Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
iiee

Sejarah Bank Dunia

Recommended Posts

World-Bank-Perkirakan-Pertumbuhan-Ekonom

Sejarah bank dunia telah dimulai sejak tahun 1944 yang lalu. Bank dunia tidak seperti bank-bank konvensional lainnya. Hal ini disebabkan, bank dunia telah disahkan sebagai sebuah lembaga keuangan yang mencakup seluruh dunia. Berdasarkan struktur kekuasaan, bank dunia berada di bawah naungan PBB. Oleh karena itu, muncullah istilah bahwa bank dunia adalah specialized agency.  

Berdirinya Bank Dunia

Pembentukannya pertama kali bermula dari forum konferensi yang dinamakan dengan Konferensi Bretton Woods, diadakan di Amerika Serikat. Dalam Konfrensi tersebut dibentuklah bank dunia yang berperan sebagai pengatur keuangan universal. Terutama pasca terjadinya Perang Dunia II. Dengan terbentuknya Bank Dunia maka diharapkan negara-negara yang porak-poranda akibat peperangan bisa memulihkan perekonomian mereka.

Sumber keuangan bank dunia berasal dari beberapa negara-negara maju di dunia. Tercatat ada 186 negara yang berpartisipasi untuk menanam saham investasi di bank dunia. Negara-negara dengan jumlah saham investasi terbanyak akan mendapat hak untuk menduduki bangku Direktur Eksekutif dan berwenang/ turut campur dalam pemilihan Presiden Bank Dunia.

Sebut saja Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, dan Jepang adalah lima negara yang menduduki peringkat 5 teratas dengan jumlah kepemilikan saham investasinya. Dari 186 negara penanam saham, terpilih 19 negara yang mendapat hak sebagai Direktur Eksekutif. 

Sejauh ini, Presiden Bank Dunia terpilih selalu dimenangkan oleh Amerika Serikat. Tidak berlebihan memang, sebab kepemilikan saham investasi Amerika Serikat di Bank Dunia adalah yang paling banyak di antara negara-negara lainnya.

Peraturan utama yang ditegakkan sejak tahun 1960 menegaskan bahwa Bank Dunia wajib memfokuskan perhatian pada negara-negara di luar Eropa maupun non Eropa. Selama ini diketahui bahwa perekonomian negara-negara non Eropa yang lebih banyak “hancur” karena peperangan.

Oleh sebab itu, Bank Dunia harus memngucurkan dana sebagai bentuk hutang yang akan digunakan sebagai dana untuk membiayai proyek-proyek negara korban perang. Diharapkan proyek-proyek tersebut nantinya akan menghasilkan uang, sehingga negara peminjam dapat membayar hutang.

Sejarah kilas balik, Indonesia pernah mengalami hal tersebut pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Saat itu perekonomian Indonesia memang benar-benar sulit diperjuangkan tanpa bantuan Bank Dunia. Kucuran dana pun didapat karena program yang dicanangkan Presiden Soeharto yakni proyek pembangunan lima tahun (PELITA).

Pada era tahun 1968 hingga 1980, diketahui bahwa Bank Dunia paling banyak mengeluarkan pinjaman kepada negara dunia ketiga demi mengentaskan kemiskinan yang sedang tejadi di negara-negara tersebut. Menurut laporan, jumlah pinjaman negara-negara tersebut hingga 20% setiap tahunnya. Kenyataan tersebut menimbulkan multy opinion apakah peran Bank Dunia ini benar-benar dapat diandalkan untuk membantu negara-negara miskin dan berkembang atau justru menimbulkan masalah baru bagi negara peminjam tersebut.

Pendapat-pendapat tersebut bermunculan ketika tugas bank dunia bersama organisasi IMF dalam mengatur stabilitas moneter mulai dianggap rancu. Bagaimana tidak, dalam prakteknya ternyata Bank Dunia bukan saja berandil dalam masalah perekonomian suatu negara. Tapi juga secara tidak langsung ikut turut campur dalam kebijakan politik negara-negara peminjam (penerima hutang).

Beberapa pengamat ekonomi ikut menaruh pendapat bahwa sesungguhnya di balik peran Bank Dunia sebagai pemberi modal (pinjaman), sesungguhnya Bank Dunia justru memiskinkan negara-negara peminjam karena adanya bunga yang harus dibayarkan. Terbukti, banyak negara penerima hutang yang gagal melunasi hutang-hutangnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By qbonk
      Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memanggil PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sehubungan kegagalan sistem yang berdampak pada perubahan saldo 10% nasabah.
      Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memanggil PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sehubungan kegagalan sistem yang berdampak pada perubahan saldo 10% nasabah bank pelat merah tersebut, Sabtu kemarin (20/7).
      “Secepatnya OJK akan meminta Bank Mandiri untuk segera melaporkan permasalahan dan apa saja langkah yang mereka lakukan untuk tidak terulang lagi di kemudian hari,” jelas Deputi Komisioner Humas dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo, Minggu (21/7).
      Menurutnya, OJK tengah melakukan monitor dan mitigasi mengenai hal yang dilakukan oleh bank dan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen dan hak nasabah. Ia menekankan, yang terpenting pelayanan nasabah sudah kembali normal dan tidak ada yang berkurang hak atau isi rekeningnya.
      Sebelumnya, BMRI langsung melakukan klarifikasi dengan menggelar konferensi pers pada sabtu pagi (20/7). Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafa, menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening ini, dan berjanji proses pemulihan akan selesai di hari yang sama.
      "Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun, kali ini terjadi eror pada data saldo 10% nasabah. Perubahan saldo nasabah sedang dilakukan bertahap untuk dikembalikan posisi awal dan saldo sebenernya sudah di-backup. Akan kembali, 2 jam ini," paparnya.
    • By dugelo
      Kisah tentang mafia yang banyak diangkat oleh industri film Amerika Serikat, Hollywood, membuat kita antara percaya tidak percaya dengan adanya mafia. Meski terdengar layaknya dongeng, jaringan mafiaadalah kenyataan yang benar-benar ada, meskipun mafia di dunia nyata tentu berbeda dengan mafia dalam film-film. Dalam realitanya, mafia yang ada di dunia lebih berfokus pada aksi kriminal yang mendatangkan uang, seperti perdagangan narkoba, perdagangan manusia, ataupun korupsi dan pencucian uang. Tidak seperti yang digambarkan dalam film-film dimana mafia berfokus pada kekerasan semata. Uang menjadi motif besar dibalik kekerasan yang dilakukan oleh organisasi kriminal berbahaya ini.
      Ternyata, organisasi kriminal pun ada di hampir setiap negara, mulai dari Amerika Serikat hingga Kenya. Penasaran dengan organisasi mafia yang ada di dunia? Berikut 7 organisasi mafia paling berbahaya yang berhasil Yukepo temukan! Yuk, kepo!
      1. Yakuza, Jepang

      Kita pasti pernah mendengar mengenai Yakuza, nama lain dari sebuah organisasi kriminal di Jepang. Yakuza tidak hanya dikenal dengan aksi kriminalnya, namun juga dengan seni tatonya yang indah. Selain itu, Yakuza di Jepang juga memiliki keunikan tersendiri. Semua anggota Yakuza ujung jari kelingkingnya telah dipotong sebagai tanda kesetiaan terhadap bos mereka.
      2. 18th Street Gang, Amerika Serikat

      Organisasi kriminal ini disebut juga dengan “The Children’s Army” karena organisasi ini kerap merekrut anak-anak sebagai anggotanya. 18th Street Gang atau yang juga sering disebut M-18, memiliki basis di Los Angeles, Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Meksiko dan juga beberapa jaringan kriminal di Amerika Latin.
      3. Russian Mafia, Rusia

      Tidak banyak yang diketahui mengenai mafia Rusia. Namun kabarnya, organisasi kriminal dari Rusia sangat mengerikan. Selain melakukan berbagai bisnis ilegal seperti perdagangan organ manusia, atau jasa pembunuh bayaran, organisasi ini juga kabarnya kerap menggunakan metode kekerasan demi melancarkan bisnis ilegal mereka.
      4. Mungiki, Kenya

      Organisasi kriminal di Kenya ini merupakan organisasi yang paling ditakuti di negaranya. Mungiki kerap melakukan pemerasan kepada masyarakat Kenya yang berada di pinggiran dan menguasai industri taksi di Kenya. Mereka terkenal dengan aksi kekerasannya yang brutal terhadap siapapun yang menghalangi jalannya organisasi kriminal mereka.
      5. Rizzuto Family, Kanada

      Keluarga ini adalah keluarga yang mengatur sindikat kriminal terbesar di Montreal, Kanada. Selain terkenal dengan metode kekerasan yang digunakan oleh keluarga Rizzuto untuk memperlancar bisnisnya, keluarga ini juga memiliki mayoritas perusahaan kontraktor di Montreal.
      6. Mara Salvatrucha, Amerika Serikat

      Mara Salvatrucha, atau yang disingkat dengan MS-13 adalah saingan terbesar dari organisasi 18th Street Gang di Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Sinaloa dan terkenal dengan kekerasannya. Anggota MS-13 dapat diidentifikasi melalui berbagai tato pada tubuh dan wajah anggotanya dan gerakan tangan rahasia yang menjadi ciri khas organisasi kriminal ini.
      7. Albanian Mob, Albania

      Seperti dalam film Godfather, organisasi kriminal dari Albania ini merupakan organisasi yang berbasis keluarga. Organisasi ini berfokus pada perdagangan ilegal narkoba. Bahkan seorang pemimpin organisasi kriminal ini teridentifikasi sebagai bandar narkoba terbesar di Eropa.
      Organisasi kriminal memang fenomena yang nyata adanya, meski sulit untuk dirasakan kehadirannya karena mereka beroperasi di balik bayang-bayang. Hmm, kira-kira seperti apa ya organisasi mafia yang ada di Indonesia? Ada yang tahu?
    • By BincangEdukasi
      Beberapa bulan terakhir, ada tren penjual tahu bulat yang berkeliling menggunakan mobil bak terbuka dan khas dengan rekaman suara dalam menjajakannya.
      "Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, gurih gurih nyoi...," begitu terdengar saat mobil tahu bulat ini melintas.
      Penasaran, suara siapakah yang mengisinya? Saat ditanyakan kepada penjualnya, mereka mengatakan bahwa suara yang diputar berulang-ulang ini ternyata merupakan rekaman suara pemiliknya.
      "Itu bos saya yang ngerekam suaranya di kontrakan," kata seorang penjual tahu bulat, Ade, di Bogor, Sabtu (16/5/2016).
      Ade mengatakan, rekaman suara tersebut sudah dipakai sejak tahu bulat berkembang di daerah Cianjur.
      Ia menceritakan, tahu bulat ini awalnya berkembang di daerah Cianjur dan Sukabumi selama hampir dua tahun.
      Lalu, karena sudah tidak begitu ramai lagi, akhirnya para pedagang ini pindah ke wilayah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya.
      Sistem penjualan tahu bulat ini terbilang sistematis. Para penjual tahu bulat ini tergabung dalam grup-grup. Grup terdiri atas tujuh mobil pedagang tahu bulat.
      Para pedagang ini datang dari daerah Cianjur dan Serang. Di Bogor, para pedagang dari satu grup berkumpul di satu kontrakan di wilayah Jambu Dua.
      "Nah, kalau rekaman suaranya sama, berarti itu dari satu grup," ujar Ade.
      Para pengelola menyediakan bahan utama berupa tahu bulat yang didatangkan dari wilayah Cianjur dan Tasikmalaya.
      Lalu, untuk mobil, para pengelola menyewakannya kepada para pedagang dengan biaya Rp 100.000, sudah lengkap dengan tempat penggorengan dan atap terpal.
      "Sehari paling harus keluar uang Rp 50.000 untuk bensin. Minyak goreng dan bumbu sekitar Rp 90.000. Belum lagi untuk uang makan dua kali sehari, minimal 20.000 harus ada," katanya.
      Setiap satu butir tahu bulat yang terjual, ia harus menyetor kepada pengelola sebesar Rp 250.
      Dalam sehari, ia bisa mengantongi laba bersih sekitar Rp 100.000.
      "Lumayan di Bogor kalau jualan. Dibanding di Cianjur, paling kita cuma bisa dapat Rp 30.000 saja sehari," kata Ade, yang berasal dari Cianjur ini.
    • By Jennifer_Wirayang
      Bagi seluruh umat Kristiani di dunia ini, menyambut hari Natal itu salah satu moment paling bahagia bagi mereka . Bahkan tak heran pula jika mereka seringkali menyiapkan sesuatu hal yang luarbiasa untuk perayaan Natal. Mulai dari perayaan Natal yang terbilang mewah hingga perayaan natal yang aneh unik dan menarik.
      Dan kali ini ada sejumlah perayaan Natal paling Aneh di dunia yang hanya ada di negara – negara tertentu. Seperti apa perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia tersebut ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia.
      1. Makan burung yang sudah berjamur, Greenland
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni dilakukan di Greenland. Di sana ada sebuah tradisi parayaan natal paling aneh yakni dengan makan burung yang sudah diawetkan atau Kiviak selama musim dingin. Burung yang dimakan secara beramai – ramai ini dinyatakan sudah mati yang sudah disimpan selama 7 bulan terakhir sehingga saat perayaan natal tiba burung tersebut sudah siap untuk disantap. di segel bangkai selama tujuh bulan sebelumnya.
      2. Malam penuh lobak, Meksiko
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni juga ada di negara Meksiko yang terkenal dengan ciri khas malam penuh lobak.. Di Meksiko tanaman lobak memang banyak di jumpai bahkan mudah ditemukan. Uniknya, lobak yang sudah menjadi ciri khas negara Meksiko itu pun terlihat begitu menarik saat malam Natal. Sebab , warga disana memilih menjadikan lobak sebagai hiasan natal mereka dengan diukir menjadi karakter-karakter yang terkenal dari kisah Natal.
      3. Sinterklas dan senjata api, AS
      Sinterklas memang menjadi simbol perayaan Natal di seluruh penjuru dunia. Namun di negara Arizona, AS. The Scottsdale Gun Club ini punya cara yang lebih unik untuk merayakan natal bersama Sinterklas yakni dengan menyelenggarakan acara Santa and Machine Guns di hari Natal. Disitu kamu bisa melihat foto Sinterklas memegang senjata api yang pastinya berbeda dengan Sinterklas di negara lain.
      4. Didatangi Krampus jika nakal, Jerman
      Tradisi perayaan Natal paling unik yakni ada di negara Jerman , disana para umat kristiani akan didatangi  paraKrampus jika selama perayaan Natal mereka melakukan perbuatan nakal. Bahkan Krampus tersebut akan menghukum anak-anak yang tidak berperilaku baik selama setahun dengan cara memukul anak-anak tersebut dengan ranting pohon atau rantai .
      5. Legenda laba-laba Natal, Ukraina
      Perayaan Natal paling aneh yang terakhir ada di negara Ukraina . Disana pohon – pohon Natal bukan di hias dengan pernak – pernik mewah , melainkan dengan laba-laba dan ini dilakukan bagi masyarakat miskin jika mereka tidak mampu membeli perlengkapan dekorasi Natal.
      Nah, itulah dia perayaan Natal paling Aneh yang ada di dunia.
    • By berita_semua
      Wanita cantik ini beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial.
      Namanya menjadi populer tatkala teman Facebooknya, Niquie Delgado, mengunggah foto Krestle Deomampo saat sedang membedah 'burung' anak kecil.
      Ternyata foto aksi wanita yang tinggal di Davao, Manila, Filipina ini mendapatkan respons mengejutkan dari netizen.
      Menurut keterangan foto, total sudah lebih dari 28 'burung' anak kecil yang sudah ia tangani.
      Sedangkan banyak pula netizen dewasa yang berseloroh ingin disunat oleh wanita cantik ini.
      Potret cantiknya saat mengoperasi bedah ini pun menjadi perbincangan hangat masyarakat luas, bahkan hingga luar Filipina.
      Maka banyak yang menyebut wanita ini sebagai tukang sunat tercantik di dunia.
      Sudah beberapa bulan berlalu, rupanya penampilan Krestle Demoampo sekarang makin cantik.
      Dia juga punya banyak penggemar dari Indonesia.
      Terbukti dari postingan-postingannya di akun Instagram, @krestledeomampo, banyak dikomentari oleh netizen Indonesia.
      Bahkan di kolom komentarnya juga dikirimi tulisan 'Om Telolet Om' oleh pengguna Instagram dari Tanah Air.
      Tak cuma itu, ia juga kerap mengunggah foto-foto seksinya saat berlibur di Instagramnya.
      Simak penampilan Krestle Deomampo sekarang yang semakin cantik dan seksi, dalam video di atas.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy