Jump to content

Recommended Posts

ux_designer1.jpg.7f8ac8834f9e6597006d392

User Experience

Para expert berpendapat kehadiran UI/UX Designer ternyata tidak bisa lagi diabaikan bila memang pengguna (user)menjadi perhatian kita, bila pengguna (user) menjadi faktor penting dan utama untuk membangun web/aplikasi yang konsumennya adalah pengguna. Dalam konteks web/aplikasi, user experience intinya adalah pengalaman di sisi pengguna saat berinteraksi dengan interface (antar muka). Apa yang dirasakan oleh pengguna saat interaksi tersebut berlangsung, seperti perasaan senang, kemudahan yang dirasakan, perasaan puas setelah berinteraksi, perasaan puas karena web/aplikasi memberi solusi terhadap permasalahan yang dimiliki pengguna, dan perasaan positif lainnya. Mungkin justru sebaliknya perasaan negatif yang didapat pengguna, misalnya web/aplikasi justru membingungkan pengguna dalam pemanfaatannya, web/aplikasi menyita waktu mereka saat mencari apa yang mereka butuhkan, pengguna “tersesat” di dalam website tanpa diberikan petunjuk dimana mereka berada.

Tahapan Pekerjaan

Tugas utama dari UX designer adalah memaksimalkan perasaan positif pengguna saat berinteraksi dengan web/aplikasi tersebut, lantas seperti apakah kongkritnya tugas dari UX designer? Berikut tahapan pekerjaan dari UX designer secara umum :

  1. Riset
    Pada fase ini UX designer akan mengumpulkan data seputar client yang berkaitan dengan budget dari client, bisnis yang dijalani, tujuan client, user mereka, kompetitor mereka.
  2. Analisis
    Tujuan dari tahap analisis adalah mengambil wawasan dari data yang terkumpul selama fase riset. Dari analisis ini akan diketahui profile pengguna dari web/aplikasi yang akan dibuat, mengapa pengguna menggunakannya dan bagaimana mereka memanfaatkannya. Selanjutnya dari tahap ini akan diputuskan design seperti apa yang sesuai dengan pengguna.
  3. Design
    Bermodalkan hasil analisis data tentang pengguna UX designer mulai memanfaatkan wireframe, prototype untuk membuat web/aplikasi tersebut. Proses design akan mengalami beberapa pengulangan (iterasi), karena pada tahap ini akan ada masukan pada design yang selanjutnya akan di implementasikan ke dalam design dalam bentuk revisi.
  4. Produksi
    Pada tahap design web/aplikasi masih berbentuk wireframe (kerangka design), belum ada warna, tipografi, imageatau dinamakan low fidelity . Pada tahap produksi inilah wireframe tersebut disempurnakan dengan memberi warna, tipografi, image dan elemen design lainnya sehingga didapatkanlah final design yang dinamakan high fidelity yang selanjutnya akan dikembangkan menjadi web/aplikasi.

Riset

Sekilas dari 4 tahapan di atas tidak ada perbedaan dengan tahap pengerjaan yang dilakukan web designer pada umumnya. Namun bila diperhatikan secara seksama dalam tahapan tersebut ada tahap riset yang mana tidak ada dalam tahap pengerjaan website secara umum. Riset, analisis dan pengumpulan data ini berkaitan dengan pengguna. Artinya faktor pengguna (user) menjadi bagian penting dan utama dalam proses design berkaitan dengan user experience. Faktor pengguna inilah yang selama ini diabaikan dalam proses design web/aplikasi.Melalui riset UX designer akan mendapatkan informasi penting seputar pengguna dan menjadi modal pengambilan keputusan bagi UX designer untuk design yang akan dikerjakan.

ux_designer.jpg.7d677aca7f987068d9adae98

Proses iterasi dalam implementasi design, Rujukan UX Design: Foundations for Designing Online User Experiences oleh Jesmond Allen dan James Chudley

User Interface

Salah satu yang disentuh oleh UX designer adalah user interface (UI).UI berkaitan erat dengan user experiencekarena pengguna berinteraksi dengan UI dan mendapatkan pengalaman (experience) dari interaksi tersebut. Sehingga seringkali user experienceprofessional menyematkan dirinya sebagai UI/UX designer. Berkenaan denganuser experience seperti apa yang diinginkan maka UX designer akan menentukan seperti apa user interfacenya. Katakan client ingin membuat website yang menjual furnitur bergaya klasik maka user interface akan disesuaikan dengan tema klasik tersebut dari aspek warna, tipografi dan elemen design lainnya. Dengan demikian experienceyang didapatkan pengguna akan “nyambung”. Namun dalam hal ini UI hanya salah satu aspek dari UX karena UXmencakup lebih dari sekedar UI.

Pengguna

User experience berkaitan dengan persepsi pengguna seperti estetika, emosi dan variabel subyektif lainnya saat menggunakan web/aplikasi. Disini UX designer memiliki peran untuk membuat pengguna terikat dengan pengalaman yang didapatkan saat menggunakan web/aplikasi tersebut. Dalam keputusan design UX designer tidak mengimplementasikan apa yang dia anggap bagus atau apa yang disuka client, namun apa yang dibutuhkan oleh pengguna. Untuk itu dalam proses pengerjaannya UX designer melibatkan calon pengguna untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan design yang telah dikerjakan. UX designer menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan wawasan dari calon pengguna berkenaan dengan design yang telah mereka kerjakan sepertiinterview, survey, user testing. Setelah mendapatkan wawasan dari pengguna maka UX designer akan merevisidesign yang ada, selanjutnya akan mengujinya kembali. Proses ini akan terjadi secara berulang (iterasi) sampai tujuannya tercapai. Proses tersebut bisa dilihat di (Gambar 1).

Data

UX designer dalam proses pengambilan keputusan design tidak berdasarkankan asumsi dan penilaian subyektifnya namun berdasarkan user data. Katakan dalam proses awal keputusan harus diambil berdasarkan asumsi atau penilaian subyektif namun asumsi atau penilaian subyektif tersebut selanjutnya akan diuji ke pengguna. Sehingga setiap keputusan adalah valid. UX designer harus tahu siapa pengguna web/aplikasi tersebut, segmen umur, lokasi, bagaimana mereka menggunakan web/aplikasi tersebut, mengapa mereka menggunakannya. Dengan kata lain UX designer harus mengetahui perilaku (behaviour) dari pengguna web/aplikasi tersebut. Data penting ini selanjutnya akan digunakan oleh UX designer dalam pengambilan keputusan berkenaan dengan design secara luas mulai dari warna, tipografi, style, layout, pengaturan content, proses check in/check out (ecommerce), dan banyak lagi.

Quote

 

Kesimpulan

UX designer adalah pekerjaan yang dalam prosesnya pengambilan keputusan designnya berdasarkan atas data pengguna (user data) bukan atas selera, asumsi, perkiraan subyektif pribadinya, karena tugas dari UX designeradalah memaksimalkan pengalaman positif pengguna saat berinteraksi dengan web/aplikasi yang mereka buat. Untuk itu UX designer tidak lepas dari riset, survei, analisis, user testing dan berbagai metode pengumpulan data lainnya dengan tujuan mendapatkan informasi seputar pengguna.

 

 

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By Forzaken_DT
      VeriSign melaporkan pendaftaran nama domain internet di seluruh top-level domains (TLD) tumbuh menjadi 359,8 juta pada kuartal ketiga 2019.
      Dalam laporan ini tercatat ada peningkatan pendaftaran nama domain sebanyak 5,1 juta pendaftaran atau 1,4%, bila dibandingkan dengan kuartal kedua. Dilihat dari tahun ke tahun, VeriSign menyebutkan ada pendafaran nama domain juta 17,4 juta atau 5,1%.
      Dipaparkan, TLD .com dan .net memiliki total gabungan pendaftaran nama domain sebanyak 157,4 juta di basis nama domain di akhir kuartal ketiga 2019, dengan peningkatan sebesar 1,3 juta pendaftaran nama domain atau 0,8%, jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2019.
      TLD .com dan .net mengalami peningkatan gabungan sekitar 5,7 juta pendaftaran nama domain, atau 3,8% dari tahun ke tahun. Pada 30 September 2019, total basis nama domain .com berjumlah 144,0 juta pendaftaran nama domain, sedangkan total basis nama domain .net berjumlah 13,4 juta pendaftaran.
      Total pendaftaran baru nama domain di .com dan .net sekitar 9,9 juta pada akhir kuartal ketiga 2019, jika dibandingkan dengan 9,5 juta pendaftaran nama domain pada akhir kuartal ketiga 2018.
      Berikut 10 besar peringkat TLD berdasarkan jumlah nama domain yang dilaporkan:
      .com sebanyak 144 juta nama domain .tk sebanyak 25,1 juta nama domain .cn sebanyak 23 juta nama domain .de sebanyak 16,3 juta nama domain .net sebanyak 13,4 juta nama domain .uk sebanyak 13,3 juta nama domain .org sebanyak 10 juta nama domain .tw sebanyak 6,8 juta nama domain .nl sebanyak 5,9 juta nama domain .ru sebanyak 5,7 juta nama domain
    • By Ricky_06
      Pemerintah China sebelumnya telah memblokir Wikipedia dalam bahasa China di negaranya. Dilansir dari laman Android Pit, Kamis (16/5/2019) kali ini pemerintah China telah memperluas batasannya untuk memblokir Wikipedia sepenuhnya dan dalam semua bahasa.
      Peneliti sensor online telah menemukan bahwa China telah memblokir Wikipedia dalam semua bahasa di wilayahnya, berbeda dengan blokade yang ada sebelumnya yang hanya menghambat akses ke versi China. Ketika ditanya tentang tindakan ini, Wikimedia Foundation menjawab bahwa tidak ada informasi sama sekali tentang tindakan ini.
      "Pada akhir April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China. Setelah menganalisis laporan lalu lintas internal kami, kami dapat mengonfirmasi bahwa Wikipedia saat ini diblokir di semua versi bahasa," kata Wikimedia Foundation.
      Wikipedia juga diblokir di Turki pada 2017. Kemudian, Wikipedia juga kabarnya mengalami gangguan di Venezuela. Sementara itu di China, blokir semaca itu juga mencakup halaman seperti Google, Facebook, dan LinkedIn.
    • By channelyoutube
      YouTube mencatat penonton di Indonesia memiliki kebiasan-kebiasaan sendiri saat menyaksikan video di situs berbagi tersebut.
      “Orang Indonesia menonton lebih dari satu jam sehari,” kata Vice President Engineering for Emerging Experience YouTube John Harding saat di acara Google for Indonesia.
      Penonton YouTube di Indonesia pun tumbuh 130 persen year on year pada akhir tahun lalu, begitu juga dengan jumlah video yang diunggah meningkat hingga 600 persen.
      Pertumbuhan para kreator, mereka yang mengunggah video tidak hanya berasal dari Jakarta, namun juga kota besar lainnya seperti Malang dan Surabaya.
      Saat ini, Indonesia memiliki seorang kreator yang tergolong ke dalam Gold Button, yaitu Raditya Dika dengan lebih dari satu juta pelanggan. 
      Sementara itu, ada lebih dari 106 kreator Silver Button, yang memiliki lebih dari 100.000 pelanggan.
      Jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya ada 40 kreator.
      YouTube mencatat dari 100 juta pengguna internet di Indonesia, 40 persen tersambung pada jaringan 2G sehingga sejak beberapa waktu belakangan mereka mengembangkan metode offline, luar jaringan.
      “Dilokalisasi dalam bahasa Indonesia,” kata Harding.
      Mereka juga merencanakan teknologi Accelator, perangkat penyimpanan konten YouTube sehingga penonton dapat menikmati video nyaris tanpa buffering.
      Accelerator mampu menjaring 100.000 video YouTube yang populer dan dijadwalkan ada di Indonesia pada akhir tahun ini di tempat publik seperti kafe, restoran maupun sekolah.
    • By BincangEdukasi
      Uang tersebut tidak akan dipakai oleh siapa-siapa, tetapi "dikembalikan" lagi pada Anda dan netizen sedunia.

      Pengguna internet pasti mengenal Wikipedia, entah itu mereka yang sudah menjadikannya rujukan informasi utama atau yang secara tidak sengaja mengklik webpage dari Wikipedia yang kerap muncul di indeks teratas Google. Ya, ensiklopedia online itu memang disukai karena sifatnya yang gratis. Namun, tahukah Anda bahwa pendapatan Wikipedia ternyata terus meroket sejak tahun 2004?
      Data selama satu dekade terakhir yang dirilis sendiri oleh Wikimedia Foundation, menunjukkan bahwa Wikipedia secara konstan menarik untung. Di tahun 2014 saja, situs yang sudah aktif mengakomodasi informasi dalam 270 bahasa itu berhasil mengumpulkan Rp670 miliar. Perolehan tersebut meningkat sebanyak Rp93 miliar dari tahun sebelumnya.
      Statista telah menyajikan grafis selengkapnya berikut ini:
      '
      Sejumlah uang yang berhasil dihimpun itu sebenarnya juga dikembalikan lagi pada para penyumbang dan pengguna lainnya. Sebagaimana diketahui, Wikipedia memiliki ribuan sukarelawan dari seluruh dunia yang "menghidupkan" situs tersebut. Uang tersebut memang tidak digunakan untuk membayar para kontributor. Namun, donasi yang ada dialirkan untuk kepentingan infrastruktur server dan pemeliharaan website. Bayangkan saja, dengan jumlah kunjungan mencapai lebih dari 460 juta pada Oktober 2014, server yang mumpuni jelas diperlukan agar akses menuju Wikipedia tak tersendat.
      Jika Wikipedia adalah organisasi non-profit, dari mana keuntungan tersebut berasal?
      Tumpuan pendapatan Wikipedia berasal dari donasi masyarakat di seluruh dunia. Motif mereka untuk melakukan hal tersebut kemungkinan besar karena merasa telah terbantu oleh kehadiran situs yang diluncurkan tahun 2001 silam itu. Permintaan sumbangan dari Wikipedia itu sendiri sering disampaikan melalui banner iklan di website tersebut.
      Semoga saja dengan meningkatnya donasi pada Wikipedia ini menjadi bukti bahwa netizen sudah peka dengan pentingnya informasi dan pendidikan melalui dunia maya.
      Artikel ini bisa di support dengan Like  anda ndral.
    • By agenrahasia
      Kalian sudah tahu tentang kasus Wikileaks kan? Itu lho kasus pembuplikasian dokumen rahasia Amerika serikat di khalayak lewat internet melalui situs Wikileaks. Ternyata selain dokumen-dokumen rahasia milik Amerika serikat, Wikileaks ternyata juga menyimpan data konspirasi-konspirasi dunia yang sangat rahasia lho. Setelah diterbitkan oleh Wikileaks, konspirasi ini menjadi terkenal dan bukan menjadui sebuah rahasia lagi.
      Berikut ini adalah 10 konspirasi dunia paling menghebohkan yang dibocorkan oleh Wikileaks :
      1. Proyek Nuklir Iran
      Seperti yang telah banyak kita ketahui, ternyata banyak sekali para pemimpin negara-negara timur tengah yang khawatir dengan proyek mega besar milik negara bekas Persia tersebut. Bahkan Raja Saudi Arabia king Abdullah secara rahasia telah berdiplomasi dengan pemerintah Amerika serikat untuk untuk menyelesaikan masalah nuklir ini. Nuklir, kau memang penuh pesona.
      2. Politik Diplomat Amerika untuk memusuhi para pemimpin dunia
      Dalam beberapa forum dunia dikemukakan bagaimana perlakuan para diplomat amerika dalam menyerukan suaranya terkait dengan figur tokoh-tokoh dunia. suara para diplomat ini seolah-olah ingin sekali memusuhi para tokoh penting dunia. Sudah banyaks ekali pemimpin dunia yang secara tegas telah disindir oleh para diplomat Amerika seperti presiden sarcozy, Silvio Berlusconi, hingga Moamar Gadhafi.
      3. Penyitaan HEU (Uranium) milik Pakistan oleh Amerika serikat
      Seolah mengulangi langkah yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Iran, Amerika serikat seolah takut dengan apa yang namanya Nuklir (tentunya yang bukan milik sekutunya). hal ini terbukti dengan adanya upaya penyitaan Uranium milik Pakistan oleh Amerika serikat dengan dalil keamanan dunia serta dengan "menyewa" forum Nuclear security Summit di Washington beberapa eaktu yang lalu. Berani apa Takut?
      4. Pertukaran Tahanan Penjara Guantanamo
      Sebagai penjara dengan tingkat level pengamanan yang masksimum dan juga terkenal dengan "Kekejamanya" (menurut banyak pihak). Pemrrintah Amerika serikat berusaha meyakinkan pada negara-negara dunia bahwa kini Amerika sudah berbenah dan sudah bisa memperlakukan tahanan dengan baik. hal ini dilakukan dengan cara propaganda ringan pertukaran tahanan Slovenia dan Kiribati dengan Tahanan dari Guantanamo. kalo Gayus masuk Guantanamo, mungkin udah Kurus badanya (Dan tentunya ga bisa liat Tenis di Bali, hehehe).
      5. Dugaan Korupsi Ahmed Zia Massoud, Wakil Presiden Afghanistan
      Dalam salah satu Channel Wikileaks, tersebar tuduhan kepada wakil presiden Afghanistan dalm dugaan kasus korupsi. Wakil presiden ini diduga menggelapkan uang sebesar $52.000.000 dalam kunjunganya ke Uni Emirat Arab. Arab kok korupsi, Apa kata Dunia?
      6. Trio Aliansi China, Amerika serikat, dan Korea Selatan
      Walaupun dalam perjanjinya 3 aliansi ini menggunakan label bisis dan trading ekonomi, namun tak dapat dipungkiri bahwa ada kasus terselubung yang akan diselesaikan oleh 3 aliansi ini. besar kemungkinanya adalah kasus nuklir yang sedang dikembangkan di Korea Utara. Kok seperti mengenang era Triple Entente ya ?
      7. Dukungan Tentara Suriah pada Hizbullah
      Walaupun Presiden Suriah Bashar Al-Assad sudah bersumpah untuk menghentikan bantuan kepada Hizbullah, nmaun nyatanya masih tetap ada celah pasokan senjata yang diberikan oleh Suriah kepada Hizbullah. Tapi belum jelas pihak mana yang berdiri di belakang pemasokan senjata ini. hayo, mana yang benar?
      8. Mata-mata Hillary Clinton
      Hillary Clinton disebut-sebut telah mengirimkan banyak mata-mata untuk menyelidiki negara-negara prospek seperti Iran, Rusia, Pakistan dan Korea. Termasuk dengan proses terpilihnya Ban Ki Moon sebagai Jenderal besar PBB. Hati-Hati, barangkali Blog ini juga dimata-matai oleh Hillary Clinton. hahahaha.
      9. Qatar enggan terlibat dalam proses pemberantasan Terorris
      Entah karena wilayahnya jarang terlibat dengan kasus teror atau memang pendirian Qatar yang dibilang "Au Ah Gelap", Nyatanya dalam berbagai forum dunia, Qatar terlihat enggan dan kurang antusis dalam pembahasan pemberantasan Teroris di seluruh dunia. Cuek nih ceritanya!
      10. Persahabatan Putin dan Berlusconi
      Si Presiden Italia yang juga Pemilik Klub Ac Milan, Silvio berlusconi digadang-gadang memiliki persahabatan yang erat. Konon persahabatan ini hanya sebatas pertukaran Hadiah, namun ternyata menurut banyak sumber sudah mencakup area politik yang luas yang mempengaruhi Rusia dan Italia. Hayo, ketahuan nih yeee! 
×
×
  • Create New...