Jump to content

Prototipe Apple-1 Milik Steve Jobs Terjual Rp 9,9 Miliar


Recommended Posts

010896300_1658476430-Prototipe_komputer_Apple-1_milik_Steve_Jobs_dilelang.jpg.thumb.webp.0268393e9f6c0428b3cf34fe96f9e2b6.webp

Purwarupa komputer Apple dilaporkan telah berhasil dijual dalam lelang. Adalah seorang kolektor anonim asal San Fransisco Bay, Amerika Serikat yang diketahui telah membeli purwarupa Apple-1 tersebut.

Purwarupa itu berhasil terjual dengan nilai USD 677.196 atau sekitar Rp 9,9 miliar. Nilai lelang ini disebut jauh lebih tinggi yang diperkirakan oleh RR Auction selaku badan lelang.

Awalnya, RR Auction memperkirakan purwarupa ini hanya mampu terjual dengan nilai sekitar USD 500.000 atau sekitar Rp 7,5 miliar. Lelang ini sendiri diketahui telah berakhir pada 18 Agustus 2022.

Sebagai informasi, purwarupa dalam lelang kali ini disebut memiliki nilai sejarah tinggi, karena Apple-1 ini adalah komputer pertama yang dibuat dan disolder manual oleh Steve Wozniak pada 1976.

Mengingat masih purwarupa, perangkat ini belum sepenuhnya menjadi komputer, melainkan masih berupa papan sirkuit. Namun, purwarupa ini disebut dipakai Steve Jobs mendemonstrasikan Apple-1 kepada Paul Terrell, pemilik The Byte Shop di Mountain View, California.

Diketahui, The Byte Shop adalah pengecer pertama Apple-1 setelah Steve Jobs sukses meyakinkan Terrel hingga memesan 50 mesin rakitan lengkap dan menjualnya masing-masing seharga USD 666.66.

Adapun prototpe komputer Apple-1 yang akan dilelang ini telah dicocokkan dengan foto yang diambil oleh Terrel pada 1976, menunjukkan prototipe itu saat digunakan.

Dilansir Apple Insider, mesin ini terdaftar sebagai mesin nomor dua di Apple-1 Registry dan dianggap hilang hingga diautentikasi oleh pakar, yakni Corey Cohen.

Seperti yang dijelaskan oleh RR Auctions, situs hosting penjualan, ada beberapa kerusakan pada papan.

Pihak rumah lelang itu menjelaskan, prototipe ini berada di properti 'Apple Garage' bertahun-tahun sebelum diberikan oleh Steve Jobs kepada pemiliknya saat ini sekitar 30 tahun yang lalu.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...