Jump to content
BincangEdukasi

Perlengkapan untuk pengendara motocross/dirt rider

Recommended Posts

324000.thumb.jpg.4aa21fadcb2ccc2fa5d475c

1. Kaus kaki panjang dipakai pada langkah yang pertama , gunanya untuk mengurangi gesekan antara kaki dengan sepatu boot. Selain itu juga untuk menyerap keringat karena dalam sepatu boot yang tinggi udara di dalam cukup panas. Setelah itu langkah berikutnya mengenakan pelindung lutut. Terbuat dari bahan plastik keras dipasang dengan karet yang melingkar di seputar lutut. Untuk proteksi yang lebih baik lagi ada sebuah alat bernama knee brace. Alat ini memperkuat persendian lutut dengan engsel yang biasanya terbuat dari besi campuran yang ringan sehingga memungkinkan lutut untuk bergerak hanya dua arah yang lurus.

2. Mengenakan celana khusus untuk motocross. Celana ini biasanya terbuat dari kanvas yang memungkinkan udara dapat keluar dan masuk. Memiliki bantalan di sekitar lutut bagian dalam, pinggang dan paha bagian luar. Tahan terhadap gesekan dan sukar untuk terkoyak. Dalam memilih celana balap yang baik perlu diperhatikan tingkat kekuatan dan kenyamanan pemakaiannya, sebab pabrikan yang bermutu sangat memperhatikan keleluasaan gerak pemakai.

3. Sepatu balap (boot) motocross merupakan kelengkapan penting yang sering diabaikan, hal tersebut terjadi karena harga sepatu khusus ini relatif cukup mahal. Biasanya terbuat dari kulit, tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sering kita jumpai sepatu balap yang dibuat dari bahan campuran sintetis (plastik, polyurethane). Namun semua itu bertujuan untuk memberi perlindungan dan kenyamanan yang maksimal. Perlu diperhatikan pada pemakai diharuskan mengencangkan semua kunci pengaitnya, supaya tidak mudah lepas. Sepatu ini akan melindungi pengendara dari batu, tanah, benturan dengan sepeda motor serta panas dari pipa saluran sisa pembuangan udara (knalpot).

4. Memakai kaos lengan panjang (jersey) yang memiliki bantalan pada siku tangan. Kaos ini selain melindungi kulit juga dapat menyerap keringat pengendara. Relatif cepat kering dan tidak membatasi kulit tubuh untuk bernafas. Biasanya untuk melindungi siku pada lengan jersey terdapat busa (pad) pelindung atau pengendara khusus menggunakan pelindung siku (elbow pad) supaya lebih aman.

5. Pengendara motokros akan sering mengalami guncangan dalam berkendara dan guncangan yang cukup keras bisa menyebabkan cedera pada bagian dalam perut. Untuk mengantisipasi hal tersebut para pengendara motokros memakai sabuk yang ukurannya lebar (belt). Biasanya pada bagian belakang terbuat dari bahan yang keras dan bagian depan elastis. Tujuannya untuk memberi perlindungan pada perut juga bagian pinggang serta sebagai penyangga tulang punggung bagian bawah.

6. Memakai pelindung dada (chest protector) untuk melindungi tulang rusuk, dada, hingga ke punggung bagian atas. Terbuat dari plastik keras dengan bantalan pada bagian tertentu. Benturan dengan stang kemudi serta batu dan tanah dari arah depan dapat menyebabkan cedera yang cukup serius, hendaknya pengendara menyadari betul pentingnya pelindung ini.

7. Helm atau pelindung kepala, merupakan faktor paling penting dari semua peralatan pelindung tubuh. Sebagai pusat saraf kepala juga paling rentan terhadap benturan yang keras. Oleh karena itu dalam memlih helm perlu diutamakan kualitasnya. Biasanya helm untuk pengendara motocross dan enduro lebih banyak memungkinkan udara untuk bersirkulasi, fungsinya untuk memberi pernafasan yang baik. Selain itu dilengkapi juga dengan pet helm (visor) untuk melindungi cipratan tanah juga terhadap sinar matahari yang menyilaukan. Tidak memerlukan kaca pada bagian depan karena pengelihatan pengendara akan dilindungi oleh kacamata khusus (goggle). Perlu diingat bahwa ukuran helm harus cocok dengan kepala pengendara dan tidak dapat dipinjamkan ke orang lain. Kunci pengait helm harus terpasang dengan baik bila memakainya.

8. Sarung tangan juga merupakan faktor yang penting, dipakai terakhir sebelum mengenakan kacamata. Berfungsi untuk melindungi tangan akibat gesekan dengan grip stang, juga terhadap lemparan kerikil atau pecahan tanah keras dari akibat dari sepeda motor di depan. Sarung tangan motocross harus elastis dan nyaman. Dalam penggunaannya harus diperhatikan ukuran yang tepat serta pengunci harus terpasang.

9. Kacamata khusus untuk motocross (goggle). Kaca terbuat dari kaca plastik (lexan lens), memberi perlindungan untuk mata dari debu. Pada bagian dalam terbuat dari busa yang empuk dan memberi kenyamanan pada wajah. Cara pemakaiannya dengan memasukkan kaca terlebih dahulu baru karet (strap) di pasang melingkari helm kearah belakang.

10. Untuk pengendara trail adventure jarak jauh jangan lupa untuk membawa jas hujan serta celananya, membawa beberapa perlengkapan seperti kunci 8, 10, 12, tang, obeng, alat penarik, dsb.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By ThinkSmart
      Pemilik sepeda motor terkadang merasakan kendaraannya tidak bertenaga terutama saat berakselerasi. Hal ini mengurangi kenyamanan berkendara. Ada kemungkinan kopling sepeda motor sudah mulai selip. Padahal sebelumnya Anda sudah mengganti kampas kopling tersebut.
      Merujuk pada buku petunjuk manual produk sepeda motor, rata-rata interval pemakaian kanvas kopling mencapai 15.000-20.000 Km, atau sekitar 2 tahun dalam pemakaian normal. Namun dalam sejumlah kondisi, kampas kopling tersebut bisa saja lebih cepat aus.
      Mengutip laman Suzuki Indonesia, ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini, salah satu yang paling umum adalah, perilaku mengemudi yang buruk, misalnya sering buka-tutup kopling sambil menghentak-hentakkan tuas gas, menggantung tuas kopling atau mengemudi dengan setengah kopling.
      Selain itu, kebiasaan menahan tuas kopling saat posisi berhenti lama, contohnya saat saat berhenti di lampu merah, pengendara menahan tuas kopling sementara posisi gigi masuk berisiko membuat kampas kopling cepat aus. Untuk jeda lama atau berhenti lama sekitar 1 menit, sebaiknya tuas kopling dibiarkan saja, dan posisi gigi dinetralkan. Baru ketika akan jalan, pengendara bisa kembali menarik tuas kopling dan posisi gigi dimasukkan kembali.
      Selain dari perilaku mengemudi, kampas kopling yang cepat aus pun bisa disebabkan karena faktor setelah kopling yang terlalu dekat. Posisi ini diakui akan memudahkan saat harus berpindah gigi, tapi resikonya pengendara harus terus menekan tuas kopling saat kecepatan rendah.
      Untuk ukuran yang tepat, pengendara bisa mengatur jarak bebas tuas kopling sekitar 1,5-2 cm saja. Dengan cara ini, kampas kopling bisa dimaksimalkan, dan usia pakainya pun jadi lebih lama.
      Yang tidak kalah pentingnya, wajib menggunakan kampas kopling yang direkomendasikan untuk pabrikan sepeda motor. Onderdil OEM ini memang cenderung lebih mahal, tapi kualitasnya jauh lebih maksimal ketimbang produk lokal, baik untuk performa mesin ataupun dalam hal usia pakai.
    • By berita_semua
      Twitter telah menetapkan sikap untuk perang menghadapi troll, pengirim pesan dengan tujuan membangkitkan tanggapan emosional dan kemarahan pengguna lain. Oleh sebab itu, Twitter belakangan ini gencar melakukan pembaruan sebagai upaya berkelanjutan membuat platform-nya lebih nyaman dan aman untuk pengguna.
      Selama beberapa minggu terakhir, Twitter sudah melakukan pembaruan mulai dari memperbarui cara pelaporan, mencegah pembuatan akun-akun berisiko konten melecehkan dan merendahkan, mengimplementasikan hasil pencarian yang lebih aman, menurunkan Tweet yang melecehkan, merendahkan dan berpotensi mengancam dan mengurangi notifikasi percakapan dari akun yang sudah diblok atau dibisukan (mute).
      Kini yang terbaru, sosial media (Medsos) berlogo burung biru ini meneruskan niatnya untuk platform-nya lebih aman dengan melakukan update lanjutan. Menurut Ed Ho, VP of Engineering Twitter, Twitter akan mengimplementasikan pembaruan dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya.
      “Kami telah melihat dampak positif dari beberapa pembaruan yang kami lakukan baru-baru ini dan sangat menghargai masukan yang kami terima dari para pengguna. Minggu ini kami akan mulai mengimplementasikan beberapa pembaruan dengan memanfaatkan teknologi yang kami miliki untuk meminimalisir konten kasar dan merendahkan, menyediakan lebih banyak metode untuk mengontrol pengalaman Anda, sekaligus mengomunikasikan langkah-langkah yang sudah kami lakukan dengan lebih jelas," katanya dalam keterangan kepada Okezone, Kamis (2/3/2017).
      Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa Twitter banyak belajar seiring dengan berbagai usaha yang dilakukan untuk membuat Twitter aman dan nyaman, tak hanya dari perubahan-perubahan yang sudah diimplementasikan, tetapi juga dari kesalahan yang dibuat dan masukan dari para pengguna .
    • By ahmadyamadi_skom
      Beberapa hari terakhir, tak hanya Hujan deras yang menyebabkan banjir melanda berbagai wilayah Indonesia. Terpaan angin kencang juga kerap merepotkan. Untuk pengendara sepeda motor, ini adalah salah satu musuh selain banjir. Tak jarang biker dibuat oleng saking kuatnya angin yang bergerak sebelum Hujan.
      Berikut beberapa trik agar angin kencang tak merobohkan Anda:
      Sebelumnya, perkirakan kecepatan angin. Jika terlalu kencang dan bobot Anda plus sepeda motor tak kuasa menahan, lebih baik minggir dan mencari tempat untuk berhenti sejenak. Langkah ini dinilai lebih bijak karena terpaan angin yang terlalu kuat akan dengan mudah menerbangkan mobil sekali pun. Perhatikan arah angin dengan melihat objek yang bergerak di sekitar. Jika angin berhembus dari sisi depan atau belakang Anda, kemungkinan terhempas lebih sedikit, meski tetap harus waspada dan menjaga keseimbangan. Jika angin menerpa dari sisi samping, tekan setang lebih berat ke arah datangnya angin. Misalnya, angin datang dari kiri, tekan setang sedikit ke kiri untuk melakukan ”perlawanan”. Tekanan bergantung pada kekuatan angin, semakin angin berhembus kencang, seharusnya semakin kuat tekanan yang diberikan ke setang. Gunakan kaki dan berat badan untuk menjaga sepeda motor tetap dalam posisi tegak. Usahakan tubuh bagian atas tetap rileks, yang diyakini membantu jaga keseimbangan jika sewaktu-waktu terdapat guncangan. Usahakan posisi tubuh lebih rendah untuk mengurangi penampang yang diterpa angin.
    • By astro
      Warga Jakarta kemarin dihebohkan dengan kasus video porno yang diputar di sebuah billboard di dekat Jalan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Adegan video porno Jepang tersebut dengan durasi beberapa menit.
      Selain menimbulkan kemacetan, kejadian ini tentu turut mengundang tanda tanya besar kenapa hal tersebut bisa terjadi. Pertanyaan pun bermunculan, apa penyebab utama dibalik panayangan terlarang tersebut. Adakah kemungkinan diretas atau ada kesalahan teknis dari pengelola videotron?

      Melihat berbagai spekulasi mengenai video tersebut, Technical Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang Antivirus Software dan Internet Security Solutions, Yudhi Kukuh memberikan tanggapannya.
      "Tujuan hacker meretas sistem komputer milik PT Transito bukan untuk kejahatan ekonomi seperti kejahatan dunia maya pada umumnya. Sejauh ini tidak ada berita pelaku menuntut sesuatu, hanya meretas kemudian menampilkan video porno," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu (1/10/2016).
      Yudhi menuturkan, yang perlu diperhatikan adalah bahwa kejadian ini dapat terjadi akibat lemahnya sistem keamanan pada komputer yang digunakan.

      Diperlukan dukungan antivirus-antimalware andal dan super ringan karena biasanya CPU yang digunakan spesifikasinya rendah. Proteksi firewall menjadi penting, pasalnya penyusupan bisa terjadi karena adanya celah.
      "Ada yang menyabotase/hacking. Penyusupan dilakukan dengan cara mengirim virus ke aplikasi yang terdapat pada videotron. Virus tersebut kemudian menyambungkan ke situs yang menampilkan video porno. Kami tidak bisa ambil alih karena password juga dikuasai orang yang nge-hack (hacker)," kata Manajer PT Transito Adiman Jati Adrian Wiedarta selaku penyelenggara reklame tersebut.
      Videotron sendiri saat ini sudah berhasil dimatikan oleh Suku Dinas Komunikasi, Informasi, dan
      Masyarakat (Kominfomas) Jakarta Selatan dengan cara memutus sambungan listrik. Jalan pintas ini dilakukan karena PT Transisto tidak mampu mematikannya secara manual, sehingga pihak pemda mematikannya dengan paksa.
    • By Clement
      1.Perhatikan Reputasi dari Merek Ban
      Banyak produsen ban sepeda motor yang mengklaim produknya paling baik. Sebaiknya konsumen jangan mudah termakan iklan seperti itu. Merek yang terbukti baik umumnya kerap menjadi sponsor kejuaraan balap motor tingkat nasional hingga internasional.

      2.Tentukan Tujuan Penggunaan Ban
      Ada banyak macam ban sepeda motor yang dapat dijumpai di pasaran. Sepeda motor yang murni digunakan untuk harian dengan sepeda motor untuk penggunaan harian namun sesesekali untuk touring atau balap juga memerlukan ban yang berbeda.
      3.Tentukan Jenis Jalan yang Sering Dilalui
      Selain tentang tujuan penggunaan, kondisi jalanan yang sering dilalui juga perlu dipertimbangkan sebelum memilih ban. Jika penggunaan sebagian besar di dalam kota dengan jalanan yang relatif kering, dapat menggunakan ban harian kering.
      Akan tetapi jika penggunaan di daerah pegunungan atau di kota dengan curah hujan tinggi sehingga jalanan sering basah, lebih aman jika menggunakan ban dual purpose. Sedangkan jika sering melewati jalanan tidak rata dan belum diaspal, lebih baik menggunakan ban off road.

      4.Sesuaikan Ban Dengan Ukuran Pelek
      Tips otomotif selanjutnya adalah memilih ban dengan ukuran yang sesuai dengan pelek, jangan sampai ban lebih besar dari pelek atau sebaliknya. Jika ukuran ban tidak sesuai dengan pelek, maka cengkraman ban pada aspal akan berkurang dan dapat mengancam keselamatan saat digunakan untuk menikung.
      5.Perhatikan Alur Kembangan Ban
      Setelah menentukan ukuran sesuai pelek, tips otomotif terakhir adalah meneliti alur ban sepeda motor sesuai kebutuhan. Alur kembangan merupakan hal penting terutama saat melewati jalanan berarir.

  • Recent Status Updates

    • qbonk

      Hai ngobaser, gede yaaa hahaha
      viral.pisan_20191207_1.mp4
      · 1 reply
    • PusatInformasi

      Hi semuanya, gimana kabarnya?
      · 1 reply
    • keenion

      Hai jendral
      · 0 replies
    • Sam

      Jangan pernah down sama masalah hidupmu, gue sendiri ketika ada masalah emang susah melihat kebawah. Tapi ketika gue liat ini, ternyata masalah gue gak besar sebenernya, masih ada yang lebih besar masalahnya dari gue. 

      · 3 replies
    • Forzaken_DT

      Modus operandi baru di resepsi pernikahan... Hati2 waspada
      Muncul orang necis berbusana rapi sungguh baik hati menemui....
      Namun
      Waspada Modus Penipuan dilakukan ditempat resepsi Pernikahan
      Seorang menampilkan diri simpatik tutur katanya.
      Meyakinkan layaknya Panitia namun sebenarnya mereka Panitia Gadungan/Palsu.
      Modus
      Sang Panitia Palsu masuk ruangan dan berbisik dg seorang tamu meminjam Kunci Motor/Mobil utk di geser.
      Dipindahkan krn ada mobil mau keluar, dan akhirnya diberikan tanpa curiga.
      Sebenarnya mereka sudah mengawasi tamu yang datang dan memarkir kendaraannya.
      Akibatnya
      Ditunggu lama kunci tak dikembalikan, keluarlah dari gedung pemilik kunci tsb.
      Setelah dicek mobil sudah tidak ada ditempat
      Ternyata
      Panitia Palsu tadi yg minta kunci sdh lenyap dengan membawa mobilnya.
      Waspadalah,
      Modus inipun berlaku jg utk kendaraan roda 2..
      Oleh karena itu
      Lebih Amannya
      Pindahkanlah sendiri Motor/Mobil anda, jika diberitau orang.
      Jangan lugu terlalu percaya dgn menyerahkan kunci kepada orang yg tidak anda kenal.
      Cerita pengalaman dari org yg pernah mengalami.... semoga bermanfaat siapapun menjadi waspada.
      · 0 replies
  • Forum Statistics

    • Total Topics
      74,595
    • Total Posts
      81,928

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy