Jump to content

Banyak Darah di Tubuh Kita


Recommended Posts

014925800_1427613358-PMI4.thumb.jpg.13dc

Bagi tubuh, darah memiliki banyak fungsi mulai dari mengedarkan sari-sari makanan hingga mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Namun tahukah Anda ada seberapa banyak jumlah darah dalam tubuh kita? 

Pada orang dewasa terdapat 4,5 - 5,5 liter darah seperti diungkapkan hematolog dan onkolog dari University of Florida Cancer Center, Daniel Landau.

Lalu, jika tidak ada darah dalam tubuh, dokter Landau mengungkapkan berat badan bisa turun hingga 9-10 persen. Misalnya seseorang memiliki berat badan 54 kg, ketika tak ada darah dalam tubuhnya berat badannya turun sekitar 4,4-5,5 kg.

Pada anak-anak usia sekitar 5-6 tahun ternyata jumlah darahnya sama dengan orang dewasa. Namun karena tubuh anak-anak masih kecil dan otot, tulang, serta organnya tidak seberat orang dewasa membuat persentase darah lebih banyak dibandingkan orang dewasa. 

Namun pada bayi, jumlah darah memang sedikit. Misalnya bayi yang lahir dengan berat 2,3-3,6 kg hanya memiliki satu cangkir atau sekitar 0,2 liter darah dalam tubuhnya. Jumlah darah tersebut sama dengan darah yang terdapat dalam tubuh kucing seberat 4,5 kg seperti diungkapkan dokter hewan Greg Nelson.

Lalu ketika orang dewasa mendonorkan darah, petugas kesehatan mengambil sekitar setengah liter darah. Nah, setelah darah diambil, tubuh secara terus-menerus memproduksi sel darah merah baru dalam sumsum tulang. Namun butuh waktu untuk bisa memproduksi sel-sel darah merah yang baru ini.

Itulah alasan Anda tidak dapat mendonorkan darah sebegitu sering, karena harus menunggu darah untuk pulih kembali. Biasanya sekitar empat sampai enam minggu.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...