Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
abas

Makan ikan memang sehat, Kalau alergi gimana ya?

Recommended Posts

56a2c8d691dd8_IkanRicaRica-ngobas.jpg.c2

Makan ikan itu menyehatkan. Masalahnya, ada saja anak yang akan mengalami alergi kalau makan ikan. Lantas, bagaimana asupan gizinya?

Kandungan gizi dari seekor ikan dapat membantu pertumbuhan syaraf pada otak dan mempertajam sel motorik anak.
Ikan laut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, dan akan lebih tinggi lagi ketika ikan dalam keadaan telah diolah seperti ikan kering, karena kadar air yang menyusut membuat kandungan protein meningkat.

Faktanya ikan yang ditangkap dari lautan tidak secara langsung diolah melainkan didiamkan beberapa waktu hingga akhirnya sampai ke rumah. Pada saat itulah mikroba bertumbuh dan menurunkan kualitas ikan, yang mengakibatkan alergi bagi yang mengkonsumsinya.

Alergi pada ikan biasanya merupakan bawaan keturunan. Kepada CNN Student, Prof. Ali Khomsan, seorang ahli gizi dari IPB, mengatakan bila dilatih makan ikan sejak dini, sedikit sedikit gejala alergi akan berkurang.

Dia menyarankan memilih ikan segar dengan warna insang yang masih fresh. Seseorang yang mengalami alergi terhadap ikan memiliki tubuh dengan reaksi yang menganggap protein sebagai musuh. Sehingga tubuh mengeluarkan gejala pembengkakan, gatal, dan kulit memerah, bahkan hingga sesak bernafas.
Untuk alternatif lain, jika anak sangat sensitif terhadap ikan, dapat digantikan dengan sumber protein lain seperti kacang polong dan kedelai. Sedangkan untuk zat omega 3 Orang tua dapat menggantinya dengan telur ayam yang khusus mengandung omega 3 tinggi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By kotawa
      Hi ndral,
      Gw tahun baru mau nanya, mending sarapan dulu atau mandi dulu?
    • By BincangEdukasi
      Obesitas pada anakmerupakan salah satu kekhawatiran yang dirasakan oleh banyak orang tua saat ini. Menutur laporan dari US Centers for Disease Control and Prevention, seorang anakyang terserang obesitas cenderung rawan terkena resiko diabetes, penyakit jantung serta kanker.
      Hal tersebut biasa menjangkiti anak-anak pada rekapan usia antara 6 hingga 11 tahun. Pada usia ini, biasanya anak-anak cenderung sedang dalam tahap hiperaktif dan sulit untuk di kontrol aktifitasnya, terutama berkaitan dengan pola makan, aktifits keseharian dan ritunitas olah raga. Namun, sebenarnya obesitas dapat dicegah sejak dini, dan itu tentu saja menuntut peranan serta  dukungan ekstra dari orang tua.
      Berikut ini adalah beberapa tips jitu yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menghindari terjadinya Obesitas Pada Anak
      Perhatikanlah pola makan anak
      Obesitas banyak menjangkiti sebagian besar  anak yang cenderung tidak terkontrol dengan baik pola makannya. Terutama jenis makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, minuman yang bersoda, makanan cepat saji dan makanan sereal.  Jenis makanan tersebut biasanya menjadi menu favorit anak-anak. Maka dari itu, orang tua harus rutin mengawasi anak mengenai jenis makanan atau jajanan ringan yang di konsumsi. Kalau bisa, latihlah anak untuk menyukai buah-buahan dan sayur mayur sejak dini, hal ini akan sangat membantu dalam menyeimbangkan berat badan serta  baik untuk menunjang kesehatan dan  pertumbuhan.
      Latihlah anak untuk membiasakan sejak dini gaya hidup yang seimbang
      Mayoritas anak-anak, mereka sangat menyukai jenis kegiatan seperti bermain game, nonton video dan nonton tv. Padahal, kebiasaan tersebut merupakan faktor yang signifikan dalam meningkatkan kelebihan berat badan. Jadi, sebisa mungkin bagi orang tua untuk mengarahkan pada anak supaya tidak terlalu banyak menghabiskan waktu menekuni rutinitas  tersebut.
      Latihlah anak untuk mencintai olah raga
      Kebiasaan oleh raga yang teratur sejak dini bukan hanya baik untuk kesehatan anak, namun juga sangat penting dalam mengontrol keseimbangan hormon yang dapat menyeimbangkan antara pertumbuhan dan berat badan, sehingga terhindar dari obesitas.
      Kenali jenis menu died yang sehat untuk anak
      Orang tua harus mengetahui bahwa menu died sehat untuk anak-anak berbeda dengan menu died  untuk orang tua. Jika perlu, bertanyalah pada ahli kesehatan mengenai menu yang cocok dan tepat untuk anak sesuai dengan tingkat usia.
      Biasakan mengajak anak untuk berkumpul bersama keluarga
      Ajarkanlah pada anak untuk terbiasa berkumpul dengan keluarga, terutama saat makan malam. Dalam kondisi ini, biasanya seorang anak cenderung lebih tenang dan terbuka pada orang tuanya. Jadi, di sini orang tua memiliki kesempatan yang luas untuk memberikan arahan pada anak dengan cara yang santai dan menyenangkan.
    • By BincangEdukasi
      Saat pagi datang dan alarm berbunyi, apa yang Anda lakukan? Jika hari tersebut adalah hari kerja, kemungkinan besar Anda akan memencet tombol snooze berulang kali. Lalu Anda membuka mata, dan ternyata sudah setengah jam terlewat dari waktu masuk kerja. Wah! Bisa dipastikan Anda panik dan terburu-buru menyiapkan segala sesuatu. 
      Padahal ada cara bangun pagi yang lebih "ramah" untuk badan dan otak, lho. Jack Wiener, penulis The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body mengungkapkannya di situs www.youbeauty.com. "Anda justru harus bangun tidur dengan santai karena ini akan membuat kesadaran Anda lebih fokus dan Anda bisa menjalani hari lebih fokus. Bahkan kalau sedang stres, Anda bisa menanganinya dengan lebih baik."  
      Untuk mendapatkan keuntungan tadi, menurut Wiener, hanya ada tiga hal yang harus dilakukan saat bangun tidur. Ssttt, lakukan ini sebelum beranjak dari tempat tidur, ya. Pertama, lakukan lenturkan kaki dengan lembut sampai kaki berada dalam posisi lurus selama 15-30 detik. Setelahnya goyangkan jari tangan, buka perlahan, dan kepalkan jari-jemari menyerupai kepalan tinju selama 15-30 detik.
      Kedua, setelah Anda berdiri dari tempat tidur, pastikan posisi telapak kaki menempel rata dengan lantai. Diam sebentar, dan rasakan tekstur lantai yang bersentuhan langsung dengan kulit telapak kaki Anda. Ketiga, lakukan peregangan di area lutut. "Melakukan gerakan ini dan bukan meregangkan leher atau bahu akan membuat badan Anda lebih membumi dan lebih fokus menghadapi hari," pungkas Wiener.
      Yuk ndral, mulai cara hidup sehat! 
    • By c0d1ng
      Ikan buntal termasuk jenis ikan yang jarang dikonsumsi tapi beberapa orang di Jepang menjadikan ikan ini sebagai makanan yang cukup populer. Mengolah ikan buntal jauh berbeda dengan mengolah ikan biasa, pasalnya ada bahan berbahaya dalam ikan buntal yang bisa jadi racun dalam tubuh.
      Tidak hanya ikan buntal yang berbahaya dikonsumsi, ada beberapa bahan makanan yang juga berpotensi jadi racun saat disantap dengan salah pengolahan.
      Ikan buntal

      Banyaknya jenis makanan laut yang tesedia entah mengapa banyak orang yang memilih membayar ratusan dolar demi bisa menyantap ikan yang sangat berbahaya ini. Ada banyak varian ikan buntal yang tersebar di lautan tapi seluruhnya berpotensi mengandung racun di bagian hatinya. Racun ikan ini yang disebut tetrodoxin, yakni racun yang 1.200 kali lebih berbahaya dibanding sianida.
      Negara dengan masyarakat paling banyak mengonsumsi ikan buntal adalah Jepang. Koki yang mengolah ikan buntal harus melalui proses pelatihan panjang. Meski demikian, masih saja ada jumlah kematian orang usai menyantap ikan buntal. Tercatat masih ada 23 kematian sepanjang 2000 hingga 2009 di Jepang akibat mengonsumsi ikan buntal.
      Kacang merah

      Pati dan kandungan dalam kacang merah sangat baik untuk tubuh, apalagi jika diolah perlahan dengan cara direbus. Tapi kacang merah akan jadi berbahaya jika dimasak dengan tidak benar. FDA atau The Food and Drug Administration menyarankan untuk memasak kacang merah selama 30 menit untuk memastikan kandungan zat phytohemagglutinin hancur sepenuhnya. Zat ini jadi racun yang akan berbahaya ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Panas tinggi secara perlahan bisa menghilangkan zat racun ini.
      Daun rhubarb

      Di Indonesia memang daun ini jarang digunakan tapi pada masakan Barat daun ini sering ditambahkan dalam masakan sayur. Daun ini memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi yang akan jadi berbahaya ketika masuk dalam tubuh. Daun rhubarb mentah bahkan bisa jadi racun yang membunuh tikus dengan cepat. Kandungan racun paling tinggi ada di bagian batangnya jadi jangan coba mengonsumsinya tanpa diolah terlebih dulu.
    • By BincangEdukasi
      Mengapa ikan koi kita yang baru beli mudah mati? Disini ada beberapa penyebab, mengapa ikan koi yang baru beli mudah mati.
      Kolam ikan masih baru.
      Kolam ikan yang masih baru, tidak cocok langsung dihuni ikan koi. Karena masih banyak racun di kolam itu. Seperti bau semen dan cat. Dan kualitas air yang masih baru. Air ledeng mengandung kaporit yang membuat racun bagi ikan koi. Sebaiknya gunakan kolam ikan setelah 1 - 2 minggu. Diamkan air ledeng di kolam beberapa hari dengan airasi yang sering, seperti penggunaan filter yang sudah bagus atau kesedian pompa udara untuk kolam.
      Ikan yang kita beli tidak sehat
      Pemilihan ikan dari beli ikan koi di pasar ikan haruslah memilih yang sehat. Dengan melihat fisik badan seperti kapal selam dan fisik tidak ada cacat. Warna cerah. Berenang sering bergerombol tidak menyendiri.
      Kualitas oksigen kolam kurang
      Kualitas oksigen kurang akan membuat ikan koi akan sering muncul di permukaan untuk mengambil oksigen. Kalau dibiarkan akan membuat koi mati lemas. Sediakan beberapa pompa udara dan perbaiki filter kolam ikan koi yang baik.
      Ikan koi yang baru masuk kolam
      Penambahan ikan koi yang baru akan mempengaruhi ikan koi penghuni lama. Keadaan ini bisa membuat stress ikan koi, sehingga sering terjadi melompat keluar kolam. Sebelum ditambahkan koleksi ikan koi baru ke dalam kolam. Ikan koi yang baru harus di karantina dahulu di kolam lain atau bak penampungan dengan airasi yang cukup, gunakan air kolam yang ada agar saat dimasukkan ke kolam baru tidak stress. Jangan lupa tambahkan garam ikan untuk menenangkan ikan supaya tidak stress.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy