Jump to content
Sign in to follow this  
Ngobas

IIMS 2016 Pertahankan Konsep The Essence of Motor Show, Ini Dia Alasannya

Recommended Posts

image004.thumb.jpg.17a271aaae268799000e5

Jakarta, 9 September 2015 – Jadwal penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 telah ditetapkan pada 8-17 April. Maju empat bulan dari sebelumnya. Praktis hanya tersedia waktu 8 bulan persiapan. Meski begitu Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimistis mampu menghelat IIMS 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, lebih semarak dari edisi 2015 pada Agustus lalu.

“Sekarang ini praktis lebih mudah dalam persiapannya karena kami sudah punya basis konsep The Essence of Motor Show, konsep yang baru digulirkan pada IIMS 2015 lalu. Konsep itu terus dijalankan tahun depan, tentunya dengan beberapa penguatan berdasarkan evaluasi 2015,” kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh di Jakarta, Senin (7/9).

Panggung utama IIMS 2016 tetaplah pameran mobil dan motor terbaru dari berbagai APM atau brand. Karena itu pemilihan penyelenggaraan pada April dinilai sangat tepat karena banyak sekali produk otomotif yang dilansir pada awal-awal tahun. Dengan kepastian jadwal IIMS pada April maka terbuka kemungkinan produsen untuk me-launching produk barunya bertepatan dengan pameran otomotif terbesar di Indonesia ini.

image006.thumb.jpg.682683c216954a1101c65

“Selama ini banyak produk baru yang keluar di awal tahun. Para produsen ini butuh wacana untuk berinteraksi langsung dan mendalam dengan konsumen. Wacana itulah yang ingin kami sediakan lewat IIMS. Bahwa setelah April ada pameran lanjutan, memang begitu sebaiknya untuk mengimbangi perkembangan otomotif yang memang sangat cepat,” lanjut Hendra.

Seperti konsep penyelenggaraan 2015, Hendra memastikan sekitar 50-an acara pendukung akan tetap ditampilkan guna menarik sebanyak-banyaknya pengunjung. Sebagian besar acara pendukung edisi 2015 tetap dilanjutkan dan tentunya dengan pembenahan tertentu agar lebih sukses dari tahun ini. Sebagain acara lain dihapuskan namun sudah tersedia program baru sebagai penggantinya. Ia yakin jika pengunjung melimpah maka potensi transaksi lebih terbuka dan itulah yang diharapkan para peserta pameran. Sebaliknya buat pengunjung, selain mendapatkan produk yang diinginkan juga bisa menikmati berbagai pelengkap acara selama pameran.

“Intinya tetap seperti penyelenggaraan 2015. Kegiatan utama adalah pameran mobil dan motor berikut semua industri terkaitnya, namun juga semarak dengan acara pendukung yang edukatif dan menghibur sehingga IIMS layak jadi tujuan wisata keluarga.”

Hendra juga menjabarkan kerjasama dengan GPI (Grand Prix International) Thailand yang telah dimulai pada 2015 akan ditingkatkan pada edisi 2016. Penyelenggara Bangkok International Motor Show (BIMS) itu akan terlibat lebih intensif dalam persiapan dan penyelenggaraan 2016. Seperti diketahui, BIMS adalah salah satu pameran otomotif terbaik dunia dan penyelenggaraan tahun ini menyedot 1,4 juta pengunjung. Chairman GPI Dr. Prachin Eamlumnau sendiri hadir di IIMS 2015 dan bersama timnya kemudian membahas berbagai hal untuk persiapan IIMS 2016.

image005.thumb.jpg.aa033f7be5d812cb930a7

Pengalaman GPI  sudah puluhan tahun di bisnis pameran otomotif. Banyak hal yang bisa Dyandra adopsi dan terus dikembangkan agar event 2016 lebih dahsyat dari tahun ini. Dengan populasi kendaraan di Indonesia yang sangat besar, Dr. Prachin malah berkeyakinan IIMS nantinya bisa meraup sejuta pengunjung dengan cara mengembangkan seluruh content yang bakal disajikan IIMS.

“Angka sejuta itu dari beliau dan kita aminkan saja, mungkin feeling bisnis beliau yang berkata demikian. Yang utama buat Dyandra adalah menghelat pameran otomotif terbesar dan terlengkap di Indonesia seperti selama ini, sekaligus menjadi destinasi wisata di Jakarta sebagaimana dicanangkan Pemprov DKI lalu. Kalau tahun depan atau mungkin tahun depannya lagi baru bisa meraup sejuta pengunjung, itu barulah sebuah harapan. Kami belum pancang target begitu,” tandas Hendra lagi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Partner
      Kurang dari sebulan, pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akan kembali dilaksanakan pada 19-29 April 2018 di JIExpo Kemayoran. Selain diikuti oleh brand roda empat dan roda dua, serta hadirnya penggiat dari industri aftermarket di Indonesia, IIMS 2018 juga tampil lebih semarak melalui serangkaian program menarik.
      Center Piece Of Carni
      Pusat dari rangkaian program menawan selama IIMS 2018 berada di  Center Piece Of Carni. Jika tahun lalu pengunjung dapat menikmati berbagai bangunan menarik, maka kini Center Piece Of Carni hadir lebih lengkap melalui beragam aktifitas. Tidak hanya bangunan unik yang menjadi menu utama, Center Piece Of Carni dilengkapi oleh IIMS Lounge, Trick Art, IIMS Bar & Café, Barber Shop, Unique Car Garage, IIMS Library, dan IIMS Merchandise.
      “Tahun ini Center Piece of Carni tampil lebih atraktif dan mengakomodir gaya hidup digital. Pengunjung dapat menikmati berbagai sajian seperti Trick Art melalui foto 3D. Pengunjung  juga dapat melihat beberapa mobil yang ada di Unique Car Garage. Bahkan pengunjung yang ingin menyegarkan penampilan, kami akomodir dengan hadirnya Barber Shop. Atau bagi pengunjung yang ingin mengoleksi official merchandise IIMS 2018, dapat membelinya di booth IIMS Merchandise”, ujar Hendra Noor Saleh, Project Director IIMS.
      Salah satu kegiatan yang selalu ditunggu pengunjung adalah IIMS Test Drive & Ride. Area pengujian pada tahun ini dirancang lebih atraktif dan diikuti oleh seluruh produk mobil dan motor yang berpartisipasi dalam IIMS 2018. IIMS Test Drive & Ride semakin lengkap dengan hadirnya Electric Car Festival, yang akan menampilkan mobil listrik milik APM maupun mobil listrik hasil karya mahasiswa Indonesia. Terdapatnya Electric Car Festival merupakan rangkaian dari IIMS Pride Of Indonesia sebagai wujud dukungan IIMS 2018 terhadap target 400.000 mobil listrik di tahun 2025 yang dicanangkan oleh pemerintah.
      Konsep IIMS 2018 yang menggabungkan beberapa elemen otomotif di Tanah Air tercermin dari beberapa program unggulan lain yaitu IIMS Sunmori yang akan dilakukan pada setiap hari minggu, maupun IIMS Indonesia Auto Modified (IAM) yang akan menghadirkan puluhan mobil modifikasi terbaik di Indonesia, berikut dengan puluhan HIN Girl.
      Program unggulan berikutnya adalah El Toro Loco di area IIMS Wheel Of Giant. Monster Truk  dengan bodi dan ban besar ini akan hadir selama  penyelenggaraan IIMS 2018 dan pengunjung dapat dari dekat menikmati sosok El Toro Loco yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat ini.
      Dukungan Bukalapak
      Bukalapak merupakan sponsor utama dari IIMS 2018. Terdapat beberapa kegiatan yang akan menjadi highlight dari kerjasama ini. Buka Musik menjadi tema utama dari IIMS Stage. Panggung utama yang berada diantara kegiatan pameran dan deretan konsep Carnival akan menampilkan beberapa homeband pada setiap harinya dan closing ceremony seperti IIMS Award, PAHAMI Awards, Miss Motorshow, dan Guest Star.
      Buka Kontes menjadi tema untuk IIMS PAHAMI Audio Contest yang diselenggarakan selama IIMS 2018. Kontes Audio akan menggabungkan 5 Asosiasi Audio dunia yaitu EMA, IASCA, CAN, MECA, dan USACI. Kontes yang melibatkan 5 asosiasi ini merupakan peristiwa langka dan belum pernah terjadi sebelumnya. Para pemenang dari masing-masing asosiasi akan memperebutkan gelar “Champ of The Champ”.
      Kegiatan Corporate Social Responsibilities (CSR) yaitu cek kesehatan dan donor darah akan kembali diadakan. Dengan nama Buka Transfusi, program ini dapat diikuti oleh siapapun yang hadir di IIMS 2018. Ada pula Lapak Bermain yang menjadi tema untuk IIMS For Children. Lapak Bermain adalah program edukasi bagi anak berusia 6-12 tahun mengenai keselamatan dalam berkendara serta memberikan pengetahuan tentang lalu lintas sejak dini.
      Kompetisi untuk memperebutkan gelar Miss Motorshow kembali diadakan. Dengan nama Buka Talenta, peserta kontes Miss Motorshow merupakan brand representative dari seluruh peserta yang mengikuti IIMS 2018.
      “Kami meyakini bahwa bukan hanya mobil atau motor baru saja yang ditunggu oleh pengunjung IIMS 2018. Seluruh program kami yang ada di Center Piece Of Carnival, IIMS Wheel Giant, maupun program kolaborasi dengan Bukalapak akan menjadi magnet dari penyelenggaraan tahun ini.  Sehingga konsep acara yang mampu menggabungkan seluruh elemen otomotif semakin dikenal dan menjadi ciri khas dari setiap penyelenggaraan IIMS”, tutur Hendra Noor Saleh.
    • By Partner
      Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 is gearing up to bring
      The Essence of Motor Show 
      to life once more. Indeed, there will be a lot more of breakthrough displayed at the JIExpo, Kemayoran Jakarta from 27 April - 7 May 2017, including motorcycles show, auto parts and accessories industry as well.
      A special occasion of automotive enjoyment & entertaintment - for everybody - that held indoor & outdoor involving car & bike shows, trade fair, competition, eating, drinking, picnic, music, education & many others fun festivity that brings happiness
      This spirit emerge from the courage of change, create new dimension towards the concept of automotive exhibition in Indonesia. Along with the spirit of ‘Carnival’, the fun and excitement in it will create new enthusiasm and viral effect in order to encourage the visitors to participate and enhance the transactions. With the experiences as a motorshow organizer since 20 years ago, Dyandra Promosindo determined to satisfy the stakeholders of IIMS further. Through a combination of education, entertainment, lifestyle, and certainly, the business event.
    • By Ngobas
      Industri pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) telah memasuki era baru sejak mengalami beberapa transformasi di penyelenggaraan IIMS 2015. Berbagai kreativitas dan terobosan telah dilakukan oleh Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer dibantu oleh Grand Prix International, Thailand serta dukungan dari beberapa supporting partners yang bekerjasama dalam menciptakan pameran IIMS yang melebur semua elemen otomotif baik dari segi edukasi, entertainment maupun budaya otomotif.
      Di tengah kondisi ekonomi yang lesu ini, pihak penyelenggara berharap pameran IIMS dapat menggairahkan kembali antusiasme pasar industri otomotif dengan memperbaiki sisi kualitas pameran serta menampilkan sisi pameran yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor dan juga industri pendukungnya sehingga momen ini menjadi peluang yang menjanjikan.
      Menuju perhelatan IIMS 2016 yang akan berlangsung pada tanggal 7-17 April 2016 di JIExpo, Kemayoran, Dyandra Promosindo tengah memantapkan persiapan pameran baik dari sisi konsep maupun pembenahan pameran secara lebih terintegrasi. IIMS 2016 dipastikan akan mengalami berbagai perubahan baik dari sisi venue maupun inovasi yang ditampilkan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini IIMS 2016 akan menggunakan hall baru JIExpo yaitu Hall B3 dan C3 sebagai area passenger car yang tentunya akan memberikan atmoshphere yang berbeda. Tetap mengusung tema konsep “The Essence of Motor Show”, panitia memastikan akan kembali menyajikan gagasan yang baru dan segar dalam tampilan event akbar tahunan ini.
      Seperti penyelenggaraan sebelumnya, APM dan exhibitors dari perusahaan industri terkait menyatakan kesiapannya berpartisipasi memeriahkan pameran otomotif IIMS di awal triwulan II 2016 mendatang. “Kami akan menitikberatkan IIMS 2016 kepada kepuasan semua pihak baik pengunjung, konsumen maupun exhibitor, sehingga pameran ini mampu memberikan angin segar kepada seluruh pemangku industri otomotif di tanah air. Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan daya beli, namun juga memanfaatkan momentum ini sebagai jendela untuk melihat lebih luas lagi terhadap potensi industri ini ke depannya” ujar Hendra Noor Saleh selaku Direktur Dyandra Promosindo di acara Press Conference IIMS.
      IIMS 2016 akan kembali menggandeng Grand Prix International, Thailand sebagai business partners sehingga dapat meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand, khususnya untuk industri otomotif di tanah air.
      Rangkaian Program Unggulan IIMS
      Untuk memeriahkan pameran IIMS, serangkaian program unggulan kembali digelar untuk menghibur pengunjung dari dalam dan luar negeri. Mulai dari acara indoor, IIMS Awards : IIMS 206 Special Awards, IIMS Best Choice Cars, IIMS Best Choice Motorcycles yang merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap industri otomotif, IIMS Best Booth Cars and Motorcycles, IIMS Funotomotive Games yang merupakan virtual games yang dirancang khusus –  games ini akan dikompetisikan untuk meraih hadiah utama, lalu akan ada juga IIMS Workshop yang akan menghadirkan narasumber para pemangku industri otomotif dan membahas isu-isu yang berhubungan dengan teknologi dan inovasi terkini di bidang otomotif, Miss Motor Show 2016, IIMS Opening Ceremony, IIMS Closing Ceremony, Journalists Writing Competition dan acara menarik lainnya.
      Program unggulan yang berlokasi di area outdoor juga tidak kalah menarik, sebut saja ASEAN Stunt Day, Gajah Monster, IIMS Drift War IV, IIMS Indonesian Builder, IIMS Military Zone yang bekerjasama kembali dengan TNI, IIMSScooter War, Movie Cars serta Parade Test Drive & Ride akan kembali digelar.
      Selain itu, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, berbagai kegiatan CSR juga akan hadir di IIMS, salah satu yang baru yaitu Safety Road Education to Children, yaitu suatu program CSR yang akan memberikan edukasi kepada anak sejak dini mengenai pentingnya keselamatan berkendara, hal ini tentunya dapat meningkatkan pengetahuan displin lalu lintas sehingga dapat mengurangi tingkat risiko kecelakaan.
      Flashback IIMS 2015
      IIMS 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 20-30 Agustus 2015 lalu berhasil mencatat sejarah baru dalam pelaksanaannya. Pameran ini melibatkan 50 brand kendaraan bermotor serta lebih dari 250 booth yang menampilkan display kendaraan bermotor sebanyak 466 unit kendaraan roda empat dan 238 unit kendaraan roda dua yang menjadikannya sebagai sebuah event otomotif terbesar tahun ini. Pameran ini berhasil menyedot perhatian 359.374 pengunjung dengan nilai transaki senilai Rp. 1,6 Trilliun (4,894 unit kendaraan bermotor yang terjual selama pameran). Nilai transaksi ini belum termasuk nilai transaksi dari aksesoris dan industri komponen. Selain itu, sebanyak 1.146 jurnalis dari 267 media baik dari dalam dan luar negeri terdaftar meliput penyelenggaraan pameran ini dan tercatat ada sebanyak 3.576 jumlah liputan baik dari media cetak maupun online.
      IIMS 2015 didukung oleh lebih dari 50 supporting event bertaraf internasional seperti : The 8th Otoblitz Indonesia Classic Car Show 2015, International Music Concert yang mendatangkan penyanyi bertalenta dari Amerika Serikat ‘Ariana Grande’ yang berhasil menghibur 8.000 penonton, Gajah Monster, Bazaar Bagasi, Parade Test Drive, ASEAN Stunt Day, IIMS Military Zone bekerjasama dengan TNI, Indonesia Car History, Indonesia Racing History, Drift War, Movie Cars, Super Moto, Thousands Car March, Classic Car, Food Truck Festival, Miss IIMS, Miss Bangkok International Motor Show dan masih banyak lagi.
      Melalui IIMS, kami juga mendukung program Kementerian Perindustrian yang secara khusus kami tampilkan dalam acara “IIMS Indonesia Builder” yang menampilkan hasil proyek putera-puteri Indonesia dalam modifikasi mobil, yang merupakan kebanggaan bengkel-bengkel dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu ada “Paviliun Indonesia” yang menampilkan mobil Fin Komodo, Tawon serta mobil listrik dengan sistem operasi Android milik mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang masih berbentuk prototipe. Mobil ini sudah memiliki 5 klaim paten nasional yang hak patennya didapat dari Pusat Hak Kekayaan Intelektual UII di bidang teknologi sistem kendali. Selain itu kehadiran deretan modifikasi kendaraan motor vespa dari beberapa komunitas pencipta Vespa juga menujukkan sisi kreativitas dari anak bangsa.
    • By Ngobas
      IIMS tetap dinanti oleh pengunjung setia IIMS 2015
      Hampir semua exibitors di IIMS memberikan harga spesial selama IIMS 2015. Tinggal diutak-atik formatnya agar menarik hati calon kunsumen. Bisa jadi karena kata-kata ‘diskon’ dan ‘bonus’ atau ‘Buy 1 Get 2’ sudah terlalu biasa. Karena itu divisi marketing APM Garansindo membuat format baru “Beli Jeep Dapat Zero” sekaligus membuka jalan kesuksesan buat Zero Motorcycle, sepedamotor listrik yang di-launching khusus di IIMS 2015. Jadi, zero yang dimaksud bukan ‘nol’ atau ‘kosong’, tapi benar-benar motor trail listrik Zero FX type ZF2,8 yang harga resminya Rp 179 juta.
      “Tapi, hanya berlaku untuk pembelian mobil ini. Yang lain beda lagi programnya,” ujar Jay, salesman di The World of Garansindo sembari menunjuk Jeep CRD yang gagah dan garang dengan banderol harga Rp 1,2 miliar off the road.
      Jay menyebut tinggal 10 unit yang tersedia untuk program tersebut karena stock memang limited. “Ada beberapa pembeli yang bawa pulang motornya, tapi ada juga yang memilih cash back senilai motor tersebut. Tak masalah, dua-duanya sah,” tambahnya. 
    • By Ngobas
      Lain lagi strategi AEG Powertools menarik calon konsumennya. Melalui spanduk besar pada stand mereka di Hall C, produsen alat-alat perbengkelan dan pertukangan ini menawarkan penggantian tiket masuk dan biaya parkir.
      “Beli barang apa saja langsung diganti dengan potongan harga tiket dan parkir,” ujar Wawan Wadriono sang petugas di lapangan.
      Tak masalah apakah tiket Rp 40 ribu (week days) atau Rp 60.000 (week end), semua diganti berikut tarif parkir yang di IIMS kali ini dipatok Rp 25.000 sekali parkir, terlepas sejam atau 10 jam.
      Banyak yang ambil kesempatan tersebut tak lain karena memang butuh peralatan yang dijual. Tapi, banyak pula yang menukarkan tiket dan karcis parkirnya dengan cara disesuaikan dengan harga barang yang diinginkan. Ada yang impas dan ada pula yang nambah hanya sekian puluh ribu.
      “Tak apa, namanya juga promosi,” imbuh Wawan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy