Jump to content
c0d1ng

Pakai Aplikasi Start10 buat munculin tombol start windows 7

Recommended Posts

start10-620x390.thumb.jpg.2453eeed4bab87

Salah satu keunggulan Windows 10 dibandingkan Windows 8 adalah kembalinya Start Menu yang sebenarnya. Memang ada tombol Start Menu di Windows 8.1, tetapi fungsinya berbeda, dimana Anda justru akan ‘dilontarkan’ ke tampilan Metro yang kurang ideal untuk PC desktop.

Start Menu di Windows 10 sendiri sedikit berbeda dengan yang ada di Windows 7. Perbedaan yang paling utama adalah hadirnya bagian khusus untuk menampilkan sejumlah Live Tile, yang masing-masing bisa disesuaikan besar-kecilnya sesuka hati.

Buat pengguna Windows 10 yang ‘lompat’ langsung dari Windows 7, mereka mungkin jarang memanfaatkan fitur Live Tile di Start Menu ini. Malahan, sebagian mungkin menginginkan Start Menu yang sama persis seperti milik Windows 7.

Kalau itu yang Anda cari, Anda bisa memanfaatkan aplikasi baru bernama Start10. Start10 memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi pada Start Menu milik Windows 10. Dan yang paling penting, Anda bisa mengganti tampilannya menjadi seperti milik Windows 7, seperti yang tertera pada gambar perbandingan di bawah ini.

start10-comparison.thumb.jpg.7ad4aea112a

Start10 sendiri dikembangkan oleh Stardock. Buat yang merasa pernah mendengar namanya, yup, ini merupakan developer yang sama yang mengembangkan software kustomisasi tampilan WindowBlinds yang populer di akhir 90-an sampai awal tahun 2000-an.

Start10 saat ini sudah bisa diunduh langsung lewat situs resmi Stardock. Harganya $5, akan tetapi tersedia pula opsi free-trial selama 30 hari sehingga Anda bisa mencobanya terlebih dulu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Ditengah kabar negatif seputar Windows 10 Mobile, hari ini muncul laporan bahwa Samsung tengah menguji Galaxy S8 versi Windows 10 Mobile. Microsoft dan Samsung tampaknya akan membawa kerjasama mereka ke level yang lebih tinggi. Tentunya setelah kerjasama mereka meluncurkan Galaxy Book dan Galaxy S8 Microsoft Edition.

      Bila dilihat dari screenshot yang beredar S8 versi Windows 10 Mobile akan memiliki konfigurasi yang sama seperti versi China dan Korsel, yaitu dengan RAM 6GB. Sebagai tambahan sumber dari ITHome mengabarkan bahwa ada kemungkinan meluncur di acara 2 Mei mendatang.
      Namun hal itu kecil kemungkinannya. Mengingat acara 2 Mei mendatang berfokus penuh pada pendidikan, bukan berfokus untuk peluncuran hardware baru. Samsung sendiri juga senang untuk bereksperimen dengan hal baru seperti adanya prototype S8 dengan Dual Camera, tapi tidak diluncurkan untuk publik tentunya.
      Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya menjelang akhir tahun nanti. Tentu saja hal yang bagus bila S8 nanti hadir dalam versi Windows 10 on ARM disamping Elite x3 versi baru. Tentunya karena S8 dan mungkin Elite x3 versi baru sudah menggunakan Snapdragon 835. Mengingat Surface phone kemungkinan akan meluncur tahun 2018 mendatang.
    • By c0d1ng
      Windows 10 Creators Update sejatinya belum resmi dirilis oleh Microsoft. Microsoft berencana untuk menggelar update besar ke-2 dari Windows 10 yang dijuluki “Windows 10 Creators Update” ini mulai bulan depan.
      Ya, sekali lagi, Windows 10 Creators Update sejatinya belum resmi dirilis. Tapi sejak pekan lalu Tool untuk update yaitu Upgrade Assistant untuk Windows 10 Creators Update sudah bocor dan beredar secara online.
      Melalui Upgrade Assistant ini terungkap bahwa Windows 10 Build 15063 adalah versi final untuk Windows 10 Creators Update, atau disebut juga dengan versi 1703.
      Hal ini diperkuat dengan bukti akhir-akhir ini yang menunjukkan bahwa Windows 10 build15063 adalah build ‘RTM’ untuk Creators Update. Build 15063 adalah build yang sekarang tersedia untuk PC dan Mobile Fast Ring, PC Slow Ring, dan bagi member Program Insider Xbox; dan SDK serta Mobile Emulator yang semuanya muncul secara online pekan lalu.
      Dan sekarang kami bisa mengkonfirmasi bahwa Microsoft telah mulai meluncurkan Windows 10 Creators Update untuk PC dan Tablet melalui Upgrade Assistant yang bocor ini.
      Windows 10 Upgrade Assistant adalah sebuah tool yang sama persis seperti yang Microsoft rilis tahun lalu untuk Anniversary Update. Cuma bedanya sekarang tool ini akan berfungsi untuk men-download Creators Update build terbaru, bukan Anniversary Update.
      Windows 10 Creators Update telah memiliki banyak fitur baru dan peningkatan selama buildterakhir build pratinjau (yang sudah dirasakan oleh Insider).
      HARAP DICATAT!!! Kamu tidak akan melihat apa-apa jika kamu pergi ke Settings > Update & security > Windows Update dan memeriksa update, karena update belum dirilis resmi dan nantinya akan bergulir secara bertahap.
      Beberapa jam setelah beredarnya link download Upgrade Assistant, Microsoft rupanya mengendusnya, Microsoft pun langsung memblokir link tersebut. Ya, Microsoft langsung cepat bertindak sebelum kebocoran ini meluas.
      Kini file Windows 10 Update Assistant yang bocoran link-nya beredar tersebut sudah dihapus dari server Microsoft. Bahkan meskipun kamu sudah memilikinya kamu tidak akan bisa lagi menginstall Windows 10 Creators Update.
      Nah, bagi kamu yang terlambat mendapatkan Windows 10 Creators Update melalui cara ini, perilisan resminya yang kabarnya sudah hadir pada 11 April 2017.
      Menurut kami, menunggu perilisan resminya adalah opsi yang terbaik, toh momen tersebut akan datang beberapa hari lagi.
    • By abas
      Microsoft akan memblokir update keamanan untuk Windows 7 dan Windows 8.1. Pengguna hanya bisa mendapatkan update itu setelah meng-update ke Windows 10.
      Anda mungkin akan menemukan pesan, ‘PC Anda menggunakan prosesor yang tidak didukung oleh versi Windows dan Anda tidak akan menerima update’. Pesan itu dan lainnya akan muncul ketika ada upaya untuk updatedari Windows 7 atau perangkat Windows 8.1 yang didukung prosesor generasi ketujuh dari Intel dan AMD atau "Kaby Lake" dan " Bristol Ridge” atau generasi seri Snapdragon 820 CPU mobile dari Qualcomm.
      Prosesor tersebut hanya akan didukung oleh Windows 10. "Prosesor Windows 8.1 dan Windows 7 yang memiliki prosesor generasi ketujuh atau prosesor generasi selanjutnya mungkin tidak lagi dapat memindai atau mengunduh update melalui Windows Update atau Microsoft Update,” tambah Microsoft di halaman Support.
      Pada Januari 2016, Microsoft sebenarnya mengumumkan pembatasan dukungan new-silicon. Saat itu, mereka juga mengatakan bahwa mendistribusikan Windows 7 dan 8.1 berjalan hanya di prosesor terbaru sangat  menantang.
      Perusahaan kemudian memutuskan Windows 10 akan menjadi satu-satunya edisi yang didukung pada CPU generasi ketujuh dan selanjutnya dan sekaligus mendiktekan pemendekan besar dukungan Windows 7. Edisi populer akan sepenuhnya didukung oleh prosesor generasi enam Intel yang dijuluki "Skylake"  hingga 17 Juli 2017. Pada saat itu, beberapa PC yang membawa Skylake akan terus menerima beberapa update keamanan sementara PC lainnya tidak akan mendapatkan apa-apa setelah batas waktu tersebut.
    • By vyrous
      Microsoft mengonfirmasi bahwa pembaruan besar Anniversary Update bakal diumumkan pekan depan. Namun, tidak untuk update Windows 10 yang dikatakan bergulir tahun ini alias ditunda.
      Informasi tersebut diketahui melalui postingan perusahaan yang mengungkapkan, pembaruan Windows 10 akan mendarat tahun depan atau 2017.
      Berdasarkan laporan organisasi OS Windows 10 akan menjadi fitur update terakhir di 2016.
      "Kami akan menyajikan dua pembaruan fitur tambahan terbaru pada sistem pengoperasian Windows 10, dan berharap semuanya akan selesai pada 2017," ungkapnya.
      Penundaan itu lantaran perusahaan sedang fokus pengerjaan instruktur ilmu dasar dari arsitektur OS, sehingga terlambat untuk merilis pembaruan fitur baru. Pengerjaan Windows 10 pun tengah berlangsung, dan fokus utama Microsoft adalah update periodik untuk OS desktop dan Windows sebagai layanannya.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy