Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Kartu SIM Card ada celah keamanan nya
      Celah keamanan dalam kartu SIM disebut mengancam lebih dari satu miliar ponsel. Celah keamanan ini disebut dengan Simjacker.
      • 0 replies
    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
Sign in to follow this  
c0d1ng

NeoKylin sistem operasi yang mirip banget sama Windows XP

Recommended Posts

Pengguna sistem operasi Windows milik Microsoft di negara Tiongkok memang sangat dominan. Banyak dari perkantoran dan pengguna umum biasa yang menggunakan sistem operasi Windows. Dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan teknologi luar negeri, maka pemerintah Tiongkok membuat sistem operasi buatan negaranya sendiri yang bernama NeoKylin.

Sistem operasi dekstop NeoKylin ini tampilannya sangat mirip dengan tampilan sistem operasi milik Microsoft yang legendaris, yakni Windows XP. OS NeoKylin ini merupakan salah satu proyek pemerintah Tiongkok untuk mengurangi ketergantungannya pada Microsoft.

neokylin-desktop.thumb.jpg.2a5d567a0a27d

Program ini dijalankan oleh pemerintah Tiongkok pertama kali pada tahun 2013 dengan menggandeng Canonical sebagai pengembang sistem operasi dekstop berbasis ubuntu. Sebelumnya mereka juga telah memiliki proyek pertama yang bernama Kylin, namun proyek tersebut kurang diminati.

Nah, proyek pemerintah Tiongkok yang kedua, NeoKylin, sukses dan kini menjadi sistem operasi non Windows yang populer di Tiongkok. Sistem operasi yang dibuat oleh China Standard Software ini jika dilihat sangat mirip dengan Windows XP terlebih lagi pada tampilan start menunya.

Tak hanya tampilan sistem operasinya saja yang mirip, NeoKylin juga telah dijejali dengan software yang mirip dengan Microsoft Office, namun software pada NeoKylin ini merupakan modifikasi dari OpenOffice.

Sistem operasi NeoKylin ini tak hanya digunakan oleh pemerintah Tiongkok saja, namun juga warga biasa juga telah mengusung sistem operasi NeoKylin. Kepopuleran NeoKylin ini juga ditunjukan dengan angka 40% dari produk PC Dell yang dijual di negara tersebut telah menjalankan sistem operasi NeoKylin.

“Sistem operasi NeoKylin tersedia di Dell laptop Latitude, desktop komersial Dell OptiPlex , dan Dell Precision workstation”, kata juru bicara Dell yang dilansir dari Quartz. Namun belum diketahui, apakah versi yang digunakan oleh perangkat Dell memiliki tampilan yang sama dengan Windows XP milik Microsoft. 

Pemerintah Tiongkok memang gencar mencanangkan membuat sistem operasi buatan sendiri untuk mengurangi pasokan teknologi dari luar negeri. Selain untuk segi keamanan negara, membuat sistem operasi buatan sendiri juga menstimulasi perkembangan teknologi Tiongkok.

Jadi bukan hal yang aneh jika pemerintah Tiongkok membuat tandingan dari Windows XP, mengingat pengguna windows XP di tahun 2014 lalu mencapai 27%. Dengan angka yang cukup besar itu, pemerintah Tiongkok yakin secara berangsur, pengguna Windows XP di negaranya semakin berkurang.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Ricky_06
      Pemerintah China sebelumnya telah memblokir Wikipedia dalam bahasa China di negaranya. Dilansir dari laman Android Pit, Kamis (16/5/2019) kali ini pemerintah China telah memperluas batasannya untuk memblokir Wikipedia sepenuhnya dan dalam semua bahasa.
      Peneliti sensor online telah menemukan bahwa China telah memblokir Wikipedia dalam semua bahasa di wilayahnya, berbeda dengan blokade yang ada sebelumnya yang hanya menghambat akses ke versi China. Ketika ditanya tentang tindakan ini, Wikimedia Foundation menjawab bahwa tidak ada informasi sama sekali tentang tindakan ini.
      "Pada akhir April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China. Setelah menganalisis laporan lalu lintas internal kami, kami dapat mengonfirmasi bahwa Wikipedia saat ini diblokir di semua versi bahasa," kata Wikimedia Foundation.
      Wikipedia juga diblokir di Turki pada 2017. Kemudian, Wikipedia juga kabarnya mengalami gangguan di Venezuela. Sementara itu di China, blokir semaca itu juga mencakup halaman seperti Google, Facebook, dan LinkedIn.
    • Guest News
      By Guest News
      Penyewaan pacar telah memicu kritikan sejumlah netizen di media sosial dan para ahli hukum yang mempertanyakan moralitas dan legalitas bisnis tersebut.
      Di saat jutaan orang China mudik untuk merayakan libur Tahun Baru Imlek bersam keluarga mereka, Luoluo yang berusia 24 tahun sibuk menjawab pesan aplikasi seluler dari pria-pria putus asa yang mencari pacar kilat yang bisa disewa untuk ditunjukkan kepada orangtua mereka.
      Saat mudik dalam masa liburan tersebut, yang dimulai Jumat (27/1), para lajang sering menjadi sasaran ceramah dari sanak saudara yang menekankan pentingnya pernikahan dan mempertahankan garis darah keluarga.
      Beberapa lajang akhirnya menyewa pacar palsu untuk menenangkan orangtua mereka. Namun ledakan penggunaan ponsel pintar dalam beberapa tahun terakhir berarti bahwa sekarang orang dapat membayar kencan seperti itu lewat beragam aplikasi seluler, hanya lewat beberapa klik.
      "Lebih dari 1.000 pengguna aplikasi kami telah mendaftar sebagai pacar untuk disewa pada libur Tahun Baru," kata Cao Tintian, pendiri aplikasi pacar sewaan Hire Me Plz, kepada Reuters.
      Para pelanggan aplikasi membayar sekitar 1 yuan (US$0,15) sampai 1.999 yuan per jam untuk kencan makan malam, mengobrol, satu permainan mah-jong atau bahkan pijat kaki.
      Harga melonjak sekitar Tahun Baru, dengan ribuan lajang menarik berusia 20an seperti Luoluo meminta honor 3.000 yuan sampai 10.000 yuan per hari.
      "Saya masih mencari orang-orang untuk memenuhi slot waktu saya," ujar seorang perempuan dari provinsi Sichuan, yang tinggal memiliki dua slot setengah hari untuk seminggu ke depan.
      "Tapi hanya untuk mereka yang tinggal di provinsi yang sama. Saya tidak punya waktu untuk bepergian jauh," tambahnya.
      Selain Hire Me Plz, ada lima aplikasi besear penyewa pacar, yang mendapat uang dengan mengambil komisi, dan juga dari biaya langganan.
      "Model bisnis kami masih baru, meskipun semakin banyak orang muda yang menerima ide menjual waktu mereka sebagai komoditas," ujar Cao di kantor pusat perusahaan di Beijing, yang memperkirakan bisnis penyewaan pacar ini akan menjadi pasar bernilai miliaran dolar dalam lima tahun.

      Acara makan malam keluarga besar pada Tahun Baru China di Wuhan, provinsi Hubei.
      Sejak diluncurkan tahun 2015, Hire Me Plz telah mengumpulkan 700.000 pengguna dan 1,7 juta pengikut di Tencent milik WeChat, jaringan media sosial seluler terbesar di China.
      Penyewaan pacar -- di dunia maya maupun nyata -- telah memicu kritikan dalam beberapa tahun terakhir, dimana sejumlah netizen di media sosial dan para ahli hukum mempertanyakan moralitas dan legalitas bisnis tersebut.
      "Tidak ada larangan yang jelas dalam aturan China menyangkut penyewaan pacar. Namun ada risiko-risiko ddi dalamnya, yang juga mungkin melanggar aturan dalam batas-batas tertentu," tulis kantor berita pemerintah China News Services bulan ini, yang mengutip Li Hongzhao, pejabat di Komite Undang-undang Kriminal pada Asosiasi Pengacara Beijing.
      Li mengatakan terkadang sulit mendefinisikan batas-batas keintiman yang pantas dan kapan tindakan intim itu menjadi serangan seksual.
      Seks tidak menjadi bagian layanan-layanan yang ditawarkan dalam aplikasi seluler tersebut. Prostitusi adalah ilegal di China.
      Cao dari Hire Me Plz mengatakan tujuan awal aplikasinya adalah untuk membantu mengatasi masalah kesepian yang dirasakan anak-anak muda yang meninggalkan rumah untuk bekerja sendiri di kota-kota besar.
      "Saya mencari cara yang lebih efektif untuk mengajak orang kencan. Siapa yang ingin berbincang selama berbulan-bulan via jaringan sosial dan berakhir tanpa apa pun?"
      Di negara lainnya di Asia, layanan pacar sewaan sebagian besar berbasis laman, seperti Soulmate di Korea Selatan dan Pally Asia di Singapura.
      Pally Asia, yang menyebut dirinya sarana "menyewa teman", berencana untuk meluncurkan aplikasi dalam semester pertama tahun ini.
    • By safitri_bianka
      Seorang bocah laki-laki di China tampaknya memiliki wajah yang membuatnya beruntung. Pasalnya, bocah bernama Fan Xiaoqin (8) itu memiliki wajah mirip dengan miliuner China, Jack Ma.
      Jack Ma merupakan pendiri Alibaba Group yang terkenal dengan bisnis online shop-nya di China.
      Namun, keadaan bocah yang dipanggil “mini Jack Ma” ini kurang beruntung. Sebab ibunya mengidap penyakit polio, ayahnya kehilangan kaki, dan neneknya mengidap alzheimer. Akibat hal tersebut, biaya untuk pendidikan Xiaoqin agak tersendat.
      Mini Jack Ma pertama kali terkenal pada 2015 ketika seorang warga desa mengunggah videonya. Para netizen langsung mengklaim ia memiliki wajah serupa dengan sang miliuner.
      Namun pada tahun ini nama Xiaoqin kembali terkenal dan banyak netizen China yang meminta Jack Ma untuk membantu bocah itu mengingat keadaan keluarganya yang kurang mampu.
      Bak gayung bersambut, Xiaoqin mendapat perhatian dari Jack Ma yang pada pekan lalu mengatakan bakal membiayai pendidikan bocah tersebut hingga lulus kuliah.
    • Guest News
      By Guest News
      Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan Indonesia akan meningkatkan pertahanannya di sekitar Kepulauan Natuna. Pernyataan tersebut disampaikan sehari setelah Kementerian Luar Negeri Indonesia mendesak semua pihak untuk menahan diri sehubungan dengan hasil keputusan Mahkamah Arbitrase di Den Haag yang menolak klaim teritori China terhadap kawasan di Laut China Selatan.
       
    • By vyrous
      Microsoft mengonfirmasi bahwa pembaruan besar Anniversary Update bakal diumumkan pekan depan. Namun, tidak untuk update Windows 10 yang dikatakan bergulir tahun ini alias ditunda.
      Informasi tersebut diketahui melalui postingan perusahaan yang mengungkapkan, pembaruan Windows 10 akan mendarat tahun depan atau 2017.
      Berdasarkan laporan organisasi OS Windows 10 akan menjadi fitur update terakhir di 2016.
      "Kami akan menyajikan dua pembaruan fitur tambahan terbaru pada sistem pengoperasian Windows 10, dan berharap semuanya akan selesai pada 2017," ungkapnya.
      Penundaan itu lantaran perusahaan sedang fokus pengerjaan instruktur ilmu dasar dari arsitektur OS, sehingga terlambat untuk merilis pembaruan fitur baru. Pengerjaan Windows 10 pun tengah berlangsung, dan fokus utama Microsoft adalah update periodik untuk OS desktop dan Windows sebagai layanannya.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy