Jump to content

Ini Alasannya Kenapa Kelelawar Tidur Terbalik


Recommended Posts

Kelelawar adalah hewan nocturnal yang sangat unik. Tak hanya memiliki bentuk sayap yang khas, hewan yang identik dengan vampir ini juga punya cara tidur yang berbeda dari mamalia lainnya.

kelelawar.jpg.45db081d1f585f787dd75bee80

Namun tahukah Anda kenapa kelelawar tidur terbalik? Ada beberapa alasan kelelawar memilih tidur dengan posisi terbalik atau menggantung.

Pertama, kelelawar tidur terbalik karena mereka menghindari predator. Seperti diketahui, kelelawar aktif di malam hari sehingga mereka tertidur di siang hari. Tidur di tempat yang tinggi membuat mereka tetap aman dari jangkauan predator hingga malam tiba.

Selain itu, kelelawar menggantung saat tidur untuk memudahkan mereka memulai penerbangan. Posisi yang menggantung di tempat tinggi memungkinkan mereka lepas landas dengan lebih mudah.

Terakhir, kelelawar menghemat energi ketika mereka tidur terbalik. Mereka hanya perlu terbang  ke posisi bertengger yang diinginkan, kemudian membuka cakarnya dan menemukan permukaan yang dapat digenggam.

Berat tubuh bagian atas akan menarik tendon yang terhubung dengan cakar ke bawah, dan menyebabkan cakar mengepal serta menggenggam tempatnya bertengger. Dengan cara itu, kelelawar tak perlu melakukan usaha apa pun untuk tergantung terbalik. Cakar yang terus tertutup itu akan tetap membuat sang kelelawar tetap bertengger bahkan ketika ia mati.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By ega
      Saat bangun tidur ada beberapa hal yang seringkali kita lakukan dan tanpa disadari justru akan memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Agar Anda bisa menjalani hari dengan penuh semangat, beberapa hal berikut ini sebaiknya tidak Anda lakukan setelah bangun pagi.
      1. Mengecek ponsel
      Saya cukup yakin, sebagian dari kita terbiasa mengecek ponsel dan media sosial sesaat setelah bangun tidur. Namun, ternyata aktivitas ini justru membuat Anda merasa gelisah sehingga mudah cemas dan tidak bahagia. Memeriksa akun media sosial juga membuat kita jadi lebih fokus pada hal-hal yang tidak terlalu penting.
      2. Mematikan alarm atau menunda alarm agar bisa tidur lagi beberapa menit
      Memejamkan mata kembali untuk beberapa menit lagi sebenarnya kurang efektif malah membuat Anda bertambah lelah. Hal ini karena Anda membuat siklus tidur baru kemudian bangun dengan cepat sehingga Anda jadi lemas, pusing, dan perasaan tidak enak saat terbangun lagi.
      3. Menutup tirai
      Seringkali secara tidak sadar Anda menutup tirai karena tidak ingin terganggu sinar matahari di pagi hari. Namun, ternyata Anda salah. Sinar matahari sebenarnya merupakan cara alami untuk memberi tahu tubuh untuk bangun, bergerak, dan berhenti memproduksi hormon melatonin. Sinar matahari pagi antara pukul 06.00 sampai pukul 08.30 juga merupakan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang Anda. Yuk, mulai biarkan sinar matahari pagi masuk ke kamar Anda.
      4. Membereskan tempat tidur
      Ini juga merupakan kebiasaan usai bangun pagi yang rutin kita lakukan. Sayangnya ini bisa jadi masalah bagi sebagian orang. Membereskan tempat tidur setelah bangun tidak mengusir tungau debu dari tempat tidur Anda. Mikroba ini menyukai kondisi hangat dan lembap yang diproduksi di bawah selimut pada malam hari. Sehingga Anda sebaiknya membereskan tempat tidur ketika hendak berangkat di saat kasur mulai dingin dan tungau debu mulai mengalami dehidrasi lalu mati.
      5. Konsumsi sarapan berat
      Sarapan dengan porsi karbohidrat olahan yang terlalu banyak seperti mi atau nasi goreng bisa mengacaukan gula darah Anda. Ini juga membuat tubuh lebih cepat lapar sebelum makan siang. Konsumsi lebih banyak protein agar merasa kenyang lebih lama. Menurut penelitian, telur merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan protein yang baik untuk sarapan Anda.
    • By Silvia_caroline
      Bagi pencinta kucing sejati, salah satu perasaan terbaik di dunia adalah ketika kucingmu duduk di pangkuanmu dan menekan-nekan tubuhmu dengan dua kaki depannya. Seringkah kamu mengalaminya?
      Perilaku ini disebut meremas. Ada alasan yang meluluhkan hati mengapa hal ini adalah bagian spesial dari hubunganmu dengan kucingmu.
      Perilaku meremas sesungguhnya sudah dimulai sejak anak kucing lahir. Ketika itu, fungsinya adalah untuk merangsang produksi susu di kelenjar susu ibu. Namun setelah melalui fase anak-anak, perilaku meremas kepadamu bukan berarti kucing mencoba membuatmu menghasilkan susu.
      Ketika meremasmu, biasanya juga disertai dengan dengkuran khas kucing. Kemudian, diikuti dengan tidur siang bagi si kucing. Kedua perilaku tersebut juga diamati pada anak kucing selama dan setelah menyusui.
      Menurut ASPCA, kucing dewasa tidak saling mengoceh. Mereka hanya “mengoceh” (katakanlah: mengeong) pada manusia, seperti anak kucing yang mengoceh pada ibunya. Jadi, kucingmu memang menganggap kamu sebagai kucing juga--atau tepatnya sebagai orang tua mereka yang aneh dan terlampau besar.
      Sementara menurut situs PetMD yang dikelola dokter hewan, kucing dewasa di alam liar menggunakan cakarnya untuk menginjak dan melembutkan area kecil untuk tidur. "Nenek moyang liar kucing domestik suka berbaring di permukaan yang lembut dan nyaman untuk tidur atau melahirkan anak mereka," catat situs web tersebut.

      Selain itu, karena kucing memiliki kelenjar bau di bantalan kaki mereka, itu artinya mereka menandai kamu atau tempat tidur kamu sebagai ‘properti’ mereka.
      Bahkan, yang perlu kamu tahu, ketika anak kucing dipisahkan dari ibunya sebelum dia sudah siap, dia akan mencoba menyusu pada hal-hal lain, tidak terkecuali bagian tubuh manusia.
      Coba saja kalau kamu memiliki anak kucing dan letakkan di tubuhmu, dia akan mencoba mencari kelenjar susu yang bisa dia isap. Pada akhirnya, ketika seekor kucing yang katakanlah sudah cukup dewasa ‘menguleni’--alias meremas kamu berarti kamu sangat dicintai.
      Jadi, itu adalah salah satu cara spesial kucing menunjukkan cintanya padamu. "Kucing meremas karena mereka merasa sangat dicintai dan nyaman," kata Katie Armor dari MSPCA kepada The Dodo. "Kamu benar-benar harus menganggap itu sebagai pujian!"
    • By Brenda_Christie
      Kalian tentu pernah mengalami susah tidur. Walau mata sudah dipejamkan, rasanya sulit sekali terlelap. Padahal tak terasa waktu sudah menunjukan pagi hari.
      Akibatnya, tubuh tidak mampu bekerja secara optimal ketika mengawali hari. Kurang tidur juga dapat berujung ke masalah serius seperti obesitas, diabetes hingga kanker.
      Mengonsumsi pil tidur bukan merupakan pilihan tepat. Ada banyak efek negatif yang timbul dari pil tidur. Agar tidur menjadi lebih mudah, kamu bisa mengandalkan buah pisang.
      Nah, buah pisang yang kaya potassium dan magnesium bisa memberi efek relaksasi. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan mengupas pisang dan merebusnya di dalam air mendidih.
      Rebus pisang selama kurang lebih 10 menit. Kamu bisa tambahkan kayu manis untuk mendapatkan aroma sedap. Minum air rebusan pisang satu jam sebelum tidur.
      Buah pisang yang telah direbus juga bisa dinikmati sebagai santapan sehat di malam hari. Taburkan bubuk kayu manis sesuai selera. Konsumsi secara rutin akan membantumu tidur lebih lelap.
    • By BincangEdukasi
      Di dunia ini, perempuan atau betina ditakdirkan untuk mengandung dan melahirkan. Namun, hal berbeda dialami kuda laut.
      Kuda laut mengalami hal yang sangat tidak umum di dunia binatang untuk hamil dan melahirkan. Para ahli bahkan tidak memiliki penjelasan mengapa kuda laut melalui pengalaman tersebut meski mereka berteori itu adalah cara kuda laut membantu anak mereka bertahan hidup.
      Meski kuda laut jantan yang mengandung, jangan salah bahwa mereka merupakan hermafrodit atau berkelamin ganda. Pejantan tetap membutuhkan telur yang disuntikkan ke kantong pejantan oleh betina ketika mereka kawin.
      Kantong pejantan tersebut adalah organ yang sangat kompleks yang mampu mengatur suhu, aliran darat, serta salinitas air untuk telur ketika mereka menetas, sehingga bayi-bayi mereka siap dilahirkan di laut.  
      Teori lainnya yang menjelaskan mengapa pejantan yang mengandung adalah agar kuda laut lebih cepat membuat bayi. Sang betina mendepostikan telurnya yang siap dibuahi ketika kawin dengan pejantan sehingga mereka bisa membuat lebih banyak telur. Jadi ketika pejantan hamil, para betina memproduksi sel telur. Hal tersebut dilakukan agar ketika pejantan melahirkan, mereka siap disuntik telur lagi dan bisa hamil. Ini menghemat waktu dan energi para betina.
      Menurut para ahli, ini adalah acara kuda laut untuk membagi beban. Membuat telur adalah hal yang membutuhkan banyak energi sehingga para betina perlu berkonsentrasi penuh. Sementara itu, para jantan mampu menyediakan “rumah” untuk bayi mereka.
      Menariknya, rumah tersebut bisa dihuni lebih dari seribu bayi pada saat yang sama. Namun, hanya sekira lima dari mereka yang bertahan hidup hingga dewasa. Bayi-bayi tersebut sangat kecil dan tak bisa memakan plankton yang sama dengan orangtua mereka sehingga pilihan mereka sangat sedikit. Saking kecilnya, mereka juga terbawa arus laut dan terpelanting terkena batu.
    • By BincangEdukasi
      Salah satu ciri makhluk hidup adalah bisa mati. Hewan yang termasuk golongan makhluk hidup, seharusnya memiliki ciri yang serupa. Eits, namun rupanya tidak untuk 5 hewan di bawah ini loh.
      5 hewan di bawah ini dikatakan immortal atau tak bisa mati. Yuk intip kisahnya.
      1. Immortal Jellyfish

      Jellyfish atau ubur-ubur bukan hanya seperti yang biasa disaksikan saat berlibur di laut saja loh. Salah satu jenis ubur-ubur adalah Immortal Jellyfish ini.
      Immortal Jellyfish atau ubur-ubur yang hidup abadi ini termasuk dalam spesies Turriptopsis Nutricula. Fase hidup ubur-ubur ini akan melalui kembali fase anak-anak setelah lewat dari fase dewasa atau matang secara seksual. Dan proses ini berulang terus. Wah.
      2. Hydra

      Hydra tentu sudah tak asing lagi, bukan? Hewan dengan kemampuan memperbaharui diri ini pun rupanya memiliki siklus hidup yang membuatnya tak bisa mati.
      Menurut hasil penelitian menyebutkan bahwa hydra tak dapat bertambah tua. Pasalnya, sel-sel tubuh akan terus berada dalam fase memperbaruhi diri.
      Selain itu, kemampuan tersebut pun membuat hydra mampu memperbaiki kerusakan sel serta membuang unsur buruk dari luar. Inilah yang membuat hydra seperti terus hidup.
      3. Lungfish

      Lungfish merupakan salah satu jenis makhluk hidup paling tua di bumi. Hewan dari spesies ikan ini pun memiliki fase hidup unik yang membuatnya bersifat immortal.
      Ikan Lungfish memiliki struktur dan bentuk tubuh primitif. Berbeda dengan jenis ikan lain, Lungfish dapat hidup bertahan tanpa air hingga 6 bulan berkat kemampuannya bernafas tanpa air. Hebatnya, meskipun mungkin Lungfish mati, namun ia akan hidup lagi ketika dimasukkan dalam air.
      Hewan yang termasuk dalam golongan ikan air tawar ini memiliki habitat hidup di rawa yang berlumpur. Ekosistem Lungfish sendiri dapat ditemukan di negara-negara di Afrika, Amerika Serikat, serta Australia.
      4. Targidrate

      Targidrate adalah hewan mikroskopik dengan ukuran tak lebih dari 1,5 milimeter. Karena itu, Anda yang penasaran wajib berbekal mikroskop untuk dapat meilihat salah satu hewan immortal ini.
      Habitat hidupnya sebenarnya adalah di air. Yang istimewa dari Targidrate selain kemampuannya untuk tak mati adalah bentuknya. Tubuh Targidrate hampir mirip dengan tapir dengan moncong, hanya saja, kaki yang ia miliki berjumlah 8.
      Targidrate mungkin adalah hewan dengan adaptasi paling sempurna. Ia bisa bertahan hidup dalam situasi, dan kondisi seperti apapun. Ia bertahan di cuaca panas hingga ekstrim dingin. Walau ekosistemnya dalam air, ia pun tak masalah bila harus hidup tanpa air.
      Bahkan ia akan tetap hidup tanpa udara. Hal ini dibuktikan ketika para ilmuwan membawa Targidrate ke luar angkasa dan terbukti ia tetap hidup. Luar biasa.
      5. Tree Weta

      Hewan sebangsa semut dengan ukuran yang besar ini termasuk dalam golongan serangga yang tak bisa mati. Hampir sama seperti Targidrate, Tree Weta pun memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang hebat.
      Kemampuan tersebut didapat dari darah Tree Weta yang memiliki protein anti beku. Ia dapat bertahan di udara sangat dingin.
      Walau dari luar Tree Weta seperti telah mati membeku, namun jantung dan otaknya akan tetap bekerja karena protein anti beku ini.
      Setelah suhu udara kembali normal, serangga raksasa ini pun mampu hidup kembali. Ia bergerak dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Wah hebat…
×
×
  • Create New...