Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
c0d1ng

Yamaha Bikin Robot Pengendara Sepeda Motor

Recommended Posts

motobot-ngobas.jpg.b4bc6d203d2340a556e50

Yamaha menciptakan Motobot, sebuah robot yang mampu memacu sepeda motornya di mana saja, termasuk di sirkuit balap. Motobot diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show pekan ini. 

Rupanya robot ini adalah visi Yamaha untuk konsep kendaraan otonom. “Berkendara secara otomatis tanpa modifikasi di sepeda motor berpotensi memberikan kami pendekatan lain dalam kendaraan yang bisa beroperasi sendiri,” kata Hiro Saijou, Chief Executive Yamaha Motor Ventures and Laboratory, seperti dikutip media, Jumat (30/10). 

Untuk mengawali proyek robot itu, Yamaha telah mengirimkan stafnya ke Silicon Valley pada Mei 2014 dan secara resmi membuka laboratorium pada Agustus lalu. 

“Kami ingin punya potensi membuat semua kendaraan jadi otonom, tak hanya sepeda motor,” kata Saijou. “Dan robot otonom yang mengendarai sepeda motor adalah yang paling menantang dan konsep yang luar biasa.” 

Motobot sendiri baru pada tahap konsep. Pada kecepatan di bawah 3 mph, ia masih tak stabil. Tim yang menggarap proyek itu sendiri hanya berjumlah lima orang. 

Versi pertama yang dipamerkan di Tokyo dioperasikan dengan pengendali jarak jauh. Versi berikutnya diklaim bakal 100 persen otonomi, dikontrol oleh GPS dan sensor. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By ThinkSmart
      Pemilik sepeda motor terkadang merasakan kendaraannya tidak bertenaga terutama saat berakselerasi. Hal ini mengurangi kenyamanan berkendara. Ada kemungkinan kopling sepeda motor sudah mulai selip. Padahal sebelumnya Anda sudah mengganti kampas kopling tersebut.
      Merujuk pada buku petunjuk manual produk sepeda motor, rata-rata interval pemakaian kanvas kopling mencapai 15.000-20.000 Km, atau sekitar 2 tahun dalam pemakaian normal. Namun dalam sejumlah kondisi, kampas kopling tersebut bisa saja lebih cepat aus.
      Mengutip laman Suzuki Indonesia, ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini, salah satu yang paling umum adalah, perilaku mengemudi yang buruk, misalnya sering buka-tutup kopling sambil menghentak-hentakkan tuas gas, menggantung tuas kopling atau mengemudi dengan setengah kopling.
      Selain itu, kebiasaan menahan tuas kopling saat posisi berhenti lama, contohnya saat saat berhenti di lampu merah, pengendara menahan tuas kopling sementara posisi gigi masuk berisiko membuat kampas kopling cepat aus. Untuk jeda lama atau berhenti lama sekitar 1 menit, sebaiknya tuas kopling dibiarkan saja, dan posisi gigi dinetralkan. Baru ketika akan jalan, pengendara bisa kembali menarik tuas kopling dan posisi gigi dimasukkan kembali.
      Selain dari perilaku mengemudi, kampas kopling yang cepat aus pun bisa disebabkan karena faktor setelah kopling yang terlalu dekat. Posisi ini diakui akan memudahkan saat harus berpindah gigi, tapi resikonya pengendara harus terus menekan tuas kopling saat kecepatan rendah.
      Untuk ukuran yang tepat, pengendara bisa mengatur jarak bebas tuas kopling sekitar 1,5-2 cm saja. Dengan cara ini, kampas kopling bisa dimaksimalkan, dan usia pakainya pun jadi lebih lama.
      Yang tidak kalah pentingnya, wajib menggunakan kampas kopling yang direkomendasikan untuk pabrikan sepeda motor. Onderdil OEM ini memang cenderung lebih mahal, tapi kualitasnya jauh lebih maksimal ketimbang produk lokal, baik untuk performa mesin ataupun dalam hal usia pakai.
    • By WilliamHutapea
      Perlu diingat tidak disarankan sembarangan memasang busi dan tutup busi di motor injeksi.
      Karena busi untuk motor injeksi berbeda spek-nya dengan busimotor karburator biasa.
      Busi untuk motor injeksi ada kodenya. Seperti kode 'R' yang bukan Racing. Tapi, adalah resistance atau bisa dikatakan hambatan.
      Agar imbas listrik dari koil tegangan tinggi yang mencapai 20.000 volt tidak menyebar kemana-mana.
      Jika menggunakan busi biasa, imbas Iistrik yang tinggi itu bisa mempengaruhi ECU.
      Kelamaan ECU bisa jebol yang harus dibeli jutaan rupiah.
      Tidak sebanding dengan harga busi yang tidak semahal ECU.
      Makanya, kalaupun untuk racing, tanyakan dulu kepada penjualnya.
      Apakah busi racing yang dijualnya sudah mengandung spek 'R', supaya jelas dan tidak berisiko.
      Satu hal lagi yang sering salah paham, tutup busi atau cop busi.
      Katanya untuk keperluan racing, gunakan yang punya hambatannya nol.
      Bisa dikatakan bebas hambatan.
      Salah satu pembuat ECU pernah mengingatkan, katanya jangan gunakan tutup busi tanpa hambatan.
      Nanti ECU cepat rusak.
      Memang susah dijelaskan dengan kata-kata alasannya kenapa?
      Terjawab ketika beberapa orang konsumen dari Ultraspeed mengalami masalah.
      Lampu indikator engine di-spido tidak mau nyala alias tidak membaca program.
      Setelah dicek diagnostic tool, ECU eror alias rusak. Kejadiannya di CBR 250R.
    • By peter_hutomo
      Saat sedang berkencan, terutama kencan buta, biasanya suasana canggung di antara pria dan wanita yang satu sama lain tidak saling mengenal ini memang tidak terhindarkan.
      Tapi sepertinya suasana canggung saat berkencan ini bisa diminimalisir oleh masyarakat Jepang. Pasalnya, Jepang sebagai negara dengan teknologi canggih telah menghadirkan sebuah “bantuan” agar saat berkencan suasana yang ada bisa lebih cair dan nyaman, alih-alih canggung dan kaku.
      “Bantuan” tersebut hadir dalam bentuk robot. Ya, Di Jepang ada robot yang disediakan sebagai asisten saat acara berkencan, tepatnya pada gelaran acara pesta speed-dating.
      Ialah Cyber Agent, perusaan manufaktur teknologi dan media yang diketahui menyediakan robot cupid satu ini. Dalam teknisnya, robot cupid tersebut akan diletakkan di atas meja tepat di depan pasangan pria dan wanita yang sedang berkencan. Di mana masing-masing pihak akan merespon pertanyaan atau pernyataan yang dilontarkan robot cupid tersebut.
      Robot cupid sebelumnya telah “diisi” oleh profil biodata masing-masing peserta kencan, yang kemudian berkembang menjadi 45 buah pertanyaan. Pendek kata, sang robot cupid inilah akan memberikan pertanyaan, merespon dan berbicara di saat peserta kencan alias sang pria dan wanita hanya duduk terdiam sehingga akhirnya timbul suasana canggung karena tidak tahu hendak membicarakan apa.
      Hal-hal yang ditanyakan oleh peserta kepada robot cupid contohnya simpel saja. Misalnya seperti hobi. Dalam video yang dirilis, terlihat sang pria bertanya pada robot apa hobi sang wanita pasangan kencannya tersebut, kemudian dijawab oleh robot cupid wanita bahwa sang teman kencan hobi bermain piano sehingga baru-baru ini memulai untuk mengambil kelas piano.
      Setiap percakapan antara robot dengan robot ini disebutkan biasanya berjalan selama tiga menit. Para peserta kencan memiliki pilihan (yang bisa ditentukan sebelumnya) apakah mereka mau berkomunikasi, mengobrol langsung (manusia dengan manusia) setelahnya atau tidak.
      Well, tampaknya robot anti-canggung dalam berkencan ini bisa jadi alternatif solusi yang menarik. Mengingat akhirnya, melalui acara pesta speed-dating yang diikuti oleh 28 peserta itu ada empat pasangan yang memutuskan untuk jadian dan banyak di antaranya yang memberikan pujian terhadap “bantuan” yang diberikan oleh robot cupid tersebut. Demikian seperti dilansir Soranews.
    • Guest news
      By Guest news
      Burung liar di sekitar bandara bisa menabrak pesawat terbang atau tersedot mesin jet sehingga membahayakan keselamatan penerbangan. Otoritas bandara sering memakai anjing atau bunyi keras untuk menghalau kawanan burung, namun menurut perusahaan Belanda, burung robot produksinya jauh lebih efektif.
       
    • By paimin
      Honda All New Vario 150 resmi meluncur, bradsis. Mesin yang dipakai mirip dengan yang diusung PCX 150. Di mesin ini, bagian kick starter sudah ditinggalkan. Sekarang, Honda hanya mengandalkan electric starter..
      "Kami sudah survey, konsumen kami jarang sekali menggunakan kick starter. Untuk itu, kita hilangkan kick starter pada All New Vario 150 ini," terang Shigeto Kimura, selaku Marketing Director AHM.
      "Di Vietnam, tidak menggunakan kick starter sudah dimulai sejak tahun lalu. Maka itu, kami juga mencobanya di Indonesia," tambah Toshiyuki Inuma, selaku President Director AHM.
      Memang lebih simple jadinya, karena tinggal pencet aja kalo mau nyalain motor. Tapi, kadang kick starter juga masih diperlukan untuk mengecek kompresi pada motor. Selain itu, jika aki mulai drop, electric starter juga jadi tidak berfungsi. Namun, mesin masih bisa menyala dengan kick starter.
      Untuk itu, brader n sista jangan sampai biarkan aki All New Vario 150 sampai drop atau soak yaa..
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/honda-mulai-tinggalkan-kick-starter-pada-all-new-vario-150-2Ku2

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy