Jump to content

Game PowerWash Simulator Dipakai Peneliti Oxford untuk Riset Kesehatan Mental


baleho

Recommended Posts

ss_4598c670e3a988145425d3097aa1ce0571b81229.1920x1080.thumb.jpg.660b3803a064693a78cfad826f2967b3.jpg

Pemain game PowerWash Simulator dapat berpartisipasi dalam sebuah studi soal kesehatan mental yang digelar oleh para peneliti independen dari Oxford Internet Institute.

Sekadar informasi, game PowerWash Simulator memungkinkan pemainnya untuk membersihkan suatu area dipenuhi kotoran menggunakan semprotan air. Game ini banyak dimainkan karena menghadirkan sensasi relaksasi.

Baru-baru ini, developer PowerWash Simulator yaitu FuturLab, bekerja sama dengan para peneliti untuk "satu-satunya studi penelitian anonim yang berpusat di sekitar kesejahteraan pemain PowerWash Simulator."

Futurlab juga menyebutkan ada hadiah dalam game untuk para pemain yang ikut serta dalam riset ini.

Apabila ingin mengikuti riset ini, pemain harus sudah memiliki salinan base game tersebut di Steam. Pemain juga harus mengunduh versi terpisah dari PowerWash Simulator.

Dikutip dari lama Futurlab, jika sudah memiliki game tersebut, masuklah ke Library dan pilih PowerWash Simulator.

Kemudian pilih "Properties..." dengan klik kanan dan pilih opsi BETAS, untuk selanjutnya pilih "research-edition – Research Edition 2022." Steam lalu akan mulai mengunduh game tersebut.

Nantinya, akan ada dua jenis data anonim pemain yang didapatkan peneliti. Mereka akan menerima informasi tentang progres pemain, pembelian item, dan aktivitas lain yang dikumpulkan dalam kumpulan data "telemetri dasar."

Data kedua akan diperoleh lewat pertanyaan yang diberikan kepada pemain game ini tentang pengalaman mereka, yang cukup memberikan waktu singkat bagi pemain untuk menjawab. FuturLab tidak akan bisa mengakses respon ini.

Hadiah dalam Game Utama

Progres di game utama di sisi lain, tidak akan dibawa ke Research Edition, meski peserta bisa mendapatkan hadiah kosmetik di game utama. Hal ini demi memastikan data studi konsisten, serta menghindari masalah dengan penyimpanan data.

Research Edition juga hanya akan tersedia dalam Bahasa Inggris, dan akan bisa didapatkan selama sekitar tiga bulan. Selain itu, partisipasn juga harus sudah berusia di atas 18 tahun.

Sejumlah riset tentang manfaat bermain game dan kesehatan mental telah dilakukan selama bertahun-tahun, dengan hasil studi yang juga beragam.

Salah satu studi menyebutkan, bermain Animal Crossing: New Horizons dan Plants vs Zombies: Battle for Neighborville yang memiliki fitur game sosial kuat, mungkin baik untuk dilakukan.

Namun, sebuah penelitian yang melihat kebiasaan gaming dari hampir 40 ribu orang menemukan, bermain game mungkin tidak terlalu berdampak signifikan pada kesejahteraan.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...