Jump to content

Cara TikTok Intip Pengguna iOS dan Bagaimana Menghindarinya


tama93

Recommended Posts

tiktok.thumb.jpg.13133490535847a411e3e952c860193f.jpg

Setelah Meta, TikTok jadi aplikasi yang diperhatikan oleh peneliti keamanan Felix Krause. Ia adalah pendiri dari Fastlane, sebuah perangkat open-source yang memfasilitasi pengembangan aplikasi di iOS dan Android.

Di media sosial, ada banyak link (tautan) eksternal yang ditawarkan. Dalam kasus periklanan, tautan ini mengizinkan akses langsung ke situs pengiklan. Paling sering, halaman terbuka langsung dari aplikasi.

Bagi pengguna, hal ini menjanjikan pengalaman yang lebih mulus, tapi bukan tanpa risiko. Pasalnya menurut Krause, jejaring sosial mengambil kesempatan untuk memulihkan beberapa informasi.

Dalam kasus TikTok, untuk menampilkan iklan yang lebih bertarget, TikTok menambahkan baris kode JavaScript ke situs yang dikunjungi di iOS. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang dilakukan pengguna di internet, guna menunjukkan kepada si pengiklan produk apa yang telah dilihat atau yang menarik perhatian pengguna.

Baik Facebook, Instagram, hingga TikTok semuanya disebut-sebut memakai metode ini. Dalam kasus TikTok menurut Krause, prosesnya lebih jauh dari itu. Pasalnya Krause menyebut, TikTok bisa mengetahui apa pun yang diketikkan pengguna di iPhone mereka.

Felix Krause dalam studi yang diterbitkan Forbes merinci proses yang dipakai TikTok. Menurutnya, kode yang diintegrasikan oleh TikTok bisa mengikuti semua pergerakan pengguna di web. Termasuk bisa mengetahui kata sandi dan pengidentifikasian si pengguna.

Hal ini dilakukan dengan mengintip semua yang diketikkan pengguna di keyboard iPhone mereka. Krause menjelaskan, hal ini seperti memasang keylogger di situs web pihak ketiga.

Apa yang Harus Dilakukan Pengguna?

Lantas bagaimana cara pengguna melindungi diri mereka?

Untuk melindungi data sensitif pengguna, Felix Krause memberikan tips. Ia mengajak para pengguna internet untuk tidak membuka link atau tautan, saat berada di aplikasi yang dimaksud, dalam hal ini misalnya di aplikasi TikTok.

Misalnya, pengguna bisa mengirimkan link yang didapat ke teman melalui DM, kemudian pengguna juga bisa meng-copy paste ke browser eksternal.

Terpenting, pengguna harus menghindari membuka link langsung di aplikasi. Sebagian besar aplikasi menawarkan kemungkinan membuka link di browser eksternal.

TikTok dalam hal ini tidak memungkinkan pengguna untuk membuka link melalui Safari atau Chrome. Untuk itu, lebih baik menyalin link dan menempelkannya secara manual ke browser.

Pertumbuhan TikTok

September lalu, TikTok mencapai milestone baru, yakni memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Meski masih butuh waktu panjang untuk bisa menyamai pengguna aktif Facebook, pertumbuhan TikTok sangatlah cepat.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...