Jump to content

Brand Adalah Jiwa Sebuah Bisnis


Brenda_Christie

Recommended Posts

  • Premium Account

brand.thumb.png.9bbdd4c58cb5f2751254a12779b68b01.png

Membangun brand tak kalah pentingnya dengan tingkatkan penjualan. Brand adalah jati diri sebuah bisnis atau perusahaan. Sebuah bisnis, baik yang menjual produk barang maupun jasa, dikenal oleh publik melalui brand. Karena itu, sebuah brand juga harus berselaras dengan target pasarnya. Jika tidak, maka brand tersebut akan sulit untuk melekat dalam memori target konsumen.

Fungsi sebuah brand memang begitu penting bagi kelangsungan bisnis. Jadi, proses pembentukan brand pun harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Hal terpenting adalah selalu membangun brand yang orisinal, mudah diingat, dan memiliki citra positif. 

Brand Berbeda dari Merek dan Branding

Brand dalam bahasa Inggris sama artinya dengan merek dalam bahasa Indonesia. Namun, beberapa pakar bisnis danmarketing menjelaskan bahwa brand adalah persepsi dan pengalaman para konsumen atas produk atau jasa tersebut. Dari brand, publik bisa membedakan bisnis Anda dari bisnis kompetitor. 

Sementara itu, merek lebih merujuk pada logo atau tanda. Bisa dikatakan, merek merupakan sesuatu yang konkret dan bisa dilihat publik, berbeda dari brand yang merupakan kesan yang tertanam dan diingat oleh para konsumen.

Kalau begitu, apakah branding dan brand adalah konsep yang sama? Keduanya berbeda, di mana branding merujuk pada aktivitas atau proses sebuah tim untuk membentuk dan membangun brand yang kuat. Contoh branding adalah memasang iklan di TV atau menyebarkan flyer.

Pentingnya Brand adalah Sebagai Berikut

Di tengah sengitnya kompetisi bisnis, Anda memerlukan brand yang kuat agar bisa memenangkan hati banyak konsumen. Pentingnya brand dalam bisnis adalah sebagai faktor unik atau pembeda. Tidak hanya itu, brand adalah alat bagi bisnis Anda untuk melakukan promosi dan menarik perhatian publik. 

Ketika publik sudah lebih mengenal brand Anda, akan lahir rasa percaya dan loyalitas. Dengan begitu, brand yang kuat juga mengendalikan pasar. Setiap kali orang teringat akan jenis produk atau jasa yang bisnis Anda jual, maka mereka akan langsung teringat dengan brand Anda. 

Brand Adalah 5 Unsur Ini 

Apabila bisnis Anda baru ingin membentuk brand baru, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini penjelasannya.

1. Nama Merek

Seperti manusia, nama adalah hal pertama yang kita ingat. Itulah kenapa Anda perlu membuat nama yang singkat, unik, mudah diingat, dan mudah dilafalkan. Pastikan nama brand belum pernah dipakai oleh bisnis manapun agar memudahkan Anda untuk membeli domain website nantinya.

2. Logo

Logo merupakan identitas visual brand Anda. Buatlah logo yang paling menggambarkan bisnis Anda serta mudah diingat oleh orang banyak. Tak mesti membuatnya sendiri, Anda bisa menyewa jasa desainer untuk membuatkan logo. 

3. Tagline

Jangan lupakan tagline, slogan, jingle, dan akronim. Permainan kata yang menarik akan semakin meningkatkan pamor brand Anda. Gunakan kata-kata yang sesuai dengan karakteristik brand Anda serta menimbulkan citra positif. Misalnya seperti tagline Gojek yang sederhana namun maknanya bagus serta sesuai dengan brand: pasti ada jalan. 

4. Tampilan Visual

Selain logo, perhatikan pula visual dari keseluruhan brand. Misalnya tipografi, desain produk dan kemasan, palet warna yang digunakan untuk merepresentasikan brand, dan lain sebagainya. Kita bisa melihat brand seperti Gojek yang menggunakan dominasi warga hijau. 

5. Suara

Pernah masuk ke supermarket dan mendengar jingle-nya yang super catchy? Suara termasuk dalam aspek brand yang bisa Anda manfaatkan. Tidak hanya jingle, suara juga bisa berupa lagu tematik pada iklan brand campaign.

Contoh Brand Indonesia yang Begitu Melekat di Benak Konsumen

 

Ada beberapa brand Indonesia yang selalu menjadi primadona di ingatan konsumen. Salah satu contohnya adalah Indomie. Setiap kali ingin membeli mie instan, pasti yang langsung terlintas di pikiran adalah Indomie. Walau sebetulnya tidak berencana untuk membeli produk Indomie secara spesifik, tetap saja kita berujar, “Beli Indomie, yuk!” Inilah contoh brand yang sukses. 

Contoh lainnya adalah Wardah yang menjadi brand kosmetik dan skincare lokal. Wardah menjadi ikon produk kecantikan yang halal, murah, dan berkualitas tinggi. Ini juga tercermin dari dipilihnya brand ambassador Wardah yang merupakan publik figur muslimah. Logo dan nama brand Wardah juga sangat mudah dikenal, menjadikannya contoh kasus brand yang sukses di Indonesia.

Itulah penjelasan mengenai brand dan pengaruhnya dalam kesuksesan bisnis. Singkatnya, brand adalah pondasi awal dari sebuah bisnis yang mencakup aspek visual hingga aural. Selain membangun brand, pada awal berdirinya bisnis rencanakan juga proses disbursement yang praktis dan aman. 

Link to comment
Share on other sites

  • 3 weeks later...

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...