Jump to content

Kunci di Balik NFT Ghozali Bernilai Miliaran Rupiah


BisaJadi

Recommended Posts

714252556.thumb.jpg.d87d9d259ee8b7226b1ffe28331e9524.jpg

Fenomena NFT Ghozali Everyday menjadi perbincangan. Ghozali yang menjual foto selfie dirinya selama lima tahun dari 2017-2021 sebagai produk NFT di marketplace OpenSea. Dari penjualan foto selfie tersebut, ia meraih miliaran rupiah.

COO Tokocrypto Teguh Hermanda mengatakan, fenomena Ghozali ini membuka perhatian masyarakat terhadap NFT. Dengan fenomena NFT Ghozali tersebut, Teguh menilai masyarakat yang tidak pernah tahu kripto akhirnya bertanya mengenai NFT.

Meski demikian, ia menegaskan, kalau NFT itu bukan hanya sekadar gambar. Teguh menuturkan, ada tiga kategori berkaitan dengan NFT. Pertama, kegunaan.  "Ada yang digunakan untuk utility. Ada moveous, mereka jual tiket pakai NFT. Ini kegunaan,” tutur dia saat ditemui penandatanganan MoU Tokocrypto-BRI Ventures, ditulis Sabtu (22/1/2022).

Kedua, rarerity atau langka. “Punya story telling bagus, rare atau limitasi terhadap NFT. Ghozali masuk rarerity secara konsisten persisten selfie setiap hari 5 tahun, nilainya di situ. Storytelling di baliknya. Ghozali tak pernah foto dengan siapapun termasuk orangtua, orang beli,” ujar dia.

Ketiga, community. Teguh menuturkan, ada event tertentu, punya NFT bisa masuk komunitas tersebut.

"Ibarat kartu member itu yang masyarakat harus ketahui. NFT bukan hanya foto selfie tetapi tentang beberapa kategori, NFT lebih dari itu, powerfull,” kata dia.

Sebelumnya, Ghozali Everyday mendadak viral di media sosial setelah berhasil menjual NFT miliknya yang merupakan kumpulan foto selfie sejak 2017. 

Meskipun berdasarkan volume traded dari akun OpenSea milik Ghozali menunjukkan angka sebesar 277 Ethereum (ETH) atau sekitar Rp 13,3 miliar.  Namun, nyatanya keuntungan yang didapat Ghozali tidak sebesar itu.

Dalam tayangan podcast terbaru Deddy Corbuzier yang diunggah pada Senin malam, 17 Januari 2022. Ghozali membeberkan keuntungan yang dia peroleh dari hasil menjual NFT nya di marketplace OpenSea. 

“Sampai hari ini dapat Rp1,7 Miliar,” kata Ghozali ketika ditanya oleh Deddy Corbuzier mengenai hasil yang didapat dari menjual NFT. 

Dari jawaban tersebut, Deddy Corbuzier kembali bertanya apakah hasil yang didapat itu sudah diuangkan atau belum. 

"Ada yang menjual lagi, tapi pakai Ethereum, itu sudah saya cairin 39 juta,” tutur Ghozali.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...