Jump to content

Berapa Banyak Serangga dan Arthropoda Dirumah Kamu?


Recommended Posts

lalat.jpg.2d1985129896ef7cec782c3862d838

Rumah kalian bersih dan bebas serangga? Yakin? Coba deh cari dengan teliti. Biasanya kalian bisa menemukan serangga di tempat-tempat tersembunyi atau sudut-sudut gelap. Sebab tempat itu jadi tuan rumah bagi berbagai macam penghuni liar kecil, yang entah bagaimana bisa ada di sana dalam jumlah, yang mungkin tak bisa kalian bayangkan.

Sebenarnya ada berapa banyak sih arthropoda yang hidup di rumah bersama manusia? Pertanyaan inilah yang hendak dijawab oleh sejumlah peneliti dari North Carolina State University di Amerika Serikat sana.

Arthropoda adalah hewan yang kakinya berbuku-buku atau beruas-ruas. Nah para peneliti itu mencari tahu seberapa banyak sebetulnya arthropoda (seperti serangga, laba-laba) atau binatang tak bertulang belakang (invertebrata), yang berbagi tempat tinggal dengan manusia.

Mereka melakukan sampling di radius 48 kilometer di Raleigh, North Carolina. Mereka mengumpulkan semua arthropoda, hidup maupun mati.

Berbekal senter dan alat bantu lainnya, mereka berburu serangga di langit-langit, basement, kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan tempat-tempat biasanya pemilik rumah berada.

Hasilnya, mereka menemukan rata-rata ada 100 spesies, yang mewakili 62 familia dalam arthropoda, di tiap rumah. Wow.

Kebanyakan spesies ini pasti kalian kenal. Lalat, kumbang, tawon, laba-laba, dan semut adalah yang paling sering ditemukan.

Kalau ditotal, para peneliti itu menemukan 579 spesies dari 304 familia.

Nah, kalau kalian bagaimana? Ada berapa ya serangga atau arthropoda yang hidup serumah dengan kalian?

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By patricia
      Berdasarkan laporan dari PBB, dalam 12 tahun mendatang, suhu global Bumi akan memanas dengan peningkatan sekitar 1,5 derajat Celcius.
      Hal ini diprediksi akan memperburuk deretan risiko yang merusak lingkungan, mulai kekeringan, banjir, panas ekstrem, hingga kemiskinan bagi jutaan orang.
      Nah, ternyata ada cara yang cukup unik untuk mencegah pemanasan global terjadi. Hal ini berdasar dari satu fakta, di mana produksi makanan menyumbang seperempat emisi gas rumah kaca akibat ulah manusia. Hal ini pun akan meningkat karena produksi pangan yang juga meningkat.
      Tentu, kita tidak serta merta bisa untuk seketika tidak memakan makanan dari ternak seperti sapi atau ayam.
      Pasalnya, pergeseran untuk mengonsumsi produk kacang-kacangan juga berpotensi menggunduli hutan jika hal tersebut populer.
      Di banyak tempat seperti Brasil, hutan hujan sudah terganti posisinya dengan kedelai dan hal ini ternyata memangkas paru-paru Bumi.
      Solusi datang dari ilmuwan kepada masyarakat, untuk bisa mengonsumsi serangga. Hal ini disebut ilmuwan sebagai solusi dari kekurangan pangan global dan pengurangan emisi global yang bersumber dari peternakan hewan.
      Pasalnya, jumlah serangga yang banyak dan tidak adanya emisi menjadi cara yang paling masuk akal.
      Kurang Diterima
      Hampir semua orang tak akan merasa senang dengan solusi ini.
      Justru, banyak yang jijik hanya sekedar membayangkan dirinya menyantap belalang.
      Namun, para ilmuwan kini memiliki 'pemasaran' baru yang bisa membuat umat manusia tertarik mengonsumsi serangga, yakni serangga adalah sumber protein sehat.
      Jadi, kini banyak yang memasarkan serangga sebagai tren makanan sehat dan berkelanjutan bagi lingkungan.
      Seorang peneliti bernama Sebastian Berger menyebut bahwa teknologi pertanian telah canggih, sehingga serangga benar-benar bisa dimakan, bukan sekedar lagi makanan ekstrem seperti yang jadi khazanah kuliner di beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand atau di Meksiko.
      Membuatnya Menjadi Lezat
      Salah satu perusahaan pangan bernama Essento Food AG, telah berhasil memasarkan serangga sebagai makanan kelas atas yang rasanya lezat.
      Sang peneliti juga menyebut kalau serangga harus "disushikan", karena masyarakat barat baru menerima ikan mentah untuk dikonsumsi tidak sampai dua dekade ke belakang. Kini, sushi dianggap sebagai makanan lezat dan kelas atas.
    • By Silvia_caroline
      Bagi pencinta kucing sejati, salah satu perasaan terbaik di dunia adalah ketika kucingmu duduk di pangkuanmu dan menekan-nekan tubuhmu dengan dua kaki depannya. Seringkah kamu mengalaminya?
      Perilaku ini disebut meremas. Ada alasan yang meluluhkan hati mengapa hal ini adalah bagian spesial dari hubunganmu dengan kucingmu.
      Perilaku meremas sesungguhnya sudah dimulai sejak anak kucing lahir. Ketika itu, fungsinya adalah untuk merangsang produksi susu di kelenjar susu ibu. Namun setelah melalui fase anak-anak, perilaku meremas kepadamu bukan berarti kucing mencoba membuatmu menghasilkan susu.
      Ketika meremasmu, biasanya juga disertai dengan dengkuran khas kucing. Kemudian, diikuti dengan tidur siang bagi si kucing. Kedua perilaku tersebut juga diamati pada anak kucing selama dan setelah menyusui.
      Menurut ASPCA, kucing dewasa tidak saling mengoceh. Mereka hanya “mengoceh” (katakanlah: mengeong) pada manusia, seperti anak kucing yang mengoceh pada ibunya. Jadi, kucingmu memang menganggap kamu sebagai kucing juga--atau tepatnya sebagai orang tua mereka yang aneh dan terlampau besar.
      Sementara menurut situs PetMD yang dikelola dokter hewan, kucing dewasa di alam liar menggunakan cakarnya untuk menginjak dan melembutkan area kecil untuk tidur. "Nenek moyang liar kucing domestik suka berbaring di permukaan yang lembut dan nyaman untuk tidur atau melahirkan anak mereka," catat situs web tersebut.

      Selain itu, karena kucing memiliki kelenjar bau di bantalan kaki mereka, itu artinya mereka menandai kamu atau tempat tidur kamu sebagai ‘properti’ mereka.
      Bahkan, yang perlu kamu tahu, ketika anak kucing dipisahkan dari ibunya sebelum dia sudah siap, dia akan mencoba menyusu pada hal-hal lain, tidak terkecuali bagian tubuh manusia.
      Coba saja kalau kamu memiliki anak kucing dan letakkan di tubuhmu, dia akan mencoba mencari kelenjar susu yang bisa dia isap. Pada akhirnya, ketika seekor kucing yang katakanlah sudah cukup dewasa ‘menguleni’--alias meremas kamu berarti kamu sangat dicintai.
      Jadi, itu adalah salah satu cara spesial kucing menunjukkan cintanya padamu. "Kucing meremas karena mereka merasa sangat dicintai dan nyaman," kata Katie Armor dari MSPCA kepada The Dodo. "Kamu benar-benar harus menganggap itu sebagai pujian!"
    • By Adeus
      Lalat, nyamuk hingga kecoa sering sekali mengganggu kehidupan kita, lebih dari itu mereka tidak higienis. Lalat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, demikian juga dengan nyamuk dan kecoal serta serangga lainnya.
      Untuk mengusirnya, kini banyak sekali pembasmi serangga yang dengan mudah ditemukan di warung hingga supermarket. Namun sekali lagi, pembasmi serangga ini memiliki efek samping karena terbuat dari insektisida.
      Bahan-bahan yang digunakan, biasanya terdiri dari ratusan bahan kimia yang membahayakan kesehatan kita. Namun jika Anda ingin cara alami dan mudah, bisa melakukan cara yang mudah, aman dan tidak berbahaya berikut ini.
      Cara alami berikut ini ampuh untuk menghilangkan lalat, nyamuk dan serangga lainnya hanya dalam waktu satu jam saja.
      Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
      Setengah cangkir minyak nabati Setengah cangkir shampoo (apa saja) Setengah cangkir cuka alami dengan konsentrasi 9 persen Cara pembuatannya adalah, campur semua bahan dengan baik dan tercampur rata, kemudian tuangkan campuran dalam botol lalu semprotkan. Semprot semua tempat di rumah Anda di mana lalat, nyamuk atau kecoa kerap datang.
    • By BincangEdukasi
      Di dunia ini, perempuan atau betina ditakdirkan untuk mengandung dan melahirkan. Namun, hal berbeda dialami kuda laut.
      Kuda laut mengalami hal yang sangat tidak umum di dunia binatang untuk hamil dan melahirkan. Para ahli bahkan tidak memiliki penjelasan mengapa kuda laut melalui pengalaman tersebut meski mereka berteori itu adalah cara kuda laut membantu anak mereka bertahan hidup.
      Meski kuda laut jantan yang mengandung, jangan salah bahwa mereka merupakan hermafrodit atau berkelamin ganda. Pejantan tetap membutuhkan telur yang disuntikkan ke kantong pejantan oleh betina ketika mereka kawin.
      Kantong pejantan tersebut adalah organ yang sangat kompleks yang mampu mengatur suhu, aliran darat, serta salinitas air untuk telur ketika mereka menetas, sehingga bayi-bayi mereka siap dilahirkan di laut.  
      Teori lainnya yang menjelaskan mengapa pejantan yang mengandung adalah agar kuda laut lebih cepat membuat bayi. Sang betina mendepostikan telurnya yang siap dibuahi ketika kawin dengan pejantan sehingga mereka bisa membuat lebih banyak telur. Jadi ketika pejantan hamil, para betina memproduksi sel telur. Hal tersebut dilakukan agar ketika pejantan melahirkan, mereka siap disuntik telur lagi dan bisa hamil. Ini menghemat waktu dan energi para betina.
      Menurut para ahli, ini adalah acara kuda laut untuk membagi beban. Membuat telur adalah hal yang membutuhkan banyak energi sehingga para betina perlu berkonsentrasi penuh. Sementara itu, para jantan mampu menyediakan “rumah” untuk bayi mereka.
      Menariknya, rumah tersebut bisa dihuni lebih dari seribu bayi pada saat yang sama. Namun, hanya sekira lima dari mereka yang bertahan hidup hingga dewasa. Bayi-bayi tersebut sangat kecil dan tak bisa memakan plankton yang sama dengan orangtua mereka sehingga pilihan mereka sangat sedikit. Saking kecilnya, mereka juga terbawa arus laut dan terpelanting terkena batu.
    • Guest News
      By Guest News
      Atas saran penasehat spiritualnya, seorang sosialita Amerika pada abad ke-19 membangun rumah peristirahatan khusus untuk para arwah yang selalu menghantuinya. Rumah mewah bernama Winchester House ini populer sebagai tujuan wisata, terutama bagi mereka yang ingin menguji nyali.
       
×
×
  • Create New...