Jump to content

Kabel USB-C Bunuh Laptop Teknisi Google, Kenapa?


Supraman

Recommended Posts

USB-c.jpg.3c8e0ddef12975e48706854c90a797

Nasib nahas baru saja dialami teknisi Google bernama Benson Leung. Dia mengisi baterai laptopnya menggunakan kabel USB-C, namun justru mendapati perangkatnya tersebut hangus terpanggang.

Leung, yang telah menguji kabel USB-C dan mem-posting-nya di Amazon, membagikanreview Surjtech 3M USB kabel A-to-C hanya dengan satu bintang karena USB tersebut dinilai sangat merusak laptop yang digunakan, Chromebook Pixel 2015, dan dua perangkat  USB PD (Twinkie).

"Pada Pixel saya, kedua USB Type-C port berhenti merespons. Dia tidak mau mengisi baterai maupun bertindak host ketika saya memasangnya ke perangkat USB sepertiadaptor ethernet," tulisnya.

"Setelah Pixel saya reboot, sistem datang dalam modus pemulihan karena tidak bisa memverifikasi controller yang tertanam pada sistem. Tidak ada software pemulih yang bisa menghidupkan kembali EC. Setelah dianalisis lebih dekat, kerusakan serius yang terjadi pada komponen berkaitan dengan pengisian dan kemampuan port USB Type-C," jelasnya.

Kabel Surftech kini tidak lagi dijual di Amazon, tapi itu tidak berarti bahwa kabel tidak tersedia di tempat lain. "Saya langsung mengalisis kabel Surjtech menggunakan papanbreakout Type-C dan multimeter, dan tampak bahwa mereka benar-benar salah merangkai kabel. Pin GND dari Type-A steker terikat pin Vbus pada plug Type-C. Pin Vbus pada plug Type-A terikat ke GND pada plug Type-C," terang Leung.

"USB Type-C hanya akan sebagus ekosistemnya, dan lebih khusus lagi akan jadi yang terburuk dari ekosistemnya," lanjut Leung. "Saya sudah mulai meninjau kabel USB di Amazon karena saya telah muak dengan kabel awal dari vendor pihak ketiga yang begitu terang-terangan mencemooh spesifikasi dan saya ingin membawa mereka untuk membuat perbaikan."

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...