Jump to content

Cara Sehat Makan Sushi


kotawa

Recommended Posts

sushi.jpg.77a9e2336de4b470c596e25274fad0

Saat sedang enggan makan terlalu banyak, biasanya sushi dan sashimi bisa jadi pilihan yang mengenyangkan. Anggapannya selama ini, sushi adalah makanan yang sehat dan rendah kalori sehingga tak menimbulkan perasaan bersalah saat menyantapnya. 

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Sama seperti makanan lainnya, jika Anda menyantap sushi dalam jumlah dan isi yang tak terkendali maka makanan khas Jepang ini juga bisa jadi berkalori tinggi dan tak sehat. 

Untuk membuat sushi jadi lebih rendah kalori, makan sushi juga harus ada polanya sendiri. 

Untuk membuat sushi jadi lebih rendah kalori, mulailah makan sushi dengan sup. Sup miso bisa membantu mengenyangkan Anda. Satu mangkuk kecil sup miso memiliki kandungan 75 kalori. 

Pilihan lain untuk membuat Anda bisa lebih kenyang adalah dengan mengonsumsi salad rumput laut (wakame). Salad ini memiliki kandungan 20 kalori per 1/2 cupnya. Edamame juga menjadi alternatif sehat saat makan sushi. 1/4 cup edamame ini mengandung 63 kalori. Edamame juga bebas kolesterol. Kacang-kacangan ini juga merupakan sumber protein, serat dan lemak omega 3. 

Yang pasti untuk membuat sushi Anda jadi lebih rendah kalori, ada baiknya untuk memilih nigiri atau sashimi. Hindari juga menyantap tempura, dan crunchy rolls. Kedua jenis sushi ini mengandung banyak minyak karena digoreng dalam minyak panas sampai kecokelatan. 

Hindari pula memilih sushi dengan tambahan mayones dan isian krim keju. 

Selain 'dibuat' rendah kalori, sushi juga bisa dibuat lebih sehat. Cara sederhana untuk membuatnya lebih sehat adalah dengan menyantap acar jahe merah yang disediakan. Wasabi juga akan membantu membuat sushi jadi lebih sehatr karena kandungan antioksidan di dalamnya. 

Saat makan sushi, ada baiknya Anda juga memilih sushi dengan tambahan ikan salmon atau tuna yang kaya dengan vitamin D. Isian sayur seperti ketimun dan alpukat memiliki banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. 

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By Jennifer_Wirayang
      Konsumsi camilan alias ngemil tidak layak Anda salahkan sepenuhnya atas kenaikan berat badan. Justru dengan camilan yang tepat, kebutuhan gizi, kalori terpenuhi sehingga Anda tetap bisa beraktivitas dengan energi dan konsentrasi penuh.
      Sebaiknya jaga agar konsumsi camilan tidak mengganggu konsumsi makan utama. Kemudian jaga pula jenis camilan yang dikonsumsi. Sangat baik jika Anda membuat sendiri camilan untuk dikonsumsi di rumah. Dengan trik sederhana, camilan buatan sendiri bakal lebih menyehatkan dan dikonsumsi tanpa rasa bersalah.
      1. Ganti mentega dengan puree alpukat
      Saat membuat kue, coba ganti butter atau mentega dengan puree alpukat atau alpukat tumbuk. Menurut Samantha Cassetty, ahli gizi, trik ini akan mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan sekaligus meningkatkan serat dan kandungan nutrisi termasuk pasokan vitamin K, E, folat, dan kalium.
      Di samping itu, penggunaan alpukat akan menggantikan lemak jenuh yang kurang sehat dengan lemak tak jenuh yang sehat. Disarankan untuk menggunakan puree alpukat setara dengan kebutuhan mentega.
      Namun jika Anda khawatir dengan semburat warna hijau pada kue, coba gunakan untuk kue-kue berwarna gelap.
      2. Selipkan chickpea
      Meski terdengar aneh, chickpea atau kacang Arab begitu fleksibel ditambahkan pada kue-kue kering atau kukis. Rasanya juga cenderung tawar sehingga tidak banyak merusak rasa asli pangan.
      "Kacang Arab memberikan asupan protein dan serat, juga beberapa nutrisi termasuk magnesium, zinc, zat besi dan folat," jelas Cassetty, seperti dikutip Real Simple.
      3. Gunakan chia seed atau flaxseed daripada telur
      Resep-resep vegan umumnya sama sekali tidak menggunakan telur. Telur akan diganti dengan flaxseed atau chia seed. Meski Anda bukan kaum vegan, tak ada salahnya trik ini dicoba.
      Seperti dilansir Eat This, Not That!, untuk membuat telur vegan, kombinasikan satu sendok makan chia seed atau flaxseed dan tiga sendok makan air. Biarkan biji terendam selama 10-15 menit hingga memiliki konsistensi seperti telur. Biji-bijian ini merupakan superfood yang membantu pencernaan dan mengandung omega 3.
      4. Mengurangi takaran gula
      Anda tidak harus tunduk 100 persen pada apapun yang tertulis dalam resep. Kadang resep kue atau camilan mewajibkan takaran gula sekian sendok. Di sini Anda bisa mengurangi takarannya agar asupan gula lebih terkontrol.
      Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menggunakan pemanis alami seperti madu, sirup maple, gula kelapa atau kurma. Meski deret bahan ini merupakan pemanis alami, tetap perhatikan jumlah yang akan dipakai.
      5. Sedikit modifikasi pada buah
      Cassetty mengatakan dirinya tidak pernah menggunakan potongan buah polos begitu saja untuk cake atau kue. Justru berikan sedikit modifikasi agar buah 'naik level'.
      "Satu cara favorit saya adalah membuat potongan apel yang ditumis bersama kayu manis lalu diberi topping walnut. Opsi lainnya, memanaskan buah beku selama 30 detik hingga berair dan lalu diaduk dengan satu sendok teh chia seed. Biarkan campuran ini selama 30 menit hingga jadi gel. Lalu berikan topping granola rendah gula," ujarnya.
      6. Maniskan dengan pisang
      Menyelipkan pisang adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan rasa manis daripada menambahkan gula. Untuk rasa super manis, gunakan pisang yang sudah benar-benar matang.
      Pisang kaya akan glukosa alami yang mudah dicerna dan memberikan energi tanpa lonjakan gula darah yang parah. Pisang bisa Anda gunakan untuk mengganti sebagian tepung terigu untuk membuat kue.
      7. Tambahkan rempah-rempah
      Tak ada salahnya menggunakan rempah-rempah untuk campuran kue atau camilan lain. Apalagi rempah bisa Anda jadikan trik untuk alternatif pangan dengan campuran gula. Kayu manis atau pala untuk muffin atau cake pisang bisa menggantikan sebagian gula tambahan yang tidak perlu.
      8. Kacang-kacangan untuk tekstur
      Selama ini kacang-kacangan disarankan untuk dijadikan camilan. Kadang tak harus dikonsumsi begitu saja, kacang-kacangan bisa Anda jadikan pengganti tepung untuk membuat kue.
      Tak perlu seluruh tepung Anda ganti, tetap gunakan sebagian tepung dan sebagian kacang-kacangan seperti kacang Arab atau kacang hitam. Selain tambahan nutrisi, kacang akan memberikan tekstur tanpa mengubah rasa kue.
      9. Ganti minyak atau lemak dengan Greek yoghurt
      Lemak tetap baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Untuk camilan-camilan dengan bahan minyak atau lemak, coba ganti dengan Greek yoghurt atau yoghurt Yunani.
      Yoghurt akan memberikan hidrasi pada pangan, fleksibel untuk hidangan manis maupun gurih juga memiliki kandungan probiotik, kalsium dan protein.
    • By h4rie
      Terjadinya sakit gigi pasti akan merusak hari Moms.
      Rasa sakit yang tidak diinginkan dan menjengkelkan di mulut membuat kecemasan yang tak tertahankan.
      Sakit gigi dapat disebabkan oleh karies, abses atau gigi retak, gusi yang meradang, gigi goyang, mengunyah secara agresif, dll.
      Intensitas dan jenis nyeri bervariasi sehingga dapat mewujudkan sebagai kepekaan terhadap panas atau dingin serta kontak langsung dari gigi atau berdenyut, tajam atau nyeri ringan.
      BACA JUGA :Aman dan Mudah, Metode Ini Bikin Gigi Putih dalam 7 Hari
      Pergi ke dokter adalah hal yang wajib dilakukan setelah Moms mulai mengalami sakit gigi.
      Tetapi, Moms dapat menggunakan trik efektif berikut ini yang akan menghilangkan sakit gigi hanya dalam 7 menit.
      Yang Moms butuhkan adalah es batu, yang harus Moms tempatkan di antara ibu jari dan telunjuk.
      Gosok dengan lembut di area telapak tangan selama sekitar 5-7 menit.

      Gunakan Es Batu Disini
      Ujung saraf yang berhubungan dengan pusat nyeri di otak dan mengontrol tingkat rasa sakit di lengan dan kepala terletak di area telapak tangan.
      Penelitian yang dilakukan di Kanada pada tahun 80-an menunjukkan bahwa sakit gigi dapat dihilangkan atau setidaknya dikurangi, tanpa harus membuka mulut.
      Menggosok es batu di titik tersebut hampir 90% responden yang berpartisipasi dalam survei mengatakan bahwa teknik tersebut telah mengurangi sakit gigi.
      Ujung saraf yang berhubungan dengan pusat nyeri di otak dan mengontrol tingkat rasa sakit di lengan dan kepala terletak di area telapak tangan.
      Penelitian yang dilakukan di Kanada pada tahun 80-an menunjukkan bahwa sakit gigi dapat dihilangkan atau setidaknya dikurangi, tanpa harus membuka mulut.
      Menggosok es batu di titik tersebut hampir 90% responden yang berpartisipasi dalam survei mengatakan bahwa teknik tersebut telah mengurangi sakit gigi.
    • By BincangEdukasi
      Saat pagi datang dan alarm berbunyi, apa yang Anda lakukan? Jika hari tersebut adalah hari kerja, kemungkinan besar Anda akan memencet tombol snooze berulang kali. Lalu Anda membuka mata, dan ternyata sudah setengah jam terlewat dari waktu masuk kerja. Wah! Bisa dipastikan Anda panik dan terburu-buru menyiapkan segala sesuatu. 
      Padahal ada cara bangun pagi yang lebih "ramah" untuk badan dan otak, lho. Jack Wiener, penulis The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body mengungkapkannya di situs www.youbeauty.com. "Anda justru harus bangun tidur dengan santai karena ini akan membuat kesadaran Anda lebih fokus dan Anda bisa menjalani hari lebih fokus. Bahkan kalau sedang stres, Anda bisa menanganinya dengan lebih baik."  
      Untuk mendapatkan keuntungan tadi, menurut Wiener, hanya ada tiga hal yang harus dilakukan saat bangun tidur. Ssttt, lakukan ini sebelum beranjak dari tempat tidur, ya. Pertama, lakukan lenturkan kaki dengan lembut sampai kaki berada dalam posisi lurus selama 15-30 detik. Setelahnya goyangkan jari tangan, buka perlahan, dan kepalkan jari-jemari menyerupai kepalan tinju selama 15-30 detik.
      Kedua, setelah Anda berdiri dari tempat tidur, pastikan posisi telapak kaki menempel rata dengan lantai. Diam sebentar, dan rasakan tekstur lantai yang bersentuhan langsung dengan kulit telapak kaki Anda. Ketiga, lakukan peregangan di area lutut. "Melakukan gerakan ini dan bukan meregangkan leher atau bahu akan membuat badan Anda lebih membumi dan lebih fokus menghadapi hari," pungkas Wiener.
      Yuk ndral, mulai cara hidup sehat! 
    • By kotawa
      Makan sushi bukan hanya soal mengambil sepasang sumpit lalu menyuapkan gulungan nasi ini ke dalam mulut. Lebih dari itu, sushi adalah makanan yang harusnya disantap dengan menggunakan etika yang berlaku. Bahkan ketika menyantapnya bukan di negara asalnya.
      Berikut empat hal sederhana tapi penting seputar sushi. Perhatikan sebelum menyambangi restoran sushi, jangan jadi orang yang tampak aneh dan seolah siap jadi korban tatapan sinis seisi restoran.
      Jangan mencampur wasabi dan soy sauce
      Wasabi dan soy sauce adalah dua bahan pelengkap yang tak pernah absen disajikan dalam suguhan sushi. Tapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda, jadi akan menjadi kesalahan fatal ketika Anda kedapatan mencampur wasabi dengan soy sauce. Wasabi hanya ditambahkan pada sushi yang mengandung bahan mentah seperti potongan salmon atau tuna mentah. Tidak semua orang suka wasabi jadi oleskan hanya dalam jumlah sedikit sebelum melahapnya.
      Jangan membersihkan sumpit Anda
      Sumpit yang digunakan di restoran sushi biasanya hanya diperuntukkan penggunaan sekali pakai. Sumpit kayu ini biasanya harus dibagi dua terlebih dulu sebelum digunakan. Tapi jangan pernah mencoba membersihkan sumpit dengan cara menggulung keduanya. Hal ini dianggap tidak sopan karena bisa menyinggung sushi chef atau pihak restoran. Jika merasa sumpit memiliki serpihan kayu, cukup bersihkan sekedarnya dan lalukan di bawah meja, pastikan ini tidak berlebihan. Hal ini menggambarkan seolah pihak restoran menggunakan sumpit berkualitas buruk.
      "Sushi" berarti "ikan mentah"
      Sushi termasuk makanan yang disajikan dingin. Berbagai jenis ikan segar dijadikan bahan baku saat membuat sushi. Awalnya sushi hanya terbuat dari komposisi nasi dengan cuka, ikan mentah dan lembaran nori. Namun belakangan banyak varian sushi yang menyajikan sushi dengan rasa baru antara lain dengan tambahan saus mayones, tempura dan lain sebagainya.
      Jangan tambahkan gari pada sushi
      Hal paling konyol yang dilakukan saat menyantap sushi adalah dengan menambahkan gari atau acar jahe pada gulungan sushi dan menyantapnya bersamaan. Jahe gari dimakan secara sendiri dengan maksud menetralisir mulut sebelum menyantap sushi berikutnya. Usai menyantap gari, langit-langit mulut akan terasa segar dan seolah bersih lagi.
    • By rani
      Siapa sih yang tak kenal dengan makanan gurih nan lezat yang satu ini? Lumpia memang sangat pas disajikan sebagai camilan teman ngobrol sore santai. Rasanya yang gurih dan kulitnya yang super renyah membuat siapa saja suka dengan makanan ini. Lumpia juga makin lezat jika disajikan saat masih hangat.
      Resep lumpia pun tak terlalu sulit Ladies. Namun dibutuhkan kesabaran yang ekstra saat menggoreng Lumpia. Kamu juga harus tahu trik khususnya. Seringkali kulit lumpia terlepas dan isinya berhamburan keluar. Lumpia pun jadi tak menarik dan gagal disajikan. Kali ini Vemale pun akan coba hadirkan tips praktis memasak lumpia agar kulitnya tak mudah lepas.
      Ambil putih telur dan campur dengan 1 sdm air. Aduk sampai rata Ladies. Setelah itu gunakan kuas kue untuk mengoleskannya pada kulit lumpia. Oleskan campuran putih telur di sepanjang bagian luar kulit yang akan direkatkan. Tekan perlahan bagian kulit yang sudah direkatkan agar rapat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum digoreng. Ini agar lem putih telurnya merekat lebih kuat. Saat menggoreng juga tak perlu terlalu sering membalik lumpia. Karenanya goreng dengan api kecil saja Ladies. Jika bagian bawah sudah menguning, balik lumpia. Tunggu hingga bagian bawahnya menguning, lalu angkat. Lumpia pun siap disajikan. Selamat mencoba ya ndral. 
×
×
  • Create New...