Jump to content
c0d1ng

Mengirim File Berkecepatan Tinggi Menggunakan WiFi Di Android

Recommended Posts

Mengirim file APK, foto, dan video merupakan hal umum yang bisa dilakukan antar perangkat seluler seperti smartphone. Namun biasanya orang-orang menggunakan Bluetooth sebagai koneksi untuk saling mengirimkan file antar ponsel.

shareit-apk.thumb.jpg.6cb0ac0f088418974f

Namun sering kali terdapat kendala jika menggunakan Bluetooth sebagai layanan transfer file, mulai dari susahnya pairing dan lambatnya kecepatan transfer data.

Kini ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu layanan transfer data menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu SHAREit. Aplikasi pihak ketiga ini menggunakan jaringan WiFi yang tersedia di smartphone Android. Dengan menggunakan jaringan WiFi sebagai jaringan transfer data, jelas ini akan mempercepat kecepatan transfer file antar perangkat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan banyak pilihan file apa saja yang dapat dikirim termasuk file APK. Pengguna hanya tinggal memilih ingin mengirim file atau menerima file. Jika memilih mengirim file Anda hanya perlu memilih file apa saja yang akan Anda kirim dan jika telah selesai Anda tinggal memilih ke perangkat mana file itu akan dikirim, tentunya perangkat lain yang akan menerima juga telah menginstal aplikasi SHAREit ini.

Untuk menerima file juga mudah, hanya tekan terima nantinya file akan terkirim jika perangkat lain memilih perangkat Anda sebagai penerima. Berbeda dengan Bluetooth yang memungkinkan harus melakukan pairing, di aplikasi ini tidak perlu melakukan hal itu, kita hanya tinggal memilih icon perangkat lain yang telah mengaktifkan mode terima.

shareit.thumb.jpg.1eefe93f1c694fa57514a5

Jenis perangkat yang kompatibel dengan aplikasi ini cukup beragam, yaitu tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, dan PC Windows. Tentunya mengirim file berukuran jumbo bukan sesuatu yang membosankan, karena dengan menggunakan WiFi sebagai jaringan transfer, kecepatan transfernya dapat mencapai rata-rata 20 MB per detiknya tergantung kapasitas hardware yang dimiliki tiap perangkat.

Lenovo-SHAREit_5.thumb.png.375476c9cc94c

Aplikasi milik Lenovo ini tersedia gratis yang bisa anda unduh di Play Store, App Store, atau via link berikut.

Semoga tips ini membantu Anda yang ingin mengirim file berukuran besar tanpa harus menunggu waktu yang lama dan tanpa menggunakan kabel data jika ingin mengirim file ke atau dari PC Anda.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Males
      Pernahkah Anda sedang berada di dalam penerbangan tapi Anda harus segera mengirim pekerjaan melalui email atau Anda ingin segera berbagi momen istimewa di media sosial? Jika Anda terbang dengan salah satu maskapai ini, hal ini tidak akan lagi menjadi persoalan, Anda bisa melakukan semuanya dengan fasilitas Wi-Fi onboard.
      1. Emirates (EK)
      Maskapai yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab ini bukan hanya menjadi maskapai terbesar di Timur Tengah, tapi juga salah satu maskapai terbaik di tingkat dunia. Jika Anda terbang dengan maskapai ini, terutama di tipe pesawat Airbus A380, Anda bisa menikmati fasilitas inflight Wi-Fi gratis di semua kelas penerbangan dengan kuota sebesar 10 MB. Masih kurang? Anda bisa membeli kuota tambahan dengan harga mulai dari 1 USD per 500 MB.
      2. Aer Lingus (EI)
      Maskapai terbesar kedua di Irlandia ini menawarkan fasilitas Wi-Fi onboard gratis bagi penumpang Business Class-nya di pesawat Airbus seri A330 di seluruh rute transatlantik. Tapi jika Anda tidak terbang di kelas bisnis, Anda juga bisa membayar biaya Wi-Fi onboard dengan harga sekitar 14,95 USD untuk 1 jam atau seharga 24,95 USD untuk durasi 24 jam pemakaian.
      3. Garuda Indonesia (GA)
      Maskapai terbesar dan kebanggaan masyarakat Indonesia ini menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis jika Anda terbang di First Class pada jenis pesawat Boeing 777-300ER atau Airbus 330-200/300. Apabila Anda terbang di kelas bisnis atau ekonomi di pesawat Boeing 777-300ER, Anda bisa membeli paket inflight Wi-Fi dengan harga 11,95 USD untuk durasi 1 jam atau seharga 21,95 USD untuk durasi 24 jam. Sedangkan jika Anda terbang dengan pesawat Airbus 330-200/300 di kelas bisnis dan ekonomi, Anda bisa membeli paket Wi-Fi onboard dengan harga 2,49 USD untuk perangkat mobile kuota 3 MB dan 9,95 USD untuk perangkat mobile kuota 10 MB atau dengan harga 9,95 USD untuk perangkat laptop kuota 10 MB dan 21,95 USD untuk perangkat laptop kuota 25 MB.
      4. Air China (CA)
      Memiliki lebih dari 289 rute penerbangan di 30 negara, mulai dari Asia ke Timur Tengah, Eropa Barat, hingga Amerika Utara, maskapai asal Tiongkok ini menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis bagi seluruh pelanggannya. Namun demikian, sementara ini fasilitas Wi-Fi hanya bisa digunakan di perangkat laptop dan belum bisa digunakan di smartphone.
      5. Hong Kong Airlines (HX)
      Jika Anda berencana terbang dengan maskapai ini, pastikan Anda mencari penerbangan yang menggunakan jenis pesawat Airbus A330-200. Mengapa demikian? Karena seluruh penumpang Hong Kong Airlines di pesawat itu akan mendapatkan fasilitas Wi-Fi onboard gratis! Pastikan Anda terhubung dengan provider OnAir saat di pesawat untuk dapat menikmatinya.
      6. JetBlue Airways (B6)
      Jika Anda memiliki rencana terbang keliling Amerika Serikat, Anda bisa menggunakan maskapai JetBlue Airways. Jika kebetulan Anda naik pesawat dengan tipe Airbus A321, maka Anda bisa menikmati fasilitas Wi-Fi onboard gratis di paket Simply Surf basic version. Jika paket itu dirasa kurang, Anda bisa upgrade ke plan Fly-Fi Plus dengan harga 9 USD per jam pemakaian.
      7. Norwegian (DY)
      Maskpai low-cost terbesar ketiga di Eropa dan terbesar kedua di daratan Skandinavia ini menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis jika Anda terbang di rute short dan medium-haul di wilayah Eropa. Saat ini, Anda bisa menikmati fasilitas ini di lebih dari 61 pesawat Boeing 737-800 yang mereka operasikan. Namun demikian, maskapai Norwegian masih belum menawarkan fasilitas Wi-Fi untuk rute penerbangan jarak jauhnya.
      8. Thai Airways (TG)
      Maskapai asal Thailand ini telah mengoperasikan 75 rute penerbangan di 35 negara. Jika Anda terbang dengan Thai Airways di kelas bisnis, Anda bisa menikmati fasilitas Wi-Fi gratis dengan plan 3 bulan trial. Saat ini, fasilitas ini hanya dapat Anda nikmati di pesawat Airbus A330-300 dan A380-800 khusus untuk rute penerbangan jarak jauh. Bagi Anda yang terbang di kelas bisnis, Anda bisa membeli paket THAI Sky Connect Smartphone users dengan harga 4,50 USD untuk kuota 3 MB atau 14,5 USD untuk kuota 10 MB. Jika Anda ingin menggunakan laptop/tablet, biaya Wi-Fi-nya adalah sebesar 14,5 USD untuk kuota 10 MB dan 28,5 USD untuk kuota 20 MB.
      Selain 8 maskapai tersebut, masih ada puluhan maskapai lain yang juga menawarkan fasilitas Wi-Fi onboard, meski tidak gratis. Inflight Wi-Fi bisa jadi solusi pengusir rasa bosan, terutama bagi Anda yang mudah bosan dan akan melakukan penerbangan jarak jauh
    • By thepowerofwindows
      ZTE menjadi perusahaan pertama yang merilis smartphone Android Go murah di pasar Amerika Serikat, dan harganya hanya US$ 80 (sekitar Rp 1 juta).
      Smartphone ZTE Tempo Go memiliki layar 5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel, bezelnya masih cukup tebal, hanya memiliki RAM sebesar 1 GB, dan penyimpanan 8 GB.
      Lewat situs resminya, dijelaskan bahwa smartphone ini tidak mendukung dua kartu SIM atau jaringan 4G. Sementara, kapasitas kartu memorinya hanya dapat mendukung sampai 32 GB.
      Kamera belakangnya bahkan cuma memiliki resolusi 5MP yang sudah dilengkapi LED Flash, sementara kamera di depan memilki resolusi 2MP.
      Untuk dapur pacunya didukung Snapdragon 210, dan berjalan di atas sistem Android 8.0 Oreo. Baterainya sendiri berkapasitas 2200 mAh.
      Memang, Android Go lebih ditargetkan untuk negara-negara yang tidak memiliki ekonomi kuat, dan tidak bisa membeli smartphone Rp 2 jutaan.
      Pada smartphone ini banyak aplikasi beredisi Go yang sistemnya lebih sederhana karena Google memangkas fitur-fitur di aplikasi yang tak dianggap berguna di pasar Android Go.
      Pemakaian data juga akan lebih hemat lewat Android Go, misalnya lewat YouTube Go akan diberikan keterangan data untuk mengunggah video sehingga pengguna bisa memilih video yang tidak memakan banyak data.
      Dengan fitur itu diharapkan pengguna Android Go dari pasar ekonomi rendah dapat terbantu apabila di daerah mereka harga data masih mahal.
      Ada Enam Tipe
      Google menyiapkan enam jenis Android Go yaitu Alcatel 1X, Nokia 1, Gm8 Go, Huawei, Lava Z50, Micromax Bharat Go, dan ZTE Tempo Go.
      Peluncuran Android Go pertama kali diumumkan Google pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.
      Android Go termasuk dalam program Android Oreo, sehingga secara resmi namanya Android Oreo (Go Edition).
      Nokia 1 Sudah Rilis

      Nokia 1 yang merupakan Android Go sudah lebih dulu hadir dengan MediaTek MT6737M dan RAM 1GB. Memiliki layar berukuran 4,5 inci, smartphone ini memiliki memori internal 8GB yang dapat diperbesar dengan kartu microSD hingga 128GB.
      Urusan fotografi diserahkan pada kamera utama 5 megapiksel yang sudah didukung LED Flash. Sementara untuk keperluan selfie, Nokia 1 ditopang oleh kamera depan beresolusi 2 megapiksel.
      Smartphone ini juga sudah mendukung Bluetooth v4.2, GPS/A-GPS, FM Radio, Micro-USB, dan jack audio 3,5mm. Dengan baterai berkapasitas 2.150mAh, smartphone ini disebut mampu bertahan hingga 15 hari dalam keadaan standby.
      Lewat smartphone ini, HMD Global kembali menawarkan unsur nostalgia bagi pengguna ponsel Nokia lawas. Sebab, cover Nokia 1 dapat dibongkar pasang sesuai keingingan pengguna atau lebih dikenal dengan nama Xpress-on cover.
      Sekadar informasi, Xpress-on cover sempat menjadi ciri khas ponsel Nokia pada masa keemasannya. Diperkenalkan di Nokia 5110 pada 1998, pengguna dapat dengan mudah mengganti cover ponsel miliknya sesuai keinginan.
    • By c0d1ng
      Semua berawal ketika industri smartphone mulai menanjak, Meizu dengan cepat merespons peluang yang ada. Perusahaan ini resmi memasuki bisnis smartphone pada 2007 di China, disusul kemunculan smartphone pertamanya di 2009 dengan sebutan M8. Ponsel ini juga menjadi yang pertama menyodorkan teknologi layar sentuh.
      Inovasi Meizu kemudian berlanjut di M9 sebagai ponsel pertama di China yang mengusung teknologi layar retina. Sementara penerusnya yang dinamai MX didaulat sebagai ponsel pertama yang menggunakan prosesor dual core.
      Di MX2, Meizu mulai fokus pada sisi desain yang menjadikan ponsel ini sebagai salah satu yang tertipis. Sedangkan di MX3 desainnya semakin disempurnakan lagi karena mampu menyodorkan desain yang lebih tipis lagi.
      Meizu mengklaim pengembangan MX3 dilakukan dengan sangat serius. Tercatat ada sebanyak 31 model yang dibuat Meizu demi menemui desain optimal di MX3. Pasalnya selain tampil elegan, Meizu juga ingin MX3 bisa nyaman digenggam hanya dengan satu tangan.
      Di era teknologi pemindai sidik jari sedang naik daun, Meizu lagi-lagi menempatkan posisinya sebagai ponsel yang pertama menyodorkan teknologi tersebut di China lewat MX4 Pro. Inovasi tak berhenti di situ karena kemudian di Pro5, Meizu masuk dalam jajaran seribu ponsel pertama di dunia yang membenamkan teknologi pemindai sidik jari di bagian depan ponsel. Sebagai penerus Pro5, sekarang Meizu memiliki Pro6 Plus yang dibekali segudang teknologi yang lebih baik lagi.
      Inovasi-inovasi tersebut berhasil membuat Meizu menarik perhatian  konsumen. Usaha Meizu juga tak sia-sia karena kini brand ponsel ini telah berhasil menempati peringkat lima besar di China.
      Di Indonesia sendiri, saat ini smartphone bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga difungsikan sebagai alat untuk menunjang pekerjaan atau kegiatan seseorang. Melihat peluang ini, Meizu hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segudang inovasinya. Meizu pun memantapkan eksistensinya di Indonesia sebagai principle.
      Kehadiran Meizu di Indonesia menawarkan sesuatu yang berbeda dari brand lain. Tak hanya menonjolkan inovasi produk, keseriusan dan komitmen Meizu juga dapat dilihat dari berbagai service center yang telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Brand ponsel asal China ini meyakini, selain berbekal inovasi, pelayanan yang baik dan berkualitas juga membuat Meizu mendapatkan tempat di hati konsumennya.
    • By c0d1ng
      Ponsel telah menjelma menjadi pemuas kebutuhan di segala aspek kehidupan manusia, salah satunya dari sisi hiburan. Hal ini membuat produsen berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan fitur yang kekinian dan mewah.
      Tak terkecuali Meizu, yang mendapat julukan monster dari negeri tirai bambu China yang. Meizu baru-baru ini meluncurkan produk teranyarnya yang dinamai M5 Note, smartphone yang memiliki desain keren yang tentunya memiliki banyak fitur yang lengkap.
      Dengan desain menyerupai busur pada bagian bagian back cover, membuat M5 note lebih nyaman untuk di genggam. Selain itu cutting dan finishing pada sekujur bodinya terasa sangat presisi sehingga bisa disejajarkan dengan smartphone premium berbodi metal.
      Salah satu fitur unik dari Meizu M5 Note ini ada pada screencapture, yang memiliki opsi menyimpan atau share. Hal ini akan membuat hasil screenshot tidak perlu disimpan sehingga tidak membebani memori.
      Fitur selanjutnya adalah account Flyme yang merupakan keunggulan yang terdapat pada operating system Flyme. Account flyme dapat memberikan rasa aman kepada penggunanya.
      Meizu M5 Note juga hadir dengan beragam fitur seperti fingerprint untukmemudahkan dalam mengoperasikan smartphone dan memberikan rasa aman akan privasi. Fingerprint merupakan salah satu fitur terkini yang juga dapat berfungsi untuk membuka layar, personalisasi aplikasi, file, dan dokumen.
      Selain itu, juga terdapat mTouch bottom pada Meizu M5 Note yang berfungsi sebagai navigasi dan menempelkan sidik jari ketika mengoperasikan fitur fingerprint. Kedua, meskipun tak terdapat menu back, tetapi bisa memanfaatkan mTouch Button dengan tap satu kali untuk kembali.
      Ketiga, pada saat dalam posisi membuka aplikasi/file explorer tekan mTouch Button agak lama untuk kembali ke menu Home. Dan keempat tombol mTouch Button juga dapat dimanfaatkan untuk mengunci dan membuka layar dengan tinggal menekan sedikit lama.
      Belum ada informasi lebih lanjut kapan Meizu secara resmi merilis M5 Note. Akan tetapi bagi konsumen yang sudah penasaran, spekulasi mengatakan waktunya tak lama lagi.
    • By Supraman
      Kalian tentu kalian sudah tahu kan, kalau sistem operasi Android itu memiliki sifat open source.
      Android sifatnya jauh lebih terbuka dibanding sistem operasi lain.
      Sistem operasi ini bahkan seakan melepas pihak ketiga dalam mengembangkan berbagai jenis aplikasi.
      Kalian juga dapat mengoprek sendiri smartphone kesayangan kalian.
      Ini yang bisa jadi bahaya jika Android kalian tidak terlindungi.
      Bahkan bisa saja serangan perangkat perusak atau malware bersarang pada smartphone kalian melalui sebuah aplikasi.
      Kalian pasti tidak ingin, kan?
      Cara mudah untuk mengantisipasi malware menyusup pada perangkat smartphone kalian.
      Penasaran bagaimana caranya, coba lakukan beberapa hal berikut ini.
      1. Jangan Sembarang Download APK Aplikasi
      Mengunduh sebuah aplikasi dari sembarang situs tentu saja sangat tidak dianjurkan.
      Tentu hal ini sering dilakukan untuk mendapatkan sebuah aplikasi berbayar bukan?
      File berbayar yang terdapat pada Google Play Store terkadang bisa kalian cari APK serta datanya melalui sebuah situs internet.
      Tak jarang pula berbagai penyedia nakal yang memberikan tambahan malware di dalam aplikasi ini.
      2. Jangan Asal Beri Akses ke Admin
      Beragam aplikasi Android selalu meminta sebuah akses untuk dapat berjalan dengan baik.
      Namun jika kalian memiliki sebuah aplikasi APK yang berasal selain dari sumber Google, ada baiknya kalian waspada.
      Jangan asal berikan akses apalagi jika developer yang kalian gunakan tidak begitu terkenal.
      3. Perhatikan Ukuran File Saat Download Aplikasi Pihak Ketiga
      Meski terbilang sepele, cara ini jangan sampai kalian lewatkan.
      Jika ukuran file aplikasi dari Google dan juga yang ingin kalian download sama, maka tak perlu curiga.
      Namun berbeda jika ukuran file jauh lebih besar.
      Bisa saja aplikasi yang ingin kalian download tersebut sudah disisipi dengan malware di dalamnya sehingga ukuran pun jadi lebih bertambah.
      4. Selalu Perhatikan Permission
      Jika smartphone Android kalian sudah versi Lollipop, sudah pasti permission bisa kalian perhatikan lebih baik.
      Permission tugasnya untuk memberikan akses dari sebuah aplikasi melalui hardware yang ada di perangkat kalian.
      Mengakses kamera, melihat kontak, dan lain lain salah satu tujuannya.
      Jadi jika kalian memiliki sebuah aplikasi yang kalian curigai, perhatikan juga permission yang sudah kalian berikan.
      Jangan sampai kalian bebas memberikan akses untuk melihat kontak atau bahkan merubahnya.
      Bisa saja malware yang menyusupi aplikasi tersebut membuat hal buruk terjadi pada smartphone kalian.
      Bagaimana guys, mudah bukan empat cara di atas?
      Jangan sampai kalian kecolongan salah satunya ya!
      Mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati lho, guys.
       
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy