, pastilah tidak pernah sepi pengunjung dan mungkin kamu salah satunya. Tapi apakah kamu tahu bagaimana sebenarnya makanan-makanan tersebut diolah?

Berikut ada video yang dilansir dari themindunleashed.org yang memperlihatkan bagaimana pabrik pengolahan daging bekerja. Luangkan waktumu 6 menit saja untuk menonton dan jangan berkomentar sebelum video selesai. Setelah itu tanyakan pada dirimu sendiri apa kamu masih nafsu makan itu?

Untuk tambahan informasi, klip di atas adalah potongan dari film Samsara yang disutradarai oleh Ron Fricke dengan produser Mark Magidson. Ron Fricke mengharapkan penonton untuk melihat film dokumenter ini secara keseluruhan. Dengan hanya melihat 6 menit dari durasi 102 menit keseluruhan film ini, bisa jadi akan dianggap menyerang pihak tertentu.

Film ini mengambil gambar di 25 negara di lima benua selama empat tahun. Film ini juga mengambil gambar di Indonesia. 25 negara itu antara lain, Angola, Brasil, China, Denmark, Mesir, Ethiopia, Prancis, Ghana, Hong Kong, India, Indonesia, Israel, Palestina, Italia, Jepang, Jordania, Mali, Myanmar, Namibia, Filipina, Arab Saudi, Korea Selatan, Thailand, Turki, UEA dan Amerika Serikat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Tania
      Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan keripik singkong. Camilan bertekstur renyah ini menjadi salah satu camilan favorit, karena memiliki cita rasa gurih yang khas, dan harganya pun relatif terjangkau.
      Namun sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa keripik singkong juga dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi. Untuk mengetahui lebih lanjut.
      Mengandung karsinogen
      Keripik singkong memang bukan camilan biasa. Makanan ini harus diolah dengan tepat untuk mencegah munculnya zat-zat kimia yang berbahaya seperti karsinogen. Pasalnya, zat kimia ini akan berubah menjadi racun ketika dipanaskan. Sementara untuk mengolah keripik singkong, Anda harus menggorengnya di dalam minyak panas. Oleh karena itu, batasi konsumsi keripik singkong untuk mencegah penyakit berbahaya.
      Kandungan garam yang tinggi
      Selain harganya yang murah, keripik singkong kerap menjadi camilan favorit karena rasanya yang gurih dan bertektur renyah. Tapi perlu Anda ketahui bahwa rasa gurih tersebut ternyata berasal dari taburan garam yang dicampurkan pada proses pengolahan. Nah, jika mengonsumsi garam terlalu banyak juga sebetulnya tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu timbulnya penyakit ginjal dan darah tinggi. Kadar garam yang dianjurkan dalam sehari adalah 2,3 gram, sementara keripik singkong memiliki kandungan 180 gram.
      Mengandung Lemak Trans dan Tak Jenuh
      Seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Untuk menghasilkan keripik singkong yang renyah, pada saat proses pembuatan singkong akan digoreng dalam minyak yang panas. Proses inilah yang membuat camilan tersebut mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Jadi jika terlalu banyak dikonsumsi, keripik singkong sejatinya akan membuat kadar kolesterol meningkat secara drastis. Di sisi lain, lemak trans dan lemak jenuh juga dapat memicu penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
      Kandungan nutrisinya menurun
      Meski singkong memiliki kandungan nutrisi dan karbohirat yang cukup tinggi, namun karena proses pengolahannya yang digoreng dengan minyak panas, kandungan nutrisi itu cenderung menurun. Jika Anda terus mengonsumsi makanan tersebut, tentu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan tercukupi. Dampaknya akan menyebabkan Anda kekurangan nutrisi, serta meningkatkan risiko berbagai penyakit.
    • By ega
      Kapan Anda terakhir mengganti lap di dapur? Sebuah penelitian baru mengklaim lap dapur yang kotor dapat mendorong pertumbuhan patogen dan menyebabkan keracunan makanan.
      Fakta mengerikan ini adalah temuan para ilmuwan di University of Mauritius. Mereka menunjukkan, ada beberapa faktor yang berdampak dalam hal pertumbuhan patogen di lap dapur.
      Akibatnya tidak main-main, karena berpotensi menyebabkan keracunan makanan. "Studi kami menunjukkan bahwa komposisi keluarga dan praktik higienis di dapur mempengaruhi beban mikroba dari lap dapur," kata Susheela D. Biranjia-Hurdoyal, penulis utama studi tersebut dalam sebuah pernyataan.
      Lanjutnya, "Kami juga menemukan bahwa pola makan, jenis penggunaan dan lap dapur yang lembap bisa menjadi sangat penting dalam menentukan pertumbuhan patogen potensial yang bertanggung jawab atas keracunan makanan," katanya.
      Hal ini terbukti dari 49 persen lap dapur yang jadi sampel penelitian. Semakin banyak anggota keluarga, terutama anak-anak, semakin pesat pula peningkatan pertumbuhan bakteri di lap dapur.
      Independent melaporkan, lap dapur multiguna yang dipakai untuk menyeka peralatan, mengeringkan tangan, memegang peralatan panas, membersihkan permukaan, memiliki jumlah bakteri yang lebih tinggi daripada lap yang hanya dipergunakan untuk satu keperluan.
      Selain itu, lap yang lembab juga memiliki jumlah bakteri yang lebih tinggi daripada lap kering.
      Dari 49 sampel yang positif untuk pertumbuhan bakteri, 36,7 persen memiliki E. coli (Escherichia coli), 36,7 persen memiliki Enterococcus spp, dan 14,3 persen memiliki S. aureus. Meski ada jenis E. coli tidak berbahaya, tetapi beberapa serotipe dapat menyebabkan keracunan makanan yang serius.
      "Dalam studi ini, kami menyelidiki peran potensial dari lap dapur dalam kontaminasi silang di dapur dan berbagai faktor yang memengaruhi profil mikroba dan beban lap dapur," jelas Biranjia-Hurdoyal yang adalah dosen senior Departemen Ilmu Kesehatan University of Mauritius.
      Untuk studi yang dipresentasikan pada pertemuan, ASM Microbe 2018 ini, ia mengumpulkan 100 lap dapur yang telah digunakan selama satu bulan. Para peneliti membudidayakan bakteri dan mengidentifikasinya dengan tes biokimia standar. Mereka juga menentukan beban bakteri pada lap.
      S. aureus terisolasi pada tingkat yang lebih tinggi pada keluarga dengan status sosial ekonomi rendah dan mereka yang memiliki anak. Risiko memiliki E. coli ditemukan lebih tinggi pada lap lembap daripada yang kering, lap multiguna ketimbang lap sekali pakai, dan lap miliki keluarga dengan pola makan non-vegetarian.
      E. coli dan S. aureus terdeteksi pada prevalensi yang secara signifikan lebih tinggi pada keluarga dengan pola makan non-vegetarian. E. coli adalah flora normal usus manusia dan dilepaskan dalam jumlah besar melalui kotoran manusia. Kehadiran E. coli menunjukkan kemungkinan kontaminasi tinja dan kurangnya praktik kebersihan.
      "Data menunjukkan bahwa praktik tidak higienis saat mengolah makanan non-vegetarian adalah hal yang umum terjadi di dapur," kata Biranjia-Hurdoyal.
      Kehadiran patogen potensial dari lap dapur menunjukkan bahwa mereka mungkin bertanggung jawab atas kontaminasi silang di dapur yang dapat menyebabkan keracunan makanan.
      "Lap lembap dan multiguna di dapur sebaiknya dihindari. Keluarga besar dengan anak-anak dan anggota lanjut usia harus sangat waspada terhadap kebersihan di dapur," tegasnya.
      Agar terhindar dari masalah kesehatan, Anda bisa menjajal tip dari BBC untuk menjauhkan kuman dari dapur. Pertama dan terpenting, ganti lap dapur secara rutin. Bisa setiap hari, atau setelah Anda memasak.
      Anda bisa menggunakan lap sekali pakai atau tisu kertas untuk mencegah penyebaran kuman. Opsi lain yang lebih ramah lingkungan adalah lap yang bisa dipakai ulang, tapi perlu dicuci dengan air hangat bersuhu 60 derajat Celsius.
      Sikat-sikat di dapur juga perlu dibersihkan setiap habis pemakaian. Gunakan detergen dan air hangat.
      Sebelum memasak, pastikan permukaan meja dapur bersih. Gunakan talenan terpisah untuk makanan mentah dan yang tak perlu dimasak.
      Terakhir, cuci dan keringkan tangan setelah memasak. Langsung bersihkan meja dapur setelah masak.
    • By infoduniakita
      Dapur memiliki peran yang penting dalam sebuah rumah. Karena ruang ini juga menentukan aliran energi positif untuk seluruh anggota keluarga.
      Menurut Feng Shui, salah satu yang harus diperhatikan untuk dapur adalah warna dinding dan furnitur lainnya. Posisi dapur menentukan warna seperti apa yang harus diterapkan. Berikut adalah warna yang tepat untuk dapur disesuaikan dengan letaknya:
      Dapur selatan

      Dapur yang terletak di sisi selatan memiliki peruntungan yang bagus dalam Feng Shui. Area ini disebut dapat berpengaruh pada ketenaran dan popularitas jika diberi warna yang tepat. Jika memiliki dapur di area selatan, Anda bisa menerapkan warna yang merah cerah, oranye, hingga kuning. Anda juga bisa menggunakan berbagai elemen kayu seperti hijau dan cokelat untuk membawa keberuntungan ke dalam rumah.
      Dapur di barat daya

      Sisi barat daya membawa peruntungan untuk percintaan dan pernikahan dalam rumah. Anda bisa menggunakan warna-warna api pada dapur di sisi ini, seperti warna merah cerah, kuning, oranye, hingga ungu. Sedangkan warna yang harus dihindari untuk dapur di sisi ini adalah terlalu banyak warna putih, abu-abu, biru, dan hitam.
      Dapur di barat

      Untuk dapur di sisi barat, membawa peruntungan untuk anak-anak dan kreativitas. Warna yang bagus untuk dapur di sisi ini adalah putih segar dan abu-abu. Sedangkan warna yang harus dihindari adalah warna merah.
      Dapur di sisi utara

      Dapur di sisi utara membawa keberuntungan dalam karier dan perjalanan hidup. Masukkan warna biru, hitam, abu-abu dan putih untuk dapur di sisi utara. Karena, warna tersebut dan arah dapur dapat menyimpan energi api yang kuat dan sehat. Warna tersebut juga menyimpan keseimbangan visual yang baik.
      Dapur di timur

      Area timur rumah membawa kesehatan dan nasib baik untuk keluarga. Warna-warna yang cocok diterapkan di dapur bagian timur adalah hijau dan cokelat dengan aksen biru muda. Hindari dominasi warna putih di bagian timur dan warna-warna dari elemen api.
    • By duniagelap
      Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang disukai banyak kalangan didunia. Cokelat mempunyai citarasa yang manis, Gurih dan tetap nikmat ketika dibuat sebagai campuran roti atau minuman susu. Makan cokelat dapat dinikmati diberbagai kesempatan dan cocok dimakan oleh segala usia dan jenis kelamin. Makanan cokelat dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk sementara, Karena cokelat mampu menekan rasa lapar jika seseorang dalam kondisi sulit menemukan karbohidrat seperti nasi.
      Alasan mengapa senyawa cokelat dan mie tidak cocok
      Makan cokelat setelah makan mie merupakan kebiasaan buruk yang berbahaya. Kebiasaan buruk itu terbukti dapat mengganggu kesehatan jika dilakukan setiap hari dalam jangka panjang. Kandungan pada cokelat dan mie tidak bisa bergabung menjadi reaksi kimia yang baik didalam tubuh karena kedua bahan makanan tersebut sangat bertolak belakang dan menyebabkan semacam penolakan jaringan tubuh terhadap reaksi kimia antara cokelat dan mie yang akhirnya ketika dua bahan makanan itu bercampur didalam lambung maka akan bersifat racun.
      Kebiasaaan mengkonsumsi cokelat setelah makan mie yang dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terhadap beberapa organ tubuh manusia, Ini berlaku untuk semua usia dan dinegara manapun serta tidak mengenal ruang dan waktu, Hal ini disebabkan kandungan yang ada pada dua makanan ini memang tidak akan pernah cocok untuk disantap dalam waktu yang hampir bersamaan. Sebenarnya bahaya makan mie instan sangat mematikan jika dimakan terlalu berlebihan dan akan menggandakan efek bahayanya jika seseat setelahnya anda mengkonsumsi cokelat.
      Cokelat mengandung :
      Mengandung vitamin E Senyawa Teobromin Senyawa Anandamide Trioxide arsenic Zat fenetilamin Kolesterol Zat Alkaloid kalsium Zat antioksidan Protein dan lemak Mie mengandung :
      Mengandung MSG atau penyedap rasa yang sangat tinggi Mengandung natrium Mengandung benzoic acid Hidroxy methyl benzoate Karbohidrat tinggi Lemak jenuh ganda Arsenic pentocide Rendah serat dan protein Kandungan garam yang tinggi Kandungan gula yang tinggi Inilah bahaya makan coklat setelah makan mie yang dilakukan setiap hari, secara berlebihan atau dalam jangka panjang :
      1 Menyebabkan pembuluh darah pecah
      Bahan pengawet yang ada pada mie jika bergabung didalam tubuh dengan lemak dan kolesterol yang ada pada cokelat maka dapat melekat dan menumpuk pada dinding pembuluh darah yang lama kelamaan menyebabkan reaksi kimia berupa pecahnya pembuluh darah.
      2. Menyebabkan keracunan
      Nutrisi yang ada pada cokelat tidak cocok jika harus bergabung dengan bahan pengawet dan MSG yang ada pada mie karena dapat menjadi racun dan mengiritasi organ tubuh yang mnenyebabkan seseorang keracunan. Gejala awal keracunan bisa berupa mual, Muntah muntah, Sakit kepala dan sakit perut.
      3. Menyebabkan alergi pada kulit

      Kandungan MSG yang ada pada produk mie dapat memicu alergi pada permukaan kulit dan dalam tubuh jika tergabung dengan kandungan senyawa yang ada pada cokelat. MSG bersifat mengikat dan memperlambat tubuh dalam urusan penyerapan nutrisi sehingga seseorang dapat terserang alergi berupa ruam ruam merah dikulit yang kemudian diikuti sakit pada dada dan terserang sakit kepala berulang.
      4. Menyebabkan kerusakan jaringan usus

      Makan cokelat setelah makan mie dapat membuat usus teriritasi karena kandungan pada cokelat dan mie dapat menimbulkan reaksi kimia yang panasdan melukai dinding usus. Kinerja usus bisa terganggu dan menyebabkan seseorang menjadi terkena masalah kesulitan buang air besar.
      5. Menyebabkan kerusakan ginjal
      Jaringan ginjal akan dipaksa kerja keras dan tertekan untuk menyerap cairan yang mengandung bahan bahan makanan ynag tidak bisa saling bergabung karena dapat memicu reaksi kimia racun daalam tubuh. Ginjal yang kelelahan dapat menyebabkan kinerja giunjal makin menurun dan menyebabkan ginjal kehilangan kemampuan untuk menetralisir zat zat makanan dalam cairan tubuh yang telah terkontiminasi dengan kandungan cokelat dan mie yang telah berubah menjadi racun.
      6. Menyebabkan gangguan fungsi hati
      Kandungan MSG yang tinggi pada mie yang bergabung dengan senyawa flavonoid pada cokelat dapat berubah menjadi racun berbahaya dan menyebabkan iritasi pada jaringan hati sehingga fungsi hati kehilangan kemampuannya dalam Menetralisir racun dan mengalami hambatan untuk segera mengeluarkan racun melalui air seni atau keringat. Kondisi ini dapat masuk kategori sebagai penyakit gangguan fungsi hati.
      7. Menyebabkan penyakit jantung
      Kandungan MSG pada mie dapat mengalami penumpukan dan pengendapan seperti kristal dijaringan jantung dan menyumbat pembuluh arteri dan membuat pembuluh darah semakin melebar, Kondisi ini dapat menyebabkan arteri jantung jadi terganggu dan menimbulkan nyeri dada dan sesak nafas. Kandungan MSG yang berlebihan dalam tubuh dapat meracuni pembuluh arteri jantung yang nantinya dapat memicu munculnya gagal jantung atau penyakit jantung jenis ainnya. Kurangi kandungan MSG yang berlebihan agar manfaat nutrisi yang ada pada mie tidak sia sia.
      8. Menyebabkan tekanan darah naik
      Kandungan MSG, kolesterol dan lemak jenuh pada mie jika terus menerus masuk pada tubuh dalam jumlah yang berlebihan dan jangka panjang maka lama kelamaan mampu menyumbat perdaran darah dan memperlambat aliran darah serta mencederai saraf saraf disekitar saraf kepala, Kondisi dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit darah tinggi.
      Mie mengandung zat kimia arsenic pentaxide yang ternyata tidak dapat bercampur dengan zat dan elemen dari makanan cokelat. Jika ada percampuran maka akan berubah menjadi reaksi kimia yang bersifat tajam dan beracun yang dapat mencederai organ tubuh bahkan menyebabkan kematian pada orang orang yang sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu misalnya penyakit liver hati.
    • By BincangEdukasi
      Tidak berbohong bukan berarti anak-anak tidak menyembunyikan rahasia. Dengan alasan tertentu, terkadang anak-anak menyembunyikan sesuatu dari orangtua.
      Sebagai orangtua, tugas Anda tentunya mengawasi anak-anak apakah ada sesuatu yang tidak biasa. Anda perlu peka menangani anak-anak, terutama mereka yang tidak mudah terbuka.
      Berikut adalah empat hal yang sering dirahasiakan anak-anak dari orantuanya:
      Takut tidak sebaik yang diharapkan
      Anak-anak tidak ingin orangtuanya tahu betapa mereka merasa tidak aman karena takut tidak bisa menjadi yang diharapkan. Terkadang mereka pura-pura percaya diri di depan Anda, tetapi mereka menyimpan perasaan yang tidak aman. Pada usia mudanya, ini saatnya Anda membangun kepercayaan diri dan mengajari perkembangan kepribadian dari sumber yang tepat.
      Mereka di-bully
      Ketika mendapatkan bully dari lingkungan di sekitarnya, sebagian anak-anak tidak akan mengatakannya kepada orangtua. Sebab, mereka takut ancaman bully akan lebih parah jika sampai ketahuan mengadu pada orangtua. Untuk mencegahnya, Anda bisa secara rutin berkomunikasi dengan anak-anak mengenai interaksi sosial mereka. Katakan padanya bahwa tidak ada yang harus disembunyikan dari Anda.
      Mereka punya bahasa sendiri
      Anda mungkin tidak bisa memahami beberapa istilah yang keluar dari mulut anak-anak atau bahasa yang mereka gunakan di media sosial. Sebab, mereka memiliki bahasa sendiri dengan teman-teman seusianya. Tapi, ini bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. 
      Melakukan kesalahan
      Saat melakukan kesalahan, mereka juga cenderung tidak akan memberi tahu orangtuanya. Seperti saat mereka mendapatkan nilai yang jelek, merusak barang di rumah, atau bertengkar dengan temannya. Hal ini mereka lakukan untuk menghindari penolakan dari lingkungan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy