Jump to content

4 Hal Ini Biang Kerok Terjadinya Kegemukan


Recommended Posts

036067900_1470131859-Badan-Gemuk-Kegemukan-Obesitas9.thumb.jpg.afcdc41132ee9a7514874722d8225c16.jpg

Setiap orang pastinya mengindamkan bentuk tubuh yang ideal. Kamu pasti juga kan? Ketika menimbang berat badan dan melihat bobot tubuh naik, nggak jarang terselip rasa bersalah. 

Mungkin selama ini kamu mengira, kalau bobot tubuhmu naik karena terlalu banyak makan malam. Padahal, penyebab naiknya berat badan yang  bikin kamu jadi kegemukkan bukan hanya itu, loh! 

Ada empat hal lain yang jadi biang kerok bobot tubuhmu meningkat. Baca selengkapnya di bawah ini, ya:

1. Junk Food dan Gula

Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi junk food, pada akhirnya dapat menyebabkan obesitas. Itu karena junk food terdapat lemak trans yang berpotensi menaikan lemak tubuh yang dapat membuat berat badan naik. Selain itu, berlebihan mengonsumsi gula juga berpotensi menaikkan berat badan, loh! 

2. Pola Makan

Pola makan yang berantakan atau buruk dapat memicu metabolisme tubuh jadi lambat. Hal ini yang membuat makanan masuk lambat dan menumpuk sehingga menimbulkan kegemukan. 

3. Kurang tidur

Kurang tidur memicu berkurangnya produksi hormon leptin. Ini adalah hormon untuk menekan rasa lapar. Sedangkan hormon ghrelin memicu rasa lapar akan berdampak pada peningkatan berat badan. 

4. Stress

Selain itu, faktor pikiran alias stres juga dapat menyebabkanmu jadi obesitas. Itu karena hormon Stress akan bekerja untuk meningkatkan nafsu makan, terutama makanan tinggi lemak dan gula.

Nah, itulah empat penyebab mengapa berat badanmu cenderung naik hingga menyebabkan obesitas. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah meningkatnya berat badan. 

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...