Jump to content

CEO Baru Google adalah Sundar Pichai


c0d1ng

Recommended Posts

  • Verified Account

Google resmi memiliki pemimpin baru. Setelah 'ditinggal' CEO Larry Page dan Sergey Brin, perusahaan Internet berbasis di California itu bakal dipimpin salah satu karyawan loyal mereka Sundar Pichai. Siapakah dia?

Sundar Pichai lahir di India pada 12 Juli 1972. Alumnus Indian Institute of Technology, Kharagpur Pichai dan Stanford University ini bergabung Google sejak 2004 sebagai manajer untuk beberapa produk seperti Google Chrome and Chrome OS. Ia juga bertanggung jawab mengawasi perkembangan Google Drive hingga aplikasi Gmail dan Google Maps.

Pada 13 Maret 2013, Pichai juga diberi tanggung jawab menangani sistem operasi Android, yang sebelumnya dikapteni Andy Rubin. Rubin sempat dipindah ke divisi lain, termasuk divisi Robotik Google, sebelum keluar pada 30 Oktober 2014 untuk mendirikan perusahaan baru.

01-42-32-6.thumb.jpg.6c219e183a27f6e03ef
Sundar Pichai, CEO baru Google

Karier Pichai di Google memang moncer. Pada 24 Oktober 2014, pria yang dikenal ramah ini kembali naik jabatan. Ia ditunjuk CEO Google saat itu Larry Page sebagai Product Chief. Belum selang setahun Pichai kini kembali menjabat posisi prestis. Dalam usianya ke-43 ia ditunjuk sebagai CEO Google.

Penunjukannya menyusul berdirinya Alphabet, perusahaan yang akan menjadi induk dari Google dan perusahaan lain. Alphabet akan dipimpin Larry Page sebagai CEO dan Sergey Brin sebagai presidennya.

"Sergey dan saya sangat senang akan kemajuan dan dedikasinya untuk perusahaan. Dan sudah sangat jelas bagi kami dan dewan direksi bahwa ini saat Sundar menjado CEO Google," ungkap Larry Page dalam surat kepada pemegang saham Google, Senin (10/8).  

"Saya sangat beruntung bisa memiliki seseorang dengan bakat sepertinya memimpin Google yang kini lebih ramping."

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By satpam
      Jack Dorsey, pada Senin malam waktu Indonesia (29/11/2021), mengumumkan mundur dari jabatan CEO Twitter. Ia akan digantikan oleh Parag Agrawal yang tadinya menjabat sebagai chief tecnology officer (CTO).
      Twitter mengatakan pengunduran diri Dorsey segera berlaku, tetapi ia masih duduk di dewan direksi perusahaan sampai pertemuan pemegang saham pada 2022 mendatang.
      "Saya telah memutuskan untuk meninggalkan Twitter karena saya yakin perusahaan ini sudah siap untuk meninggalkan para pendirinya. Saya sangat percaya pada Parag. Ini saatnya dia memimpin," kata Dorsey seperti dikutip dari The Guardian.
      Agrawal sendiri telah bekerja di Twitter selama 10 tahun. Ia menjabat sebagai CTO sejak 2017 lalu.
      Sementara dalam emailnya kepada para pegawai Twitter, Senin, Dorsey mengatakan setelah 16 tahun bersama perusahaan media sosial yang turut didirikannya itu, sekarang saatnya untuk pergi.
      "Banyak orang membahas soal pentingnya sebuah perusahaan dipimpin oleh pendirinya. Saya sendiri sangat yakin bahwa hal itu akan sangat mengekang dan merupakan penyebab kegagalan," tulis Dorsey.
      "Saya sudah bekerja keras untuk memastikan bahwa perusahaan ini bisa lepas dari para pendirinya," imbuh dia.
      Dorsey adalah satu dari empat orang yang mendirikan Twitter pada 2006. Ia adalah orang yang mengunggah cuitan pertama yang berbunyi, "Just setting up my twttr." Ia meninggalkan Twitter pada 2008, sebelum kembali ditunjuk sebagai CEO pada 2015 lalu.
      Ia mendirikan perusahaan pembayaran digital bernama Square pada 2009 dan sampai sekarang masih menjabat sebagai CEO di perusahaan tersebut.
      Dorsey adalah satu dari empat orang yang mendirikan Twitter pada 2006. Ia adalah orang yang mengunggah cuitan pertama yang berbunyi, "Just setting up my twttr." Ia meninggalkan Twitter pada 2008, sebelum kembali ditunjuk sebagai CEO pada 2015 lalu.
      Ia mendirikan perusahaan pembayaran digital bernama Square pada 2009 dan sampai sekarang masih menjabat sebagai CEO di perusahaan tersebut.
    • By peter_hutomo
      Halaman YouTube berbahasa Jerman milik Rusia ''RT'' dihapus pada Selasa (28/09) karena dianggap melanggar kebijakan tentang misinformasi COVID-19. Rusia mengancam akan ''membalas'' dengan memblokir YouTube.
      YouTube menghapus saluran berbahasa Jerman milik Rusia, Rusia Today (RT), pada Selasa (28/09), karena channel itu melanggar kebijakan misinformasi COVID-19.
      "YouTube selalu memiliki pedoman komunitas yang jelas yang menguraikan apa yang diizinkan di platform," kata juru bicara YouTube kepada DW.
      Awalnya saluran Jerman RT mendapat teguran karena mengunggah konten yang melanggar kebijakan misinformasi COVID-19 YouTube. Akibatnya RT dilarang posting selama seminggu.
      RT kemudian menggunakan channel kedua yang juga berbahasa Jerman, "Der Fehlende Part" (DFP/Bagian yang Hilang), untuk menghindari penangguhan.
      RT DE (nama RT dalam bahasa Jerman) "mencoba untuk menghindari penegakan hukum dengan menggunakan saluran lain, dan akibatnya kedua saluran tersebut dihentikan karena melanggar Persyaratan Layanan YouTube," kata juru bicara tersebut.
      Rusia mengancam akan blokir YouTube
      Kementerian Luar Negeri Rusia mengancam akan "membalas" YouTube dengan memblokir platform tersebut. Kemenlu Rusia mengatakan penghapusan RT dari YouTube sebagai ‘'agresi informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya''.
      Roskomnadzor, badan eksekutif federal Rusia yang bertanggung jawab untuk mengawasi media massa di negara itu, mengirim surat ke Google, ‘‘menuntut agar semua pembatasan dicabut.‘‘
      Layanan pers agensi Rusia itu juga meminta adanya penjelasan alasan penerapan larangan tersebut.
      Google menghadapi ancaman denda hingga 1 juta rubel (Rp196 juta) jika menolak untuk membuka blokir saluran YouTube RT, kata Roskomnadzor.
      Margarita Simonyan, pemimpin redaksi RT, menanggapi larangan tersebut dalam sebuah twit: "Ini adalah perang media nyata yang dideklarasikan oleh negara Jerman kepada negara Rusia," katanya.
      Dia kemudian meminta Rusia untuk merespons dengan melarang media pemerintah Jerman, termasuk DW.
      Menanggapi hal itu, pemerintah Jerman mengatakan "tidak ada hubungannya" dengan keputusan YouTube.
      "Siapa pun yang menyerukan pembalasan seperti itu tidak menunjukkan hubungan yang baik dengan kebebasan pers," kata juru bicara Kanselir Angela Merkel, Steffen Seibert, seraya menambahkan bahwa tindakan YouTube "bukanlah tindakan negara."
      YouTube dimiliki oleh konglomerat teknologi AS Alphabet Inc, yang juga memiliki Google. 
      YouTube blokir konten anti-vaksin
      YouTube mengatakan "tidak mengizinkan konten tentang COVID-19 yang menimbulkan risiko bahaya serius yang mengerikan."
      Selain itu, YouTube mengatakan tidak mengizinkan konten yang menyebarkan misinformasi medis yang "bertentangan dengan informasi medis otoritas kesehatan setempat atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang COVID-19."
      YouTube akan melarang video apa pun berisikan konten anti-vaksin, serta yang mengklaim bahwa vaksin yang disetujui oleh otoritas kesehatan tidak efektif atau berbahaya. 
      YouTube sebelumnya memblokir video yang membuat klaim tentang vaksin virus corona, tetapi tidak untuk vaksin lain seperti campak atau cacar air.
      YouTube juga melarang konten dari tokoh anti-vaksin terkenal, termasuk Robert F. Kennedy Jr. dan Joseph Mercola.
    • By congek
      Wawancara kerja menjadi tahapan yang paling penting bagi perusahaan untuk mengevaluasi calon karyawan. Bagi pelamar, di proses wawancara kerja ini mereka harus menunjukkan yang terbaik agar lolos.
      CEO Amazon Andy Jassy membagikan tips untuk menaklukkan wawancara kerja. Siapa pun ingin membuat kesan baik dalam wawancara. Andy Jassy memiliki pengalaman mewawancarai ribuan pelamar mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadi diri sendiri.  
      Menurutnya, pelamar yang berpura-pura dalam wawancara kerja dan berhasil mendapatkan pekerjaan akan terus melanjutkan kebohongannya. Alhasil, rekan kerjanya tidak mengetahui sifat asli dirinya dan tidak menghargai tindakan tersebut.
      Jassy berkata, “Kamu tidak akan bahagia. Jadilah dirimu apa adanya dan lihat apakah ada yang cocok.”
      Hal kedua yang juga harus diperhatikan adalah sesegera mungkin menjawab pertanyaan dari pewawancara. Umumnya, dibandingkan menjawab pertanyaan secara langsung, pelamar suka menghabiskan 5-10 menit untuk pemanasan. Akhirnya, mereka tidak bisa menemukan jawaban yang tepat.
      Amazon Buka Lowongan Pekerjaan Secara Global
      Sebelumnya, Amazon berencana memperkerjakan 55 ribu orang secara global dengan berbagai posisi.
      Pria berusia 53 tahun itu mengatakan Amazon mencari orang-orang yang bersemangat melayani pelanggan. Mereka harus memikirkan pelanggan dan membangun pengalaman yang diinginkan.
      Lebih lanjut, perusahaan juga mencari orang yang mampu menciptakan sesuatu dan kreatif. Kedua hal tersebut tidak hanya dibuktikan dengan pencapaian di masa lalu, tetapi juga ditunjukkan dari cara mereka menjawab berbagai pertanyaan terbuka.
      “Kami menyukai orang-orang yang strategis dan bisa melihat sebuah gambaran yang besar, serta menyukai sesuatu yang detail,” jelas Jassy.
      Menjadi penting bagi pekerja untuk peduli dengan tujuan tim dan perusahaan. Artinya, mereka bisa menempatkan tujuan tersebut di atas tujuan pribadi.
      Jassy mengungkapkan bahwa gelar sarjana yang dimiliki pelamar bukan menjadi penentu kesuksesan dalam berkarier. Amazon menyambut semua orang dari berbagai latar belakang pendidikan untuk bergabung bersama perusahaan.
    • By ega
      Download Free Unlimited Elements for Elementor Page Builder Nulled CodeCanyon 23505470
      All addons are totally unique, crafted individually to fit your Elementor Page Builder website.
      The biggest Addon bundle for Elementor Page Builder with +700 addons.

      What’s Included in this Mega Bundle
      700+ unique addons with infinite possibilities One click import layout from Elementor Page Builder page Import only the addons you want to use Lifetime Updates 24/7 Support on hand to assist you Well Documented Our addon library is growing each day and you will get all our updates Ability to customize the HTML and CSS of the addons easily Simple Sliders (20) Banners (24) Pricing Tables (21) Content Tabs (22) Testimonials & Reviews (23) Carousels (21) Content Boxes (43) Team Members (26) Website Headers (20) iHover Effects (20) Icon Hover Effects (9) Link Hover Effects (21) Buttons (11) Content Accordions (23) Timer Countdowns (23) Content Tabs (22) Food Menus (24) Social Network Icons (21) Product Boxes (26) Google Charts (7) Video Teaser Popups (20) Widgets (10) Flip Boxes (15) Video Galleries (7) Opening Hours (15) Mp3 Audio Players (15) Statistic Counters (23) Bullet Lists (25) Footers (20)
    • By ega
      Google mengganti logo Gmail dari yang semula berbentuk amplop putih dengan tepian merah menjadi sebuah logo yang kini terasa lebih 'Google banget'.
      Logo baru Gmail kini menyerupai huruf M besar dengan bentuk mirip amplop, tetapi hadir dengan empat warna ciri khas Google. Warna warni yang dimaksud ada biru, merah, kuning, dan hijau.
      Logo baru Gmail ini cocok dan senada dengan logo Google, Google Maps, Google Photos, Chrome, dan produk-produk Google lainnya. Dengan logo baru Gmail ini, tak ada lagi amplop lawas khas Gmail.
      Fast Company melaporkan, Google sebelumnya mempertimbangkan untuk menghapus logo bentuk M sama sekali atau menghapus warna merah Gmail sepenuhnya. Namun, mereka yang terlibat dalam riset pengguna tak senang dengan perubahan tersebut.
      Pertahankan Huruf M
      Riset ini kemudian membantu Google menyadari, amplop dari logo Gmail bukanlah elemen desain yang penting. Dengan begitu, memungkinkan tim untuk bereksperimen dengan mempertahankan huruf M serta menambah palet warna tradisional Google.
      Logo baru Gmail ini masih terasa didominasi warna merah, dengan sedikit sentuhan warna kuning, biru, dan hijau di masing-masing lengkungan huruf M.
      G Suite Jadi Google Workspace

      Google juga sebelumnya mengubah logo Kalender, Docs, Meet, dan Spreadsheet agar sesuai dengan desain baru Gmail ini.
      Logo baru ini merupakan bagian dari perubahan lebih luas dari perangkat lunak G Suite Google yang kini diubah namanya menjadi Google Workspace.
      Google pun tengah mencoba menggabungkan Gmail, Chat, dan Docs ke dalam satu lokasi pusat untuk bisa lebih bersaing dengan Microsoft Office, terutama Outlook yang lebih terintegrasi.
×
×
  • Create New...