Jump to content
Sign in to follow this  
angelina_gusti

Belum Tau Sikat Gigi Yang Bener? Liat Ini

Recommended Posts

56cfe3acbcacb_Sikatgigi.jpg.ebdbfe4c8fb7

Menjadi perhatian dengan kebersihan gigi sehingga Anda tidak menyepelekan menyikat gigi perlu diapresiasi. Tapi, jika Anda adalah orang yang terobsesi dengan menyikat gigi, Anda mungkin harus mempelajari kembali bagaimana cara menyikat gigi yang benar.

Mungkin ini terdengar merepotkan, tetapi saran ini akan sangat bermanfaat untuk Anda serta gigi dan mulut Anda. Berikut beberapa saran menyikat gigi yang baik dan benar:sir dari Femalefirst, Jumat (26/2/2016).

Metode menggunakan sikat gigi manual

Atur sikat gigi agar berada di posisi 45 derajat terhadap garis gusi. Rata-rata kepala sikat akan mencakup dua gigi. Bersihkan dalam gerakan melingkar selama sekitar 5 detik dan kemudian bergerak maju satu gigi pada suatu waktu, ulangi gerakan melingkar yang sama selama lima detik.

Dua menit, dua kali hari

Tidak ada salahnya memanfaatkan penghitung waktu dari ponsel Anda untuk memastikan Anda menghabiskan setidaknya dua menit untuk menyikat gigi Anda (dua kali sehari).

Ambil pasta gigi seukuran kacang

Anda mungkin pernah bertanya, berapa banyak pasta gigi yang harus Anda gunakan ketika menyikat gigi. Jawabannya? Sebesar ukuran kacang. Ini mungkin ukuran untuk anak-anak, tapi ini standar yang cukup untuk dewasa juga.

Jangan basahi bulu sikat gigi langsung

Hindari membasahi bulu sikat Anda langsung, bulu sikat yang tidak terlalu basah akan meningkatkan daya mengangkat plak.

Aturan 4:2

Jika Anda menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit setiap kali, maka gigi Anda akan terlindungi sehingga Anda dapat makan empat kali sepanjang hari, jadi sarapan, makan siang, teh dan satu makanan ringan. Jika Anda makan atau minum lebih dari 4 kali dalam sehari, maka sebaiknya Anda sikat gigi tiga kali sehari.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By h4rie
      Terjadinya sakit gigi pasti akan merusak hari Moms.
      Rasa sakit yang tidak diinginkan dan menjengkelkan di mulut membuat kecemasan yang tak tertahankan.
      Sakit gigi dapat disebabkan oleh karies, abses atau gigi retak, gusi yang meradang, gigi goyang, mengunyah secara agresif, dll.
      Intensitas dan jenis nyeri bervariasi sehingga dapat mewujudkan sebagai kepekaan terhadap panas atau dingin serta kontak langsung dari gigi atau berdenyut, tajam atau nyeri ringan.
      BACA JUGA :Aman dan Mudah, Metode Ini Bikin Gigi Putih dalam 7 Hari
      Pergi ke dokter adalah hal yang wajib dilakukan setelah Moms mulai mengalami sakit gigi.
      Tetapi, Moms dapat menggunakan trik efektif berikut ini yang akan menghilangkan sakit gigi hanya dalam 7 menit.
      Yang Moms butuhkan adalah es batu, yang harus Moms tempatkan di antara ibu jari dan telunjuk.
      Gosok dengan lembut di area telapak tangan selama sekitar 5-7 menit.

      Gunakan Es Batu Disini
      Ujung saraf yang berhubungan dengan pusat nyeri di otak dan mengontrol tingkat rasa sakit di lengan dan kepala terletak di area telapak tangan.
      Penelitian yang dilakukan di Kanada pada tahun 80-an menunjukkan bahwa sakit gigi dapat dihilangkan atau setidaknya dikurangi, tanpa harus membuka mulut.
      Menggosok es batu di titik tersebut hampir 90% responden yang berpartisipasi dalam survei mengatakan bahwa teknik tersebut telah mengurangi sakit gigi.
      Ujung saraf yang berhubungan dengan pusat nyeri di otak dan mengontrol tingkat rasa sakit di lengan dan kepala terletak di area telapak tangan.
      Penelitian yang dilakukan di Kanada pada tahun 80-an menunjukkan bahwa sakit gigi dapat dihilangkan atau setidaknya dikurangi, tanpa harus membuka mulut.
      Menggosok es batu di titik tersebut hampir 90% responden yang berpartisipasi dalam survei mengatakan bahwa teknik tersebut telah mengurangi sakit gigi.
    • By rani
      Siapa sih yang tak kenal dengan makanan gurih nan lezat yang satu ini? Lumpia memang sangat pas disajikan sebagai camilan teman ngobrol sore santai. Rasanya yang gurih dan kulitnya yang super renyah membuat siapa saja suka dengan makanan ini. Lumpia juga makin lezat jika disajikan saat masih hangat.
      Resep lumpia pun tak terlalu sulit Ladies. Namun dibutuhkan kesabaran yang ekstra saat menggoreng Lumpia. Kamu juga harus tahu trik khususnya. Seringkali kulit lumpia terlepas dan isinya berhamburan keluar. Lumpia pun jadi tak menarik dan gagal disajikan. Kali ini Vemale pun akan coba hadirkan tips praktis memasak lumpia agar kulitnya tak mudah lepas.
      Ambil putih telur dan campur dengan 1 sdm air. Aduk sampai rata Ladies. Setelah itu gunakan kuas kue untuk mengoleskannya pada kulit lumpia. Oleskan campuran putih telur di sepanjang bagian luar kulit yang akan direkatkan. Tekan perlahan bagian kulit yang sudah direkatkan agar rapat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum digoreng. Ini agar lem putih telurnya merekat lebih kuat. Saat menggoreng juga tak perlu terlalu sering membalik lumpia. Karenanya goreng dengan api kecil saja Ladies. Jika bagian bawah sudah menguning, balik lumpia. Tunggu hingga bagian bawahnya menguning, lalu angkat. Lumpia pun siap disajikan. Selamat mencoba ya ndral. 
    • By Silvia_caroline
      Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.
      1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
      2. Membaca adalah kunci belajar
      3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
      4. Hapalkan kata-kata kunci
      5. Pilih waktu belajar yang tepat
      6. Bangun suasana belajar yang nyaman
      7. Bentuk Kelompok Belajar
      8. Latih sendiri kemampuan kita
      9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
      10. Sediakan waktu untuk istirahat
       
    • By sulistian_setiawan129
      Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mereka yanag telah lanjut usia adalah kepikunan. Beberapa cara diketahui dan terbukti efektif mencegah dan memperlambat kepikunan.
      Salah satu yang paling sering didengar adalah dengan memberikan teka teki silang pada orang tua untuk mempertajam daya ingat. Ini juga disebut brain exercise atau olahraga otak. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua PERGEMI (Persatuan Gerontologi Medik Indonesia) Prof. Dr. Siti Setiati,SpPD.KGer.
      "Olahraga atau bergerak dapat membuat aliran darah ke otak mendapat cukup oksigen, selain itu juga konsumsi makanan sehat. Selain itu juga perlu diberikan aktivitas yang merangsang aktivitas otak,” kata Siti saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Mei 2016.
      Ia juga menyarankan agar Anda selalu meminta orang tua untuk terus belajar. Dengan begitu otak akan dirancang untuk terus beraktivitas.
      “Baca sesuatu yang baru, jangan hal yang sama tapi diulang-ulang. Kalau perlu orang tua bisa sekolah lagi. Kalau sudah mulai malas belajar itu tanda mulai tua,” ujar dia.
      Tidak hanya belajar, ternyata memainkan permainan online dan penggunaan laptop pun bisa membantu orang tua mencegah dan memperlambat terjadinya kepikunan.
      "Intinya itu jangan berhenti belajar, belajar bermain game di ponsel juga bisa, atau ajari orang tua untuk menggunakan laptop," imbuhnya.
    • By BincangEdukasi
      Cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang harganya sangat berfluktuasi. Apalagi menjelang hari-hari besar seperti lebaran, harga cabe pasti melonjak tinggi. Hal ini yang memancing orang untuk menanam cabe, baik untuk dijual maupun sekadar untuk persediaan sendiri. Sayangnya bagi yang tinggal diperkotaan ketersedian lahan untuk bercocok tanam sangat terbatas. Namun hal ini bisa disiasati dengan menanam cabe dalam pot atau polybag.
      Cara menanam cabe dalam pot atau polybag cukup mudah dilakukan. Menanam cabe bisa dilakukan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Secara umum menanam cabe bisa dilakukan pada ketinggian 0-2000 meter diatas permukaan laut. Suhu optimal bagi tanaman cabe ada pada kisaran 24-27oC, namun masih bisa tahan terhadap suhu yang lebih dari itu. Sifat tersebut tergantung dari jenis varietas cabe.
      Salah satu jenis cabe yang cocok untuk ditanam di pekarangan adalah cabe kerting. Jenis ini relatif lebih tahan terhadap iklim tropis dan rasanya pedas banyak disukai di pasaran. Berikut ini kami paparkan tentang cara menanam cabe keriting dalam polybag.
      Pemilihan benih
      Di pasaran banyak macam varietas cabe keriting, mulai dari hibrida hingga varietas lokal. Cara menanam cabe lokal dan hibrida tidak mempunyai perbedaan yang berarti. Hanya saja beberapa cabe hibrida dianjurkan dirawat dengan produk-produk obat-obatan tertentu. Varietas hibrida banyak didatangkan dari Taiwan dan Thailand, sedangkan varietas lokal banyak ditanam di Rembang, Kudus, hingga Tanah Karo, Sumatera Utara.
      Saat ini terdapat varietas lokal hasil seleksi, produktivitasnya pun lebih baik daripada varietas lokal tanpa seleksi. Benihnya dijual dalam kemasan kaleng seperti tampar yang diproduksi Sang Hyang Sri. Dari segi teknis, cara menanam cabe keriting lokal lebih sederhana dan anti ribet dibanding cara menanam cabe hibrida. Cabe lokal lebih adaptif dengan kondidi lingkungan dibanding cabe hibrida. Hanya saja produktivitasnya masih kalah dari hibrida.
      Penyemaian benih
      Cara menanam cabe dalam polybag sebaiknya tidak langsung dilakukan dari benih atau biji. Pertama-tama benih cabe harus disemaikan terlebih dahulu. Proses penyemaian ini gunanya untuk menyeleksi pertumbuhan benih, memisahkan benih yang tumbuhnya kerdil, cacat atau berpenyakit. Selain itu juga untuk menunggu kesiapan bibit sampai cukup tahan ditanam di tempat yang lebih besar.
      Tempat persemaian bisa berupa polybag ukuran kecil (8×9 cm), daun pisang, baki (tray) persemaian, atau petakan tanah. Untuk melihat lebih detail silahkan baca cara membuat media persemaian. Cara yang paling ekonomis adalah dengan menyiapkan petakan tanah untuk media persemaian.
      Buat petakan tanah dengan ukuran secukupnya, campurkan kompos dengan tanah lalu aduk hingga rata. Butiran tanah dibuat sehalus mungkin agar perakaran bisa menembusnya dengan mudah. Buat ketebalan petakan tersebut 5-10 cm, diatasnya buat larikan dengan jarak 10 cm.
      Masukkan benih cabe dalam larikan dengan jarak 7,5 cm kemudian siram untuk membasahi tanah dan tutup dengan abu atau tanah. Setelah itu tutup dengan karung goni basah selama 3-4 hari, pertahankan agar karung goni tetap basah. Pada hari ke-4 akan muncul bibit dari permukaan tanah, kemudian buka karung goni. Sebaiknya petakan ditudungi dengan plastik transparan untuk melindungi bibit cabe yang masih kecil dari panas berlebih dan siraman air hujan langsung. Tanaman cabe siap dipindahkan ke polybag besar setelah berumur 3-4 minggu, atau tanaman telah mempunyai 3-4 helai daun.
      Penyiapan media tanam
      Pilih polybag yang berukuran diatas 30 cm, agar media tanam cukup kuat menopang pertumbuhan tanaman cabe yang rimbun. Selain polybag, bisa juga digunakan pot dari jenis plastik, semen, tanah, atau keramik. Atau bisa juga menggunakan wadah-wadah bekas yang tidak terpakai lagi, beri lubang pada dasar wadah untuk saluran drainase.
      Cara menanam cabe dalam polybag bisa menggunakan media tanam dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, arang sekam, dan lain-lainnya. Silahkan baca caramembuat media tanam polybag untuk penjelasan lebih detail.
      Beberapa contoh komposisi media tanam diantaranya adalah (1) Campuran tanah dengan kompos dengan komposisi 2:1, (2) Campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam dengan komposisi 1:1:1, atau (3) Campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1. Apabila menggunakan pupuk kandang, sebaiknya pilih pupuk yang telah matang. Lihat jenis dan karakteristik pupuk kandang.
      Buat media tanam sehalus mungkin dengan cara mengayaknya. Campurkan sekitar 3 sendok NPK dalam setiap polybag. Aduk hingga campuran tersebut benar-benar rata. Lapisi bagian dalam polybag dengan sabut kelapa, pecahan genteng, atau pecahan styrofoam. Gunanya agar air tidak menggenangi daerah perakaran tanaman.
      Pemindahan bibit
      Setelah bibit tanaman dan media tanam siap, pindahkan bibit tanaman cabe dari tempat persemaian kedalam polybag. Lakukan pekerjaan ini saat pagi hari atau sore hari, dimana matahari tidak terlalu terik untuk menghindari stres pada tanaman.
      Lakukan pemindahan bibit dengan hati-hati, jangan sampai terjadi kerusakan pada perakaran tanaman. Buat lubang tanam pada polybag sedalam 5-7 cm. Apabila persemaian dilakukan di atas polybag atau daun pisang, copot polybag dan daun pisang lalu masukan seluruh tanah dalam tempat persemaian kedalam lubang tanam. Apabila persemaian dilakukan di atas petak tanah atau tray, pindahkan dengan tanah yang menempel pada perakaran dan masukkan kedalam lubang tanam.
      Pemeliharaan dan perawatan
      Pemupukan, berikan pemupukan tambahan dengan dosis satu sendok makan NPK per polybag setiap bulannya. Atau apabila ingin menanam cabe secara organik, sebagai gantinya semprotkan pupuk organik cair pada masa pertumbuhan daun dan pertumbuhan buah. Tambahkan satu kepal kompos atau pupuk kandang kambing pada saat tanaman mau berbuah. Penyiraman, tanaman cabe sebaiknya disiram sekurang-kurangnya 3 hari sekali. Apabila matahari bersinar terik, siram tanaman setiap hari. Pengajiran, setelah tanaman cabe tumbuh sekitar 20 cm, berikan ajir bambu. Ajir ini berguna untuk menopang tanaman agar berdiri tegak. Perompesan, tunas-tunas muda yang tumbuh di ketiak daun sebaiknya dihilangkan (dirompes). Perompesan dimulai pada hari ke-20 setelah tanam, perompesan biasanya dilakukan tiga kali hingga terbentuknya cabang. Gunanya agar tanaman tidak tumbuh kesamping ketika batang belum terlalu kuat menopang. Hama dan penyakit, penggunaan pestisida sebaiknya hanya dilakukan apabila tanaman terlihat terserang hama atau sakit. Apabila terlihat ada hama putih semprot dengan pestida, bila terlihat ada bakal ulat semprot dengan insektisida secukupnya, kalau terlihat jamur gunakan fungisida. Untuk bercocok tanam cabe organik gunakan pestisida alami, silahkan lihat di cara membuat pestisida organik. Pemanenan
      Umur cabe dari mulai tanam hingga panen bervariasi tergantung jenis varietas dan lingkungan. Masa panen terbaik adalah saat buah belum sepenuhnya berwarna merah, masih ada garis hijaunya. Buah seperti ini sudah masuk bobot yang optimal dan buah cabe masih bisa tahan 2-3 hari sebelum terjual oleh pedagang di pasar. Waktu panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah embun kering. Hindari waktu panen pada malam dan siang hari.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy