Jump to content
c0d1ng

Ternyata bis di tes dulu loh sebelum dikirim ke pembeli

Recommended Posts

Tahukah Anda bahwa setiap bus yang selesai diproduksi di industri karoseri, ada satu tahapan lagi yang harus dilalui sebelum bus tersebut dikirim atau diserahterimakan ke konsumen? Tahapan itu adalah water test.

Water-test-bus-di-Karoseri-Delima-Jaya-B

Water test merupakan tahapan untuk menguji kemungkinan kebocoran pada bodi bus, meliputi bagian atap dan dinding samping depan belakang dan kiri-kanan bus.

Water test ini biasanya dilakukan dengan cara memasukkan bus ke sebuah tempat di mana di sana sudah tersedia sejumlah semprotan air bertekanan tinggi. Air bertekanan tinggi disemprotkan dari berbagai titik ke semua sisi badan bus.

Dari sana, akan diketahui bagian bus yang masih bocor dan membuak peluang masuknya air saat hujan, ketika bus sudah dioperasikan. Jika ditemukan kebocoran, langkah yang perlu diambil pihak karoseri adalah dengan melakukan perbaikan.

Boleh dibilang, fasilitas water test ini terdapat di semua karoseri yang memproduksi bus, seperti Adi Putro di Malang, atau Delima Jaya di Bogor. Ini merupakan bagian dari tahapan final check oleh bagian quality control.

Di karoseri Delima Jaya, water test ini dilakukan berulang-ulang sampai dipastikan tidak ada kebocoran pada dinding dan atap bus yang diproduksinya.

“Setelah diketemukan ada bocor akan dicari akar masalahnya dan diperbaiki, lalu ditest bocor kembali sampai tidak ada bocor,” ungkap seorang sumber 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Gracia_Mega
      Perangkat AC mobil menjadi fitur penting sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Ketika AC mobil mulai tidak dingin tentu bisa mengganggu perjalanan bahkan anggota keluarga teriak gerah, panas. Sering kali, AC mobil yang tidak dingin yang dituduh biang kerok adalah freon. Alasannya, freon memang sering bocor jika usia mobil sudah lumayan lawas.
      Sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama yang berfungsi untuk menyemburkan udara dingin, diantaranya kompresor, kondensor, receiver, dryer, dan evaporator. Nah, dalam evaporator inilah freon AC berada.
      Semestinya, risiko kebocoran freon ini sangat kecil. Tapi dalam kondisi tertentu, umur freon AC ini bisa menua dan mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas penggunaan AC itu sendiri, atau karena usia kendaraannya.
      Selain kedua faktor tersebut, kemampuan AC mobil untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang karena lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa, sudah merenggang. Kondisi ini biasanya terkait dengan usia karet seal atau faktor lainnya.
      Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah, cek dulu seluruh komponen AC secara keseluruhan. Jika terdapat kebocoran, sebaiknya langsung ditambal. Setelah itu, baru AC mobil bisa diisi dengan freon baru.
      Cara mengetahui kebocoran? Mendeteksi kebocoran AC sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan kompresor yang terdapat pada AC mobil. Jika kompresor AC mobil tidak bergerak saat dinyalakan, kemungkinan besar freon AC sudah habis karena adanya kebocoran.
      Selain itu, ada beberapa ciri lainnya yang menandakan freon AC mobil harus segera diganti, diantaranya adalah kipas AC tidak berputar, udara yang keluar tak segar dan dingin lagi, kipas AC tidak berputar dan lainnya. Segera bawa ke dealer resmi.
    • By paimin
      Honda All New Vario 150 resmi meluncur, bradsis. Mesin yang dipakai mirip dengan yang diusung PCX 150. Di mesin ini, bagian kick starter sudah ditinggalkan. Sekarang, Honda hanya mengandalkan electric starter..
      "Kami sudah survey, konsumen kami jarang sekali menggunakan kick starter. Untuk itu, kita hilangkan kick starter pada All New Vario 150 ini," terang Shigeto Kimura, selaku Marketing Director AHM.
      "Di Vietnam, tidak menggunakan kick starter sudah dimulai sejak tahun lalu. Maka itu, kami juga mencobanya di Indonesia," tambah Toshiyuki Inuma, selaku President Director AHM.
      Memang lebih simple jadinya, karena tinggal pencet aja kalo mau nyalain motor. Tapi, kadang kick starter juga masih diperlukan untuk mengecek kompresi pada motor. Selain itu, jika aki mulai drop, electric starter juga jadi tidak berfungsi. Namun, mesin masih bisa menyala dengan kick starter.
      Untuk itu, brader n sista jangan sampai biarkan aki All New Vario 150 sampai drop atau soak yaa..
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/honda-mulai-tinggalkan-kick-starter-pada-all-new-vario-150-2Ku2

    • By Clement
      Mobil dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) siap berlaga di kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2016. Guna meraih hasil maksimal, 20 mahasiswa yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) telah bertolak ke Negeri Sakura untuk melakukan persiapan menghadapi lomba pada 6–10 September.
      Pada kompetisi yang diikuti kampus-kampus dari berbagai negara itu, GURT membawakan kendaraan yang diberi nama FG 16. Begitu tiba di Jepang, seluruh anggota tim bergegas melakukan setting kendaraan FG 16 yang telah mendarat terlebih dahulu melalui kargo.
      Sebagaimana dilansir laman resmi UNY, Selasa (6/9/2016), waktu yang dibutuhkan para mahasiswa untuk melakukan setting adalah enam jam, termasuk mengisi oli. Tim kemudian melakukan test drive di Fujinomiya Shiraito Speedland untuk mengukur performa kendaraan.

      Kompetisi SFJ yang berlangsung di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang, itu dibagi menjadi dua ranah, yaitu static event dan dynamic event. Dalam ranah static event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu dari cost report, design report, dan business logic plan. Sedangkan dalam ranah dynamic event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu acceleration, skidpad, autocross, endurance, serta efficiency.
      Kendati demikian, menuju ke babak dynamic event saja bukan perkara mudah. Sebab, tim harus memastikan lulus proses scrutting terlebih dahulu. Dalam proses scrutting, kendaraan akan diuji dari berbagai aspek. Adapun aspek yang diuji meliputi kelengkapan kendaraan, pengereman, noise, tilt, hingga kemampuan racer dalam mengenali rules selama di lintasan balap.
    • By Clement
      1.Perhatikan Reputasi dari Merek Ban
      Banyak produsen ban sepeda motor yang mengklaim produknya paling baik. Sebaiknya konsumen jangan mudah termakan iklan seperti itu. Merek yang terbukti baik umumnya kerap menjadi sponsor kejuaraan balap motor tingkat nasional hingga internasional.

      2.Tentukan Tujuan Penggunaan Ban
      Ada banyak macam ban sepeda motor yang dapat dijumpai di pasaran. Sepeda motor yang murni digunakan untuk harian dengan sepeda motor untuk penggunaan harian namun sesesekali untuk touring atau balap juga memerlukan ban yang berbeda.
      3.Tentukan Jenis Jalan yang Sering Dilalui
      Selain tentang tujuan penggunaan, kondisi jalanan yang sering dilalui juga perlu dipertimbangkan sebelum memilih ban. Jika penggunaan sebagian besar di dalam kota dengan jalanan yang relatif kering, dapat menggunakan ban harian kering.
      Akan tetapi jika penggunaan di daerah pegunungan atau di kota dengan curah hujan tinggi sehingga jalanan sering basah, lebih aman jika menggunakan ban dual purpose. Sedangkan jika sering melewati jalanan tidak rata dan belum diaspal, lebih baik menggunakan ban off road.

      4.Sesuaikan Ban Dengan Ukuran Pelek
      Tips otomotif selanjutnya adalah memilih ban dengan ukuran yang sesuai dengan pelek, jangan sampai ban lebih besar dari pelek atau sebaliknya. Jika ukuran ban tidak sesuai dengan pelek, maka cengkraman ban pada aspal akan berkurang dan dapat mengancam keselamatan saat digunakan untuk menikung.
      5.Perhatikan Alur Kembangan Ban
      Setelah menentukan ukuran sesuai pelek, tips otomotif terakhir adalah meneliti alur ban sepeda motor sesuai kebutuhan. Alur kembangan merupakan hal penting terutama saat melewati jalanan berarir.

    • Guest News
      By Guest News
      Banyak negara berupaya menekan biaya transportasi umum dengan beralih ke bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah Uganda yang memperkenalkan bis yang bertenaga surya yang pertama di Afrika.
       
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy