Jump to content
Sign in to follow this  
c0d1ng

Tahukah kamu: Diam Diam Windows 10 Mengunduh File Sebesar 6GB

Recommended Posts

Sistem operasi Windows 10 besutan Microsoft memang menuai banyak kesuksesan. Selain membawa pembaruan yang lebih baik serta layanan upgrade gratis, membuat pengguna Windows 10 semakin banyak yang kini jumlah penggunanya menyentuh angka jutaan pengguna diseluruh dunia. Namun ada sesuatu hal yang mungkin tidak disadari oleh pengguna Windows 10.

Windows-10.thumb.jpg.875d5bc9db3bc7683f5

Jika Anda mengaktifkan fitur auto download pada sistem operasi Windows 10 Anda, maka perangkat Windows 10 akan mengunduh file sebesar 3,5GB hingga 6GB. Windows 10 mengunduh file sebesar itu tanpa diketahui dan mungkin tidak disadari oleh pengguna, tentu hal ini dapat memakan banyak data jika pengguna Windows 10 menggunakan data internet terbatas.

Kejadian seperti ini pertama kali dilaporkan oleh situs web Theinquirer, yang mengungkapkan bahwa salah satu pengguna Windows 10 mengalami langsung, di mana perangkat Windows 10 miliknya mengunduh file sebesar 3,5GB hingga 6GB pada folder tersembunyi yang beranama ‘$Windows.~BT’.

“Saya pikir Microsoft mengatakan bahwa ini merupakan ‘upgrade’ opsional. Jika memang upgrade itu pilihan opsional, mengapa itu didorong untuk begitu banyak komputer di mana itu tidak dikehendaki oleh pengguna, dan mengapa upgrade itu mencoba untuk menginstal pada perangkat Windows 10 secara berulang-ulang ketika sedang boot-up? ” ujar salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami kejadian ini.

Tambah dari pengguna itu, download yang tidak diinginkan ini dapat memenuhi ruang penyimpanan pada perangkat Windows 10, terlebih bagi pengguna yang memiliki koneksi internet yang lambat dapat membutuhkan waktu sepekan untuk menyelesaikan proses download ini sebelum akhirnya masalah ini disadari oleh pengguna. Tidak hanya menguduh file berukuran jumbo saja, setiap kali Windows 10 dinyalakan, sistem akan mencoba menginstal update tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Microsoft menjawab ” Kami membantu perangkat yang dapat di-upgrade ke Windows 10 serta membantu memberikan file-file yang dibutuhkan oleh perangkat ketika telah diupgrade ke Windows 10.” Microsoft juga menambahkan, sistem akan menginstal file tersebut ketika semua file sudah siap.

Pengguna Windows 10 mungkin menginginkan update otomatis untuk perubahan kecil pada software Windows 10, namun Microsoft tidak boleh berasumsi bahwa semua pelanggan menginginkan versi software baru yang dapat memakan ruang peyimpanan pada perangakat mereka.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Jaringan ponsel mobile EE mendemonstrasikan jaringan 5G, menunjukkan angka kecepatan download 2,8 Gbps. Pengujian itu bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi, Huawei.
      Dilansir Computing, pengujian menghubungkan sebuah virtualisasi inti 5G ke unit antena aktif MIMO 64x64 Massive yang menyiarkan Radio Baru 5G. Kabarnya, virtualisasi teknologi jaringan ini dapat mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi dan membantu menciptakan layanan baru.
      Teknologi ini dipamerkan di Huawei Global Mobile Broadband Forum pada pekan ini. Dengan menggunakan unit baseband proof-of-concept Huawei, perusahaan menghubungkan jaringan inti 5G dengan spektrum uji 100MHz dari 3,5 GHz. Hasilnya, kecepatan tinggi dan tingkat latensi tinggi disampaikan end-to-end.
      Badan standar 3rd Generation Partnership Project (3GPP) saat ini sedang bekerja mengerjakan standar global resmi pertama yang menguraikan bagaimana 5G akan dibangun. Arsitektur 5G EE selaras dengan tiga Option dari 3GPP Release 15, yang akan selesai bulan depan.
      "Kami menggunakan pengalaman kami dalam teknologi 4G terdepan dan pendekatan kemitraan khusus kami untuk memastikan kepemimpinan teknologi di 5G," ujar Tom Bennett, Director of Network Services and Devices di EE.
      Menurutnya, arsitektur jaringan yang telah dibuktikan hari ini ialah langkah maju yang besar. Ini akan mendorong jadwal peluncuran ambisius perusahaan menjadi yang pertama untuk 5G.
      Paul Carter, CEO of Global Wireless Solutions mengatakan masih ada banyak perbedaan antara implementasi yang berbeda dari teknologi. "Dalam keadaan saat ini, 5G mengacu pada berbagai teknologi dan persyaratan baru, bukan standar konkret, seperti 4G," katanya.
    • By c0d1ng
      Ditengah kabar negatif seputar Windows 10 Mobile, hari ini muncul laporan bahwa Samsung tengah menguji Galaxy S8 versi Windows 10 Mobile. Microsoft dan Samsung tampaknya akan membawa kerjasama mereka ke level yang lebih tinggi. Tentunya setelah kerjasama mereka meluncurkan Galaxy Book dan Galaxy S8 Microsoft Edition.

      Bila dilihat dari screenshot yang beredar S8 versi Windows 10 Mobile akan memiliki konfigurasi yang sama seperti versi China dan Korsel, yaitu dengan RAM 6GB. Sebagai tambahan sumber dari ITHome mengabarkan bahwa ada kemungkinan meluncur di acara 2 Mei mendatang.
      Namun hal itu kecil kemungkinannya. Mengingat acara 2 Mei mendatang berfokus penuh pada pendidikan, bukan berfokus untuk peluncuran hardware baru. Samsung sendiri juga senang untuk bereksperimen dengan hal baru seperti adanya prototype S8 dengan Dual Camera, tapi tidak diluncurkan untuk publik tentunya.
      Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya menjelang akhir tahun nanti. Tentu saja hal yang bagus bila S8 nanti hadir dalam versi Windows 10 on ARM disamping Elite x3 versi baru. Tentunya karena S8 dan mungkin Elite x3 versi baru sudah menggunakan Snapdragon 835. Mengingat Surface phone kemungkinan akan meluncur tahun 2018 mendatang.
    • By c0d1ng
      Windows 10 Creators Update sejatinya belum resmi dirilis oleh Microsoft. Microsoft berencana untuk menggelar update besar ke-2 dari Windows 10 yang dijuluki “Windows 10 Creators Update” ini mulai bulan depan.
      Ya, sekali lagi, Windows 10 Creators Update sejatinya belum resmi dirilis. Tapi sejak pekan lalu Tool untuk update yaitu Upgrade Assistant untuk Windows 10 Creators Update sudah bocor dan beredar secara online.
      Melalui Upgrade Assistant ini terungkap bahwa Windows 10 Build 15063 adalah versi final untuk Windows 10 Creators Update, atau disebut juga dengan versi 1703.
      Hal ini diperkuat dengan bukti akhir-akhir ini yang menunjukkan bahwa Windows 10 build15063 adalah build ‘RTM’ untuk Creators Update. Build 15063 adalah build yang sekarang tersedia untuk PC dan Mobile Fast Ring, PC Slow Ring, dan bagi member Program Insider Xbox; dan SDK serta Mobile Emulator yang semuanya muncul secara online pekan lalu.
      Dan sekarang kami bisa mengkonfirmasi bahwa Microsoft telah mulai meluncurkan Windows 10 Creators Update untuk PC dan Tablet melalui Upgrade Assistant yang bocor ini.
      Windows 10 Upgrade Assistant adalah sebuah tool yang sama persis seperti yang Microsoft rilis tahun lalu untuk Anniversary Update. Cuma bedanya sekarang tool ini akan berfungsi untuk men-download Creators Update build terbaru, bukan Anniversary Update.
      Windows 10 Creators Update telah memiliki banyak fitur baru dan peningkatan selama buildterakhir build pratinjau (yang sudah dirasakan oleh Insider).
      HARAP DICATAT!!! Kamu tidak akan melihat apa-apa jika kamu pergi ke Settings > Update & security > Windows Update dan memeriksa update, karena update belum dirilis resmi dan nantinya akan bergulir secara bertahap.
      Beberapa jam setelah beredarnya link download Upgrade Assistant, Microsoft rupanya mengendusnya, Microsoft pun langsung memblokir link tersebut. Ya, Microsoft langsung cepat bertindak sebelum kebocoran ini meluas.
      Kini file Windows 10 Update Assistant yang bocoran link-nya beredar tersebut sudah dihapus dari server Microsoft. Bahkan meskipun kamu sudah memilikinya kamu tidak akan bisa lagi menginstall Windows 10 Creators Update.
      Nah, bagi kamu yang terlambat mendapatkan Windows 10 Creators Update melalui cara ini, perilisan resminya yang kabarnya sudah hadir pada 11 April 2017.
      Menurut kami, menunggu perilisan resminya adalah opsi yang terbaik, toh momen tersebut akan datang beberapa hari lagi.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy