Jump to content
Chesa

Hati-Hati! Cara Menurunkan Berat Badan yang Salah

Recommended Posts

Hampir semua orang mengidam-idamkan tubuh yang ideal, baik wanita maupun pria. Apalagi untuk mereka yang mengalami kelebihan berat badan, pasti segala cara akan dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Pernahkah Anda merasa jengkel karena jarum timbangan tak kunjung bergerak ke kiri, meskipun sudah berbagai cara menurunkan berat tubuh Anda lakukan? Wah, mungkin saja tuh cara yang Anda pilih salah. Bisa-bisa Anda mendapat efek negatifnya tuh, daripada mendapatkaan manfaatnya.

Kebiasaan-Salah-Menurunkan-Berat-Badan.t

Kebiasaan Salah Menurunkan Berat Badan

Mau terhindar dari cara menurunkan berat tubuh yang salah? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Ngotot Diet

Terkadang, banyak orang yang terlalu memaksakan diet sehingga membuat mereka merasa tertekan. Ketika stress, tubuh akan melepaskan hormone kortisol yang bisa memperlambat metabolism dan meningkatkan nafsu makan. Tuhkan, diet yang terlalu ngotot emang gak baik.

Memperbanyak Makanan Asin

Ketika sedang diet, makanan yang paling sering dibatasi adalah makanan manis dan makanan berlemak. Namun tidak lantas membuat Anda boleh mengkonsumsi banyak makanan asin. Perlu diketahui, makanan yang mengandung banyak garam akan menahan cairan dalam tubuh Anda dan membuat berat tubuh Anda bertambah. Ini dia alasannya kenapa berat tubuh Anda tak juga turun

Cara-Menurunkan-Berat-Badan3.thumb.jpg.9
Cara Menurunkan Berat Badan

Melewati Jam Makan

Banyak orang yang mendefinisikan diet dengan menurunkan berat badan melalui cara tidak makan. Padahal diet ini sama sekali tidak sehat dan bisa membuat Anda kekurangan gizi. Masih banyak orang yang bahkan melewatkan jam makan, terutama sarapan. Perlu diingat, diet yang baik berarti menyeimbangkan asupan kalori dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, bukannya membatasinya.

Menggantungkan Diri Pada Pil Diet

Ini sih bahaya sekali! Umumnya, suplemen diet mengandung zat-zat kimia seperti fenipropanolamin, efedrin, dan kafein. Bila terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan seperti ini, tubuh Anda akan segera merasakan efek sampingnya, mulai dari mual, insomnia, gagal ginjal, dan hipertensi. Bahkan sudah banyak kasus penggunaan pil diet yang salah dan akhirnya berujung pada kematian. Hiii, seram ya.

Tips-Sehat-Menurunkan-Berat-Badan-Pasca-

Tidak Bergerak Aktif

Anda malas bergerak dan lebih memilih duduk bersantai di waktu senggang? Berat badan Anda tidak akan pernah turun jika begitu. Sempatkan tubuh Anda untuk banyak bergerak, baik saat waktu senggang atau ketika sedang bekerja. Berjalan-jalan di pagi dan sore hari mengelili komplek perumahan Anda juga sudah termasuk olahraga lho.

Nah, itu dia cara menurunkan berat tubuh yang salah dan tidak boleh lagi Anda ulangi. Buat perubahan dengan melakukan cara diet yang sehat dan aman. Akan sangat baik jika Anda mengkonsultasikannya lebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan. Saatnya melakukan cara menurunkan berat badan yang tepat dan kembalikan rasa percaya diri Anda dengan lekuk tubuh yang menawan!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By jodang
      Lada hitam termasuk deretan bumbu dapur yang sering digunakan untuk menyedapkan makanan. Rempah ini adalah sumber magnesium, vitamin K, zat besi, dan serat. Selain itu, lada hitam ternyata juga efektif untuk menurunkan berat badan.
      Untuk menurunkan berat badan yang efektif dan efisien, kuncinya adalah metabolisme yang berjalan baik adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Kita juga harus punya sistem pencernaan yang baik.
      Kedua aspek ini memainkan peran penting untuk menurunkan berat badan. Metabolisme yang lamban bisa menghambat laju program penurunan berat badan. Satu bahan yang penuh dengan khasiat, bermanfaat bagi kesehatan dan bisa menurunkan berat badan adalah lada hitam.
      Itu karena lada hitam bisa meningkatkan metabolisme makanan berkat efek termogeniknya. Hal itu disebutkan dalam buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing House, seperyi dilansir dari NDTV, 7 Maret 2019. Lada hitam membantu menyehatkan pencernaan.
      Bumbu ini punya sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang secara tradisional digunakan untuk detoksifikasi, meredakan infeksi paru-paru dan bronkial. Anda bisa mengonsumsi lada hitam dalam bentuk mentah yang dihancurkan, atau dalam bentuk bubuk.
      Lalu gunakan dalam kaldu dan bumbu-bumbu lainnya. Campurkan sejumput lada hitam ke dalam menu masakan seperti sayuran. Mengonsumsi lada hitam sekali sehari mungkin dapat meningkatkan efektivitas penurunan berat badan.
      Selain itu, Anda bisa membuat ramuan minuman lada hitam. Caranya cukup campurkan lada hitam, madu, dan kayu manis ke dalam secangkir gelas yang bisa langsung diminum.
      Anda bisa juga menambahkan lada hitam ke kari atau dalam minuman lainnya. Hanya dengan rutin mengonsumsi sejumput lada hitam rutin setiap hari akan memberikan manfaat yang besar bagi Anda.
    • By berita_semua
      Pakar gizi membeberkan sejumlah asupan yang harus dihindari jika seseorang ingin mengurangi berat badan. Ternyata pantangan tersebut bukan hanya sejumlah makanan kurang sehat, melainkan juga minuman penyertanya.
      Banyak orang mungkin telah mengganti sarapan pancake dan sosis dengan seiris roti plus buah. Akan tetapi, menurut pakar nutrisi, pilihan sehat tersebut belum cukup jika Anda tidak menaruh cukup perhatian terhadap apa yang Anda minum.
      Porsi kalori pada pemanis tambahan minuman soda dan jus kemasan bisa mencapai jumlah yang mengejutkan. Bayangkan jika seseorang mengonsumsi kalori demikian setiap hari, belum lagi makanan padat yang perlu diasup agar tubuh punya cukup energi.
      "Minum 500 kalori cair dari soda atau minuman manis juga membuat seseorang tidak cukup mendapatkan rasa kenyang dibandingkan dengan mengasup 500 kalori dari makanan padat," ujar Cara Anselmo, pakar nutrisi dan diet dari New York's Memorial Sloan-Kettering Cancer Center.
      Peneliti dari Universitas Harvard dan Rumah Sakit Anak di Boston juga mengetes ide tersebut dalam penelitian panjang selama delapan tahun. Riset yang melibatkan hampir 50 ribu peserta perempuan itu menganalisis dampak kebiasaan minum minuman yang mengandung pemanis buatan.
      Partisipan yang terbiasa minum soda, jus, dan fruit punch setelah makan, cenderung mengalami kenaikan berat badan. Mereka yang menggemari minuman tersebut juga terancam peningkatan risiko sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe dua.
      "Saat minum kalori cair, orang sering kali makan lebih banyak kalori secara keseluruhan," ujat Richard Mattes, profesor bidang nutrisi di Purdue University yang menyarankan kebiasaan minum air putih, dilansir dari laman Standard.
    • By Adeus
      Obsessive Combuzier Diet merupakan cara diet yang diklaim cocok dan dapat dilakukan untuk pria dan wanita, terutama bagi mereka yang bertubuh gemuk. Deddy juga menuturkan, bagi anda yang sudah memulai program diet OCD terutama yang memiliki lemak tinggi atau obesitas, biasanya berat badan akan cepat turun, dalam seminggu, berat badan anda bisa turun hingga 4 kg. Wow bagaimana, mantap bukan?
      Tapi bagaimana dampak OCD bagi mereka yang berbadan kurus?
      Bagi anda yang berbadan kurus tapi masih tetep ngeyel untukmenjalani diet OCD ini, Deddy juga menerangkan, berat badan tidak akan turun dan berkurang, tapi hanya lemaknya saja yang akan hilang. "Jadi ketika manusia sudah kurus dia tidak akan bertambah kurus lagi," jelasnya, saat ditemui wolipop di Hanggar Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (27/08/2013).
      Bagaimana menurut pendapat ahli? 
      Sementara menurut pakar gizi dan nutrisi Prof. Dr. Ir Hardinsyah, MS berpendapat lain. Menurutnya OCD baik diterapkan pada orang gemuk atau kelebihan lemak dan ingin membentuk otot, juga memiliki bentuk tubuh apel. Namun untuk bentuk tubuh selain itu (bentuk tubuh pisang dan pir), Diet Corbuzier tidak disarankan.
      Deddy juga menambahkan "Kalau bentuk pisang (kurus), dia sudah kurus dan sulit gemuk. Ngapain lagi dia (OCD)? Bisa bahaya. Karena orang kurus butuh banyak energi," ujar pria yang biasa disapa Hardin ini, ketika berbincang dengan wolipop pada Rabu (27/08/2013) di Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan. Alasannya karena orang bertubuh kurus biasanya memiliki lemak yang sedikit atau kurang dari yang dibutuhkan. Apabila mereka menjalankan diet ini maka lemak akan dipangkas lagi dengan OCD, maka kemungkinan mengalami gangguan kesehatan lebih besar.
      Deddy juga menambahkan "Kalau lemak tubuh sedikit, mens bisa terganggu. Saat masih remaja misalnya, mensnya bisa tertunda. Lalu menjelang menopause hormonnya bisa terganggu dan bisa juga sulit hamil,". Tapi Deddy tetap berpendapat bahwa OCD aman untuk dijalani orang bertubuh kurus. Asalkan ia melakukan pola makan yang benar. "Kalau Anda mulainya sudah kurus dengan pola ini jelas asupan makanan harus benar ya. Misalnya habis puasa makannya lontong doang satu ya tambah kurus," kata Deddy.
      Jadi kesimpulannya, bahwa diet OCD memang tidak disarankan untuk anda yang berbadan kurus. Nah, untuk anda yang berbadan kurus justru sebaliknya anda memang harus bisa menambah berat badan, agar badan anda menjadi terlihat ideal, tentunya dengan menjalani pola hidup yang sehat. Untuk anda yang igin tahu cara ampuh menaikan berat badan silahkan baca artikel sebelumnya tentang 9 Cara Efektif Menambah Berat Badan Secara Cepat dan Aman!.
      Diet OCD juga tidak disarankan bagi anak kecil, wanita hamil dan lansia. Mengapa?
      Jawabannya kearena anak kecil, wanita hamil dan lansia membutuhkan asupan nutrisi yang kontinu dan tidak bisa ditunda. Deddy sepakat tidak menganjurkan. "Tidak cocok untuk lansia, ibu hamil dan anak kecil karena nutrisinya harus kontinu dan nggak bisa ditunda," ucap Hardin. Deddy juga menambahkan, "Kalau lagi hamil mah jangan." Jadi bagi anak kecil, lansia dan wanita hamil, sebaiknya anda jangan melakukan diet OCD dulu hehe.

      Jadi kesimpulannya karena alasan yang sudah dijelaskan diatas, bahwa Obsessive Combuzier Diet tidak disarankan bagi orang yang berbadan kurus, anak kecil, wanita hamil dan juga orang yang sudah lanjut usia.
    • By Adeus
      Diet OCD yang dikenalkan oleh Deddy Corbuzier rupanya banyak menyita perhatian banyak kalangan masyarakat, mulai dari orang biasa hingga artis. Diet (OCD) ini memiliki metode / prinsip diet yang berbeda dengan diet lainnya.  Salah satu keunikannya adalah karena dalam diet OCD ada yang dinamakan dengan jendela makan. Apa itu jendela makan? yuk kita cari tahu jawabannya dalam penjelasan berikut ini:

      Apa itu Jendela Makan?
      Jendela makan merupakan puasa yang dilakukan dengan cara membatasi waktu makan pada jam-jam tertentu, tapi Anda masih bisa makan apa pun yang anda mau. Puasa yang dimaksudkan disini artinya yaitu tidak menambah asupan kalori apa pun, selama anda menjalani puasa. Anda juga tidak boleh sarapan pagi. Tapi Anda diperbolehkan untuk minum air, teh atau makanan apa pun yang penting tidak mengandung banyak kalori. Selain itu anda juga tidak boleh mengkonsumsi buah, susu dan lainnya selam anda berpuasa. Jika Anda melanggarnya maka diet yang anda lakukan bisa gagal total. Dalam teknik OCD, Ada 4 Jendela Makan, kapan sajakah itu? yuk kita lanjut baca lagi!
      4 Jendela Makan (Waktu Makan) dalam menjalankan diet OCD diantanya adalah sebagai berikut :
      "Sebelum membahas jendela makan, diet OCD juga tidak memperbolehkan anda untuk makan di pagi hari karena makan dipagi hari dapat menghambat proses pembakaran lemak. Ok mari kita lanjut ke jendela makan"
      1. Makan 8 Jam dengan puasa selama 16 Jam
      Maksudnya yaitu Anda boleh makan selama 8 jam dan selama 8 jam tersebut  Anda bisa makan sebanyak tiga kali. Misalnya Anda mengambil jendela makan mulai dari jam 1 siang sampai 9 malam. Setelah itu Anda tidak boleh makan sedikitpun, kecuali minum.
      Kesimpulan : Selama 8 Jam anda boleh makan, dan selama 16 jam anda wajib puasa!
      2. Makan 6 jam dengan puasa selama 18 jam
      Ketika Anda memilih untuk mengambil waktu puasa 18 jam, maka Anda memiliki waktu untuk makan selama 6 jam. Misalnya Anda bisa mulai makan dari jam 12 siang hingga jam 6 malam. Setelah itu anda harus benar-benar puasa.
      Kesimpulan : Selama 6 jam anda boleh makan, dan selama 18 jam anda harus puasa
      3. Makan 4 jam dengan puasa selama 20 jam
      Jika anda mengambil jendela makan ini, maka waktu untuk Anda makan semakin menyempit. Misalnya jika Anda mulai makan jam 2 siang, maka Anda hanya diperbolehkan makan sampai jam 6 malam saja. Sisanya anda harus puasa hehe...semakin berat ya!  
      Kesimpulan : Selama 4 jam anda boleh makan, dan selama 20 jam anda harus puasa
      4. Puasa Selama 24 jam
      Mungkin ini hanya dapat dilakukan oleh professional terlatih hehehe. Disini Anda hanya diperbolehkan makan sekali dalam 24 jam. Jam berapa pun dan makan apa pun. Tapi bukan berarti anda boleh rakus dan mengonsumsi sarapan atau minuman berkalori selama puasa, tapi makanlah sewajarnya. Sisanya anda wajib puasa.
      Contoh, Anda makan hari Jum'at jam 1 siang.  Maka Anda baru boleh makan lagi pada hari sabtu pukul 1 siang. Lakukan puasa 24 jam ini sebanyak 2 kali dalam seminggu. Setelah puasa dua kali dalam seminggu terpenuhi, Anda kembali lagi ke jendela makan puasa makan 4 jam dan puasa selama 20 jam.
      Kesimpulan : Hanya boleh makan 1 kali dalam 24 jam + tidak boleh sarapan pagi
       
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy