Jump to content

Etihad Airways Perbolehkan Kucing dan Anjing Masuk Pesawat Bersama Pemiliknya


BincangEdukasi

Recommended Posts

anjing.thumb.jpg.d4b207c1bdc9937904750d42c22eb8fd.jpg

Etihad Airways kini perbolehkan kucing dan anjing mereka masuk ke pesawat bersama pemiliknya. Tentu para pemiliknya harus membayar lebih demi hewan kesayangan terbang bersama mereka.

Hewan peliharaan yang akan bepergian, akan dikenakan biaya tambahan dari jatah tas kabin, dan para pemilik akan diminta untuk periksa ke dokter hewan dan menunjukkan dokumen resmi untuk hewannya saat check in.

"Ini adalah kebijakan baru yang mulai berlaku awal tahun ini. Etihad telah menyambut hewan pemandu terlatih, serta kucing dan anjing peliharaan di pesawat sejak 30 September 2021," kata pihak Etihad Airways, seperti yang dikutip dari The National.

Para pengguna Etihad Airways boleh membawa kucing, anjing, dan hewan peliharaan kecil mereka ke dalam kabin pesawat dari atau ke Uni Emirate Arab, asal persyaratan perjalananya terpenuhi.

"Satu orang dewasa dapat membawa satu hewan peliharaan per penerbangan. Ini dapat ditingkatkan menjadi dua hewan peliharaan jika dua tamu bepergian bersama, asalkan hewan peliharaan tersebut berasal dari rumah yang sama," tambah pihak Etihad Airways.

582670362_etihademirates.thumb.webp.bb4676a41e11c3076350cdcf37cd6205.webp

Bagaimana Jika Ingin Bawa Anjing, Kucing, atau Hewan Peliharaan dalam Penerbangan dengan Etihad Airways?

Para pemilik hewan peliharaan harus mengirimkan formulir pemesanan, yang tersedia di situs web Etihad Airways, setidaknya 72 jam sebelum penerbangan.

Saat memilih terbang dengan kelas ekonomi, hewan peliharaan akan duduk di bawah kursi pemiliknya atau bisa membeli kursi yang berdekatan dengan orang yang membawanya.

Selain itu, tas atau kandangnya hewan peliharaan tidak boleh melebihi 40 x 40 x 22 cm agar muat di bawah kursi. Jika pemiliknya telah membeli kursi yang berdekatan, kandanganya tidak boleh melebihi 50 x 43 x 50 cm.

Jika penumpang memilih kelas bisnis, mereka dapat membeli kursi yang berdekatan untuk hewan peliharaan mereka. Tas atau kandang hewan peliharaan tidak boleh melebihi 50 x 43 x 50 cm.

Dan hewan peliharaan harus tetap berada di tas perjalanan atau kennel selama penerbangan.

download.thumb.jpg.b796a5253302665c0a8bd6951aeb0b67.jpg

Kriteria Hewan Peliharaan yang Boleh Ikut dalam Perjalanan

Kucing atau anjing harus berusia minimal 4 bulan (16 minggu) dengan berat tidak lebih dari 8 kg, jika ditambah dengan tas atau kandangnya. Tas atau kandang hewan harus berventilasi, antibocor, dan anti peluru. Alas atau kandang harus mengandung bahan penyerap.

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

Kelas ekonomi biaya yang harus dikeluarkan sekitar 150 dolar Amerika Serikat (Rp 2,1 juta) per hewan dengan waktu penerbangan 6 jam atau kurang. Sedangkan 250 dolar Amerika Serikat (Rp 3,5 juta) per hewan jika waktu penerbangannya lebih dari enam jam.

Jika transit, harga gabungan untuk setiap penerbangan akan diberlakukan. Untuk kelas Bisnis, para pemilik harus membeli kursi tambahan terlebih dahulu untuk hewan peliharaan.

Daftar Periksa untuk Hewan Peliharaan yang Akan Masuk ke Kabin Pesawat

Memeriksa semua aturan masuk dan keluar untuk negara tujuan yang akan dikunjungi. Dan jangan lupa periksa hewan peliharaan sebelum melakukan penerbangan.

Pastikan semua dokumen resmi yang diperlukan hewan peliharaan terjaga dengan baik dan tidak tercecer. Daftarkan hewan peliharaan ketika ingin bepergian dan menerima konfirmasinya.

Jangan lupa bawa leash untuk hewan peliharaan dan makanan kering dengan wadah tertutup di dalam bagasi kabin.

Informasi yang Diperlukan Ketika Akan Mengisi Formulir Pemesanan

  • Apakah itu hewan peliharaan atau hewan pembantu
  • Nama, jenis, dan tanggal lahir hewan
  • Nomor microchip
  • Sertifikat kesehatan yang sudah ditandatangani oleh dokter hewan
  • Sertifikat fit-to-travel diberikan dari dokter hewan untuk 10 hari perjalanan
  • Sertifikat vaksin
  • Berat
  • Dimensi Wadah
  • Perawatan parasit internal dan eksternal
  • Izin ekspor dan impor
  • Pastikan sudah divaksin rabies kurang lebih selama 30 hari
  • Tes titer rabies
Link to comment
Share on other sites

  • 2 weeks later...

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By congek
      Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies Sulawesi Selatan, Didi Leonardo Manaba, mengatakan aturan wajib tes Polymerase Chain Reaction atau PCR memberatkan wisatawan.
      Tak hanya itu, Didi menyebut masalah PCR ini dapat menghambat kunjungan wisata ke daerahnya. Padahal pergerakan pada sektor pariwisata sudah mulai terlihat. Sebab, persyaratan sebelumnya hanya cukup dengan tes swab antigen, wisatawan bisa masuk ke Sulawesi Selatan.
      "Ini sudah mulai ada pergerakan, akan tetapi pergerakan itu agak tersendat dengan masih diwajibkannya orang PCR dan antigen. Itu bukan hanya berat secara fisik, tapi di finansial juga," ujar Didi.
      Didi menegaskan, pernyataan tersebut bukan bermaksud menentang kebijakan pemerintah terkait pemulihan kesehatan masyarakat melawan pandemi COVID-19. Ia meyakini bahwa hal itulah yang terjadi.
      ASITA Sulsel berharap agar pemerintah membuka keran untuk melakukan aktivitas ke Sulsel yang merupakan destinasi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Sedangkan terkait peningkatan wisatawan, Didi menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan domestik.
      Didi mengatakan, salah satu indikator untuk melihat peningkatan jumlah wisatawan adalah dengan melihat kunjungan di Bandara Sultan Hasanuddin. Menurutnya, jumlah penumpang terus bertambah pada satu pekan terakhir.
      PT Angkasa Pura I (AP I) Makassar mencatat terjadi kenaikan volume penumpang hingga 5 persen sejak satu pekan terakhir, dibanding sepekan sebelumnya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Sulsel.
      Total penumpang pada 8-14 Oktober sebanyak 149.152 orang, sedangkan 15-21 Oktober 156.477 orang.
      Jokowi Minta Harga PCR Rp 300 Ribu
      Presiden Jokowi kemudian meminta agar harga tes PCR dapat diturunkan menjadi Rp 300 ribu. Hal ini disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
      Harga sekali tes PCR di Jawa-Bali dikenakan tarif tertinggi sebesar Rp 495 ribu. Sementara di luar Jawa-Bali seharga Rp 525 ribu.
      Terkait rencana penurunan harga tes PCR, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini hal tersebut sedang dalam pembahasan kementerian dan lembaga terkait.
      "Saat ini sedang dikaji bersama dengan Satgas, BNPB, Kemkes, Kemenhub," kata Nadia.
      Penetapan harga baru ini juga melibatkan sejumlah pihak terkait seperti pihak laboratorium yang punya peran besar di lapangan. Apabila telah rampung, maka pemerintah akan segera mengumumkannya.
      "Dan dilakukan konsultasi dengan berbagai pihak dengan organisasi profesi, pihak lab, distributor juga auditor pemerintah. Setelah final akan disampaikan," ungkap Nadia.
      Harusnya Harga PCR Bisa Rp 75 Ribu, Kalau Bisa Gratis
      Anggota Komisi IX dari Fraksi PKS, Alifudin, menyoroti polemik harga tes PCR yang kini diwajibkan untuk perjalanan udara.
      Ia menilai para pengusaha lab tes PCR sudah meraup untung besar sejak awal pandemi COVID-19, sehingga harga tes seharusnya bisa lebih murah lagi.
      "Sejak awal sudah untung besar. Karena pandemi COVID-19 ini tentang kemanusiaan, baiknya semua yang ingin PCR bisa mendapat harga lebih murah lagi, atau kalau bisa gratis" kata Alifudin.
      Harga tes swab PCR sempat menyentuh angka Rp 900.000. Lalu pemerintah meminta harga batas tes swab menjadi Rp 450.000, dan kini diturunkan lagi menjadi Rp 300.000.
      Alifudin juga meminta ketegasan kepada pemerintah jika ada lab atau pengusaha PCR yang mematok harga mahal. Mereka harus diberi sanksi tegas dan juga jangka waktu keluarnya hasil harus disamakan, tidak ada yang kelas ekonomi, express atau yang lain.
      "Kami berharap setelah reses akan meminta pimpinan Komisi IX untuk memanggil pihak terkait, bahwa pandemi COVID-19 ini tidak dijadikan ladang bisnis pihak tertentu" tegas Alifudin.
      Lebih lanjut, ia juga meminta pemerintah serius dalam mengkaji persoalan PCR ini, untuk benar-benar membuktikan pemerintah berpihak pada rakyat dan serius dalam menangani pandemi COVID-19.

      Alvin Lie. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
      Alvin Lie Ungkap Keanehan Aturan PCR sebagai Syarat Terbang
      Pengamat penerbangan, Alvin Lie, melihat adanya kejanggalan dalam penetapan syarat PCR ini. Pertama, pemerintah seperti membiarkan harga tes selama ini terlampau tinggi.
      "Bahwa pemerintah dalam waktu singkat dapat memerintahkan biaya PCR turun dari Rp 900 ribu jadi Rp 500 ribu kemudian Rp 300 ribu, ini menunjukkan selama ini pemerintah tau biaya tes PCR overpriced, tinggi diluar kewajaran, tapi dibiarkan. Memberi kesempatan kepada pengusaha mengambil keuntungan besar di luar kewajaran," kata Alvin.
      "Ketika COVID-19 melandai & makin banyak warga yang sudah vaksinasi, kebutuhan PCR juga menurun. Baru saat ini pemerintah menurunkan biayanya," lanjut dia.
      Hal lain yang menurutnya cukup janggal adalah mengapa syarat perjalanan wajib menggunakan hasil tes PCR ketika selama ini Antigen sudah banyak digunakan.
      "Selama ini pemerintah gunakan Antigen untuk deteksi. Mengapa tidak mengakui Antigen sebagai syarat perjalanan?Badan-badan dunia seperti WHO, ICAO, IATA mengakui Antigen sbg standar. Idealnya, hasil tes yang paling valid adalah ketika sampel tersebut diambil," ungkap Alvin.
      Menurut Alvin, hasil tes menggunakan Antigen yang diambil sesaat sebelum terbang akan jauh lebih valid hasilnya.
      Lebih dari 40 Ribu Orang Teken Petisi, Tolak Wajib Tes PCR untuk Penerbangan
      Lewat dua petisi online di platform Change.org, lebih dari 40.000 orang meminta agar pemerintah mengganti kebijakan tersebut.
      Petisi pertama dibuat oleh Dewangga Pradityo Putra, seorang engineer pesawat. Dalam petisinya, ia menganggap bahwa kebijakan yang mengharuskan seseorang melakukan tes PCR walaupun sudah divaksin dua kali, akan menyebabkan penerbangan berkurang sehingga industri penunjangnya pun akan semakin kesulitan.
      “Saya merasakan sekali dampak pandemi ini di pekerjaan. Penerbangan berkurang, teman saya juga ada yang dirumahkan jadinya. Padahal, sirkulasi udara di pesawat sebenarnya lebih aman karena terfiltrasi HEPA, sehingga udaranya bersirkulasi dengan baik, mencegah adanya penyebaran virus,” tulisnya di petisi.
      Permintaan yang sama juga dibuat oleh Herlia Adisasmita, seorang warga yang tinggal di Bali.
      Bagi Herlia, Bali yang bergantung pada pariwisata sangat mengharapkan kedatangan dari turis domestik, sehingga adanya peraturan wajib PCR dianggap akan memberatkan dan malah akan membuat industrinya semakin menghadapi keadaan yang sulit, terutama mengingat harga PCR yang terlampau mahal.
      “Kami harus bagaimana lagi? Bangkrut sudah, nganggur sudah, kelaparan sudah, bahkan banyak di antara kami yang depresi, rumah tangga berantakan karena faktor ekonomi, atau bahkan bunuh diri,” tuturnya.
      Lebih lanjut, Dewangga berharap pemerintah kembali menjadikan antigen sebagai syarat untuk penerbangan, terutama bagi mereka yang sudah divaksin. “Dengan syarat ini, saya yakin industri penerbangan & pariwisata akan bangkit, dan orang yang mau divaksin juga akan bertambah,” katanya.

      Wamenkes Dante Saksono Harbuwono. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
      Wamenkes: Permintaan Jokowi Harga PCR Rp 300 Ribu Masuk Akal
      Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menyampaikan perkembangan langkah Kemenkes terkait permintaan Jokowi agar harga tes PCR dapat diturunkan menjadi Rp 300 ribu.
      Dante menyebutkan, apa yang diminta Jokowi tersebut sudah berdasarkan perhitungan yang sesuai.
      "Tentu rekomendasi Bapak Presiden memberikan target menurunkan PCR jadi Rp 300 ribu itu bukan tanpa dasar. Bapak Presiden sudah menghitung dan mendapatkan informasi berapa harga reagen, berapa harga pemeriksaan, dan berapa kapasitas yang bisa kita lakukan untuk tes PCR," ujar Dante.
      Dari dasar perhitungan bahan baku dan komponen lainnya, untuk menurunkan harga tes PCR menjadi Rp 300 ribu tersebut, kata Dante, cukup mungkin untuk dilakukan.
      Kemenkes masih melakukan tahap persiapan untuk penyesuaian tarif tertinggi dari tes PCR tersebut. Reagen merupakan salah satu komponen terpenting dalam PCR.
      Sebagian besar reagen diperoleh melalui impor sehingga harganya relatif tinggi dibanding komponen lain.
      "Kita sudah melakukan persiapan antara lain melakukan pemodelan untuk menyederhanakan harga reagen yang masuk. Itu yang paling penting karena itu komponen yang terbesar dalam pembiayaan tes PCR," ungkap Dante.
      Terakhir, Dante mengatakan bahwa PCR ini merupakan hal yang paling penting dalam menghadapi risiko datangnya gelombang corona selanjutnya.
      Sejumlah epidemiolog telah memprediksi bahwa gelombang ketiga akan dihadapi Indonesia pada momen libur natal dan tahun baru 2022 akibat mobilitas yang meningkat tajam.
    • By ega
      Lebih dari 5000 pesawat komersial di seluruh dunia dalam kondisi menganggur.
      Pandemi telah membawa keruntuhan bisnis perjalanan udara, sekitar seperempat jet komersial di dunia akhirnya menganggur - mangkal di bandara dan hanggar, sementara para pemiliknya sudah memutuskan apa yang harus mereka lakukan.
      Sebagian dari pesawat itu tidak akan kembali mengudara.
      "Para pemilik tidak ingin membayar biaya parkir, dan penyimpangan untuk pesawat mereka," kata James Cobbold, direktur Willis Leaser, perusahaan penyewaan mesin global.
      "Mereka membutuhkannya untuk dioperasikan, atau dengan cara di luar pembukuan, yang berarti menjual suku cadangannya ke pedagang dengan cara dibongkar."
      Rob Morris, adalah kepala konsultan global di Ascend by Cirium, sebuah perusahaan penerbangan dan analisis data. Ia mengatakan terdapat 5.467 pesawat jet penumpang komersial di tempat penyimpanan pada bulan Juli, setara dengan seperempat dari jumlah global.
      Rasio penyimpanan pesawat ini turun 35% dari jumlah global pada akhir Februari 2021, dan secara signifikan turun 64% dibandingkan pada saat pandemi berlangsung di akhir Akhir 2020.
      Namun demikian, masih ada jumlah besar pesawat yang terparkir di hanggar, dan di landasan terbang di seluruh dunia.
      Kondisinya sangat bervariasi, ada yang masih lengkap, sampai benar-benar dipreteli, dan bagian-bagiannya yang tersebar di landasan.
      Salah satu lokasi tersebut ada di Bandara Cotswold dekat Cirencester di Gloucestershire, dan garasi Air Salvage International, sebuah perusahaan khusus untuk pembongkaran pesawat.

      Puluhan pesawat terparkir di Bandara Cotswold - sebagian sudah tak akan mengudara.
      Bradley Gregory, direktur manajer di Skyline Aero, pemasok suku cadang pesawat, dan bagian dari grup Air Salvage International, menjelaskan ada tiga skenario utama saat sebuah pesawat dalam kondisi tak layak terbang dan dikirim ke fasilitas mereka.
      Skenario paling ringan adalah mempertahankan kondisinya tetap layak terbang, dengan melakukan pemeriksaan pra-terbang yang dibutuhkan agar bisa kembali mengudara.
      Skenario kedua, memasukkan pesawat ke tempat penyimpanan dengan jangka-panjang, di mana mesinnya dicopot, dan perawatan dengan intensitas yang dikurangi dari sebelumnya.
      Skenario terakhir adalah pembongkaran atau "part out" di mana pesawat dibawa ke fasilitas untuk dibongkar. Mesinnya, dan suku cadang lainnya dicopot agar bisa digunakan untuk pesawat lain, atau didaur ulang.
      "Sekitar 75-80% pesawat terbang tiba dalam 12 bulan terakhir, masuk ke dalam tempat penyimpangan, tanpa rencana yang segera dari pemiliknya," jelas Gregory.
      Saat ini, terdapat 29 pesawat di tempat penyimpanan; 14 menunggu pembongkaran, dan enam dalam proses pembongkaran dan menunggu untuk dibuang.
      Secara global, pada 2020, sebanyak 449 pesawat dikirim untuk dibongkar. Jumlahnya lebih sedikit dari 2019, yaitu 508 pesawat, menurut Cirium.

      Dalam sejumlah kasus lebih dari 1.000 suku cadang dari sebuah pesawat masih bisa digunakan kembali.
      Perhatian lebih mengacu tahap akhir masa pakai jet penumpang, karena industri ini berusaha untuk lebih ramah lingkungan dan keberlanjutan, dalam menghadapi meningkatnya pemanasan global.
      "Banyak suku cadang yang bisa digunakan kembali, tergantung dari jenis dan model pesawatnya," kata Gregory.
      "Jumlah suku cadang yang dicopot ada sekitar 200 dari model lama dengan komponen yang kurang diinginkan, hingga 1.200 komponen pada model yang lebih baru, terkadang jumlahnya lebih dari itu."
      Selain mesin, komponen yang masih berguna lainnya termasuk instrumen roda pesawat, rem, instrumen penerbangan di kokpit, dan bahkan ban.
      "Ratusan suku cadang dari sebuah pesawat bisa didapatkan melalui kunjungan bengkel reparasi, dan selama mereka memiliki sertifikat ulang, dan tidak rusak dalam reparasi, ini bisa digunakan pada pesawat lainnya," katanya.
      Asosiasi Daur Ulang Armada Pesawat (AFRA) juga mengambil peran di dalam hal ini. Sejumlah perusahaan besar, termasuk mereka yang terlibat dalam pembongkaran diaudit oleh asosiasi. Mereka dipantau dengan ketat untuk memastikan mengikuti praktik manajemen yang baik.
      Di tengah tingginya jumlah dan suku cadang yang bisa didaur ulang, dan digunakan kembali, tantangan lainnya masih tetap ada.

      Bagian dalam kabin sulit untuk didaur ulang dan kebanyakan dibuang.
      "Hal yang benar-benar tak bisa didaur ulang secara fisik saat ini adalah bagian dalam kabin, karena ini terbuat dari campuran plastik," jelas Cobbold.
      "Jadi, jika kita harus membongkar badan pesawat atau bagian-bagiannya, dan bagian dalam kabin tidak termasuk, ini menjadi material yang akan bermuara ke tempat pembuangan sampah," katanya kepada saya.
      Mike Corne of eCube Solutions, perusahaan lain yang menangani pesawat akhir masa pakai, mengatakan daur ulang pesawat kemungkinan akan jadi lebih menantang karena pesawat model baru menggunakan bahan komposit, di mana ini sulit untuk diproses.
      "Saat ini tak ada cara yang hemat biaya untuk mendaur ulang serat karbon," jelasnya.
      Dia mengatakan akan banyak biaya yang dikeluarkan untuk investasi menemukan cara mendaur ulang material seperti itu, dan mungkin, di masa depan, serat karbon akan bisa digunakan kembali.
      Morris dari Cirium memperkirakan bahwa jumlah pesawat yang terparkir di tempat penyimpanan akan meningkat dari 5.467 unit di bulan Juli menjadi 6.120 unit di akhir tahun.

      Perusahaan maskapai penerbangan masih menanti kepastian adanya peningkatan permintaan dari pasar di tengah pandemi.
      Gregory dari Skyline Aero baru-baru ini menerima permintaan untuk membongkar tiga pesawat, hal yang menunjukkan permintaan pasar untuk penerbangan masih lemah.
      "Permintaan mulai meningkat, tapi tidak serta merta meningkatkan banyak daya tarik yang saya kira banyak diharapkan," jelasnya.
      Jika lebih banyak pesawat dialokasikan untuk dibongkar maka industri daur ulang akan siap bekerja.
      "Pada saat ini kami bisa mendaur ulang antara 92-99% sebuah pesawat, melalui proses daur ulang alami atau perputaran ekonomi," kata Cobbold.
      "Saya tidak berpikir orang-orang di luar industri penerbangan memahami seberapa tinggi itu, dan seberapa kreatif sektor yang berhubungan akhir masa pakai dengan industri penerbangan."
    • By BincangEdukasi
      Kucing sudah menjadi binatang peliharaan sejak jaman Mesir kuno. Bahkan di sana, kucing dianggap sebagai jelmaan dewa sehingga dipuja dan dimanja-manja. Hingga saat ini kucing masih menjadi salah satu binatang peliharaan yang populer — termasuk untuk anak muda. Namun tidak sedikit juga yang mengurungkan niat untuk mengadopsi kucing karena berbagai alasan. Misalnya, karena TORCH.
      Singkatnya, TORCH adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Toksoplasma, Rubella, CMV dan Herpes, yang menyerang ibu hamil. Dampak dari kondisi ini sendiri tak bisa dibilang remeh: janin yang dikandung sang ibu bisa cacat pada mata, kepala, telinga hingga paru-paru. Jangankan memelihara, menyentuhpun kadang ada orang yang tidak mau karena takut terpapar virus-virus yang konon dibawa kucing ini.
      Jika saja kita mau meluangkan waktu untuk mempelajari seluk beluk dunia kucing, seluruh pandangan negatif mengenai kucing dapat disingkirkan, lho. Jadi, jangan takut terserang virus-virus itu jika kamu sudah lebih dulu melakukan ini!
      Sebelum adopsi, pastikan kamu terinformasi. TORCH tidak akan menimpamu jika kamu rajin mencari tahu.
      Dengan mengetahui informasi yang benar mengenai TORCH, pastinya kamu nggak akan lagi terjebak dalam pandangan yang salah mengenai kucing. Informasi mengenai TORCH tersedia banyak di buku-buku tentang hewan, dan jika kamu aktif dalam komunitas pecinta binatang, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang banyak mengenai hewan-hewan tidak terkecuali pengetahuan mengenai TORCH ini sendiri. Jadi jangan ragu untuk ikut komunitas pecinta hewan yang ada di kotamu sebelum memelihara kucing agar kamu mengerti betul tentang dunia kucing ya!
      Kucing memang salah satu penyebar virus TORCH, namun TORCH tidak hanya ditularkan melalui kucing saja. Masih ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang dapat terkena virus TORCH.
      TORCH sering kali identik dengan penyakit yang berasal dari kucing. Padahal infeksi TORCH tidak hanya ditularkan oleh kucing ke manusia lho. Ada banyak parasit yang menyebabkan infeksi TORCH terjadi. Misalnya makan ikan atau daging mentah atau dimasak kurang matang. Itu sebabnya mengapa ibu hamil dianjurkan dokter untuk tidak makan daging mentah atau setengah matang seperti sashimi dan sushi sebagai upaya pencegahan agar tidak terkena infeksi TORCH yang nantinya akan berdampak buruk pada perkembangan janin.
      Kucing sering dituding sebagai biang keladi dari penyebab infeksi TORCH karena kucing sering menangkap tikus atau binatang buruan lainnya. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan kucing dengan baik. Penyebab toksoplasma lainnya adalah sayuran atau buah-buahan yang tidak dicuci dengan bersih dan terkontaminasi oleh spora yang berasal dari kotoran hewan. Nah jika hendak memasak, pastikan sayur telah tercuci bersih dan daging telah termasak dengan sempurna, ya!
      Supaya nggak tenggelam dalam pandangan yang salah, ada baiknya jika kita ikut memperhatikan tindakan perawatan kucing yang benar.
       
      Daripada terus menerus menyalahkan binatang unyu ini sebagai biang keladi infeksi TORCH, sebaiknya setelah memelihara kucing, kita juga ikut belajar bagaimana cara perawatan kucing supaya tidak menyebabkan infeksi TORCH pada manusia.
      Jaga kebersihan kandang hewan peliharaan kamu. Lebih baik lagi bila ada orang lain yang melakukannya, apalagi jika kamu memang memiliki sistem imun yang lemah. Rutin memotong kuku dan menjaga kebersihan kucing itu sendiri karena kotoran seringkali menempel pada kuku kucing yang suka bermain di halaman. Beri kucing makanan khusus kucing, jangan biarkan kucing berburu makanannya sendiri demi mencegahnya makan hewan-hewan yang sudah terkena virus TORCH. Jangan mengkonsumsi daging dan telur setengah matang atau minum susu yang belum disterilkan. Jika kamu memiliki hobi berkebun, jangan kontak langsung dengan tanah yang mungkin saja mengandung virus TORCH. Tanah berpotensi sebagai tempat hidup virus ini. Cuci bersih sayuran dan buah-buahan sebelum dikonsumsi, apalagi yang dimakan dalam keadaan mentah. Sebagai bentuk pencegahan, lakukan pemeriksaan laboratorium untuk melihat apakah antibody kamu cukup kuat untuk menghadang virus TORCH. Jika perlu, kamu juga bisa melakukan vaksin TORCH di laboratorium atau rumah sakit terdekat untuk memastikan bahwa kamu benar-benar terlindungi dari ancaman infeksi TORCH. Memelihara kucing banyak nggak serta-merta akan membuatmu terkena infeksi TORCH, dan tidak memelihara kucingpun juga tidak akan membuatmu aman dari serangan infeksi TORCH. Karena dengan memahami fakta yang sebenarnya justru akan membuat kita makin terbuka dan makin mengerti jika suatu hari kita memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan terutama kucing. Kucing itu binatang yang menggemaskan, tentu kita tak perlu menghardiknya hanya karena ia menjadi perantara penyakit yang bahkan ia sendiri tidak tahu.
    • By PusatInformasi
      Selain cerdas, anjing juga dikenal sebagai anjing yang mudah dilatih dan patuh pada perintah.
      Inilah sebabnya, anjing sering digunakan untuk membantu tugas manusia.
      Seperti menjadi service dog, maupun anjing polisi yang membantu polisi dalam melakukan berbagai tugas.
      Kita juga bisa, lo, melatih anjing peliharaan di rumah agar mematuhi beberapa perintah dasar. Biasanya, pelatihan anjing akan dimulai saat usianya masih anak-anak.
      Alasannya, anjing yang masih berusia anak-anak akan lebih mudah dilatih dibandingkan dengan anjing dewasa.
      Meski anjing dikenal sebagai hewan penurut, ternyata ada usia di mana anjing tidak patuh pada perintah yang diberikan pemilik maupun pelatihnya.
      Akibatnya, anjing akan dinilai sebagai anjing yang tidak penurut, nih.
      Ketahui, yuk, pada usia berapa anjing sulit mematuhi perintah!
      Anjing Juga Bisa Tidak Menuruti Perintah yang Diberikan
      Ada beberapa perintah dasar yang biasanya dilatih oleh pemilik anjing ke anjing peliharaannya.
      Misalnya seperti duduk, berguling, atau bersalaman.
      Kalau anjing terus dilatih untuk melakukan perintah sederhana ini, mereka bisa dengan mudah melakukannya.
      Namun ternyata anjing juga punya masa atau usia di mana mereka tidak menuruti perintah yang diberikan oleh pemilik atau pelatihnya.
      Tidak seperti biasanya, anjing akan menjadi lebih lambat saat diberi perintah, bahkan kadang tidak mau melakukan perintah itu.
      Hal ini ternyata dialami oleh anjing yang memasuki masa pubertas, yaitu peralihan dari usia anak-anak ke usia remaja.
      Mulai Usia Delapan Bulan Anjing Sulit Melaksanakan Perintah
      Apakah teman-teman punya anjing yang usianya belum genap satu tahun atau 12 bulan?
      Nah, penelitian menunjukkan kalau usia di mana anjing tidak patuh adalah saat mereka berusia delapan bulan.
      Dengan melihat perilaku dari 378 anjing yang diteliti, peneliti melihat bahwa anjing sebelum dan sesudah usia delapan bulan lebih patuh pada perintah yang diberikan oleh pemiliknya.
      Namun pada usia delapan bulan, anjing justru tidak patuh pada perintah dari pemiliknya.
      Penelitian dilakukan pada 93 jenis anjing berusia delaoan bulan dengan jenis yang berbeda dan diberikan perintah sederhana untuk duduk.
      Hasilnya, mereka melakukan perintah dengan lebih lambat, dibandingkan anjing yang berusia lima bulan.
      Namun hal ini tidak ditunjukkan saat perintah diberikan oleh orang asing.
      Ini artinya, anjing yang berusia delapan bulan akan mematuhi perintah yang diberikan oleh orang orang dibandingkan pemiliknya.
      Fase Anjing yang Tidak Penurut Penting Bagi Perkembangannya
      Banyak yang mengatakan bahwa anjing yang tidak penurut adalah anjing yang bandel atau nakal.
      Wah, padahal fase atau masa ini justru penting bagi anjing dan pemiliknya.
      Dengan menunjukkan sikap yang tidak patuh, menandakan bahwa hewan seperti anjing juga punya tingkat stres.
      Ketidakpatuhan anjing bisa saja disebabkan oleh rasa stres pada pemilik maupun pada pelatihnya.
      Inilah sebabnya, penting bagi teman-teman yang memelihara anjing untuk memahami kondisi peliharaan kita.
      Meski mereka tidak patuh pada perintah, anjing peliharaan tidak sebaiknya dihukum.
      Hukuman yang diberikan ternyata akan membuat mereka lebih stres, teman-teman.
      Banyak Anjing yang Ditelantarkan di Usia Delapan Bulan
      Rata-rata, anjing akan mencapai usia bisa mematuhi perintah saat berumur lima hingga delapan bulan.
      Namun saat berusia delapan bulan, anjing akan sulit menaati perintah.
      Hal ini membuat anjing dianggap sebagai anjing yang nakal, bandel, dan sudah tidak lagi lucu seperti saat masih anak anjing.
      Akibatnya, banyak anjing yang ditelantarkan, dibuang, atau diberikan ke penampungan pada usia delapan bulan.
      Sebabnya, pemilik menganggap anjing sudah sulit dilatih dan sulit menanganinya.
      Nah, dengan mengetahui usia di mana anjing mengalami masa tidak menurut, maka hal ini menjadi penting.
      Dengan begitu, kita bisa tahu bahwa hewan juga bisa mengalami stres dengan menunjukkan berbagai sifat.
      Selain itu, pemilik hewan juga memiliki cara untuk memgatasinya.
    • By plusplus
      Iran membantah tuduhan yang menyebutkan bahwa pesawat Ukraina yang jatuh di Bandara Imam Khomeini disebabkan oleh tembakan rudal.
      Teheran menganggap tuduhan itu tidak masuk di akal, sebab beberapa penerbangan domestik dan internasional juga terbang di wilayah itu di ketinggian 2.440 meter pada saat yang sama.
      "Kisah tentang rudal yang menabrak sebuah pesawat sama sekali tidak benar. Rumor seperti itu tidak masuk akal," Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran sekaligus Wakil Menteri Transportasi, Ali Abedzadeh, seperti dilansir AFP pada Kamis (9/1).
      Pesawat Ukraine International Airlines itu jatuh tidak lama setelah lepas landas pada Rabu (8/1) pagi waktu setempat. Seluruh 176 penumpang dan kru pesawat jenis Boeing 737 itu tewas di tempat.
      Iran telah menemukan kotak hitam pesawat itu namun menolak untuk diberikan kepada Amerika Serikat demi diselidiki. Teheran ingin kotak hitam itu diselidiki di negara selain AS.
      Laporan yang dirilis otoritas penerbangan Iran mengungkapkan bahwa pesawat itu sempat berputar balik ke arah bandara sebelum jatuh. Pilot dilaporkan tidak mengirimkan pesan radio terkait kemungkinan kerusakan pesawat.
      Investigasi yang dilakukan Teheran tak mengungkapkan lebih lanjut kecelakaan mendadak yang menimpa pesawat nahas tersebut.
      Berdasarkan sumber intelijen, media AS menyebut itu jatuh karena tembakan rudal militer Iran. Tuduhan itu muncul ketika ketegangan antara Teheran dan Washington kembali memanas terutama setelah serangan drone AS menewaskan jenderal Iran, Qasem Soleimani, di Irak.
      Kanada juga mengamini laporan AS itu. Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan negaranya memiliki data dari berbagai sumber intelijen menunjukkan pesawat itu jatuh akibat tertembak rudal Iran.
×
×
  • Create New...