Jump to content

Bos Perusahaan Israel Pembesut Spyware Pegasus Mundur, Lakukan Restrukturisasi


baleho

Recommended Posts

WXCBNRSG7NL6JPDQQKQFVFYKN4.thumb.jpg.75476087cbe14ab8c73db03471fb4c11.jpg

Salah satu petinggi NSO Group, perusahaan kontorversial yang menciptakan spyware Pegasus dilaporkan mengundurkan diri. Adalah CEO NSO Group, Shalev Hulio, yang diumumkan mundur sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan.

COO NSO Group saat ini, Yaron Shohat yang akan mengambil alih kepemimpinan perusahaan. Ia juga akan bertanggung jawab dalam proses restrukturisasi perusahaan.

Lewat restrukturisasi yang dilakukan, perusahaan akan memeriksa seluruh aspek bisnisnya, termasuk melakukan perampingan. Kabarnya, ada sekitar 100 karyawan yang akan dirumahkan.

Selain itu, NSO Group juga menyatakan akan lebih fokus menjual layanannya ke negara anggota NATO. NSO Group sendiri dikenal sebagai pencipta spyware Pegasus.

Spyware Pegasus ini digunakan untuk menyusup ke smartphone target, lalu melakukan ekstraksi data, termasuk mengaktifkan kamera atau mikrofon perangkat tanpa sepengetahuan target.

Dalam pernyataannya, NSO Group menyebut software mereka hanya dijual ke agensi pemerintah untuk menargetkan kriminal dan teroris, dan penjualannya membutuhkan persetujuan pemerintah Israel. Namun hingga sekarang, NSO Group menolak untuk mengungkap daftar pengguna Pegasus.

Sebagai informasi, restrukturisasi ini terjadi di tengah sorotan publik pada NSO Group. Perusahaan itu diketahui tengah diawasi oleh sejumlah pemerintah dan perusahaan teknologi lainnya.

Salah satunya adalah Amerika Serikat melalui Departemen Perdagangannya yang menambahkan NSO Group dalam Entity List, sehingga perusahaan Amerika Serikat dilarang melakukan bisnis dengan NSO Group kecuali mereka memperoleh izin yang jelas untuk melakukannya.

Selain itu, pada November 2021, Apple juga menggugat NSO dan meminta pertanggungjawabannya karena memungkinkan pemerintah memata-matai aktivitas dan jurnalis.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...