Jump to content
desianiputri

Resep Donat Tanpa Telur Super Praktis

Recommended Posts

donat.jpg.569f91e7c2a2987a8b7cc224b54930

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Kue dengan bentuk bolong di bagian tengahnya ini sangat mendunia. Kali ini Vemale bakal menghadirkan satu resep donat lezat dan mudah tanpa menggunakan telur. Simak resepnya di halaman ini yuk.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • 200 ml air hangat

Cara Membuat:

  1. Campur ragi dan gula pasir serta sedikit air hangat.
  2. Tunggu selama kurang lebih 10 menit sampai berbuih.
  3. Campur semua bahan dan campuran ragi.
  4. Aduk sampai rata dan kalis.
  5. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  6. Tutup dengan kain basah.
  7. Kempiskan adonan dan bentuk seperti donat.
  8. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  9. Panaskan minyak goreng dan goreng donat sampai matang atau berubah warna kecoklatan.
  10. Angkat, tiriskan, dan beri topping sesuai selera.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Tania
      Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan keripik singkong. Camilan bertekstur renyah ini menjadi salah satu camilan favorit, karena memiliki cita rasa gurih yang khas, dan harganya pun relatif terjangkau.
      Namun sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa keripik singkong juga dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi. Untuk mengetahui lebih lanjut.
      Mengandung karsinogen
      Keripik singkong memang bukan camilan biasa. Makanan ini harus diolah dengan tepat untuk mencegah munculnya zat-zat kimia yang berbahaya seperti karsinogen. Pasalnya, zat kimia ini akan berubah menjadi racun ketika dipanaskan. Sementara untuk mengolah keripik singkong, Anda harus menggorengnya di dalam minyak panas. Oleh karena itu, batasi konsumsi keripik singkong untuk mencegah penyakit berbahaya.
      Kandungan garam yang tinggi
      Selain harganya yang murah, keripik singkong kerap menjadi camilan favorit karena rasanya yang gurih dan bertektur renyah. Tapi perlu Anda ketahui bahwa rasa gurih tersebut ternyata berasal dari taburan garam yang dicampurkan pada proses pengolahan. Nah, jika mengonsumsi garam terlalu banyak juga sebetulnya tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu timbulnya penyakit ginjal dan darah tinggi. Kadar garam yang dianjurkan dalam sehari adalah 2,3 gram, sementara keripik singkong memiliki kandungan 180 gram.
      Mengandung Lemak Trans dan Tak Jenuh
      Seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Untuk menghasilkan keripik singkong yang renyah, pada saat proses pembuatan singkong akan digoreng dalam minyak yang panas. Proses inilah yang membuat camilan tersebut mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Jadi jika terlalu banyak dikonsumsi, keripik singkong sejatinya akan membuat kadar kolesterol meningkat secara drastis. Di sisi lain, lemak trans dan lemak jenuh juga dapat memicu penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
      Kandungan nutrisinya menurun
      Meski singkong memiliki kandungan nutrisi dan karbohirat yang cukup tinggi, namun karena proses pengolahannya yang digoreng dengan minyak panas, kandungan nutrisi itu cenderung menurun. Jika Anda terus mengonsumsi makanan tersebut, tentu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan tercukupi. Dampaknya akan menyebabkan Anda kekurangan nutrisi, serta meningkatkan risiko berbagai penyakit.
    • By amelia
      Sebagaimana nastar, putri salju, atau lidang kucing, kue kering bagea jadi salah satu kue tradisional yang banyak diburu ketika hari-hari besar seperti Lebaran, Natal dan Imlek tiba.
      Bagea adalah kue khas dari wilayah timur Indonesia seperti Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Selatan. Di daerah asalnya kue ini biasa disantap dengan menyeruput teh atau kopi.
      Kue yang umumnya terbuat dari sagu ini biasanya berbentuk bulat dan kecoklatan. Meski cenderung sulit dimakan saat gigitan pertama, sensasi butiran kenari yang sampai di lidah setelah itu dapat membuat orang tak berhenti mengunyah kue bagea.
      Bagea ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk menyambut tamu di rumah saat Lebaran nanti. Apalagi, kue kering ini dapat dibuat dengan cara yang mudah dan sederhana.
      Salah satu koki ahli masakan khas Indonesia Ragil Imam Wibowo membagikan resep kue kering bagea kepada pembaca CNNIndonesia.com. Pria yang akrab disapa Chef Ragil itu baru saja mendapatkan gelar Chef of The Year dari Jakart Best Eats dan Asian Cuisice Chef of the Year dari World Gourmet Summit.
      Berikut merupakan resep kue kering bagea ala Chef Ragil.
      Bahan:
      100 gr gula halus 50 gr telur ayam 190 gr sagu papua 47 gr butiran kenari 47 gr kacang mete 45 gr minyak kelapa 1 gr bubuk kayu manis 2 gr baking powdewer 20 gr keju cedar 20 gr biji kakao 2 gr vanilla essence 2 cubit garam Cara membuat:
      Campurkan semua bahan, lalu aduk sampai tercampur rata. Setelah tercampur rata, bentuk sesuai selera. Dapat dibentuk memanjang, bulat, atau cetakan tertentu. Susun adonan kue kering bagea yang sudah dibentuk di baking tray yang sudah dipoles mentega. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30 menit. Jangan lupa suguhkan teh hangat atau minuman panas lainnya ketika menyajikan kue bagea. Selamat mencoba! ?
    • By BincangEdukasi
      Saya seringkali ditanya, “Apakah saran praktis mengendalikan emosi di Jalan?”. Inilah yang ingin saya bagikan.
      Yang jelas, seringkali di internet atau di majalah, banyak yang bicara soal tips mengendalikan emosi. Ada tips yang masuk akal dan mudah diterapkan, tapi ada yang terlalu ideal karena tatkala emosi sudah terjadi, perlu cara masuk akal untuk meredakan emosi kita. Masalahnya adalah kalau nggak segera diredakan, bisa-bisa berakhir dengan pidana (karena memukul, mengumpat, dll). Bagaimana saran Kecerdasan Emosional?
      1. Tunda Minimal 6 detik Sebelum Merespon
      Enam detik ini berdarkan hasil penelitian soal otak manusia (neuropsikologi). Ternyata, kalau kurang dari enam detik maka, bagian otak yang mengendalikan emosi yakni amygdala akan berperan. Amygdala itulah yang membuat kita merespon secara reflex dengan memaki, mengumpat hingga memukul. Nah, supaya respon reflex yang akhirnya disesali ini nggak muncul caranya adalah dengan menunda minimal 6 detik.
      2. Ganti Pikiran Negatif dengan Pikiran Logis
      Ingat, jadi bukan ganti dengan yang positif tapi yang logis. Misalkan ada bis kota motong jalan kita. Biasanya kalau pikiran positif adalah, “Mungkin dia lagi kejar setoran”. Nah, kadang pikiran positif ini bisa bagus, bisa nggak ada efeknya. Lebih masuk akal adalah menggunakan pikiran logis, misalnya “Kalau aku kejar dia dan umpat balik, buat apa? Toh nggak akan membuat dia bertobat. Lagian juga nggak kena mobilku kok”. Ini pikiran logis!
      3. Gunakan jas hujan emosi
      Ini teknik mengantisipasi, Jadi sebelum berangkat ataupun masuk ke dalam kendaraan, bayangkan diri kita sudah mengenakan jas hujan emosi dan bilang pada diri kita, “Kalau ada yang mengumpat ataupun yang membuat saya marah di jalan, saya tidak akan terpengaruh”
      4. Siapkan Penjaga Mood-mu
      Kadangkala, kondisi mood yang buruk juga mebuat kita jadi mudah emosi di jalan. Nah, ada berbagai hal yang bagi beberapa orang bisa jadi pelega sekaligus penjaga mood atau emosi yang positif. Misalkan saja mendengarkan music yang menyenangkan, makan permen ataupun mencium wangi2an tertentu di kendaraan yang dibawa. 
      5. Ciptakan “Self Talk” untuk men-counter pikiran emosional kita
      Cara kerjanya bayangkan ada semacam suara yang terus-menerus akan muncul tatkala kita mulai jengkel dan tidak terkendali. Bisa dibayangkan kalau suara itu berasal dari diri kit sendiri, suara malaikat atau suara orang yang kita kagumi sedang mengingatkan kita. Nah, tujuan self talk ini adalah mengingatkan kita dengan cara berpikir yang berbeda untuk melihat situasi yang memicu kita marah di jalan, dengan sudut pandang  yang lain. Misal: di depan ada kendaraan yang lambat, ternyata dia lagi terima HP. Reaksi kita mau memakinya. Tapi self talk lain bisa begini, “Emangnya kamu polisi? Mau sok ingatin dia? Kamu pikir kalau kamu ingatin dia, dia akan terima kasih sama kamu? Kenal juga nggak. Biarian aja. Lanjutkan perjalananmu. Lupakan dia. Ngapaian diambil pusing?”
    • By duniagelap
      Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang disukai banyak kalangan didunia. Cokelat mempunyai citarasa yang manis, Gurih dan tetap nikmat ketika dibuat sebagai campuran roti atau minuman susu. Makan cokelat dapat dinikmati diberbagai kesempatan dan cocok dimakan oleh segala usia dan jenis kelamin. Makanan cokelat dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk sementara, Karena cokelat mampu menekan rasa lapar jika seseorang dalam kondisi sulit menemukan karbohidrat seperti nasi.
      Alasan mengapa senyawa cokelat dan mie tidak cocok
      Makan cokelat setelah makan mie merupakan kebiasaan buruk yang berbahaya. Kebiasaan buruk itu terbukti dapat mengganggu kesehatan jika dilakukan setiap hari dalam jangka panjang. Kandungan pada cokelat dan mie tidak bisa bergabung menjadi reaksi kimia yang baik didalam tubuh karena kedua bahan makanan tersebut sangat bertolak belakang dan menyebabkan semacam penolakan jaringan tubuh terhadap reaksi kimia antara cokelat dan mie yang akhirnya ketika dua bahan makanan itu bercampur didalam lambung maka akan bersifat racun.
      Kebiasaaan mengkonsumsi cokelat setelah makan mie yang dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terhadap beberapa organ tubuh manusia, Ini berlaku untuk semua usia dan dinegara manapun serta tidak mengenal ruang dan waktu, Hal ini disebabkan kandungan yang ada pada dua makanan ini memang tidak akan pernah cocok untuk disantap dalam waktu yang hampir bersamaan. Sebenarnya bahaya makan mie instan sangat mematikan jika dimakan terlalu berlebihan dan akan menggandakan efek bahayanya jika seseat setelahnya anda mengkonsumsi cokelat.
      Cokelat mengandung :
      Mengandung vitamin E Senyawa Teobromin Senyawa Anandamide Trioxide arsenic Zat fenetilamin Kolesterol Zat Alkaloid kalsium Zat antioksidan Protein dan lemak Mie mengandung :
      Mengandung MSG atau penyedap rasa yang sangat tinggi Mengandung natrium Mengandung benzoic acid Hidroxy methyl benzoate Karbohidrat tinggi Lemak jenuh ganda Arsenic pentocide Rendah serat dan protein Kandungan garam yang tinggi Kandungan gula yang tinggi Inilah bahaya makan coklat setelah makan mie yang dilakukan setiap hari, secara berlebihan atau dalam jangka panjang :
      1 Menyebabkan pembuluh darah pecah
      Bahan pengawet yang ada pada mie jika bergabung didalam tubuh dengan lemak dan kolesterol yang ada pada cokelat maka dapat melekat dan menumpuk pada dinding pembuluh darah yang lama kelamaan menyebabkan reaksi kimia berupa pecahnya pembuluh darah.
      2. Menyebabkan keracunan
      Nutrisi yang ada pada cokelat tidak cocok jika harus bergabung dengan bahan pengawet dan MSG yang ada pada mie karena dapat menjadi racun dan mengiritasi organ tubuh yang mnenyebabkan seseorang keracunan. Gejala awal keracunan bisa berupa mual, Muntah muntah, Sakit kepala dan sakit perut.
      3. Menyebabkan alergi pada kulit

      Kandungan MSG yang ada pada produk mie dapat memicu alergi pada permukaan kulit dan dalam tubuh jika tergabung dengan kandungan senyawa yang ada pada cokelat. MSG bersifat mengikat dan memperlambat tubuh dalam urusan penyerapan nutrisi sehingga seseorang dapat terserang alergi berupa ruam ruam merah dikulit yang kemudian diikuti sakit pada dada dan terserang sakit kepala berulang.
      4. Menyebabkan kerusakan jaringan usus

      Makan cokelat setelah makan mie dapat membuat usus teriritasi karena kandungan pada cokelat dan mie dapat menimbulkan reaksi kimia yang panasdan melukai dinding usus. Kinerja usus bisa terganggu dan menyebabkan seseorang menjadi terkena masalah kesulitan buang air besar.
      5. Menyebabkan kerusakan ginjal
      Jaringan ginjal akan dipaksa kerja keras dan tertekan untuk menyerap cairan yang mengandung bahan bahan makanan ynag tidak bisa saling bergabung karena dapat memicu reaksi kimia racun daalam tubuh. Ginjal yang kelelahan dapat menyebabkan kinerja giunjal makin menurun dan menyebabkan ginjal kehilangan kemampuan untuk menetralisir zat zat makanan dalam cairan tubuh yang telah terkontiminasi dengan kandungan cokelat dan mie yang telah berubah menjadi racun.
      6. Menyebabkan gangguan fungsi hati
      Kandungan MSG yang tinggi pada mie yang bergabung dengan senyawa flavonoid pada cokelat dapat berubah menjadi racun berbahaya dan menyebabkan iritasi pada jaringan hati sehingga fungsi hati kehilangan kemampuannya dalam Menetralisir racun dan mengalami hambatan untuk segera mengeluarkan racun melalui air seni atau keringat. Kondisi ini dapat masuk kategori sebagai penyakit gangguan fungsi hati.
      7. Menyebabkan penyakit jantung
      Kandungan MSG pada mie dapat mengalami penumpukan dan pengendapan seperti kristal dijaringan jantung dan menyumbat pembuluh arteri dan membuat pembuluh darah semakin melebar, Kondisi ini dapat menyebabkan arteri jantung jadi terganggu dan menimbulkan nyeri dada dan sesak nafas. Kandungan MSG yang berlebihan dalam tubuh dapat meracuni pembuluh arteri jantung yang nantinya dapat memicu munculnya gagal jantung atau penyakit jantung jenis ainnya. Kurangi kandungan MSG yang berlebihan agar manfaat nutrisi yang ada pada mie tidak sia sia.
      8. Menyebabkan tekanan darah naik
      Kandungan MSG, kolesterol dan lemak jenuh pada mie jika terus menerus masuk pada tubuh dalam jumlah yang berlebihan dan jangka panjang maka lama kelamaan mampu menyumbat perdaran darah dan memperlambat aliran darah serta mencederai saraf saraf disekitar saraf kepala, Kondisi dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit darah tinggi.
      Mie mengandung zat kimia arsenic pentaxide yang ternyata tidak dapat bercampur dengan zat dan elemen dari makanan cokelat. Jika ada percampuran maka akan berubah menjadi reaksi kimia yang bersifat tajam dan beracun yang dapat mencederai organ tubuh bahkan menyebabkan kematian pada orang orang yang sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu misalnya penyakit liver hati.
    • By kotawa
      Bingung membuat bekal sekolah untuk si kecil? Yuk bikin roti pizza gulung yang lezat dan menggugah selera. Selain praktis, bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana.
      Dikutip dari buku 100 Resep Hidangan Organik Untuk Anak Sekolah, karya Tuti Soenardi, berikut resep lengkap membuat roti pizza gulung:
      Bahan-bahan
      5 lbr roti tawar yang diambil dari roti loaf lalu diiris memanjang, buang pinggirannya 50 g keju parut Margarin secukupnya Bahan isi pizza
      150 g daging sapi giling 100 g tomat, cincang 3 sdm paprika hijau, rajang halus 2 sdm mentega 3 sdm bawang bombai cincang 1 sdm bawang putih cincang 3 sdm pasta tomat 1 sdt oregano 1 bh kaldu blok instan ½ merica bubuk Garam secukupnya Cara membuat
      Buat isi pizza : panaskan mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai layu. Masukkan tomat cincang dan pasta tomat, aduk. Masukkan daging giling, aduk, masak sampai agak kering. Tambahkan oregano, kaldu blok instan, merica, dan garam, aduk. Masukkan irisan paprika, aduk. Setelah kuah kering, angkat; Bentangkan lembaran roti, beri adonan isi bagian atasnya, ratakan. Gulung roti dari bagian pendek hingga ujung, potong setiap gulungan menjadi 5 iris; Ambil loyang, olesi margarin. Atur bulatan irisan roti di atasnya, taburi dengan keju parut. Panggang dalam oven sampai agak kering, angkat; Hidangkan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy