Jump to content

Kalau nggak mandi, serangga ini bisa mati


Recommended Posts

serangga.jpg.432bb2385f7844cc17f92a9608e

Bagi beberapa orang, mandi bisa menjadi kegiatan yang mengganggu dan tak menyenangkan. Namun, bagi serangga ini, kegiatan membersihkan diri menjadi penentu hidup-mati mereka.

Guillermo Amador, mahasiswa program doktoral di Georgia Institute of Technology, telah lama meneliti bahaya tubuh kotor di alam liar. “Semuanya relatif, bagi kita, debu tak berarti apa-apa. Namun, bagi nyamuk, debu bisa memberatkan sayap mereka hingga tak bisa terbang,” katanya seperti dilansir dari Phys, Ahad, 29 November 2015.

Tak hanya debu, embun pagi yang menumpuk di sayap nyamuk juga dapat membuat mereka keberatan hingga tak dapat terbang mencari makan. Lebah madu pun hanya dapat membawa serbuk sari dengan bobot maksimal lima kali berat tubuhnya. Lebih dari itu, sayap lebah tak akan mampu mengangkat tubuhnya.

Namun, tujuan penelitian ini bukanlah untuk menekankan pentingnya mandi. Amador dan pembimbingnya, David Hu, ingin menemukan teknologi pembersih baru dengan mengamati mekanisme kebersihan hewan-hewan kecil ini. Serangga-serangga ini memiliki banyak teknik berbeda untuk membersihkan diri.

“Salah satunya adalah rambut. Sejak awal, kami menyadari kalau serangga memiliki jumlah rambut banyak,” kata Amador. Dari 17 mamalia dan 10 serangga yang mereka amati, dua rambut terbanyak dimiliki kupu-kupu dan ngengat, dengan total rambut mencapai hampir 10 juta helai. Jumlah tersebut lebih besar dari mamalia yang berbobot jauh lebih berat, seperti berang-berang atau linsang.

Fungsi rambut di tubuh serangga selama ini diketahui sebagai sensor, untuk membaca aliran udara. Namun, para peneliti memperkirakan, rambut ini untuk mencegah air menembus hingga tubuh mereka. Hal ini dapat mengubah persepsi selama ini, yang menganggap licin lebih bersih daripada berambut.

“Tapi dalam biologi hal tersebut terbantahkan. Serangga justru membuat diri mereka lebih berambut untuk menjaga kebersihan,” kata Amador. Ia menyarankan untuk meletakkan struktur menyerupai rambut di atas permukaan, untuk menghindari penumpukan kotoran; seperti yang dilakukan serangga-serangga ini.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By patricia
      Berdasarkan laporan dari PBB, dalam 12 tahun mendatang, suhu global Bumi akan memanas dengan peningkatan sekitar 1,5 derajat Celcius.
      Hal ini diprediksi akan memperburuk deretan risiko yang merusak lingkungan, mulai kekeringan, banjir, panas ekstrem, hingga kemiskinan bagi jutaan orang.
      Nah, ternyata ada cara yang cukup unik untuk mencegah pemanasan global terjadi. Hal ini berdasar dari satu fakta, di mana produksi makanan menyumbang seperempat emisi gas rumah kaca akibat ulah manusia. Hal ini pun akan meningkat karena produksi pangan yang juga meningkat.
      Tentu, kita tidak serta merta bisa untuk seketika tidak memakan makanan dari ternak seperti sapi atau ayam.
      Pasalnya, pergeseran untuk mengonsumsi produk kacang-kacangan juga berpotensi menggunduli hutan jika hal tersebut populer.
      Di banyak tempat seperti Brasil, hutan hujan sudah terganti posisinya dengan kedelai dan hal ini ternyata memangkas paru-paru Bumi.
      Solusi datang dari ilmuwan kepada masyarakat, untuk bisa mengonsumsi serangga. Hal ini disebut ilmuwan sebagai solusi dari kekurangan pangan global dan pengurangan emisi global yang bersumber dari peternakan hewan.
      Pasalnya, jumlah serangga yang banyak dan tidak adanya emisi menjadi cara yang paling masuk akal.
      Kurang Diterima
      Hampir semua orang tak akan merasa senang dengan solusi ini.
      Justru, banyak yang jijik hanya sekedar membayangkan dirinya menyantap belalang.
      Namun, para ilmuwan kini memiliki 'pemasaran' baru yang bisa membuat umat manusia tertarik mengonsumsi serangga, yakni serangga adalah sumber protein sehat.
      Jadi, kini banyak yang memasarkan serangga sebagai tren makanan sehat dan berkelanjutan bagi lingkungan.
      Seorang peneliti bernama Sebastian Berger menyebut bahwa teknologi pertanian telah canggih, sehingga serangga benar-benar bisa dimakan, bukan sekedar lagi makanan ekstrem seperti yang jadi khazanah kuliner di beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand atau di Meksiko.
      Membuatnya Menjadi Lezat
      Salah satu perusahaan pangan bernama Essento Food AG, telah berhasil memasarkan serangga sebagai makanan kelas atas yang rasanya lezat.
      Sang peneliti juga menyebut kalau serangga harus "disushikan", karena masyarakat barat baru menerima ikan mentah untuk dikonsumsi tidak sampai dua dekade ke belakang. Kini, sushi dianggap sebagai makanan lezat dan kelas atas.
    • By kotawa
      Hi ndral,
      Gw tahun baru mau nanya, mending sarapan dulu atau mandi dulu?
    • By Adeus
      Lalat, nyamuk hingga kecoa sering sekali mengganggu kehidupan kita, lebih dari itu mereka tidak higienis. Lalat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, demikian juga dengan nyamuk dan kecoal serta serangga lainnya.
      Untuk mengusirnya, kini banyak sekali pembasmi serangga yang dengan mudah ditemukan di warung hingga supermarket. Namun sekali lagi, pembasmi serangga ini memiliki efek samping karena terbuat dari insektisida.
      Bahan-bahan yang digunakan, biasanya terdiri dari ratusan bahan kimia yang membahayakan kesehatan kita. Namun jika Anda ingin cara alami dan mudah, bisa melakukan cara yang mudah, aman dan tidak berbahaya berikut ini.
      Cara alami berikut ini ampuh untuk menghilangkan lalat, nyamuk dan serangga lainnya hanya dalam waktu satu jam saja.
      Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
      Setengah cangkir minyak nabati Setengah cangkir shampoo (apa saja) Setengah cangkir cuka alami dengan konsentrasi 9 persen Cara pembuatannya adalah, campur semua bahan dengan baik dan tercampur rata, kemudian tuangkan campuran dalam botol lalu semprotkan. Semprot semua tempat di rumah Anda di mana lalat, nyamuk atau kecoa kerap datang.
    • By abas

      Rumah kalian bersih dan bebas serangga? Yakin? Coba deh cari dengan teliti. Biasanya kalian bisa menemukan serangga di tempat-tempat tersembunyi atau sudut-sudut gelap. Sebab tempat itu jadi tuan rumah bagi berbagai macam penghuni liar kecil, yang entah bagaimana bisa ada di sana dalam jumlah, yang mungkin tak bisa kalian bayangkan.
      Sebenarnya ada berapa banyak sih arthropoda yang hidup di rumah bersama manusia? Pertanyaan inilah yang hendak dijawab oleh sejumlah peneliti dari North Carolina State University di Amerika Serikat sana.
      Arthropoda adalah hewan yang kakinya berbuku-buku atau beruas-ruas. Nah para peneliti itu mencari tahu seberapa banyak sebetulnya arthropoda (seperti serangga, laba-laba) atau binatang tak bertulang belakang (invertebrata), yang berbagi tempat tinggal dengan manusia.
      Mereka melakukan sampling di radius 48 kilometer di Raleigh, North Carolina. Mereka mengumpulkan semua arthropoda, hidup maupun mati.
      Berbekal senter dan alat bantu lainnya, mereka berburu serangga di langit-langit, basement, kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan tempat-tempat biasanya pemilik rumah berada.
      Hasilnya, mereka menemukan rata-rata ada 100 spesies, yang mewakili 62 familia dalam arthropoda, di tiap rumah. Wow.
      Kebanyakan spesies ini pasti kalian kenal. Lalat, kumbang, tawon, laba-laba, dan semut adalah yang paling sering ditemukan.
      Kalau ditotal, para peneliti itu menemukan 579 spesies dari 304 familia.
      Nah, kalau kalian bagaimana? Ada berapa ya serangga atau arthropoda yang hidup serumah dengan kalian?
    • By desipermatakenz
      Kamar mandi pada dasarnya bukan hanya tempat untuk bersantai atau mandi saja. Bagi orang yang telah memiliki pengalaman seksual yang panjang, bercinta di air pun bisa dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan pengalaman erotis dan sensual baru.

      Kamar mandi yang lembab, uap air dan air hangat ditambah dengan gairah yang menggebu-gebu adalah perpanduan yang sempurna bagi pasangan yang sedang bercinta. Lokasi ini dapat menjadi tempat bercinta alternatif yang sangat direkomendasikan selain kamar tidur.
      Meski demikian salah satu kelemahan bercinda di kamar mandi atau toilet adalah anda wajib berhati-hati menjaga kesimbangan karena lantai kamar mandi biasanya sangat licin dan berpotensi membuat anda terjatuh saat sedang bercinta.
      Di dalam artikel seksualitas.net kali ini kita akan membahas beberapa posisi seks yang cocok digunakan saat bercinta di kamar mandi.
      1. Gaya Seks Berdiri
      Salah satu posisi bercinta yang sangat cocok digunakan di kamar mandi adalah posisi berdiri di bawah shower yang sedang memancarkan air. Anda bisa melakukan penetrasi dengan cara saling berhadap-hadapan dan bisa juga dengan cara wanita membelakangi pria.
      2. Toilet Rider
      Pria duduk di atas dudukan toilet sementara wanita berada di atas dan berada dalam posisi yang aktif bergerak maju mundur atau naik dan turun seperti orang yang sedang mengendarai kuda (rider).
      Posisi toilet rider memungkinkan pria melakukan eksplorasi yang lebih banyak di tubuh wanita dan membantunya mengalami orgasme dengan cepat. Gaya ini adalah mofifikasi dari posisi seks woman on top.
      3. Doggy’s Sink
      Anda juga bisa menggunakan variasi gaya doggy style di dalam kamar mandi dan dikenal dengan istilah doggy shink atau gaya doggy di depan wastafel. Gaya ini memungkinkan pria melakukan penetrasi dari belakang dan dengan bantuan cermin di wastafel dapat menikmati penampilan saat sedang bercinta. Banyak wanita yang menyukai gaya ini.
      4. Washer style
      Mesin cuci adalah salah satu perangkat yang biasanya berada di dekat kamar mandi. Saat sedang bekerja, mesin cuci akan mengeluarkan getaran yang lumayan besar. Banyak orang yang menyukai bercinta sambil duduk di atas mesin cuci terutama kaum wanita karena getaran yang timbul memberi rangsangan yang sangat kuat pada titik g-spot wanita.
      5. Spider style
      Gaya bercinta ini dilakukan di bak mandi dimana wanita berada di bawah pria dengan kedua tangan dan kaki merangkul pria dari depan. Posisi seks ini adalah variasi dari gaya missionaris yang sangat disukai banyak orang.
      Tips Bercinta di Kamar Mandi
      Tidak seperti di atas ranjang di dalam kamar tidur, bercinta di air butuh perhatian dan kehati-hatian yang lebih besar. Banyak kecelakaan seks yang terjadi di kamar mandi yang berakibat fatal dan karena itu jika anda berniat melakukannya maka anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:
      Gunakan sendal anti slip saat sedang berhubungan seks di kamar mandi untuk mencegah anda tergelincir saat sedang bercinta. Hati-hati ketika memegang tirai kamar mandi, kadang tanpa disadari tubuh akan bertumpu di tirai tersebut dan akhirnya anda akan jatuh. Gunakan kondom yang bisa dilumasi dengan air. Beberapa kondom yang dijual saat ini berbahan minyak sehingga saat digunakan di dalam kamar mandi jadi tidak berfungsi dengan baik. Anda wajib super hati-hati saat berganti posisi untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Lakukan ekperimen dengan gaya-gaya lain yang mungkin saja anda dan pasangan menyukainya. Kamar mandi adalah salah satu tempat privat yang berada di dalam rumah. Anda bisa menjadikan tempat tersebut sebagai alternatif tempat bercinta dengan pasangan anda. Tapi meski demikian, karena kondisi kamar mandi yang biasanya licin maka anda perlu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian saat bercinta di kamar mandi.
×
×
  • Create New...