Jump to content
  • Similar Content

    • By PusatInformasi
      Apa di antara teman-teman ada yang memelihara tanaman di dalam rumah?
      Memelihara tanaman di dalam ruangan di rumah ternyata punya banyak manfaat, lo!
      Beberapa di antara manfaat memelihara tanaman di dalam rumah adalah menjaga sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan kemampuan belajar, lo. Apalagi manfaat lainnya, ya?
      Yuk, cari tahu apa saja manfaat memelihara tanaman dalam rumah!
      1. Memperbaiki Kualitas Udara
      Pasti yang satu ini teman-teman sudah tahu, bukan?
      Polutan bisa masuk ke dalam rumah dan sulit keluar, begitu juga bakteri, kuman, hingga virus yang dibawa dari luar rumah.
      Selain rajin membuka jendela ruangan, tanaman di dalam ruangan juga baik untuk meningkatkan kualitas udara.
      Senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polutan di udara, sehingga udara lebih aman dan sehat untuk kita bernapas.
      2. Baik untuk Kesehatan Mental
      Ternyata, tanaman  di dalam rumah bisa membantu menjaga kesehatan mental.
      Menurut peneliti dari Inggris, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia dibandingkan yang tidak.
      Nah, meskipun teman-teman tinggal di tempat yang tidak banyak tanaman di luar ruangan, melihat tanaman hijau di dalam rumah juga bisa membantu.
      Kemudian, memelihara tanaman di dalam rumah bisa membuat penghuni rumah merasakan suasana alam di luar rumah.
      Tanaman yang diam cenderung membuat penghuni rumah tenang dan tidak terburu-buru.
      Tanaman juga melepaskan oksigen dan mengambil karbon dioksida, sehingga udara dalam rumah jadi lebih baik bagi kita.
      Adanya lebih banyak oksigen artinya membuat tubuh bekerja lebih baik, termasuk otak. Otak melepaskan jenis-jenis hormon yang tepat sehingga membantu menjaga kesehatan mental.
      Tumbuhan berbunga yang beraroma wangi juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Karena aroma bunga bisa membuat kita lebih rileks dan merasa senang.
      3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
      Sistem imun kita juga bisa meningkat dengan memelihara tanaman di dalam rumah.
      Ini berhubungan dengan kesehatan mental, teman-teman. Jika kita lebih rileks dan memiliki kualitas tidur yang baik, ini akan bermanfaat pada sistem imun.
      Kemudian, tanaman juga mengeluarkan beberapa senyawa ke udara, termasuk senyawa phytoncide.
      Senyawa yang keluar dari  tanaman itu bisa membantu mengurangi stress. Ketika seseorang berkurang perasaan stresnya, maka inni bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuhnya.
      Di rumah sakit, teman-teman mungkin pernah melihat banyak tumbuhan di luar ruangan dan ada tanaman dalam ruangan pasien di sisi tempat tidurnya. Ini membantu mempercepat proses penyembuhan pasien.
      4. Meningkatkan Kemampuan Belajar
      Tanaman juga membantu meningkatkan kemampuan belajar, karena adanya tanaman di rumah juga bisa meningkatkan fokus dan pikiran yang jernih.
      Sehingga, kita jadi lebih mudah fokus saat mengerjakan tugas, teman-teman.
      Manfaat lebih mudah mempelajari sesuatu ini baik untuk anak-anak, juga orang dewasa.
      Tanaman membuat kita lebih tenang, sehingga tidak merasa khawatir. Ini meningkatkan fokus dan kemampuan untuk mempelajari sesuatu.
      Menurut beberapa penelitian, perhatian seseorang meningkat 70 persen karena adanya tanaman dalam ruangan. Semakin meningkatnya perhatian seseorang, ia akan semakin mudah mengingat pelajaran.
    • By paimin
      NASA telah mengirim sampel sperma manusia dan banteng ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) untuk diteliti. 

      Lembaga antariksa milik pemerintah Amerika Serikat ini ingin mengetahui potensi pembuahan yang mungkin terjadi pada mamalia saat berada di ruang hampa alias gravitasi nol. 

      Misi pengiriman sperma beku yang dijuluki Micro-11 itu diterbangkan ke ISS menggunakan kapsul Dragon dengan dorongan roket Falcon 9 buatan SpaceX. Peluncuran berlangsung di Cape Canaveral Air Force, Florida, Amerika Serikat, dua minggu lalu. 

      Setelah mencairkan sampel, astronot di ISS akan mengaktifkan sperma tersebut menggunakan ramuan kimia unik. Pergerakan sperma akan dimonitor dan difilmkan dengan saksama saat "berenang" dan menyatu dengan sel telur. 

      Usai fase awal selesai, sampel akan dicampur dengan pengawet dan kemudian dikirim kembali ke Bumi, tempat eksperimen diselesaikan. 

      "Berdasarkan percobaan sebelumnya, kurangnya gravitasi mampu mengurangi mobilitas sperma," kata Fathi Karouia, ilmuwan utama proyek Micro-11 NASA, seperti dikutip dari Space Daily, Kamis (12/4/2018). 

      Salah satu eksperimen yang dinyatakan berhasil adalah ketika NASA membuktikan bahwa sperma tikus bisa bertahan hidup selama sembilan bulan di angkasa luar. Sperma itu kemudian dikembalikan ke Bumi dan digunakan untuk reproduksi tikus. 

      "Penelitian ini sejalan dengan penyelidikan lain pada sampel organisme berbeda, yang telah menunjukkan bahwa mikrogravitasi memicu regenerasi sel," imbuh Karouia. 

      Sperma banteng dipilih untuk penelitian ini karena pola gerakannya mirip dengan sperma manusia. Oleh karena itu, sperma banteng digunakan sebagai kontrol kualitas yang nantinya akan dibandingkan dengan sperma manusia. 

      "Kami belum tahu bagaimana misi luar angkasa ini dapat memengaruhi kesehatan reproduktif manusia. Investigasi tersebut akan menjadi langkah awal untuk memahami reproduksi dalam gravitasi rendah," tulis NASA dalam sebuah pernyataan. 
      Ini bukanlah kali pertama sel sperma dikirimkan ke angkasa luar. Sebelumnya pada 1988, Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) pernah mengirimkan sperma banteng. Selain itu, NASA juga pernah mengirimkan sperma bulu babi.
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/nasa-kirim-sperma-manusia-ke-angkasa-luar-untuk-apa-2KtK

    • By berita_semua
      Sebuah menara setinggi 708 kaki bernama žižkov TV Tower berdiri dengan jangkungnya di tengah-tengah kota Praha. Namun siapa menyangka menara yang didirikan antara 1985-1992 ini justru ternyata malah menyediakan fasilitas penginapan.
      Dilansir dari laman Elle Decor, Minggu (5/2/2017), meski pernah dianggap sebagai salah satu bangunan paling jelek di dunia, namun pada bagian atas menara, ada hotel dengan pemandangan terbaik se-kota Praha. Bahkan, siapa pun bisa menghuni hotel dengan satu kamar yang terletak di ketinggian 230 kaki dari atas permukaan tanah.

      Sebelum hotel dengan satu kamar ini dibuka pada 2013, Anda hanya bisa mengunjungi menara dan sembari menikmati pemandangan dari atas menara mulai dari pukul 8 pagi hingga 12 siang melalui dek observatorium atau restorannya. Namun sekarang Anda dapat menghabiskan sepanjang malam melihat keindahan kota Praha dari tempat tidur Anda.

      Kamar tidur hotel ini terbilang sangat spesial. Sebab, kasurnya terbuat dari bulu kuda yang dibuat oleh sebuah perusahaan penjahit tangan asal Swedia bernama Hästans.
      Sedangkan kamar mandinya penuh dengan dinding kaca. Perlengkapan mandinya pun bermerek L'Occitane dan memiliki bak berdiri sendiri dan shower.

      Tarif penginapan di hotel satu kamar ini dipatok mulai dari 549 euro atau setara Rp7,8 juta (mengacu kurs Rp14.277 per euro) per malam dan sudah termasuk sarapan gratis serta Wi-Fi.
    • Guest News
      By Guest News
      Memprogram alarm untuk bangun pagi saat ini lebih mudah dibandingkan menepati jam bangun pagi itu sendiri. Karena itulah sejumlah peneliti sedang mengembangkan teknologi untuk membuat kegiatan bangun pagi lebih menyenangkan.
       
×
×
  • Create New...