Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
iiee

Putra Dono Jadi Pembicara Nuklir di Jepang dan Amerika

Recommended Posts

5680e8e9f3030_donodanputranya-ngobas.jpg

Ada banyak perjuangan yang harus dilalui oleh putraDono, Damar Canggih Wicaksono hingga bisa melanjutkan kuliah Doktoral di Swiss dengan jurusan Teknik Nuklir. Ayah dan ibunya telah meninggal saat usia Damar masih remaja. Namun hal itu bukan halangan untuknya bisa terus berprestasi. 

Menurut Indro, putra sahabatnya itu selalu lulus dengan predikat Cum Laude. Ia terakhir kali berhubungan dengan anak kedua Dono itu, saat Damar sedang berlibur dan pulang dari Eropa. 

damar.jpg.b8ecdcf65274e2df79ccee185b999e

"Terakhir (berhubungan) waktu dia (Damar .red) pulang aka liburan. Tapi aku selalu monitor dari kakaknya," ungkap Indro melalui pesan Whatsapp kepada KapanLagi.com, Senin (28/12). 

Damar memang memiliki seorang kakak bernama Andika Aria Sena, dan seorang adik bernama Satrio. Setelah lulus dari UGM di tahun 2009, pada tahun 2010 ia melanjutkan pendidikan Master di Swiss dan lulus pada tahun 2012. Damar disebutkan juga merupakan salah satu mahasiswa terbaik dan lantas melanjutkan kuliah S3.

"Selama menuntut S3, dan presentasi ke beberapa negara dia jadi the best student. Kalau saya nggak salah 2 kali di USA dan 1 kali di Jepang," ungkap Indro. 

Sementara dari data yang dirilis Univeritas tempat Damar menuntut ilmu, setidaknya ada 6 kali sosok eksentrik tersebut menyumbangkan karya dan menjadi pembicara dalam konferensi internasional Nuklir baik di Jepang dan Amerika Serikat. Hal itu dijalaninya sejak tahun 2012 silam, dan berikut beberapa di antaranya:

  • 16th International Topical Meeting on Nuclear Reactor Thermalhydraulics (NURETH-16), Chicago, Illinois, USA, 2015.
  • The 10th International Topical Meeting on Nuclear Thermal-Hydraulics, Operation and Safety (NUTHOS-10), Okinawa, Japan, 2014.
  • PHYSOR 2014 International Conference, The Westin Miyako, Kyoto, Japan, 2014.
  • International Conference on Mathematics and Computational Methods Applied to Nuclear Science and Engineering (M&C 2013), Sun Valley, Idaho, USA, 2013.
  • 2012 International Congress on Advances in National Power Plants (ICAPP '12), Chicago, Illinois, USA, 2012.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By abas
      Kabar duka datang dari komedian Indro Warkop. Setelah berjuang melawan penyakitnya, sang istri Nita Octobijanthy mengembuskan nafas terakhir di rumah sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/10) pukul 20:22 WIB. Nita Octobijanthy diketahui menderita penyakit kanker paru-paru dan dirawat lama di rumah sakit.
      Kepergian Nita Octobijanthy meninggalkan duka mendalam bagi keluarga besar Indro Warkop. Publik mengetahui, bagaimana kesetiaan Indro dan anak-anak saat menemani istri tercinta.
      Beberapa hari lalu, Indro dan anak-anaknya merayakan ulang tahun Nita Octobijanthy yang ke-59 di rumah sakit. Tak ada yang meriah dalam perayaan ulang tahun tersebut, hanya sekotak donat dan lilin yang nenunjukkan berapa umur sang istri. Selama sang istri sakit, Indro tampak selalu mendampinginya, hingga diakhir hayat sang istri.
      Indro punya banyak kenangan bersama istri tercinta, kenangan itu pasti akan selalu diingat Indro. Bagaimana kenangan romantis Indro dan istri? Berikut brilio.net kutip dari Instagram @indrowarkop_asli, Selasa (9/10).
      1. Di sela-sela kesibukannya, Indro selalu menyempatkan waktu untuk bisa bersama sang istri.

      2. "Sayangku, maaf hari ini harus absen nemenin Kemo, tp pasti lancar inshaa Allah. Kerja dulu ya, ini skrg sdh di jalan. Nanti seselesainya langsung ke sana Semangat selalu ya, tim sukses semua semangat buatmu," tulis Indro yang, terkadang harus membagi waktunya. namun Indro selalu memberikan kabar dan menanyain perkembangan sang istri.

      3. Walaupun nggak bisa jalan bergandengan tangan lagi, bukan masalah buat Indro. Dia tetap setia pada istrinya.

      4. Romantis jadi sesederhana ini, bisa menemani istri saat sakit sudah cukup membahagiankan untuk Indro.

      5. Baru beberapa hari lalu ulang tahun yang ke-59, kini Indro telah ditinggalkan selama-lamanya oleh istri tercinta.

    • By abas
      Kesedihan tengah menyelimuti komedian Indro Warkop, yang pada hari ini, sang istri yakni Nita Octobijanthy menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (9/10/2018) malam.
      Almarhumah istri dari Indro Warkop meninggal akibat penyakit kanker paru-paru yang diidap sejak 2017 lalu.
      Kendati begitu, sebelum almarhumah berpulang, Nita sempat meminta untuk pulang. Hal itu langsung diungkapkan oleh Ancos, kakak pertama Nita saat ditemui di rumah duka.
      "Sebelum meninggal kondisinya sadar enggak sadar, udah ngomong mau pulang terus. Ya pulang ke mana kan, semua masih diinfus," ungkap Ancos.
      "Matanya merem tapi tahu ada siapa-siapa aja. Dia bilangnya udah mau pulang aja," sambungnya.
      Lebih lanjut, Ancos kembali menambahkan bila sang kakak pun pada pekan lalu meminta untuk kumpul bersama di rumah sakit. Dan hal itu langsung dituruti oleh pihak keluarga.
      "Minggu lalu saya dipanggil jam dua pagi ke sana. Semua ngumpul jam dua pagi di sana. Sebenarnya udah tahu (tanda-tandanya), tapi ya ini mungkin mukjizat ya. Dia pikir juga dia mau ultah dulu kali ya kemarin," tutupnya.
      Sebelumnya, kabar meninggalnya istri dari komedian Indro Warkop tersebar melalui pesan singkat sekira pukul 21:00 WIB.
      "Innalillahi Wa innailahi Rojiun...telah meninggal dunia, Ibu Nita (istri dari Indro Warkop)...semoga Amal ibadahnya diterima Alloh SWT...Aaamiiin...," demikian bunyi pesan singkat yang beredar.
    • By keenion
      Jepang adalah salah satu negara yang dipuji memiliki budaya jujur yang tinggi. Barang-barang yang hilang atau tertinggal di tempat umum akan dikembalikan kepada pemiliknya. Semua itu sudah diajarkan sejak dini di sekolah-sekolah Jepang.
      Jake Adelstein baru selesai makan siang dan berencana untuk membeli pancake. Ketika hendak mengambil uang, ia baru menyadari jika dompetnya terasa ringan dari biasanya. Padahal ia baru dari mesin ATM dan menarik uang tunai 100.000 yen.
      Saat diperiksa ternyata uang tersebut tak ada dalam dompet. Merasa ada sesuatu yang janggal ia pun menelepon operator bantuan ATM dan menanyakan terkait transaksi di ATM, akan tetapi menurut operator itu tak ada informasi mengenai transaksi itu. Ia pun disarankan untuk melapor ke polisi.
      Jake kemudian membuat sebuah laporan kehilangan di kantor polisi Shibuya dan menceritakan kembali kejadiannya kepada salah seorang polisi. Setelah selesai, polisi tersebut memberi Jake nomor kasus yang ia laporkan dan meminta Jake untuk tidak menghilangkannya.
      Keesokan harinya, pada pukul 10 pagi, ia mendapat telepon dari Kantor Polisi Shibuya untuk datang ke stasiun untuk mengambil uangnya dengan membawa identitas diri. Jake pun menuju ke tempat yang disebutkan oleh polisi tersebut dan setelah mengisi selembar kertas, uangnya pun dikembalikan.
      “Saya ingin meninggalkan hadiah untuk orang yang menyerahkannya (uang),” kata Jake.
      Namun, petugas tersebut menjawab bahwa orang yang menemukan uang tersebut menolak untuk mengklaim hadiah dan merahasiakan siapa yang menemukan. Mark Kareles pendiri Mt. Gox Co yang merupakan bursa Bitcoin terbesar di dunia yang kolaps pada 2014 itu juga mengagumi kejujuran sebagian besar orang Jepang.
      “Ketika saya pertama kali tiba (di Jepang), terkadang saya meninggalkan laptop saya di bangku taman dan saya kagum bahwa barang itu akan tetap ada saat saya kembali. Atau orang akan mengejar saya dengan laptop dan mengembalikannya,” ujar Mark.
      Untuk kenyamanan penduduknya Jepang memang membentuk Lost and Found Centre yang menjadi pusat barang-barang hilang. Tak hanya uang atau dompet, polisi Tokyo juga akan menindak kehilangan payung, syal atau sarung tangan termasuk penemuan uang 1 atau 5 yen.
      Ketika seseorang kehilangan barang di Jepang, biasanya mereka langsung datang ke Lost and Found Center. Barang-barang yang hilang akan disimpan selama 3 hingga 4 hari lalu setelah itu akan diserahkan Metropolitan Police Lost & Found Center yang berada dekat stasiun Lidabashi.
      Sarung tangan, payung hingga syal yang tertinggal di metro atau tempat umum dapat ditemukan di tempat itu. Asalkan harus melaporkan terlebih dahulu dan menunjukkan bukti kepemilikan barang serta identitas diri. Jika ingin meminta orang lain yang untuk mengambil barang yang hilang di Lost and Found Center, maka mereka harus membuat surat kuasa untuk dibawa oleh orang yang diminta untuk mengambil barang tersebut.
      Pada 2016, Tokyo Metropolitan Police Department's Lost and Found Center menangani sejumlah uang yakni sekitar 3,67 miliar yen atau setara 32 juta dolar AS yang hilang. Dalam prosesnya, menurut pihak kepolisian Tokyo, sekitar tiga perempat dari total uang yang hilang itu berhasil dikembalikan kepada pemiliknya.
      Benda sepele seperti payung yang ketinggalan di tempat publik atau di metro juga ditangani oleh kepolisian setempat. Di tahun yang sama, pihak Lost and Found Center menangani 381.135 payung. Mereka yang menemukan atau kehilangan uang 1 hingga 5 yen pun akan ditangani oleh pihak kepolisian.
      Anak-anak juga dibiasakan untuk melakukan hal jujur tersebut. Seperti yang dilakukan Mayako Matsumoto yang mengembalikan sebuah dompet berisi sekitar 100 dolar AS kepada pihak kepolisian dengan ditemani oleh ibunya. Pihak kepolisian mengapresiasi kejujuran Mayuko dengan memberinya imbalan beberapa permen. Kebiasaan itu tak terjadi secara tiba-tiba namun melalui pendidikan sejak dini.
      “Sekolah di Jepang memberi kelas terkait etika dan moralitas, dan siswa belajar membayangkan perasaan orang-orang yang kehilangan barang atau uang mereka sendiri. Jadi tak jarang melihat anak-anak membawa koin 10 yen ke kantor polisi itu, kata seorang profesor di Kansai University, Toshinari Nishioka.
      Selain itu, ada aturan yang menaungi terkait barang-barang yang hilang. Undang-Undang Jepang pada pasal 28 dari Lost Property Act menyatakan bahwa seseorang yang telah kehilangan barang harus membayar kepada para penemu antara 5 hingga 20 persen dari nilai barang yang ditemukan. Namun, hadiah itu hanya bisa diklaim dalam jangka waktu satu bulan. Tapi tak jarang juga mereka yang menemukan tak meminta imbalan.
      Dalam beberapa laporan menyebutkan tindakan kriminal di Jepang terutama perampokan menurun dari 5.988 kasus di tahun 2005 menjadi 3.056 kasus di tahun 2014. Atau jika dihitung per populasi yakni 4,72 kasus per 100.000 populasi di tahun 2005 turun menjadi 2,41 kasus per 100.000 populasi di tahun 2014.
      Laporan lain yakni dari United Stated Department of State Bureau of Diplomatic Security juga memberi status kriminal di Jepang pada level rendah atau low. Status itu berlaku untuk semua jenis tindak kriminal, termasuk kondisi dan keamanan transportasi yang baik.
      Bagaimana dengan Indonesia? Kejujuran memang masih ada di negeri ini tapi hanya bagi segelintir orang. Putri, penulis di salah satu media di Indonesia pernah kehilangan dompet di salah satu angkutan umum di Jakarta, sekitar tiga tahun lalu. Putri kemudian melapor kasus kehilangan itu ke pihak yang berwajib namun hingga saat ini, dompet tersebut tak kembali kepadanya.
      Dompet yang di dalamnya terdapat kartu identitas yang dapat memudahkan dalam mendapat petunjuk sang pemilik saja jarang dikembalikan, bayangkan barang seperti payung, syal, atau sarung tangan yang tentu tak ada identitas pemilik yang menempel di barang tersebut.
      Mereka yang berjalan di tempat umum kadang menjadi target dari para tangan nakal alias pencopet. Belum lagi tindakan perampokan yang berujung pada pembunuhan dan tindak kriminal lainnya. Kasus perampokan di Indonesia dari 9.742 pada 2008 naik menjadi 11.758 kasus di tahun 2014.
      Jika melihat ke Jepang, faktor pendidikan terkait kejujuran sudah dilakukan sejak dini menjadi salah satu faktor penting, sedangkan Indonesia hingga saat ini masih memperdebatkan terkait sistem pendidik full day school. Upaya tersebut diwacanakan untuk meningkatkan pendidikan karakter dari siswa siswi di Indonesia. Basisnya adalah kejujuran, toleransi, disiplin, hingga rasa cinta Tanah Air.
      Namun, sistem ini dikatakan tak tepat jika dilakukan di wilayah pedesaan dengan berbagai alasan. Sehingga masih banyak PR terkait pendidikan bagi pemerintah Indonesia, termasuk pendidikan terkait kejujuran.
    • By berita_semua
      Jepang memang tak pernah lepas dari sorotan.
      Apa pun yang berkaitan dengan negara sakura ini selalu menarik untuk dibahas.
      Satunya adalah masalah pekerjaan.
      Ada banyak lapangan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan di Jepang.
      Mulai dari pekerjaan normal seperti guru, akuntan, dan tour guide.
      Sampai pekerjaan yang tak biasa.
      Sebut saja pelatih ninja, penyusun botol atau tamu pernikahan palsu.
      Dari laman tokyofromtheinside.com berikut pekerjaan paruh waktu paling aneh yang hanya ada di Jepang.
      1. Penyusun botol di mesin penjual otomatis

      Ada lebih dari 5,5 juta mesin penjual otomatis di Jepang.
      Masalah terbesar yang biasa dialami produsen mesin adalah menempatkan botol yang di mesin.
      Biasanya mereka akan menggunakan alat berjalan yang otomatis memasukkan botol ke mesin.
      Tapi ada saja botol yang tidak sengaja jatuh tergeletak, dan tugas pekerja paruh waktu hanya meletakkan botol itu kembali seperti semula.
      Mudah bukan?
      Gajinya bisa mencapai 20 ribu yen atau setara 2,3 juta.
      2. Tamu pernikahan palsu

      Mereka biasanya digunakan untuk memperlihatkan jika pengantin memiliki teman yang banyak.
      Tak sebatas tamu pernikahan, mereka juga bisa muncul dalam pertemuan resmi untuk meramaikan acara.
      3. Pelatih ninja

      Mengingat semakin menurunnya jumlah praktisi ninja di Jepang.
      Maka sebuah iklan muncul dan menawarkan pekerjaan sebagai pelatih ninja.
      Dan ninja di sini biasanya disewa untuk meramaikan pertunjukan atau taman hiburan.
      4. Penjaga balon

      Tugas mereka sederhana.
      Yakni menjaga balon ditempelkan iklan agar bisa terbang sesuai jalurnya.
      5. Co sleeping

      Sesuai namanya, tugas mereka menemani pelanggan tidur bersama.
      Layanan ini menawarkan pelanggan bisa tidur di pangkuan, berbincang, dan memegang tangan saat tidur.
      Biasanya disediakan bagi mereka yang kesepian di rumah.
      6. Narabiya

      Pekerja paruh waktu ini mengkhususkan diri dalam antrian.
      Baik itu tiket konser atau game terbaru.
      Mereka akan membantu kamu untuk antri sementara kamu bisa melanjutkan pekerjaan.
      7. Pacar bayaran

      Kencan romantis di Disney Land atau hanya ingin bisa berbaring di pelukan seorang pria?
      Jasa pacar sewaan ini bisa melakukannya.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy