Jump to content
MariaAngeline

Gejala Flu, Ternyata Radang Selaput Otak!

Recommended Posts

Saat mengalami sakit yang mungkin dirasa ringan, kebanyak orang akan mengabaikan rasa sakit tersebut. Mereka mungkin hanya akan meminum obat atau antibiotik untuk meringankannya dan tidak memeriksakan diri ke dokter. Mulai saat ini, jangan melakukannya lagi ya, karena gejala-gejala ringan seperti itu bisa jadi adalah tanda suatu penyakit yang tidak bisa dianggap remeh.

6.jpg.d622c900587d4bdcc5e347dbca9b5848.j

Seorang gadis belia bernama Natasha Willard harus mengalami kelumpuhan dan kehilangan kemampuan bicara karena tidak segera menangani rasa sakit yang dialaminya. Natasha dan keluarganya menganggap bahwa ia hanya terkena flu. Namun lama-kelamaan, keadaan Natasha semakin memburuk.

Setelah beberapa hari, gadis berusia 17 tahun ini tidak bisa menggerakkan tangan dan kakinya. Hingga yang paling parah, ia kehilangan kemampuannya berjalan dan berbicara. Kini keluarganya sedang mencoba untuk mengajarinya mengatakan beberapa hal, dan kata-kata yang bisa ia ucapkan hanya nama beberapa orang, kata sapaan, serta kata “yeah”.

7.jpg.458dc19bfd1bdf58883b9561aa8f4546.j

Mulanya, dokter tidak bisa memastikan penyakit apa yang diderita oleh Natasha. Namun setelah meneliti lebih lanjut, mereka mengatakan bahwa Natasaha terkena peradangan otak yang disebut encephalitis. Kini Natasha hanya bisa berbaring lemah di tempat tidurnya.

Keluarganya kini sedang berusaha untuk mengumpulkan biaya untuk pengobatan gadis malang tersebut. Sebentar lagi adalah ulang tahun Natasha yang ke 18, mereka berharap saat itu Natasha sudah pulih dan bisa kembali lagi ke rumah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Brenda_Christie
      Setiap orang tentu memiliki kriteria masing-masing saat hendak menjalin hubungan dengan orang lain. Salah satu hal yang dipertimbangkan adalah pekerjaan calon pasangan. Beberapa orang mungkin ada yang mengharapkan memiliki pasangan seorang dokter. Sebab hingga saat ini dokter masih dianggap sebagai profesi dengan gaji tinggi.
      Bagi Anda yang memiliki keinginan serupa, tahukah bahwa menjadi pasangan dokter tidak mudah? Tidak percaya?
      Kehidupan medis tidak terlalu fleksibel
      Sama seperti pekerjaan lain, dokter juga memiliki jadwal praktek. Hanya saja terkadang dokter harus menyelesaikan pekerjaannya menangani pasien hingga kondisi sudah stabil. Dengan begitu dokter tidak bisa pergi begitu saja di tengah-tengah kondisi darurat. Bahkan dokter harus siap dipanggil kapan saja saat ada pasien yang membutuhkan.
      Meskipun pada saat itu dirinya sedang ada acara keluarga atau sedang bersama dengan pasangan. Selain itu, tempat tinggal dokter terkadang harus mengikuti tempatnya ditugaskan praktek. Kondisi ini sering terjadi pada saat dokter hendak mengambil spesialisasi dan sekolah lebih lanjut. Pasangan pun harus siap dengan kondisi ini.
      Memiliki waktu kehidupan yang berbeda dari orang lain
      Salah satu bagian tersulit menjadi pasangan dokter adalah sulitnya bertemu dengan orang lain sesuai jadwal semestinya. Sebagai contoh, ibu rumah tangga biasa mungkin menyempatkan waktu bertemu dengan teman di hari kerja dan menghabiskan waktu dengan keluarga di akhir pekan. Tapi dokter kadang memiliki waktu luang di hari kerja dan bekerja di akhir pekan. Saat itu tentu sebagai pasangan yang baik harus ada di rumah untuk menemani suami. Sedangkan bertemu di akhir pekan dengan teman sedikit sulit karena mereka ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.
      Sulit untuk merencanakan sesuatu
      Merencanakan segala sesuatu adalah tindakan yang baik. Tapi rencana bisa jadi tinggal rencana saat harus berhadapan dengan jadwal praktik dokter. Seperti yang dikatakan sebelumnya, jam pulang kerja dokter tidak jelas. Begitu juga dengan waktu liburnya. Belum lagi bila mereka dibutuhkan mendadak di hari libur.
      Merasa tidak mengenal pasangan
      Kesibukan dan rutinitas yang berbeda dari dokter terkadang membuat seseorang tidak mengenal pasangannya. Terutama saat menemani mereka dalam pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak dokter. Sementara dokter mungkin akan bercakap-cakap tentang dunia medis kepada rekannya dengan penuh semangat, pasangan hanya bisa mendengarkan tanpa bisa mengerti. Itu bisa terasa sangat menjengkelkan karena seolah-olah Anda tidak mengenal pasangan dan tidak mengetahui apapun soal dunianya.
      Timbul perasaan bersalah dan sedih
      Ini mungkin merupakan bagian tersulit menjadi pasangan dari seorang dokter. Tak sedikit orang yang merasa bersalah karena ada banyak hal baik tentang menikah dengan dokter tapi banyak pula hal buruk yang dapat terjadi. Kondisi ini terkadang bisa sangat sulit untuk diceritakan pada orang lain karena mereka tidak mengerti kondisinya.
    • By desianiputri
      Dokter itu melayani dan bekerja untuk kepentingan masyrakat. Keyakinan hati dokter muda, Benediktus Andries ini, buat dirinya ingin bebaskan Papua dari malaria.
      Meski bertempat tinggal di Ibu Kota Jakarta dan berasal dari Kota Bogor, seorang dokter tapan bernama Benediktus Andries lebih memilih bekerja di Papua. Alasannya sangat mulia, ingin membebaskan Papua dari malaria.

      Dokter muda yang akrab disapa Andries itu kini bekerja sebagai peneliti di Pusat Penelitian Malaria Timika, di Kabupaten Mimika Papua. Sebelumnya, ia bekerja sebagai dokter umum di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.
      Pria yang sempat mengikuti program internship di Pulau Sumbawa, NTB ini tertarik untuk mengabdikan dirinya di Tanah Papua karena tingginya angka malaria dan kurangnya pelayanan medis. Ia mengaku ingin membebaskan Papua dari Malaria.

      “Saya ingin melalui penelitian ini, goalnya “Timika bebas dari Malaria. Papua bebas dari Malaria, dan harapannya adalah se-Indonesia bebas malaria. Tapi segala sesuatu harus dimulai dari hal paling terkecil dulu kan?”
      Meski medan di Timika tak mudah, dengan fasilitas yang tak secanggih di perkotaan, baginya ini merupakan tantangan tersendiri. Ia juga sangat yakin bahwa merupakan tugas dokter untuk melayani dan bekerja untuk kepentingan masyarakat.
      “Buat saya, saya menjunjung tinggi profesi. Dokter itu melayani dan bekerja untuk kepentingan masyarakat. Nggak semua orang bisa menjadi dokter. Saat sudah menjadi dokter, harapannya kita bisa mengaplikasikan apa yang kita miliki untuk masyarakat,”
      Sudah siapkah kamu mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat? Yuk, ikuti jejak Andries ndral!
    • By BincangEdukasi
      Hidung tersumbat seringkali membuat hidup jadi tidak nyaman dan terasa sangat menyiksa. Apalagi ketika saat akan tidur di malam hari, tidur jadi susah karena untuk bernafas melalui hidung sangat sulit sehingga hanya bisa bernafas melalui mulut. Akibatnya kalau tidur dengan bernafas melalui mulut adalah ngorok.
      Hidung tersumbat bisa disebabkan karena alergi atau sedang menderita pilek, bila sudah begitu penderita sulit bernafas karna sinusnya terganggu. Sinus sendiri adalah rongga pada tulang disekitar hidung. Dalam rongga tadi menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung, bila ada gangguan pada rongga tersebut maka terjadi penumpukan lendir di rongga sinus. Akibatnya penderita akan sulit bernafas melalui hidung.

      Berikut ini adalah tips bagaimana cara mengatasi hidung mampet dan tersumbat secara alami:
      1. Uap rempah
      Selain minuman, Anda juga bisa membuat racikan rempah di air hangat untuk penguapan atau steam. Campur air hangat dengan ramuan rempah yang melegakan hidung seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe, di baskom. Dekatkan wajah sambil menutup area sekitar dengan handuk kering. Cara tradisional ini cukup diandalkan mengatasi hidung tersumbat.
      2. Menghirup zat aromatik atau inhaler
      Cara lain untuk mengusir hidung mampet adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti mentol atau kayu putih. Produk inhaler yang mengandung mentol, minyak peppermint, dan Cajeput eucalyptol, komponen dari kayu putih cukup mujarab. Cukup letakkan inhaler tepat di bawah hidung, kemudian dihirup, maka uap dari inhaler akan melonggarkan sinus.
      Produk aromatik lain dari bahan-bahan yang sama juga dapat membantu. Jika mengalami hidung mampet, isilah bak mandi dengan air panas, teteskan 4 – 5 tetes minyak aromatik, masuklah ke bak mandi, dan hirup uapnya.
      3. Minyak dan suplemen kayu putih
      Cara lain untuk mengatasi hidung mampet adalah menghirup obat batuk berbahan dasar kayu putih. Ketika obat ini dihirup, maka sinus akan terbuka. Produk suplemen berbahan dasar kayu putih juga efektif. Kapsul kecil yang mengandung ekstrak kayu putih dapat membersihkan hidung tersumbat. Produk ini baik untuk mengatasi gangguan sinus yang lebih parah.
      4. Menthol
      Peppermint mengandung mentol, dan ketika minum teh peppermint, mentol dalam teh akan menyebar sampai ke dalam sinus dan membantu untuk melebarkan sinus. Peppermint tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan baik.
      5. Bawang
      Di pasaran, memang ada alat hirup khusus hidung tersumbat yang merupakan aroma balsam. Tak perlu mengeluarkan uang membelinya, alat ini bisa diganti dengan herbal alami. Cukup iris bawang lalu menciumnya di dekat hidung selama sekitar lima menit. Aroma bawang akan bertindak sebagai katalis untuk mengencerkan lendir.
      6. Minuman panas
      Buat secangkir teh atau kopi panas. Sebelum meminumnya, dekatkan cangkir ke arah hidung, dan hirup uapnya. Cara ini cukup efektif mengencerkan lendir penyumbat rongga hidung, tanpa memunculkan risiko iritasi.
      7. Bantal tinggi
      Saat hidung tersumbat, coba tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada dada. Kalau perlu gunakan dua bantal. Usahakan posisi tengadah, jangan miring. Posisi ini akan mengurangi pembentukan lendir.
      8. Makanan pedas
      Mengonsumsi makanan pedas saat hidung tersumbat memang membantu. Kandungan capsaicin dalam sejumlah produk pedas seperti merica atau cabe membantu mengencerkan lendir dan membersihkan rongga hidung.
      9. Hindari penyebab alergi
      Zat penyebab alergi dari lingkungan seperti debu, ragi dan jamur juga dapat menyebabkan gangguan pada sinus. Penyaringan udara yang tidak memadai di kantor atau lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan gangguan sinus yang tidak berhenti meskipun telah mencoba berbagai upaya.
    • By BincangEdukasi
      Dingin dan kehujanan seringkali menjadi penyebab seseorang terserang flu yang berakibat hidung jadi mampet dan tersumbat. Namun demikian ada juga sebagain orang yang meski dalam musim dingin atau habis kehujanan dia tidak terkenan flu. Lalu apa sebenarnya penyebab seseorang jadi mudah atau rawan terkena flu?
      1. Kurang tidur
      Memiliki jam tidur lebih sedikit daripada yang dibutuhkan membuat tubuh lelah, kurang aktif dan tak kuat pada cuaca dingin.
      2. Melewatkan makan
      Bila tak mengasup makanan atau makan dalam jumlah tak mencukupi, tubuh akan menghemat energi dan menghasilkan panas lebih sedikit. Akibatnya, tubuh lebih mudah kedinginan.
      3. Penyakit Raynaud
      Penyakit ini membuat pembuluh darah dan arteri mengecil sehingga pasokan darah ke kulit terbatas. Akibatnya kulit mengerut dan lebih berisiko kedinginan.
      4. Anemia
      Sebuah tes darah sederhana dapat mendeteksi jika Anda mengalami anemia. Pada wanita, tingkat estrogen yang berfluktuasi memicu anemia, teruatama saat menstruasi. Inilah yang membuat seseorang lebih sensitif terhadap suhu dingin.
      5. Berat badan rendah
      Rasa dingin yang diderita bisa terkait massa otot dan lemak tubuh. Otot menghasilkan panas dan lemak berperan sebagai insulator yang menjaga tubuh tetap hangat. Mereka yang kekurangan massa tubuh dan lemak lebih cenderung kedinginan.
    • Guest Metrotvnews
      By Guest Metrotvnews
      Metrotvnews.com, Jakarta: Influenza merupakan penyakit yang sering menyerang saat musim hujan atau pancaroba. Siapa saja bisa terserang flu. Namun, ada beberapa orang yang lebih mudah terserang.
      Dikuitip dari situs World Health Organization (WHO), kelompok orang yang dimaksud umumnya yang memiliki kekebalan rendah seperti ibu hamil, anak-anak berusia 6-59 bulan, orang tua, orang-orang dengan kondisi medis kronis tertentu seperti HIV/AIDS, asma, penyakit hati kronik, atau penyakit paru-paru dan Kesehatan pekerja.
      Influenza musiman menyebar dengan mudah, dengan cepat bertransmisi di tempat-tempat seperti sekolah dan panti jompo. Ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, uap yang mengandung virus tersebar ke udara dan menyebar ke orang-orang di dekatnya yang menghirup.
      Virus ini juga dapat menyebar melalui tangan-tangan yang terkontaminasi dengan virus influenza. Jika sudah terinfeksi, penderita akan mengalami demam, batuk, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, hingga hidung tersumbat.
      Kebanyakan orang pulih dari demam dan gejala lain dalam seminggu tanpa memerlukan perhatian medis.
      Mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker adalah cara paling mudah dan tepat untuk menghindari flu.
      www.metrotvnews.com
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy