Jump to content

Gadis Cantik Ini Adalah Penjual Password! Perjam Dapat 162 Ribu


Recommended Posts

Siapa sangka seorang gadis berumur 11 tahun mampu mendulang pundi uang yang cukup besar hanya dengan menjual password? Ya, gadis asal New York, AS yang bernama Mira Modi ini nyatanya mampu mengais rejeki dengan menawarkan jasa pembuatan password dengan tingkat keamanan tinggi.

Seperti diketahui, password yang lemah bisa dimanfaatkan para peretas untuk mencuri data pemilik password tersebut. Hal ini dijadikan peluang oleh Mira, yang masih duduk di bangku SD untuk bisa membuat password dan menjualnya ke publik.

096725400_1446023715-IMG_2473-640x480.jp

Mira menjelaskan cara ia meracik password yang hendak dijual. Pertama, ia harus membuat passphrase(sebutan password panjang, biasanya terdiri dari 20-40 karakter). Passphrase tersebut dihasilkan lewat mekanisme yang disebut "diceware".

Diceware ini akan dimanfaatkan metode enam sisi dadu yang dilempar, dan menghasilkan lima angka dengan acak. Kelima angka ini akan dicocokkan ke dalam sebuah daftar berisi lebih dari 7.000 kata pendek di dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, untuk sandi "21124" diartikan sebagai kata "clip".

Selanjutnya, enam kata yang diciptakan akan digabung menjadi sebuah passphrase.Bunyi kata tersebut tampil secara acak, seperti "ample banal bias delta gist latex".

Mira mengklaim bahwa password ini sangat aman dan malah mudah diingat oleh si empunya. "Justru bagi orang iseng yang hendak meretas, password tersebut sangat sulit untuk dibobol," ucap Mira.

"Pada dasarnya saya ingin membantu banyak orang menciptakan password super aman. Meski teman-teman seumuran saya masih belum mengerti, menurut saya ini hal yang menarik dan keren," ia menambahkan.

Soal pendapatan, Mira mengatakan bahwa dirinya mampu meraup US$ 12 atau sekitar Rp 136 ribu hanya dalam waktu satu jam. Masing-masing passphrase dijual di situsonline miliknya dengan harga jual US$ 2. Tentu jika bicara soal pendapatan, uang yang didapatkan gadis berkacamata ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan standar upah minimum US$ 8,75 atau sekitar Rp 119 ribu per jam di New York, AS.

Awal mula mengapa Mira memilih untuk menggeluti bisnis jenius ini adalah karena ibunya sendiri, Julia Angwin, yang merupakan jurnalis ProPublica, meminta bantuan Mira untuk menciptakan passphrase diceware untuk sebuah kebutuhan penelitian. Barulah setelahnya, Mira terinspirasi kenapa tidak untuk membuat sebuah bisnis kecil yang dapat menguntungkan banyak orang, termasuk dirinya sendiri.

Ketika ia menerima pesanan via situs online-nya, Mira akan menggunakan dadu untuk mengacak angka dan melihat daftar kata di diceware. Setelahnya, ia menulis pada secarik kertas dan mencocokkan rangkaian tersebut. Barulah pada proses akhir, Mira mengirimkan passphrase yang sudah jadi ke pihak pemesan via layanan pos.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Sebelumnya, hacker mengklaim telah membocorkan informasi 2,3 juta penduduk Indonesia dan pemilihan umum yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
      Informasi ini disebar oleh akun Twitter @underthebreach yang sebelumnya juga menginformasikan penjualan jutaan data pengguna Tokopedia.
      Detail Data Penduduk yang Bocor

      Terkait jutaan data penduduk yang bocor, hacker mengklaim data itu memuat nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor identitas (NIK, NKK), dan lainnya.
      "Data ini sangat berguna bagi mereka yang memerlukan identitas untuk mendaftarkan banyak nomor ponsel baru di Indonesia," tutur si peretas lebih lanjut.
      Dia juga mengatakan data tersebut tersimpan di dalam format .pdf yang didapat dari situs web Komisi Pemilihan Umum.
      Judul salah satu sampel halaman itu berbunyi:
      "Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014."
    • By tama93
      Zoom saat ini tidak dimungkiri tengah menjadi sorotan publik karena sejumlah laporan mengenai masalah keamanan di platform-nya. Setelah marak Zoombombing, persoalan keamanan terbaru yang diduga ada di Zoom sempat dikeluhkan warganet Indonesia.
      Berdasarkan penelusuran, keluhan ini dilayangkan oleh akun Twitter @akungangeninn. Akun tersebut sempat mengunggah kembali kisah akun lain yang mengaku iPhone miliknya sempat diakses pihak lain usai menggunakan Zoom.
      Jadi, akun tersebut menceritakan setelah dia menggunakan Zoom dan membuka Instagram, tiba-tiba dia kehilangan kontrol terhadap perangkatnya. Awalnya, dia merasa hal itu wajar sebab tidak jarang iPhone miliknya mengalami lag.
      Namun setelah hal itu terjadi, tiba-tiba iPhone miliknya merespons Instagram Stories yang sedang dilihat dengan mengetik kata-kata lewat kolom Reply unggahan tersebut.
      Pemilik akun yang kaget itu segera menutup aplikasi Instagram, tapi pihak lain yang disebut mengakses perangkatnya langsung berupaya membuka aplikasi m-banking. Dia pun mengaku sempat kesulitan untuk mematikan perangkat tersebut.
      Akhirnya, tindakan yang dia lakukan untuk menghentikannya adalah melepas kartu SIM, sehingga akses internet perangkat itu mati. Sebab, dia bercerita juga kesulitan mematikan akses internet di iPhone-nya tersebut.
      Melihat kisah yang sempat mencuat di Twitter itu, gue pun mencoba menghubungi pakar keamanan siber Alfons Tanuwijaya untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi.
      Menurut Alfons, kisah yang sempat diunggah itu sebenarnya kurang logis. Alasannya, meskipun Zoom memang memungkinkan ada akses remote atau jarak jauh itu hanya dapat dilakukan, apabila penggunanya memberi izin.
      "Akses remote (di Zoom) memungkinkan, tapi itu kan pengguna yang memberikan izin akses," tuturnya saat dihubungi, Selasa (21/4/2020).
      Karenanya, menurut Alfons, kalau mungkin hal itu yang terjadi, kesalahan ada di pemberi izin.
      Ada Malware yang Menyusup

       
      Untuk itu, Alfons mengatakan skenario yang mungkin saja terjadi adalah perangkat itu telah disusupi malware atau trojan. Dengan kondisi itu, pihak lain dapat merekam aktivitas perangkat termasuk mengetahui apa yang diketik, seperti PIN m-banking.
      "Ada kemungkinan, perangkatnya kena keylogger atau trojan. Apalagi kalau sampai mau akses mobile banking, sebab m-banking itu pengamanannya berlapis, mulai password hingga PIN," ujarnya menjelaskan. Sementara hal paling maksimal yang dapat dilakukan Zoom adalah akses remote, tapi dengan izin pengguna lebih dulu. 
      Di samping itu, dia juga mengatakan peristiwa itu terjadi usai menggunakan Zoom. Padahal, Alfons mengatakan, setelah aplikasi selesai digunakan berarti tidak ada lagi aktivitas.
      Berbekal alasan itu, Alfons menduga bahwa aktivitas itu disebabkan oleh malware yang disusupkan. Dalam hal ini, dia menuturkan sumber malware ini sebenarnya bisa berasal dari banyak aplikasi, bukan hanya Zoom.
      "Jadi, ada kemungkinan malware ini disusupkan dalam tautan yang dikirimkan via WhatsApp, Facebook Messenger atau memasang aplikasi tertentu, sehingga ini bukan sepenuhnya salah Zoom," ujar Alfons lebih lanjut.
      Zoom Sudah Aman

      Alfons juga mengatakan Zoom sendiri sebenarnya sudah membenahi celah-celah keamanan yang ada di platform-nya. Oleh sebab itu, dia mengatakan platform Zoom saat ini sudah sangat aman.
      "Mungkin satu-satunya yang belum ada end-to-end encryption, tapi memang belum ada layanan video conference yang memilikinya, kecuali Apple," ucapnya menjelaskan. 
      Di samping itu, dia juga mengatakan, upaya untuk membobol sistem iOS secara teknis sulit untuk dilakukan, meski saat ini malware yang menyasar sistem operasi itu terus meningkat.
    • By patricia
      Cewek itu identik dengan, apa-apa pakai perasaan. Nggak sengaja melakukan kesalahan, nangis sendiri. Pacar nggak ngasih kabar sehari, baper. Bahkan melihat abang ojek yang kehujanan saja iba dan ingin menawarkan payung. Nggak ada salahnya sih merespons sesuatu dengan perasaan. Asalkan nggak berlebihan dan buat diri sendiri kesusahan.
      Karena apa-apa yang pakai perasaan ini pun yang sering bikin cewek terlihat konyol dan ngeselin di waktu yang bersamaan. Apalagi saat dia lagi khawatir akan suatu hal. Entah karena menyangkut masa depan atau sesederhana pesannya yang belum kamu balas seharian. Kayak hal-hal di bawah ini nih. Hal-hal yang sebenarnya sepele dan bisa diselesaikan dengan santai, tapi kalau sudah dialami cewek, pasti jadinya sedikit lebay.
      1. Kalau pas khawatir gini, cewek biasanya ngirim pesan membabi buta dalam sekali waktu. Inbox-mu langsung penuh karena ulah cewekmu
       
      Kalau dipukul rata, cewek itu selalu khawatir saat pesannya belum juga berbalas dalam hitungan jam saja. Segala pikiran positif sampai negatif, bercokol di kepala. Seperti saat kamu tak sengaja ketiduran. Cewekmu yang bertanya tentang rencana nanti malam ini langsung memborbardir dengan chat atau pesan. Bangun-bangun, kamu kaget melihat ada puluhan pesan masuk yang asalnya dari cewekmu semua.
      2. Update status di sosial media secara berlebihan. Padahal aslinya nggak ada yang perlu dikhawatirkan
      Saat ini, media sosial memang menjadi satu hal yang berpengaruh dalam kehidupan millenials. Contohnya saat cewekmu mulai khawatir berlebihan tentang omongan orang, ujung-ujungnya dia akan menumpahkan segala isi hati di media sosial. Mulai dari update status yang galau-galau sampai mengunggah kutipan yang bernada nggak terima. Padahal omongan orang yang dia dengarkan itu belum tentu benar. Tapi yang namanya cewek, pasti keburu dibawa perasaan.
      3. Kadang pas khawatir, cewek suka gigitin bibir bawahnya. Mimik mukanya yang cemas campur gemas ini yang membuatmu ingin tertawa tapi nggak tega
      Ketika menunggu pengumuman beasiswa masternya, cewekmu khawatir luar biasa. Harap-harap cemas akan kelangsungan hidupnya dua tahun ke depan ini memang wajar. Saking khawatirnya, dia sampai nggak sadar gigitin bibir bawahnya ketika beberapa menit sebelum pengumuman keluar. Wajahnya yang cemas campur gemas ini buatmu ingin tertawa dan ngunyel-nguyel pipinya tapi nggak tega.
      4. Konsentrasinya jadi berantakan. Kamu ngajak ngomong apa, dia jawabnya apa. Duh, Yang~
      Saat lagi khawatir, porsi konsentrasi cewekmu ini menurun drastis. Bisa dilihat dari caranya menanggapi semua omonganmu. Bahkan dia sampai nggak fokus menjawab hal-hal yang kamu tanyakan. Seperti saat kamu tanya mau dianter jam berapa, dia malah menjawab pakai sambel dua sendok saja. Geregetan sih iya, tapi kalau kamu marah, jelas nggak tega.
      5. Bahkan dia sampai lupa makan dan minum saking khawatirnya. Tapi saat diingetkan makan dulu, eh dia nyolot dan nggak sengaja bentak kamu
      Selain hilang konsentrasi, emosinya juga mudah tersulut saat khawatir. Pernah suatu kali kamu coba mengingatkan cewekmu untuk makan dan minum dulu sambil menunggu pengumuman. Tapi resposnya malah kamu yang disewotin karena dikira nggak pengertian. Lah, mengingatkan untuk makan bukannya bentuk perhatian ya? Kamu serba salah deh jadinya.
      6. Kalau khawatirnya sudah parah, sampai nangis sesenggukan. Awalnya lucu mirip anak kecil, tapi lama-lama kamu pun merasa bersalah
      Kalau cewekmu termasuk yang sensitif, melankolis dan gampang nangis, pasti pernah mengalami hal lucu sekaligus ngeselin ini. Saking khawatirnya, cewekmu malah nangis sendiri. Saat ditanya alasannya, dia menjawab takut nanti yang dikhawatirkan hasilnya nggak sesuai harapan. Saat momen ini terjadi, kamu nggak bisa melakukan banyak hal selain bantu menenangkan dan meredakan tangisnya. Sebab kalau kamu marahin, tangisnya akan makin menjadi.
      Menghadapi cewek yang khawatir seperti ini memang tricky. Nggak bisa kalau hanya didiemin. Apalagi kalau sampai dimarahin dan bilang mirip anak kecil. Jalan satu-satunya biar kamu nggak ikutan depresi ya cukup nikmatin momen-momen seperti ini. Toh nggak setiap hari dia khawatir dan melakukan hal-hal lucu bin ngeselin kayak gini. Anggap saja sebagai latihan pas nanti beneran jadi suami.
    • By Jesica_pendong
      Kata orang cowok berpikir menggunakan logika sedangkan cewek lebih mementingkan perasaan. Hal itu ada benarnya juga lho! Nah, dari sekian banyak hal yang dilakukan selama pacaran, ini dia hal-hal yang biasanya membuat cewek "gemes" tapi nggak berani bilang. Intip Yuk!
      1. Curhat ke Lawan Jenis
      Mungkin menurut kalian para cowok, curhat ke lawan jenis itu udah biasa. Tapi bagi cewek, itu merupakan sesuatu yang mengancam hubungan kalian. Kenapa? karena cewek pasti berpikir "Kita dulu juga temen" dan apalagi biasanya kalian curhat tentang keburukan cewek kalian. Emang kalian mau kalau cewek kalian juga mengumbar keburukan kalian di depan teman lawan jenisnya? nggak kan?
      "Selingkuh itu diawali dengan curhat ke lawan jenis"
      2. Main Game Sampai Lupa Waktu
      Yang ini untuk para cowok gamers, coba deh membagi waktu antara game dengan pasangan kalian. Kami cewek mengerti kalau kalian melakukan ini untuk refreshing, tapi setelah beraktivitas penuh seharian, sebenarnya kami hanya ingin berbagi kisah kami di hari itu. Cuma apa yang bisa kami lakukan kalau baru mau ngomong tapi kalian terlalu asyik main game?
      3. Mengkritik Masakan Pasangan
      Kami para cewek mengakui kalau dalam beberapa hal kalian para cowok "terlalu" jujur. Apalagi kalau sedang mencicipi makanan kami, pasti kalian langsung nyeplos aja kalau makanan kami lagi enggak kurang enak. Kalian tahu nggak sih kami belajar masak mati-matian untuk kalian, jadi seenggaknya kalian mengkritiki kami dengan kata-kata yang lebih halus. Misalnya :
      Kami senang lho kalau kalian memberi masukan. Walaupun artinya kalian mendingan nggak usah masak lagi karena makanannya nggak layak makan.
      4. Lupa Tanggal Jadian
      Para cewek biasanya nggak menuntut kalian untuk mengucapkan monthsary, tapi menurut kebanyakan cewek mempertahankan suatu hubungan sampai 1 tahun itu butuh banyak perjuangan dan pengorbanan lho, jadi menurut kami sah-sah aja kalau anniversary itu dirayakan. Nggak usah muluk-muluk cukup mengucapkan "Happy Anniversary sayang" aja sudah bisa membuat hari kami jadi indah lho karena kami jadi tahu kalau kalian care terhadap hal-hal kecil dalam hubungan kalian.
      5. Keluar Rumah Malam-Malam
      Sebenarnya hal ini bukan membuat kami gemas, tapi khawatir. Mungkin kalian berpikirnya biasa-biasa saja, tapi kami para cewek khawatir, takut terjadi apa-apa dengan kalian dijalan. Apalagi untuk pasangan LDR, bukankan menjadi resah bila ada bahaya yang bisa datang kapan saja di jalanan?
      Nah, itu dia 5 hal yang biasa di mata cowok tapi sebenarnya bikin resah cewek. Ingat ya guys, bukan kami tidak menuntut kalian untuk memanjakan kami, tapi tolong jangan lakukan hal-hal yang membuat kami khawatir karena sejatinya kami tak ingin mengekang, tapi terlalu takut kehilangan
    • By c0d1ng
      Di masa yang serbadigital seperti ini, data adalah harta berharga yang perlu dijaga. Anda perlu memastikan bahwa ponsel yang dimiliki sudah terenkripsi agar data yang tersimpan di dalamnya aman. Sebab, ponsel adalah perangkat yang paling sering bersama Anda dan berpotensi menyimpan data paling pribadi.
      Enkripsi mungkin belum terlalu familier di telinga. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
      Sementara iPhone sudah pasti dienkripsi oleh Apple, pengguna Android perlu mengenkripsi sendiri handset mereka. Tak serumit kedengarannya, Anda bisa mengenkripsi ponsel Android dengan lima langkah yang mudah.
      Untuk memulai, akses Settings > Security > Encryption > Screenlock. Atur Pilihan PIN dan masukkan PIN.
      Perangkat Android tersebut siap dienkrispi. Gunakan menu setting untuk membuka layar enkripsi, buka Settings > Security > Encryption > Encrypt Tablet atau Encrypt Phone. Masukkan password PIN yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan PIN yang pendek untuk mengurangi waktu mengenkripsi perangkat. Semakin panjang dan acak password meski demikian membuat data menjadi lebih aman.
      Tancapkan perangkat Android Anda pada charger, jika tidak dia tidak akan mau mengenkripsi. Ketuk tombol enkripsi. PIN atau password dibutuhkan untuk langkah terakhir mengenkripsi. Sentuh tombol Encrypt Phone. Enkripsi akan berlangsung bergantung pada panjangnya password atau PIN. Setelah ponsel terenkripsi, handset Android akan selalu membutuhkan PIN atau password untuk memulai. Namun sebagai catatan, perangkat Android seperti Galaxy S4 dengan mudah bisa didekripsi, sementara Moto X perlu reset pabrik untuk menghilangkan enkripsi.
×
×
  • Create New...