Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Badai Tuan telah berlalu
      Salahkah 'ku menuntut mesra?
      Tiap pagi menjelang
      Kau di sampingku
      'Ku aman ada bersamamu
      • 0 replies
    • Ini Enak dan Tidak Enaknya Jadi Menteri
      Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada periode 2019-2024 dalam Pilpres 2019.

      Setelah pemilihan umum dan berbagai sidang yang menegangkan, kini perhatian masyarakat terfokus pada calon menteri baru dalam kabinet pemerintah 2019-2024.

      Masyarakat penasaran siapa saja menteri yang akan membantu Presiden dan Wakil Presiden terpilih di masa depan.
      • 0 replies
    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
ahmad_zoki

Jawaban Teka Teki, Ayam atau Telur Lebih Dahulu?

Recommended Posts

ini-jawaban-teka-teki-ayam-atau-telur-le

Para ilmuwan berhasil menjawab salah satu tebak-tebakan tertua di dunia, mana yang lebih dulu, ayam atau telur?

Penemuan itu setelah dilakukan melalui komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource), sebagaimana dikutip Okezone dari 'Kisah 1001 Fakta Science Tersuper di Dunia'.

Ilmuwan ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis. Melalui komputer super tersebut, tim dari Universitas Sheffield dan Warmick, Inggris, menemukan jawabannya. Apa jawabannya? Ayam.

Ilmuwan berhasil memecahkan teka-teki sepanjang masa itu. Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam, protein itu adalah "tukang bangunan" tanpa lelah yang menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis yang membentuk cangkang telur.

Kemudian protein ini menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain. Tanpa protein pembangun tersebut, telur tidak mungkin terbentuk.

Protein itu hanya ditemukan di rahim ayam, yang itu artinya ayam ada terlebih dahulu sebelum telur. Akan tetapi jika menanyakan kembali, dari mana ayam berasal.

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur pada zaman Dinosaurus. Cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membentuk gigi dan tulang, kita bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By paimin
      NASA telah mengirim sampel sperma manusia dan banteng ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) untuk diteliti. 

      Lembaga antariksa milik pemerintah Amerika Serikat ini ingin mengetahui potensi pembuahan yang mungkin terjadi pada mamalia saat berada di ruang hampa alias gravitasi nol. 

      Misi pengiriman sperma beku yang dijuluki Micro-11 itu diterbangkan ke ISS menggunakan kapsul Dragon dengan dorongan roket Falcon 9 buatan SpaceX. Peluncuran berlangsung di Cape Canaveral Air Force, Florida, Amerika Serikat, dua minggu lalu. 

      Setelah mencairkan sampel, astronot di ISS akan mengaktifkan sperma tersebut menggunakan ramuan kimia unik. Pergerakan sperma akan dimonitor dan difilmkan dengan saksama saat "berenang" dan menyatu dengan sel telur. 

      Usai fase awal selesai, sampel akan dicampur dengan pengawet dan kemudian dikirim kembali ke Bumi, tempat eksperimen diselesaikan. 

      "Berdasarkan percobaan sebelumnya, kurangnya gravitasi mampu mengurangi mobilitas sperma," kata Fathi Karouia, ilmuwan utama proyek Micro-11 NASA, seperti dikutip dari Space Daily, Kamis (12/4/2018). 

      Salah satu eksperimen yang dinyatakan berhasil adalah ketika NASA membuktikan bahwa sperma tikus bisa bertahan hidup selama sembilan bulan di angkasa luar. Sperma itu kemudian dikembalikan ke Bumi dan digunakan untuk reproduksi tikus. 

      "Penelitian ini sejalan dengan penyelidikan lain pada sampel organisme berbeda, yang telah menunjukkan bahwa mikrogravitasi memicu regenerasi sel," imbuh Karouia. 

      Sperma banteng dipilih untuk penelitian ini karena pola gerakannya mirip dengan sperma manusia. Oleh karena itu, sperma banteng digunakan sebagai kontrol kualitas yang nantinya akan dibandingkan dengan sperma manusia. 

      "Kami belum tahu bagaimana misi luar angkasa ini dapat memengaruhi kesehatan reproduktif manusia. Investigasi tersebut akan menjadi langkah awal untuk memahami reproduksi dalam gravitasi rendah," tulis NASA dalam sebuah pernyataan. 
      Ini bukanlah kali pertama sel sperma dikirimkan ke angkasa luar. Sebelumnya pada 1988, Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) pernah mengirimkan sperma banteng. Selain itu, NASA juga pernah mengirimkan sperma bulu babi.
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/nasa-kirim-sperma-manusia-ke-angkasa-luar-untuk-apa-2KtK

    • By womanthings
      Isu keamanan merupakan hal paling umum dirasakan pengguna windows. Sebagai salah satu OS komputer dengan pengguna terbanyak di dunia, tak heran apabila banyak sekali virus yang berusaha menjangkiti OS yang satu ini. Mulai dari virus ringan hingga virus yang mampu me-remove file komputer secara tiba-tiba.
      Bukannya mudah menemukan yang pas, banyak pengguna OS windows malah bingung dan asal pasang aplikasi antivirus. Untuk mempermudah anda berburu antivirus, berikut ini 10 Antivirus gratis untuk windows:
      1. 360 Total Security 8.6.0.1140
      360 Total Security memiliki kemampuan optimal menghadapi virus baru. Khususnya, untuk menghadapi berbagai virus yang bertebaran ketika anda berselancar di dunia maya. Apabila menemukan sesuatu yang aneh, maka antivirus ini akan memberitahukannya kepada anda.
      2. McAfee Stinger 12.1.0.2044
      Antivirus ini memiliki kemampuan menghapus dan membersihkan virus yang telah menginfeksi PC. Guna mendeteksi virus dan malware, maka setidaknya antivirus ini harus selalu di-update. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 dan 64.
      3. AxCrypt 2.1.1403.0
      AxCrypt merupakan aplikasi enkripsi. Alhasil, anda akan disuguhkan fitur kemanan maksimal terhadap file folder anda. Aplikasi ini terkoneksi dengan file explorer komputer sehingga secara otomatis mampu meng-enkripsi, mengompres, melihat deskripsi, wipingm dan memberikan password pada folder penting. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 bit dan 64 bit.
      4. Smadav 2016 Rev.10.8.2
      Antivirus buatan tanah air ini memiliki fitur yang pas guna menghadapi virus lokal. Khusus untuk versi yang satu ini, anda tidak perlu menginstal SmadaV ini di komputer. Cukup masukkan ke dalam flashdisk, lalu instal versi portable aplikasi ini.
      Keunggulan antivirus ini, yaitu mampu mencegahan dan atau membersihkan file dari virus (Locky, Teslacrypt, dll.). Antivirus ini pun memiliki fitur otomatis untuk mengembalikan file tersembunyi di flashdisk.
      Selain itu, antivirus yang identik dengan warna hijau ini, fitur keamanan saat browsing Internet, pembersihan virus Facebook Share, VBS-Houdini, BundpilAutoit, dll pun siap di-eksekusi.
      5. Avast! Free Antivirus 12.1.2272
      Sebagai salah satu antivirus non-komersial, Avast merupakan aplikasi antivirus terbaik.Avast banyak digunakan oleh pengguna pc di Eropa, Avast memiliki keunggulan sebagai antivirus Anti-spyware built-in, web Shield & Resident protection, Anti-rootkit built-in. Selain itu, aplikasi ini pun memudahkan setiap pengguna dengan fitur Otomatis Update bila terhubung di internet.
      6. Windows Firewall Control 4.8.0.0
      Aplikasi ini memiliki kemampuan memaksimalkan fungsi firewall bawaan windows. Menggunakan antivirus ini, memungkinkan pengguna mengontrol firewall.
      Navigasi yang sederhana membuat setiap pengguna mudah dan cepat mengontrol pengaturan firewall komputer. Beberapa pengaturan yang tersedia, yaitu High Filtering, Medium Filtering, hingga No Filtering. Anda bisa mendownload aplikasi ini di sini.
      7. Kaspersky Virus Removal Tool 15.0.19.0
      Antivirus ini memiliki fungsi untuk mengatasi file yang sudah terinfeksi, menghapus virus, Trojan, spyware, serta berbagai jenis malware lainnya. Memiliki algoritma tertentu, sehingga mampu menghapus virus kompleks dan majemuk. Download di sini.
      8. Panda Free Anti Virus 16.1.3
      Merupakan antivirus ringan dengan tugas melindungi komputer dari virus, malware dan sebagainya. Panda antivirus selalu update terhadap jenis antivirus terbaru. Sehingga, mampu berhadapan dan berperang dengan antivirus terbaru.
      Selain itu, penggunaan teknologi Cloud menjadikan aplikasi ini tidak membebani resource komputer, serta perlindungan yang kuat secara real time. Download di sini.
      9. Comodo Internet Security 8.4.0.5068
      Aplikasi antivirus premium ini bertugas melindungi komputer anda dari ancaman saat berselancar di internet. Berbagai serangan yang mampu ditahan oleh aplikasi ini, seperti virus, spyware, rootkit, bot, serta jenis-jenis serangan lainnya. Selain itu, software yang ssatu pun memiliki fitur menghilangkan ncaman yang ditemukan. Download di sini.
      Apabila anda menggunakan versi premium, maka anda dapat menikmati fitur untuk memantauan dan memindaian file, pemindai Email, karantina virus, menikmati sandbox teknologi, hingga mendapatkan perlindungan ganda (antivirus dan firewall).
      10. AVG Anti-Virus 16.81.7640
      AVG Free Edition merupakan antivirus rekomendasi untuk mengamankan komputer dari ancaman antivirus dan antispyware. Selain itu, fitur penangana virus yang efisien sehingga mampu menghemat penggunaan ram & CPU komputer.
      Selain itu, antivirus yang satu ini mampu mengupdate dirinya sendiri ketika komputer terkoneksi dengan internet. Tersedia dua versi, 86 bit dan 64 bit.
    • By BincangEdukasi
      Beberapa orang tidak menyukai kuning telur karena alasan tekstur dan rasa. Padahal kuning telur sangat padat nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk lemak dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk beragam fungsi dan manfaat.
      Berikut adalah beberapa fakta nutrisi kuning telur yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Zeenews, Kamis (12/5/2016).
      Sumber vitamin A dan B
      Kandungan vitamin A dan B yang sangat baik di dalam kuning telur akan bermanfaat untuk kulit dan energi.
      Kolin untuk otak
      Kuning telur juga mengandung kolin, nutrisi esensial untuk kesehatan otak, otot, dan ini penting untuk kehamilan.
      Lemak jenuh sehat
      Kadar lemak jenuh dalam kuning telur baik untuk produksi hormon dab penyerapan vitamin dan mineral yang larut dalam lemak.
      Antioksidan sebanding apel
      Seluruh bagian isi telur memiliki kandungan antioksidan yang sebanding dengan saru buah apel.
      Sumber protein
      Baik kuning maupun putih telur adalah sumber protein makanan, meskipun kandungan protein dalam putih telur sedikit lebih banyak.
    • By BincangEdukasi
      Tak hanya baik untuk sarapan saja, tetapi telur rebus juga baik sebagai teman makan siang. Telur mengandung protein, mineral, dan juga vitamin B12.
      Selain membuat berenergi, telur bisa membantu diet lho. Kulik manfaat ketika mengonsumsi telur rebus di siang hari:
      Rendah kalori
      Telur rebus hanya mengandung 78 kalori. Hanya dengan makan dua telur saja di siang hari, sudah membantu mengisi perut kosong Anda.
      Menjaga Metabolisme
      Telur dipercaya sebagai makanan yang baik untuk menjaga metabolisme. Tubuh membutuhkan energi ekstra yang terdapat dalam telur. Jadi, mengonsumsi telur juga mendukung diet seseorang.
      Menunjang Kesehatan Mata
      Telur mengandung dua jenis antioksidan, yaitu lutein dan zeaxathin. Keduanya berperan untuk merawat kesehatan mata dari dalam tubuh.
      Suplemen yang Baik
      Telur merupakan suplemen yang baik untuk tubuh seseorang. Jika Anda termasuk orang yang gila fitnes, telur bisa menjagi teman baik Anda.
    • By kotawa
      Mungkin banyak yang sudah tahu jika selama ini putih telurlah yang seringkali digunakan sebagai masker perawatan wajah. Namun, ternyata kuning telur juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Karena diketahui jika kuning ternyata memiliki lebih banyak lemak dan nutrisi yang baik untuk kulit.
      Selain mengandung lemak, kuning telur juga mengandung berbagai vitamin dan protein seperti vitamin A, B6, B12, D, E, K, folat, kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium dan selenium.
      Dan berikut adalah manfaat masker kuning telur dan bagaimana cara membuatnya: 
      1. Melembabkan kulit
      Manfaat pertama dari masker kuning telur adalah untuk melembabkan kulit. Kuning telur dapat melembutkan dan melembabkan kulit. Kuning telur juga akan tetap aman dipakai untuk kulit sensitif.
      2. Mengatasi kulit kering dan berminyak
      Jika Anda memiliki masalah kulit kering dan berminyak, Anda bisa menggunakan masker kuning telur untuk mengatasinya. Kuning telur dapat mengatasi masalah kulit kering. Caranya oleskan kuning telur pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan ritual ini 2 kali dalam seminggu.
      3. Menghilangkan jerawat
      Jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan, bukan berarti masalah jerawat tidak dapat diatasi. Anda bisa mengatasi masalah jerawat menggunakan masker kuning telur. 
      4. Memperlambat penuaan
      Kuning telur mengandung nutrisi penting yang dapat memperlambat penuaan. Kuning telur juga digunakan sebagai bahan kosmetik anti-aging yang bemanfaat untuk mengatasi masalah penuaan. Gunakan masker kuning telur 2 kali dalam seminggu.
      Cara membuat masker kuning telur:
      Caranya, pisahkan terlebih dulu kuning telur dan putihnya. Ambil kuning telur dan kocok hingga halus, untuk hasil maksimal Anda bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan alami lainnya seperti yougurt, susu, lemon dan lain sebagainya. Oleskan masker kuning telur pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy