Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Badai Tuan telah berlalu
      Salahkah 'ku menuntut mesra?
      Tiap pagi menjelang
      Kau di sampingku
      'Ku aman ada bersamamu
      • 0 replies
    • Ini Enak dan Tidak Enaknya Jadi Menteri
      Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada periode 2019-2024 dalam Pilpres 2019.

      Setelah pemilihan umum dan berbagai sidang yang menegangkan, kini perhatian masyarakat terfokus pada calon menteri baru dalam kabinet pemerintah 2019-2024.

      Masyarakat penasaran siapa saja menteri yang akan membantu Presiden dan Wakil Presiden terpilih di masa depan.
      • 0 replies
    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
Aladin

Batuk Karena Rokok Itu Bisa Jadi Penyakit Serius!

Recommended Posts

56832919b2427_CewekMerokok-Ngobas.jpg.ee
Terlalu banyak perokok tidak menyadari risiko penyakit paru obstruktif kronik.

Perokok dihimbau untuk tidak mengabaikan gejala sederhana, seperti batuk-batuk, karena bisa jadi pertanda penyakit serius.

Badan Kesehatan Inggris mengatakan, terlalu banyak perokok tidak menyadari risiko penyakit paru obstruktif kronik (COPD).

Penyakit tersebut, yang menyempitkan saluran pernafasan, dapat membuat penderita perlu bersusah payah untuk melakukan aktivitas ringan; misalnya naik tangga.

COPD sebenarnya istilah umum untuk sejumlah penyakit paru-paru serius termasuk bronkitis kronis dan emfisema.

Belum ada penyembuh

Orang dengan penyakit ini akan kesulitan bernapas, yang terutama disebabkan penyempitan saluran napas dan kerusakan jaringan paru.

Gejala umum termasuk kehabisan napas saat beraktivitas, batuk terus-menerus, dan nyeri dada yang sering.

Pakar kesehatan mengatakan, perokok sering mengabaikan gejala awal berupa batuk; namun dengan melanjutkan kebiasaan merokok, kondisi tersebut memburuk dan merusak kualitas hidup.

Sampai saat ini belum ada penyembuh untuk COPD, namun berhenti merokok, olahraga khusus, dan pengobatan dapat memperlambat perkembangan penyakit itu.

Profesor Dame Sally Davies, kepala petugas medis Inggris, menambahkan, "COPD adalah penyakit paru-paru serius dan tidak dikenali dengan baik.

"Satu hal terbaik yang bisa dilakukan perokok untuk mengurangi risiko penyakit ini dan memperpanjang umur mereka ialah berhenti merokok."

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Dingin dan kehujanan seringkali menjadi penyebab seseorang terserang flu yang berakibat hidung jadi mampet dan tersumbat. Namun demikian ada juga sebagain orang yang meski dalam musim dingin atau habis kehujanan dia tidak terkenan flu. Lalu apa sebenarnya penyebab seseorang jadi mudah atau rawan terkena flu?
      1. Kurang tidur
      Memiliki jam tidur lebih sedikit daripada yang dibutuhkan membuat tubuh lelah, kurang aktif dan tak kuat pada cuaca dingin.
      2. Melewatkan makan
      Bila tak mengasup makanan atau makan dalam jumlah tak mencukupi, tubuh akan menghemat energi dan menghasilkan panas lebih sedikit. Akibatnya, tubuh lebih mudah kedinginan.
      3. Penyakit Raynaud
      Penyakit ini membuat pembuluh darah dan arteri mengecil sehingga pasokan darah ke kulit terbatas. Akibatnya kulit mengerut dan lebih berisiko kedinginan.
      4. Anemia
      Sebuah tes darah sederhana dapat mendeteksi jika Anda mengalami anemia. Pada wanita, tingkat estrogen yang berfluktuasi memicu anemia, teruatama saat menstruasi. Inilah yang membuat seseorang lebih sensitif terhadap suhu dingin.
      5. Berat badan rendah
      Rasa dingin yang diderita bisa terkait massa otot dan lemak tubuh. Otot menghasilkan panas dan lemak berperan sebagai insulator yang menjaga tubuh tetap hangat. Mereka yang kekurangan massa tubuh dan lemak lebih cenderung kedinginan.
    • Guest Metrotvnews
      By Guest Metrotvnews
      Metrotvnews.com, Jakarta: Sakit kepala terasa menyiksa. Tak jarang mereka yang mengidap sakit kepala, terganggu aktivitas hariannya.

      Sakit kepala terbagi dalam kategori ringan, sedang, hingga berat. Pada sakit kepala ringan, obat-obatan pereda nyeri bisa menjadi solusi untuk menyembuhkan.

      Namun, bagaimana dengan sakit kepala berat? Selain minum obat, Anda harus beristirahat.

      Sakit kepala bisa dihindari dengan melakukan solusi jangka panjang, berikut ini.

      1. Tidur selama delapan jam setiap hari. Sakit kepala sering muncul jika Anda kekurangan waktu tidur.

      2. Hindari stres. Cobalah rileks dan buat diri sendiri merasa santai, jauh dari pikiran dan tekanan. Lakukan aktivitas yang disukai seperti yoga, berenang, bersepeda, lari dan lainnya.

      3. Makan setidaknya lima kali sehari, setiap tiga hingga empat jam. Hindari makanan yang bisa menurunkan gula darah.

      4. Saat duduk, sebaiknya hindari posisi membungkuk. Selain memicu sakit kepala karena tertekannya tulang leher dan tengkuk, posisi duduk ini dapat menyebabkan kelainan postur tulang.

      5. Hindari dehidrasi dengan minum setidaknya delapan gelas air sehari.

      6. Kurangi konsumsi kafein seperti kopi, teh, dan cola. Kafein yang tidak diimbangi cukup air air putih menyebabkan tubuh dehidrasi.

      7. Batasi asupan alkohol. Hindari pula minum terlalu banyak alkohol sebelum tidur. Minuman alkohol dapat mengganggu waktu  tidur.

      8. Perbanyak asupan makanan alami. Terlalu banyak makan makanan olahan seperti makanan cepat saji, dapat memicu sakit kepala.www.metrotvnews.com
    • Guest Metrotvnews
      By Guest Metrotvnews
      Metrotvnews.com, Jakarta: Influenza merupakan penyakit yang sering menyerang saat musim hujan atau pancaroba. Siapa saja bisa terserang flu. Namun, ada beberapa orang yang lebih mudah terserang.
      Dikuitip dari situs World Health Organization (WHO), kelompok orang yang dimaksud umumnya yang memiliki kekebalan rendah seperti ibu hamil, anak-anak berusia 6-59 bulan, orang tua, orang-orang dengan kondisi medis kronis tertentu seperti HIV/AIDS, asma, penyakit hati kronik, atau penyakit paru-paru dan Kesehatan pekerja.
      Influenza musiman menyebar dengan mudah, dengan cepat bertransmisi di tempat-tempat seperti sekolah dan panti jompo. Ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, uap yang mengandung virus tersebar ke udara dan menyebar ke orang-orang di dekatnya yang menghirup.
      Virus ini juga dapat menyebar melalui tangan-tangan yang terkontaminasi dengan virus influenza. Jika sudah terinfeksi, penderita akan mengalami demam, batuk, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, hingga hidung tersumbat.
      Kebanyakan orang pulih dari demam dan gejala lain dalam seminggu tanpa memerlukan perhatian medis.
      Mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker adalah cara paling mudah dan tepat untuk menghindari flu.
      www.metrotvnews.com
    • By Caca_irma
      Penyebab hernia ternyata banyak. Anda harus mengetahuinya agar bisa mencegahnya.
      Hernia terjadi ketika isi rongga tubuh menonjol keluar dari bagian usus atau jaringan perut atau lemak, dikelilingi oleh membran tipis yang secara alami garis bagian dalam.
      Istilah ini digunakan untuk menggambarkan hernia dari tubuh bagian bawah. Biasanya hernia terjadi di perut.
      Obesitas merupakan faktor penyebab hernia. Ini karena melemahnya jaringan otot, sirkulasi yang buruk, dan kurang olahraga yang menyebabkan hernia.
      Berat badan yang berlebihan akan memberikan tekanan pada otot. Ini merupakan penyebab utama terjadinya hernia.
      Angkat berat merupakan kontributor penting untuk pengembangan risiko hernia. Karena itu, orang-orang yang mengangkat barang berat harus berhati-hati terhadap risiko hernia.
    • By BincangEdukasi
      A. Apa itu Penyakit Maag?
      Penyakit maag [gastritis] adalah penyakit yang muncul karena adanya gangguan pada lambung  yang dipicu oleh meningkatnya kadar asam lambung, sedangkan peningkatan asam lambung dalam waktu yang lama akan berdampak pada terjadinya radang lambung atau tukak lambung sehingga bagi penderita penyakit maag ini akan mengalami rasa sakit, yaitu sakit pada lambung dan ulu hati yang biasanya juga disertai dengan adanya rasa mulas dan perih pada bagian perut.
      Jadi kesimpulannya adalah bahwa penyakit maag secara umum merupakan penyakit yang terjadi pada lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar asam lambung, dan kelebihan asam lambung dalam waktu yang lama akan berakibat pada peradangan lambung dan usus. 
      B. Gejala Penyakit Maag?
      Sakit maag merupakan penyakit yang biasa terjadi pada masyarakat, hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Selain itu jenis makanan, waktu makan (terlambat makan), bahkan stres juga dapat mempengaruhi meningkatnya kadar asam lambung dalam tubuh. Jika hal ini terus terjadi maka akan timbul gejalanya seperti berikut ini :
      Sering merasakan rasa sakit pada lambung dan ulu hati. Jika terlambat makan maka perut akan kembung Perut terasa sakit setelah anda makan Merasa mual sehingga mengakibatkan muntah-muntah Sendawa dalam keadaan lapar Nafsu makan menjadi turun, wajah terlihat pucat, adanya keringat dingin, hingga  kepala terasa pusing. C. Penyebab Terjadinya Penyakit Maag
      Untuk anda yang punya penyakit mah, anda dapat melakukan pencegahan terhadap timbulnya penyakit ini, salah satunya dengan cara mengetahui terlebih dahulu apa penyebab terjadinya penyakit maag. Dan berikut hal-hal yang dapat memicu terjadinya penyakit maag : 
      Gaya hidup yang tidak sehat Pola makan yang tidak teratur Terlalu banyak memakan makanan mengandung banyak lemak yang merangsang produksi asam lambung Hati-hati karena Stres, terlalu lelah, dan tekanan emosi yang berlebihan dapat memicu maag Terlalu banyak begadang, sehingga kurang tidur akibatnya insomnia Merokok. Kecanduan kopi yang berlebihan Mengonsumsi minuman beralkohol. Mengonsumsi jenis obat tertentu dalam jangka panjang Bakteri,  mikroorganisme yang merugikan (helycobacter pylori) , karena mengeluarkan zat yang merangsang produksi asam lambung. Tujuan saya menulis artikel ini yaitu agar kita dapat mengetahui hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag dan gejala apa saja yang timbul jika kita terkena penyakit maag. Sehingga kita dapat melakukan usaha pencegahan agar kita dapat terhindar dari penyakit ini. Karena kemarin-kemarin saya sempat membaca artikel di situs lain yang mengatakan bahwa "penyakit maag yang sudah kronis bisa menyebabkan kematian". 
      D. Lalu, bagaiamana Cara mengobatinya?
      Untuk mengobati penyakit mah apalagi yang sudah kronis memang cukup sulit, tapi jika kita mau berusaha pasti bisa disembuhkan. Caranya yaitu dengan menghindari beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit tersebut misalnya seperti yang tertera diatas. Intinya harus mulai menjalani pola hidup yang sehat.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy