Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
eka

Keran Air Punya Lebih Banyak Bakteri daripada Toilet

Recommended Posts

aa3d59e2-aec1-488a-bbb6-33ec2387bb2b_169

Banyak di antara kita khawatir tentang kuman yang mengintai di toilet. Namun, menurut para ahli, orang-orang harus mengalihkan perhatian mereka ke kuman di dapur. 

Sebuah studi menemukan kita menghirup lebih banyak kuman dari keran air daripada toilet. Bakteri akan berkumpul di objek dan setiap permukaan di rumah dan melakukan perjalanan di udara, bersirkulasi di seputar rumah. 

Seorang peneliti California ingin mengetahui, objek atau area apa di rumah yang membiakkan lebih banyak bakteri, dan lalu dilepaskan di udara yang dihirup. Mereka terkejut saat mengetahui keran air adalah sumber kuman yang kerap diabaikan. Dari keran air kuman dilepaskan di udara yang kita hirup. 

Sebuah teori mengatakan, kuman dapat lebih mudah lepas dari keran air ke udara dibandingkan dari permukaan lain, termasuk toilet.

Peneliti mengatakan bahwa mempelajari berapa banyak mikroba yang bersirkulasi di sekitar rumah adalah hal penting mengingat sebagian besar waktu yang dihabiskan seseorang adalah di dalam rumah. 

Tim peneliti dari Universitas Californa, Berkeley meneliti bakteri udara di 29 rumah di area San Francisco Bay. Mereka mengambil contoh bakteri dari karpet, hewan peliharaan, ubin kamar mandi, pancuran kamar mandi, toilet, dan orang-orang yang tinggal di sana. 

Hal ini dilakukan untuk mengetahui permukaan mana yang berkontribusi atas terbangnya bakteri ke udara. Namun, peneliti mengatakan, udara membawa mikroba berbahaya yang dapat berkembang di rumah. 

Peneliti sempat bertanya-tanya, apakah membilas toilet dapat menyemprotkan bakteri dari kotoran ke udara di sekitar rumah? Namun, mereka menemukan bahwa hanya 0,4 persen mikroba diketahui berasal dari toilet. Lebih mengejutkan lagi, hampir 9 persen bakteri udara berasal dari keran air.

Dalam jurnal Microbiome, peneliti mengatakan, “Menariknya, keran air diindikasikan sebagai sumber penting ketiga penyebaran bakteri di udara dalam ruangan.” 

Mereka menambahkan, permukaan dapur, ubin kamar mandi, kulkas, air liur, dan toilet berkontribusi sangat kecil terhadap populasi mikroba di udara. Mereka menyimpulkan, bakteri nampaknya lebih mudah lolos dari keran air ke udara daripada permukaan lain di rumah. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Produk yang mengandung antimikroba Triclosan telah digunakan sejak 1964, diklaim menjadi salah satu dari 10 pencemaran lingkungan teratas di sungai negara bagian Amerika Serikat, Nevada. Akibatnya, produk tersebut dapat mengganggu sistem endokrin margasatwa dan menyebabkan efek toksik terhadap reproduksi dan perkembangannya.
      Sebuah studi baru di University of Nevada, telah menemukan cara potensial untuk mengurangi adanya antimikroba yang juga terkait dengan masalah resistensi antibiotik.
      "Hasilnya menjanjikan bahwa kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana triklosan terdegradasi di lingkungan alami, dan berpotensi menemukan cara untuk menghilangkan kontaminan dari lingkungan dan dalam jangka panjang melawan masalah resistensi antibiotik," kata Yu Frank Yang, Asisten profesor teknik lingkungan di Universitas Nevada dikutip dari Eurekalert.
      Triclosan biasanya digunakan untuk hal-hal seperti pembersih tangan, deterjen, sabun dan cat, yang dapat terdegradasi lebih cepat di lingkungan melalui proses kombinasi bakteri pengurang logam dan bahan organik alami.
      Tim yang menguji matriks dari bakteri strain yang dicampur dengan bahan organik untuk mengetahui kondisi triclosan yang terdegradasi paling cepat. Para peneliti juga menemukan sebuah campuran yang mengurangi waktu penyebaran triclosan menjadi sekira 10 jam.
      Hasil keseluruhan ditentukan oleh konsentrasi bahan organik aktivitas mikroba dan kimia air. Penelitian tersebut masih memerlukan studi dan pengembangan lebih lanjut, terlebih faktor biaya yang dibutuhkan juga tak sedikit.
      Sebagai informasi, Yang dan timnya telah mempresentasikan proyek ini dan pekerjaan lainnya dalam sembilan presentasi di pertemuan musim semi American Chemical Society di San Francisco, California pada awal April.
    • By BincangEdukasi
      Anda mungkin bisa bertahan hidup tanpa makan dalam beberapa hari, tapi jika tanpa air, Anda mungkin akan lebih sulit bertahan hidup.
      Air merupakan bagian penting dalam tubuh kita. Sekitar 70 persen tubuh kita terdiri atas air. Air ada pada darah, otot, dan tulang yang bertanggung jawab menjaga metabolisme. Penting bagi kita menjaga asupan air setiap hari.
      Tubuh setidaknya membutuhkan delapan gelas air dalam sehari. Kekurangan air memberi dampak buruk bagi kesehatan. Dikutip dari Solopos.com, inilah yang terjadi pada tubuh ketika Anda kekurangan air:
      Sembelit
      Kekurangan air membuat feses keras dan Anda akan mengalami sembelit. Agar buang air besar teratur, tubuh membutuhkan air yang cukup.
      Maag
      Ketika tubuh kekurangan air, ada pembentukan muktosa dalam lambung juga berkurang. Hal ini akan mempengaruhi pencernaan dan mengarah pada sakit maag.
      Nyeri Sendi
      Sekitar 80 persen tulang rawan dalam sendi terdiri dari air. Ketika tubuh tidak cukup air maka akan menyebabkan peradangan dan nyeri sendi.
      Tekanan Darah Rendah
      Darah mengandung unsur air. Jadi ketika tubuh kekurangan air akan mengarah ke penurunan tingkat tekanan dalam darah.
      Gerakan Jantung Tak Normal
      Ketika tubuh kekurangan air, terjadi pengurangan garam, gula dan mineral dalam tubuh. Hal ini menyebabkan irama jantung yang abnormal.
      Kelelahan dan Pusing
      Ketika tubuh kurang air, jaringan dan sel dalam tubuh juga tidak mendapatkan cukup air. Keadaan itu membuat enzim gagal menghasilkan energi yang cukup. Hal ini menyebabkan orang merasa pusing dan lelah.
    • By berita_semua
      Usai arus mudik Lebaran berakhir, kini PT Pertamina (Persero) mulai bersiap diri menyambut arus balik Lebaran 2016. Direktur Pemasaran Achmad Bambang menuturkan, ada dua hal yang perlu disiapkan pertama Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kedua logistik.
      Bambang menuturkan, belajar dari arus mudik, ketersediaan BBM yang disiapkan tercukupi namun ternyata logistik konsumen seperti makanan dan air di tengah kemacetan sangat kekurangan. Untuk itu, logistik jadi fokus pada arus balik Lebaran 2016.
      "Kita enggak nyangka kondisi logistik lainya seperti orang kesulitan air dan makan di tengah arus mudik. Nah kami, Pertamina, berikutnya akan siapkan air untuk arus balik. Nanti air mineral bright dan makanan kecil bright, kita siapkan gratis. Paling abis berapa truk," ujarnya dalam acara open house di kediaman Menteri BUMN.
      Selain itu, untuk persiapan arus balik, pihak Pertamina akan menyiapkan 35.000 ribu liter. Bila kurang, sudah disipakan mobil pengisian bahan bakar yang siap kapan pun untuk mengisi ulang.
      "Arus balik ini akan pecah kemacetannya tidak seperti arus balik. Untuk macet-macet yang tersebar, bisa di Jakarta dan Cikampek, kami akan siapkan 35 KL kemasan," ujarnya.
    • Guest News
      By Guest News
      Gugatan oleh 11 negara bagian, yang dipimpin oleh Texas, menuduh pemerintahan Obama hendak mengubah sekolah menjadi “laboratorium sosial massal".

      Sebelas negara bagian Amerika menggugat pemerintahan Obama atas pedoman mengenai penggunaan kamar-kamar kecil di sekolah dan murid transgender.
      Pedoman pemerintah Federal merekomendasikan bahwa sekolah-sekolah negeri memperbolehkan murid menggunakan kamar kecil menurut gender mereka, bukan berdasarkan jenis kelamin yang tertera pada surat kelahiran mereka.
      Gugatan oleh 11 negara bagian, yang dipimpin oleh Texas, menuduh pemerintahan Obama hendak mengubah sekolah menjadi “laboratorium sosial massal", mengolok-olok proses demokratik dan tidak mengindahkan kebijaksanaan yang masuk akal untuk melindungi anak-anak dan hak privasi dasar.
      Baik Gedung Putih maupun Departemen Kehakiman tidak memberikan komentar mengenai gugatan hukum itu.
      Ketika mengumumkan pedoman tersebut awal bulan ini, Jaksa Agung Loretta Lynch mengatakan, “di sekolah-sekolah kita tidak ada diskriminasi.”
      Pedoman itu tidak mengikat, tetapi sekolah bisa kehilangan jutaan dolar bantuan pemerintah federal jika mereka tidak mematuhi pedoman itu.
    • By BincangEdukasi
      Pakaian terbuat dari serat dari benang ataupun polimer sintetis. Ketika pakaian tersebut dicuci, serat-serat dari pakaian tersebut tidak lurus akibat proses pencucian. Untuk membuat serat pakaian itu lurus kembali perlu polimer tersebut harus dipanaskan dan digosok dengan menggunakan beban cukup kuat dari setrika itu.
      Untuk mempermudah serat kain dapat lurus dan halus kembali, kain dapat diberi sedikit air. Partikel air tersebut dapat masuk pada serat kain sehingga serat kain tidak kaku lebih mudah untuk dibentuk. Sehingga ketika menyetrikanya, akan menjadi lebih ringan. Dan setelah pakaian itu dingin kembali, serat kain tersebut akan tetap lurus dan mulus.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy