Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
Sign in to follow this  
c0d1ng

Buat Aplikasi iOS, Android, Mac dan Windows dengan C#

Recommended Posts

xamarin-logo.thumb.png.e3008fc934c2ca231

Xamarin adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di California San Francisco didirikan pada Mei 2011, Perusahaan ini didirikan oleh engineer yang ikut dalam Projek Mono.

Sejarah lahirnya Project Mono sendiri cukup panjang, berawal dari inisiasi Miguel de Icaza, pendiri Ximian pada saat itu, melihat peluang dari pengumuman Microsoft yang menjadikan Common Language Infrastructure(CLI) menjadi open standard, de Icaza meyakini akan ada banyak pengembang .NET yang ingin menjalankan produk mereka cross-platform, terutama Linux, pada saat itu. Project ini dinamakan Mono, kemudian dijadikan open source, di tahun 2001, untuk menambah tim pengembang. Secara tidak langsung Project Mono meningkatkan nilai jual Ximian, dan akhirnya Ximian diakuisisi oleh Novell di tahun 2003, perusahaan yang berada dibelakang linux distro Suse.

Setalah kurang lebih satu tahun akuisisi Novell , Project Mono merilis versi pertama mereka 30 Juni 2004. Meskipun banyak pengembang open source yang tidak menyukai .NET sebab Microsoft berada dibelakang teknologi itu, ada juga yang banyak menyambut Project Mono, dan rilisnya tetap stabil hingga akhir rilis project mono sekarang berada di versi 2.10. Setelah Novell menyetujui proposal akuisisi Attachmate senilai USD 2.2 billon di tahun 2010, Attachmate membagi workgroup Novel menjadi beberapa bagian, salahsatu bagian itu adalah Project Mono. Miguel de Icaza menyatakan bahwa Project Mono tetap berjalan seperti biasa. Pembagian organisasi oleh Attachmate ini menjadi lebih jelas tujuannya di Mei 2011, setelah menyelesaikan keseluruhan akuisisi.

Attachmate mengumumkan restrukturisasinya untuk melepaskan sekitar 800 pegawainya, dan terutama, menutup Project Mono. Kelanjutan Project Mono menjadi pertanyaan, project inilah yang menjadi jembatan antara pengembang .NET dan linux. Akan lebih menarik untuk mengikuti manuver Miguel de Icaza, the Man Behind The Gun. Layoff pengembang inti Mono di amerika utara, dan akan diikuti oleh Eropa, Brazil dan Jepang, memberikan dampak langsung pada MonoTouch, MonoDroid, dan beberapa produk Mono lainnya, akan tetapi, muncul rencana baru, mereka tetap militan dengan produk Mono, para pengembang inti ini akan tetap diikat dalam satu team, setelah perundingan kontrak dengan angel investor, dengan team ini akan ada startupbaru. Mereka akan menjadi entitas startup baru bernama Xamarin.

Seperti misi awal xamarin yaitu membuat C# bisa crossplatform maka Xamarin membuat beberapa produk, diantaranya seperti:

Xamarin.Android
Dengan Xamarin.Android ini pengguna akan lebih dimudahkan dalam pembuatan aplikasi Android mereka. Dalam pembuatan aplikasi pengguna harus menggunakan bahasa pemograman C# dan IDE nya menggunakan Xamarin Studio

Xamarin.iOS
Xamarin.iOS ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin membuat dan mengembangkan aplikasi iPhone dan iPad dengan berbasis bahasa C#, sama seperti Xamarin.Android, Xamarin.iOS ini juga menggunakan Xamarin studio atau visual studio untuk IDE nya.

Xamarin.Mac
Dengan Xamarin.Mac ini anda akan bisa dengan cepat membangun aplikasi native untuk Mac dengan bahasa pemograman C#.

Xamarin Test Cloud
Xamarin test cloud digunakan untuk UI testing secara otomatisasi, yang mana bisa crossplatform, bisa untuk android ataupun iOS.

Xamarin.Mobile
Xamarin.Mobile ini adalah library yang digunakan untuk meningkatkan code sharing dengan memamerkan sebuah set API yang bisa mengakses fungsional dari device antar platform.

Xamarin Studio
Xamarin studio adalah sebuah IDE yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi android atau iOS dalam bahasa C#.

Xamarin untuk Visual Studio
Adalah sebuah Add-Ins yang membuat anda bisa mengembangkan aplikasi iOS atau Android pada Visual Studio anda.

Prebuilt Field Service App
Sebuah service Cross platform yang didalamnya banyak berisi latihan-latihan dan snippet-snippet yang sangat berguna untuk aplikasi kalian.

Prebuilt Employee Directory App
Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Prebuilt field service App, didalamnya berisi snippet-snippet bagus yang bisa kita copy paste pada aplikasi kita.

Developer Center
Semua yang kita perlukan dalam menggunakan Xamarin ada disini. Seperti 250 panduan dan tutorial, Dokumentasi API, code snippet dan contoh-contoh aplikasi yang bisa kita jadikan referensi dalam membuat aplikasi crossplatform nantinya.

Untuk lebih jelas mengenai Xamarin dan produk-produknya bisa langsung ke website resmi mereka yaitu http://xamarin.com/. Untuk menggunakan Xamarin sendiri ada beberapa paket plan yang bisa kita pilih. Mulai yang gratis sampai berbayar. Untuk lebih jelasnya berikut adalah uraian singkat dari plan-plannya:

Starter
Plan ini gratis atau tidak berbayar, namun fasilitas yang didapatkan terbatas, seperti permitted use hanya untuk individual, Xamarin studio, Deploy ke Device dan deploy ke App Store.

Indie
Hanya dengan 299 dolar per tahun anda sudah bisa membuat aplikasi dengan ukuran unlimited. Selain itu anda juga bisa mendeploy aplikasi yang dibuat ke App store dan Device anda. Plan ini hanya untuk Individual.

Business
Plan ini cukup banyak fasilitas yang didapatkan, seperti Email support, business features, visual studio support, pembuatan aplikasi dengan ukuran unlimited, bisa memasukkan aplikasi yang dibuat kedalam App Store dan bisa digunakan tidak untuk satu orang melainkan Organisasi. Biaya plan ini adalah 999 dolar per tahun.

Enterprise
Plan ini merupakan yang paling lengkap Fitur yang ditawarkan. Hotfixes, prime component, dan semua fitur yang ada pada plan yang lain semua ada disini. Plan ini tidak cuma bisa untuk individual, namun organisasi. Harga untuk plan ini 1899 dolar pertahun.

Features
Alasan kenapa Xamarin banyak menjadi pilihan bagi developer-developer dalam mengembangkan aplikasinya adalah karena Xamarin punya banyak fitur-fitur dan keunggulan, dari banyak fitur dan keunggulan tersebut berikut beberapa diantaranya:

a)       Cross-platform Development

Dengan mengandalkan bahasa pemograman C# kalian sudah bisa membuat dan mengembangkan aplikasi di banyak platform seperti iOS, Android, Mac dan Windows.

b)       Visual Studio Integration

Xamarin sudah bisa terintegrasi dengan Visual Studio. Jadi dengan bermodalkan Visual Studio anda sudah bisa menanamkan Xamarin dan mulai membuat aplikasi-aplikasi Mobile yang anda inginkan.

c)       Native UI, Native Performance

Xamarin memberikan sebuah performa tinggi dalam mengcompile kode dan memberikan akses penuh ke semua Native API, jadi kita bisa membuat aplikasi native sesuai dengan perangkat yang spesifik.

d)       Reuse Existing Code

Anda bisa menggunakan .NET library dan juga dengan mudah menggunakan library-library atau framework lain dalam pembuatan atau membangun aplikasi kalian di Xamarin.

e)       Fully Featured IDE

Jika kalian tidak biasa menggunakan Visual Studio, Xamarin juga menyediakan full fitur IDE yang dikhususkan untuk membuat aplikasi Mobile. Didalam IDE ini sudah ada fitur seperti Code Completion, integrated designer, debugger dan lain-lain. Nama dari IDE ini adalah Xamarin Studio.

f)        Point and Click UI Design

Xamarin menyediakan Android UI Designer kelas dunia. Dan juga menggunakan Apple Xcode UI Designer untuk membuat interface dan storyboard yang secara otomatis tersinkron dengan Xamarin.iOS projek kita.

Selain fitur-fitur yang disediakan Xamarin diatas, masih ada banyak keunggulan lain dari Xamarin:

  • Membuat aplikasi Native dengan hanya bahasa C#. semua yang bisa dilakukan dengan Java dan Objective C bisa dilakukan C# di Xamarin.
  • Dengan Xamarin studio anda bisa dengan mudah dalam membangun aplikasi Mobile.
  • Xamarin adalah satu-satunya platform yang bisa memperbolehkan kita membangun atau membuat aplikasi Native iOS dan Android dari Visual Studio.
  • Xamarin selalu Update API-API terbaru dari Google (Android) dan Apple(iOS).
  • Menyediakan banyak dokumentasi, tutorial, guide dan support yang membantu user dalam mengembangkan aplikasinya dengan Xamarin.

Showcase

Sudah sangat banyak aplikasi-aplikasi entah itu Android, windows atau iOS yang sudah dikembangkan atau dibuat dengan Xamarin ini, berikut adalah sebagian kecil dari aplikasi-aplikasi tersebut:

iCircuit

iCircuit adalah aplikasi yang digunakan untuk merancang dan bereksperimen dengan Circuit. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi simulasi canggih yang dapat mensimulasi sirkuit analog ataupun digital. Dan dengan hasil analisis yang realtime membuat kita seolah-olah bekerja dengan sirkuit asli. Aplikasi ini sudah sukses dipasaran dan sudah ditampilkan di aplikasi-aplikasi store seluruh dunia.

Pembuat aplikasi ini, Frank Krueger sudah jatuh hati pada Xamarin pada pandangan pertamanya, apalagi setelah dia tahu bahwa Xamarin menggunakan C# dalam pembuatan aplikasinya yang mana C# merupakan bahasa pemograman yang dia sukai. Dengan gelar Master di bidang Teknik listrik, Frank tertarik dengan gagasan membawa simulasi sirkuit untuk perangkat mobile dan simulator sirkuit Java Aplet berlisensi gratis yang ditulis oleh Paul Flastad. Setelah menerjemahkan mesin yang awalnya Java ke C# Frank kemudian membangun UI iCircuit. Aplikasi ini berisi lengkap 8000 baris kode, yang mana terdiri dari kode logika utama dan kode UI. Dan Frank menyelesaikan aplikasi ini tak lebih dari 2 bulan saja.

Frank Krueger merilis aplikasi ini pada bulan agustus pada tahun 2010 lalu. Pada saat itu Apple app store terdapat 300.000 aplikasi, namun pihak Apple menampilkan iCircuit pada halaman “Apple in Business” dan yang lebih membanggakan lagi bahwa 119 perusahaan wajib memiliki aplikasi iCircuit ini untuk admin-admin mereka.

Hari ini Frank sedang mengembangkan lagi aplikasi iCircuit  ini untuk dilingkungan Mac dan Android. Untuk Mac, Frank menggunakan MonoMac, sedangkan untuk Android dia menggunakan Mono Xamarin yang untuk Andoid dalam pembuatan aplikasinya.

Rdio

Pada tahun 2011 Rdio membuat aplikasi untuk service radio internet mereka di 3 platform, yaitu iOS, Android dan Windows phone. Dalam ruang yang sangak konpetitif ini Rdio harus menyediakan aplikasi yang responsive, performa tinggi dan fitur update yang  digunakan untuk keperluan perbaikan-perbaikan jika ada bug.

Ketika melakukan penelitian untuk mencari solusi crossplatform untuk pembuatan aplikasi mereka, Xamarin keluar sebagai solusi yang memberikan beberapa keuntungan seperti biaya yang relative murah untuk pengembangan aplikasi di 3 platform yang berbeda, karena  code sharing yang di punyai Xamarin cukup bagus maka waktu pengerjaanpun akan lebih singkat.

Pada bulan desember 2012, Rdio merilis aplikasi mereka di versi iOS dan Android. Karena aplikasi ini terbuat oleh 50.000 lebih baris code, maka Rdio mampu merilis update untuk keduanya secara bersamaan, dan lebih mencurahkan banyak waktu untuk meriset fitur baru.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By news
      Aplikasi Bukalapak saat ini terpantau tidak ada di toko aplikasi ponsel Android, yakni Play Store. Apa alasannya?
      Kabarnya, aplikasi Bukalapak sudah tidak ada di Play Store sejak Rabu malam dan sampai saat ini, masih belum muncul kembali. Netizen pun cukup ramai membicarakannya karena penasaran.
      "Sampai saat ini @bukalapak masih belum muncul juga di playstore. Ada apa mas @achmadzaky?" tanya seorang netizen di Twitter.
      "Mau download aplikasi Bukalapak malah gini hasilnya di Playstore. Ada yang tau kenapa? @bukalapak @achmadzaky. Hallo Pak, ini kenapa begini ya?"
      Tim Ngobas sendiri sudah coba melakukan pencarian terkait aplikasi BukaLapak di Play Store pada Kamis (19/9/2019) pagi, dan ternyata kegalauan netizen benar adanya. Aplikasi Bukalapak mendadak lenyap dari toko aplikasi Google tersebut
      Ada beberapa kemungkinan aplikasi hilang dari Play Store. Misalnya karena dianggap melanggar aturan Play Store atau hal lainnya. Di sisi lain, aplikasi Bukalapak masih tersedia di App Store milik Apple.
      Adapun website Bukalapak juga masih dapat diakses dan bisa digunakan seperti biasa. Ngobas sedang berupaya menghubungi pihak Bukalapak untuk konfirmasi.
    • Guest news
      By Guest news
      Para pakar memperingatkan, menghabiskan waktu terlalu banyak di ponsel dan dunia maya akan mengikis kehidupan keluarga dan kehidupan sosial yang nyata. Apple menanggapi peringatan itu dengan memperkenalkan fitur terbaru iPhone yang bisa membantu para pengguna mendapatkan kembali kehidupan mereka.
       
    • By thepowerofwindows
      ZTE menjadi perusahaan pertama yang merilis smartphone Android Go murah di pasar Amerika Serikat, dan harganya hanya US$ 80 (sekitar Rp 1 juta).
      Smartphone ZTE Tempo Go memiliki layar 5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel, bezelnya masih cukup tebal, hanya memiliki RAM sebesar 1 GB, dan penyimpanan 8 GB.
      Lewat situs resminya, dijelaskan bahwa smartphone ini tidak mendukung dua kartu SIM atau jaringan 4G. Sementara, kapasitas kartu memorinya hanya dapat mendukung sampai 32 GB.
      Kamera belakangnya bahkan cuma memiliki resolusi 5MP yang sudah dilengkapi LED Flash, sementara kamera di depan memilki resolusi 2MP.
      Untuk dapur pacunya didukung Snapdragon 210, dan berjalan di atas sistem Android 8.0 Oreo. Baterainya sendiri berkapasitas 2200 mAh.
      Memang, Android Go lebih ditargetkan untuk negara-negara yang tidak memiliki ekonomi kuat, dan tidak bisa membeli smartphone Rp 2 jutaan.
      Pada smartphone ini banyak aplikasi beredisi Go yang sistemnya lebih sederhana karena Google memangkas fitur-fitur di aplikasi yang tak dianggap berguna di pasar Android Go.
      Pemakaian data juga akan lebih hemat lewat Android Go, misalnya lewat YouTube Go akan diberikan keterangan data untuk mengunggah video sehingga pengguna bisa memilih video yang tidak memakan banyak data.
      Dengan fitur itu diharapkan pengguna Android Go dari pasar ekonomi rendah dapat terbantu apabila di daerah mereka harga data masih mahal.
      Ada Enam Tipe
      Google menyiapkan enam jenis Android Go yaitu Alcatel 1X, Nokia 1, Gm8 Go, Huawei, Lava Z50, Micromax Bharat Go, dan ZTE Tempo Go.
      Peluncuran Android Go pertama kali diumumkan Google pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.
      Android Go termasuk dalam program Android Oreo, sehingga secara resmi namanya Android Oreo (Go Edition).
      Nokia 1 Sudah Rilis

      Nokia 1 yang merupakan Android Go sudah lebih dulu hadir dengan MediaTek MT6737M dan RAM 1GB. Memiliki layar berukuran 4,5 inci, smartphone ini memiliki memori internal 8GB yang dapat diperbesar dengan kartu microSD hingga 128GB.
      Urusan fotografi diserahkan pada kamera utama 5 megapiksel yang sudah didukung LED Flash. Sementara untuk keperluan selfie, Nokia 1 ditopang oleh kamera depan beresolusi 2 megapiksel.
      Smartphone ini juga sudah mendukung Bluetooth v4.2, GPS/A-GPS, FM Radio, Micro-USB, dan jack audio 3,5mm. Dengan baterai berkapasitas 2.150mAh, smartphone ini disebut mampu bertahan hingga 15 hari dalam keadaan standby.
      Lewat smartphone ini, HMD Global kembali menawarkan unsur nostalgia bagi pengguna ponsel Nokia lawas. Sebab, cover Nokia 1 dapat dibongkar pasang sesuai keingingan pengguna atau lebih dikenal dengan nama Xpress-on cover.
      Sekadar informasi, Xpress-on cover sempat menjadi ciri khas ponsel Nokia pada masa keemasannya. Diperkenalkan di Nokia 5110 pada 1998, pengguna dapat dengan mudah mengganti cover ponsel miliknya sesuai keinginan.
    • By c0d1ng
      Semua berawal ketika industri smartphone mulai menanjak, Meizu dengan cepat merespons peluang yang ada. Perusahaan ini resmi memasuki bisnis smartphone pada 2007 di China, disusul kemunculan smartphone pertamanya di 2009 dengan sebutan M8. Ponsel ini juga menjadi yang pertama menyodorkan teknologi layar sentuh.
      Inovasi Meizu kemudian berlanjut di M9 sebagai ponsel pertama di China yang mengusung teknologi layar retina. Sementara penerusnya yang dinamai MX didaulat sebagai ponsel pertama yang menggunakan prosesor dual core.
      Di MX2, Meizu mulai fokus pada sisi desain yang menjadikan ponsel ini sebagai salah satu yang tertipis. Sedangkan di MX3 desainnya semakin disempurnakan lagi karena mampu menyodorkan desain yang lebih tipis lagi.
      Meizu mengklaim pengembangan MX3 dilakukan dengan sangat serius. Tercatat ada sebanyak 31 model yang dibuat Meizu demi menemui desain optimal di MX3. Pasalnya selain tampil elegan, Meizu juga ingin MX3 bisa nyaman digenggam hanya dengan satu tangan.
      Di era teknologi pemindai sidik jari sedang naik daun, Meizu lagi-lagi menempatkan posisinya sebagai ponsel yang pertama menyodorkan teknologi tersebut di China lewat MX4 Pro. Inovasi tak berhenti di situ karena kemudian di Pro5, Meizu masuk dalam jajaran seribu ponsel pertama di dunia yang membenamkan teknologi pemindai sidik jari di bagian depan ponsel. Sebagai penerus Pro5, sekarang Meizu memiliki Pro6 Plus yang dibekali segudang teknologi yang lebih baik lagi.
      Inovasi-inovasi tersebut berhasil membuat Meizu menarik perhatian  konsumen. Usaha Meizu juga tak sia-sia karena kini brand ponsel ini telah berhasil menempati peringkat lima besar di China.
      Di Indonesia sendiri, saat ini smartphone bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga difungsikan sebagai alat untuk menunjang pekerjaan atau kegiatan seseorang. Melihat peluang ini, Meizu hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segudang inovasinya. Meizu pun memantapkan eksistensinya di Indonesia sebagai principle.
      Kehadiran Meizu di Indonesia menawarkan sesuatu yang berbeda dari brand lain. Tak hanya menonjolkan inovasi produk, keseriusan dan komitmen Meizu juga dapat dilihat dari berbagai service center yang telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Brand ponsel asal China ini meyakini, selain berbekal inovasi, pelayanan yang baik dan berkualitas juga membuat Meizu mendapatkan tempat di hati konsumennya.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy